Yuk evaluasi mindset yang salah tentang keuangan dan kekayaan kita dengan berkaca dari nasihat pakarnya, Robert T. Kiyosaki.

Setelah baca nasihatnya, bakal banyak PR buat perbaiki mindset kita soal menata keuangan dan kekayaan!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Ubat Mindset Yang Salah Lewat Kutipan Robert T. Kiyosaki

Kegagalan terus menerus menghantui dan tak kunjung mengalami titik terang dari sebuah kesuksesan yang diharapkan selama ini?

Saatnya dapat wejangan sukses dari Robert Kiyosaki yang bisa memberikan inspirasi bagi kita untuk mengubah mindset yang salah selama ini.

 

#1 Mindset Yang Salah: Malas Belajar

“Too many people are too lazy to think. Instead of learning something new, they think the same thought day in day out.” – Robert Kiyosaki

“Terlalu banyak orang yang terlalu malas untuk berpikir. Alih-alih mempelajari sesuatu yang baru, mereka memikirkan hal yang sama setiap hari.”

 

Mendapatkan ide baru itu memang tidak mudah, tapi bukan berarti ide itu sulit untuk ditangkap dan menjadi alasan untuk malas mencari ide dan inspirasi untuk membangun kesuksesan dan masa depan finansial.

Inspirasi itu bisa datang kapan saja tanpa diundang, namun setiap kita perlu pikiran yang terbuka untuk mau menerima sesuatu (ide) yang baru dan berusaha untuk mencari sesuatu yang baru.

5+ Tips Investasi Saham Untuk Karyawan yang Super Sakti 03 - Finansialku

[Baca Juga: Inspirasi Kisah Sukses Eric Yuan, Pendiri aplikasi Zoom]

 

Tahukah kamu bahwa minat membaca dapat membuat kita menemukan berbagai inspirasi baru dari berbagai macam pikiran dan pengalaman orang lain di luar sana?

Selama kita mau menangkap kesempatan ini dengan mau membaca, kita bisa dapat ide baru untuk memulai suksesmu atau melanjutkan usahamu yang sedang “stuck” dan memperbaikinya.

Berbicara soal membaca, Finansialku adalah salah satu portal keuangan yang sudah tercatat di OJK dengan misi membangun generasi yang mampu mewujudkan cita-cita finansial, salah satunya melalui ebook yang memberikan edukasi bagi Sobat Finansialku.

Salah satunya adalah ebook mengenai Strategi Membeli Rumah Pertama yang bisa memberi inspirasi bagi kamu yang punya mimpi untuk mewujudkan rumah pertama.

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

#2 Mindset yang Salah: Tidak Komitmen Pada Satu Metode

“Find the game where you can win, and then commit your life to playing it; and play to win.” – Robert Kiyosaki

“Temukan permainan tempat kamu bisa menang, dan kemudian berkomitmenlah hidup kamu untuk memainkannya; dan bermain untuk menang.”

 

Belajar banyak hal memang akan membuka khazanah berpikir.

Ada banyak metode untuk sukses yang bisa kita jalankan, tapi dari pesan quotes di atas, kita disarankan untuk menemukan salah satunya, berkomitmen untuk menjalankannya dan mengejar kemenangan di di dalamnya.

Namun sering kali kita sibuk mencari berbagai metode, berusaha menerapkannya tetapi tidak berkomitmen untuk terus menjalankan metode tersebut ketika dirasa sedang mengalami “jalan buntu” atau metode tersebut tidak memberikan hasil yang memuaskan.

Apabila sebuah metode sudah dilakukan dengan penuh motivasi, namun dirasa benar-benar tidak menghasilkan, di satu sisi tidak ada lagi improvements yang bisa dilakukan melalui metode tersebut, maka metode lain memang bisa menjadi opsi untuk dilakukan.

8 Hal Penting yang Buat Anda Jadi Karyawan Luar Biasa - 01 Finansialku

[Baca Juga: Arab Saudi Buka Lockdown, Rupanya Ini Kunci Suksesnya]

 

Pernahkah kamu mengalami kesulitan dalam mengatur anggaran harian dan mengatur perencanaan keuanganmu? Tahukah kamu bahwa setiap usia memiliki strategi dalam perencanaan keuangannya masing-masing?

Mungkin metode dari ebook Perencanaan Keuangan dari Finansialku ini menolongmu untuk keluar dari masalah keuanganmu selama ini:

 

Quotes Robert Kiyosaki tersebut juga sejalan dengan salah satu quotes-nya berikut ini:

“F.O.C.U.S – Follow One Course Until Successful” – Robert Kiyosaki

“Ikuti salah satu kursus hingga berhasil.”

