Artikel ini bercerita mengenai cara kaya yang diajarkan Robert Kiyosaki mengenai uang dan investasi. Artikel ini diambil dari salah satu bukunya yang berjudul RichDad – Guide to Investing Model Investasi Orang Kaya yang Tidak Dilakukan oleh Orang Miskin dan Kelas Menengah. Siapakah Robert Kiyosaki?

keep-calm-and-get-rich-21

 

Robert Kiyosaki dapat disebut sebagai penasihat keuangan, investor, businessman pembawa seminar dan penulis buku. Nama Kiyosaki booming setelah Beliau menciptakan sebuah buku tentang keuangan pribadi berjudul Rich Dad Poor Dad. Intinya Kiyosaki mencoba menjelaskan uang dipandang dari segi Ayah Kandungnya yang Miskin dan sosok ayah kaya yaitu Ayah Sahabat Karibnya.

Dalam artikel ini Penulis ingin berbagi mengenai pelajaran investasi ala Robert Kiyosaki. Pelajaran pertama adalah kata PILIHAN. Kenapa kata pilihan dijadikan pembuka?

 

Pilihan yang Ada

Kita sebagai pribadi memiliki 3 pilihan apabila menyangkut masalah uang dan investasi. Apa saja pilihan tersebut:

  1. Menjadi Aman
  2. Menjadi Nyaman
  3. Menjadi Kaya

 

Untitled-1 

Menjadi Aman

Apakah definisi aman? Definisinya sederhana saja, aman secara finansial adalah kita dapat memenuhi tujuan-tujuan keuangan jangka pendek, misal pemenuhan kebutuhan pokok makanan, pakaian dan tempat tinggal. Mempersiapakan asuransi untuk kesehatan, jiwa dan dana darurat.

 Untitled-2 

Menjadi Nyaman

Menjadi nyaman dapat dikatakan dapat memenuhi kebutuhan jangka menengah dan kebutuhan-kebutuhan sekunder. Misalnya bisa mengikuti gadget terbaru, bisa jalan-jalan keliling nusantara atau jalan-jalan keluar negeri. Biasanya perencana keuangan membantu kita untuk dapat memenuhi kebutuhan aman dan nyaman.

 Untitled-3 

Menjadi Kaya

Menjadi kaya digambarkan sebagai pemenuhan kebutuhan tersier dalam jangka waktu yang panjang. Definisi kaya sebenarnya banyak dan bisa saja bersifat pribadi, contoh apakah definisi kaya menurut Anda? Kalau menurut Robert Kiyosaki kaya itu kalau pendapatan pasif Anda per bulan lebih besar atau sama dengan pengeluaran bulanan Anda. Jadi kalo pengeluaran bulanan Anda sebesar Rp 10.000.000 maka Anda akan dikatakan kaya jika pendapatan pasif Anda sebesar Rp 20.000.000.

 

Apakah Anda memiliki komentar atas tiga pilihan tersebut? Apabila Anda diminta membuat prioritas, seperti apakah prioritas Anda? Apakah aman, nyaman baru kemudian kaya atau yang lainnya? Kebanyakan orang akan memilih menjadi aman, kemudian nyaman dan terakhir kaya. Karena menjadi kaya diprioritaskan terakhir (tingkat kepentingannya kalah dibanding aman dan nyaman) maka banyak orang memfokuskan dirinya untuk menjadi aman dan nyaman.

 

Anda Berhak Memilih 

Investasi adalah Rencana bukan Produk - Robert T. Kiyosaki Guide to Investing - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : Rahasia Orang Sukses Adalah]

 

Ada hal yang unik dalam artikel yang disampaikan Kiyosaki dalam bukunya. Ada perbedaan mendasar mengenai uang pada Ayah Miskin dan Ayah Kaya. Ayah Miskin melihat sebuah dunia yang kekurangan uang. Ayah Kaya melihat sebuah dunia yang berkelimpahan dengan uang.

Apakah dampaknya? Hal ini menyebabkan ayah miskin mendorong Kiyosaki untuk bermain aman dan mencari keamanan. Hal sebaliknya adalah ayah kaya mendorong Kiyosaki agar mengembangkan keterampilan-keterampilan dan menjadi kreatif.

Silakan tentukan pilihan Anda. Sekarang silakan diisi dulu Apakah Prioritas Anda?

Prioritas saya mengenai uang dan investasi adalah:

Prioritas Pertama adalah saya menjadi _______________________________.

Prioritas Kedua adalah saya menjadi _______________________________.

Prioritas Ketiga adalah saya menjadi _______________________________.

 

Cara Mewujudkan Cara Kaya Anda

Apapun prioritas Anda, semuanya membutuhkan rencana. Rencana untuk memenuhi prioritas Anda. Buatlah rencana keuangan (financial plan) yang dapat membantu Anda memenuhi prioritas Anda tersebut. Tentukan tujuan-tujuan Anda baru masuk strateginya. Salah satu quote Robert Kiyosaki mengatakan:

539215_10151167665176788_1819565385_n

“Uang bukanlah tujuan, uang tidak memiliki nilai. Nilainya datang atas Mimpi-Mimpi, Tujuan-Tujuan yang dapat tercapai dengan bantuan uang.”

Semoga sharing pelajaran pertam ini dapat bermanfaat. Jangan lupa buat prioritas dan rencana keuangan untuk menuntun ke tujuan-tujuan kita. Salam sukses