 

Banyak jalan menuju Roma, namun ketika kita sudah memilih salah satu jalan, apakah kita memiliki komitmen akan fokus untuk mengikuti jalan tersebut hingga menuju kepada tujuan yang ingin dicapai?

Demi mencapai misinya mengedukasi masyarakat dalam mengembangkan mindset sukses secara finansial, Finansialku juga memberikan berbagai pelatihan atau seminar berupa webinar secara online bahkan offline.

Selain itu, KONSULTASI GRATIS selama 20 menit dengan Perencana Keuangan Profesional pun menjadi salah satu sarana untuk memberikan layanan edukasi. 

 

#3 Mindset yang Salah: Akui & Belajar Dari Kesalahan

“Making mistakes isn’t enough to become great. You must also admit the mistake, and then learn how to turn that mistake into an advantage.” – Robert Kiyosaki

“Membuat kesalahan tidak cukup untuk menjadi hebat. Kamu juga harus mengakui kesalahan itu, dan kemudian belajar bagaimana mengubah kesalahan itu menjadi keuntungan.”

 

Kesalahan memang akan selalu membayangi setiap kita, tanpa terkecuali. Namun mereka yang punya hati yang lapang dan layak menerima kesuksesan adalah mereka yang mau mengakui kesalahan mereka.

Tidak hanya berhenti di situ karena mengakui kesalahan saja tidak cukup. Memperbaiki kesalahan menjadi langkah sukses selanjutnya yang mengantarkan kita pada kesuksesan.

Bagi orang-orang sukses di luar sana, belajar dari kesalahan adalah sebuah PR seumur hidup yang terus dikerjakan melalui jutaan pengalaman jatuh-bangun yang tak terhitung dan berbagai improvement di sepanjang jalan.

Berbuat kesalahan itu wajar, dan jangan biarkan kesalahan menjadi penghambat bagi kita untuk tidak melakukan sesuatu sama sekali.

Ketika kesalahan itu dilakukan, Robert Kiyosaki menyarankan untuk mengakui kesalahan itu, belajar darinya (kesalahan tersebut) dan mengubahnya menjadi sebuah keuntungan.

Tak jarang para entrepreneur pemula menyatukan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis mereka dan ini merupakan sebuah kesalahan yang bisa berakibat fatal pada waktunya kelak.

Baca informasi lebih lanjut di sini.

Karyawan Bahagia Bisa Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas Kerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Petualangan Investasi Sukses Dengan Quotes Robert Kiyosaki]

 

Dalam salah satu kutipannya tentang melakukan kesalahan, Robert T. Kiyosaki juga mengatakan:

“A mistake is a signal that it is time to learn something new, something you didn’t know before.” – Robert Kiyosaki

“Kesalahan adalah sinyal bahwa sudah waktunya untuk mempelajari sesuatu yang baru, sesuatu yang belum kamu ketahui sebelumnya.”

 

Ketika kita melakukan kesalahan, ada sebuah sinyal bahwa kita perlu mempelajari sesuatu yang baru, sesuatu yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya atau belum kita sadari sebelumnya untuk dilakukan.

Jadi, jangan takut untuk melakukan kesalahan ya!

 

#4 Mindset yang Salah: Menunda Pekerjaan

“The most life destroying word of all is the word tomorrow.” – Robert Kiyosaki

“Kata yang paling menghancurkan kehidupan adalah kata besok.”

 

“Nanti, nanti dan nanti!” Ini merupakan salah satu kata yang bisa menjebak kita untuk tidak melakukan improvement dan masuk dalam gerbang kesuksesan.

Menunda dan menumpuk pekerjaan bisa menjadi petaka bagi kita pada waktunya kelak. Tentu kita semua sudah tahu akan hal ini, namun sering kali kemalasan kita mengalahkan mimpi kita untuk sukses.

Tumbuhkan niat dan tekad yang kuat untuk segera menyelesaikan berbagai tugas yang harus kita kerjakan. Untuk lebih memudahkan, kita bisa memilah pekerjaan dari yang paling ringan atau dari deadline yang paling mendesak alias urgent.

Selanjutnya, terus selesaikan dengan memberikan deadline atau batas waktu pada pekerjaan tersebut agar kita fokus untuk menyelesaikannya.

WASPADAI!!! 5 Penyebab Seorang Karyawan

[Baca Juga: Eliminasi 7 Mindset Racun Ini Biar Kamu Semakin Sukses]

 

Salah satu kebiasaan yang menghambat kita dari sukses secara finansial adalah menunda untuk berinvestasi sejak dini.

Tahukah kamu bahwa modal investasi itu bisa berasal dari tabungan yang kamu prioritaskan untuk masa depan finansial.

Tidak harus besar, namun kamu perlu berkomitmen untuk tidak menunda dan mau memulainya sekarang juga.

Ingatlah bahwa tabunganmu ini adalah sebuah prioritas alias sesuatu yang kamu utamakan demi masa depan finansialmu kelak!

Menemani perjalanan investasimu, ebook Gratis Belajar Investasi dari Finansialku berikut ini bisa menjadi panduan buat kamu:

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Praktis Investasi Reksa Dana Pertama

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

Download Ebook Sekarang

 

Tidak ada prioritas tabungan yang terlalu kecil untuk memulai investasimu selama kamu terus berkomitmen dan konsisten untuk investasi setiap bulannya.

 

#5 Mindset yang Salah: Mengeluh & Mengeluh

“Complaining about your current position in life is worthless. Have a spine and do something about it instead.” – Robert Kiyosaki

“Mengeluh tentang posisi kamu saat ini dalam hidup tidak berharga. Hadapi dan lakukanlah sesuatu.”

 

“Yaahh udah Senin lagi… Capek, kerja terus…! Si boss ngomel-ngomel tiap hari… Kenapa sih gue jadi karyawan…? Susahnya jadi bawahan…!”

Apakah keluhan-keluhan tersebut sering kali ada di benakmu atau keluar dari ucapanmu?

Salah satu nasihat dari Robert Kiyosaki adalah berhenti untuk mengeluh dengan keadaan dan posisi yang kita jalankan.

Tahukah kamu bahwa menjadi seorang entrepreneur atau seorang bos misalnya, mereka pun punya kesulitan tersendiri. Waktu mereka menjadi lebih terbatas karena setiap bulannya mereka harus berpikir bagaimana usahanya tetap berjalan demi mengaji para karyawannya.

Intinya, hidup para CEO alias para bos itu juga secara tidak langsung memikirkan hajat hidup para karyawannya.

Bayangkan posisimu sebagai karyawan saat ini, jam kantor 8-5 setiap hari dan masih ada waktu untuk keluarga. Namun tidak demikian dengan para bos, mereka bisa saja tidak bisa tidur semalaman demi mendapatkan strategi baru menjalankan usahanya.

Orang Kaya TIDAK Melakukan 6 Kesalahan Berikut Ini! 02 Karyawan Pebisnis - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO: William Soeryadjaya: Seorang Yatim Piatu Sukses Mendirikan Astra]

 

Sudah terbayang kan perbedaan dari beratnya tanggung jawab seorang bos dan karyawan?

Jadi, apapun posisimu, bersyukurlah karena posisimu saat ini dan berusahalah untuk terus bekerja keras menghadapinya.

Daripada mengeluh terus soal gaji kecil, kerjaan banyak dan gosipin soal omelan bos yang cerewet tiap hari yang bikin kamu stres, mending kamu lakukan hal lain yang positif, seperti mikirin gimana ngatur gajimu sebagai karyawan dengan pendapatanmu saat ini.

Cek informasi selengkapnya di sini.

 

Sukses Berawal Dari Mindset Yang Benar

Mindset yang benar sering kali menjadi garis pemisah antara mereka yang sukses dan yang tidak.

Jika kamu mengalami “jalan buntu” saat ini dan tidak kunjung mengalami kesuksesan seperti yang kamu harapkan, cobalah untuk kembali pada mindset atau pola pikirmu.

Bagaimana kamu memandang sebuah kesuksesan? Apakah kamu terus menerus jatuh pada kebiasaan lama yang menjadi lubang kegagalanmu selama ini?

Jika demikian, saatnya untuk berhenti menjadi orang yang sama dan melakukan hal yang sama. Inilah saatnya untuk berubah!

 

Untuk melengkapi informasi kamu supaya lebih lengkap, kamu bisa melihat video berikut ini tentang kenapa orang kaya semakin kaya dan orang miskin semakin miskin.

 

Mindset apa yang selama ini perlu kamu ubah setelah membaca wejangan dari kutipan Robert T. Kiyosaki di atas? Tuliskan pada kolom kosong di bawah ini ya!

Kamu juga dapat membagikan artikel di atas kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Robert Kiyosaki. 3 Mei 2016. If You Want to be a Pro, It Starts with Mindset. Richdad.com – https://bit.ly/2zQtFqV
  • Miriam Ballesteros. 9 Mei 2018. Robert Kiyosaki: 20 Quotes That Will Change Your Money & Business Mindset. Miriamballesteros.com – https://bit.ly/2WpppXe
  • Admin. 16 Agustus 2018. Gimana Mau Kaya Kalau Masih Punya 6 Mindset Ini. Ubah Segera! Lifepal.co.id – https://bit.ly/3aHq7UM

 

Sumber Gambar:

  • Pola Pikir yang Salah – https://bit.ly/3cIyGAk