Meraih kesuksesan bisa diraih dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menjalankan bisnis unik yang menarik.

Banyak bisnis unik yang lahir dari keisengan atau hobi yang dimiliki oleh pemilik bisnis, salah satunya adalah bisnis kertas yang dijalankan oleh Rahmat Maulana.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bisnis Lukisan Kertas

Memberikan hadiah kepada orang tersayang di hari-hari spesial kadang kala cukup membingungkan juga. Benda-benda yang unik bisa menjadi pilihan untuk dijadikan hadiah.

Keunikan tersebut membuat hari-hari spesial akan terasa semakin berkesan bagi penerima hadiah.

Anda yang ingin memberikan hadiah bisa menjadikan karya Rahmat Maulana sebagai referensi. Ia memanfaatkan buku menjadi media seni dengan membuat goresan wajah dari halaman-halaman buku tersebut.

Selain menarik untuk dijadikan hadiah, bisnis yang dijalankan oleh Rahmat Maulana ini juga menarik untuk dijadikan inspirasi.

Solusi UKM Peluang Usaha 02 LanaGift 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Untung Besar di Bisnis Waralaba Kesehatan & Kecantikan? Baca Dulu Informasinya]

 

Kabarnya, dari bisnis lukisan kertas yang ia beri nama LanaGift ini, Rahmat bisa mengantongi Rp60 juta setiap bulannya.

Rahmat sebenarnya adalah alumni D3 Refraksi Optisi yang berwenang untuk melakukan pemeriksaan mata dasar.

Namun, ia juga memiliki hobi membuat lukisan kertas. Lalu, iseng-iseng ia mencoba meng-upload hasil karya pribadinya di Instagram sebagai koleksi pribadi saja.

Ternyata, dari situ jadi banyak orang yang melihat dan menyukai hasil karya yang ia buat.

 

Melihat hal ini, Rahmat berpikir untuk menjadikannya sebagai peluang bisnis saja.

Seiring dengan semakin banyaknya pesanan yang masuk, ia pun mulai mematangkan hasil karya yang dibuat agar bisa menjadi produk siap jual.

Bentuk lukisan kertas yang unik menjadi daya tarik utama mengapa banyak orang berminat untuk membeli produk LanaGift ini.

Apalagi, pasar dunia online yang begitu besar dan tak terbatas membuat produk lukisan kertas jadi lebih mudah ditemukan oleh peminatnya.

Kelebihan lainnya adalah, saat ini, produk lukisan kertas bisa dibilang masih belum ada saingannya di Indonesia.

 

Modal Usaha LanaGift

LanaGift yang dijalankan Rahmat Maulana ini baru benar-benar dimulai pada tahun 2017. Saat itu Rahmat mulai menjalankan bisnisnya dengan modal awal sebesar Rp1 juta.

Modal ini digunakan untuk membeli bahan baku lukisan kertas seperti kertas, dan bahan-bahan lainnya.

Untuk setiap produk LanaGift yang dijual memiliki harga yang cukup bervariasi tergantung ukuran dan kerumitan. Lukisan dengan ukuran kecil, ditawarkan dengan harga mulai dari Rp100 ribu.

Sedangkan lukisan yang cukup rumit bisa berkisar antara Rp195 ribu hingga Rp295 ribu. LanaGift juga memiliki produk wajah cutting dengan harga mulai Rp325 ribu.

Solusi UKM Peluang Usaha 03 LanaGift 3 - Finansialku

[Baca Juga: 98% Berhasil! Lakukan Tips Sukses Membangun Bisnis ala Orang Jepang]

 

Untuk membuat sebuah lukisan kertas, Rahmat menggunakan bahan dari kertas HVS putih dan kertas warna. Dan pengerjaan satu produk lukisan membutuhkan waktu beberapa jam hingga selesai dikerjakan.

Meskipun begitu, waktu pembelian yang ditetapkan adalah sekitar 2 hingga 4 hari sampai barang selesai dibuat.

Banyaknya pesanan yang masuk membuat pengerjaan lukisan kertas butuh waktu preorder yang cukup lama karena harus masuk daftar antri lebih dulu.

Hal inilah yang membuat Rahmat akhirnya merekrut karyawan untuk membantunya mengerjakan pesanan. Saat ini ada 5 orang karyawan yang membantu Rahmat di LanaGift dan seluruhnya adalah perempuan.

Tidak mudah menemukan orang yang bisa membantu menjalankan LanaGift dan mengerjakan pesanan lukisan kertas yang masuk.

Produk lukisan kertas di Indonesia masih sangat langka, begitu juga orang yang mampu mengerjakannya juga masih sangat jarang. Karena itu, Rahmat cukup berhati-hati saat mencari karyawan untuk membantunya.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Produk Lukisan Kertas LanaGift

Sebagai pemain utama bisnis lukisan kertas, produk LanaGift saat ini memang sudah cukup dikenal di berbagai daerah di Indonesia.

Pencapaian yang dirasakan oleh Rahmat ini semuanya karena hasil kerja keras dari seluruh tim LanaGift, testimony dari teman-teman pembeli lukisan kertas LanaGift, dan juga tidak lupa promosi yang mereka lakukan via media sosial.

Bahkan produk LanaGift ini bukan hanya tersebar di seluruh Indonesia saja, tapi juga sudah sampai ke luar negeri.

Beberapa pelanggan lukisan kertas LanaGift ini juga ada yang datang dari luar negeri misalnya Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Australia, Hong Kong, dan beberapa negara lainnya.

Solusi UKM Peluang Usaha 04 LanaGift 4 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Ide Peluang Bisnis dan Inspirasi Usaha untuk Ibu Rumah Tangga?]

 

Di antara banyaknya pesanan yang masuk, produk LanaGift yang paling banyak dipesan adalah produk lukisan wajah custom.

Produk ini lebih banyak dipesan oleh pelanggan dibandingkan dengan produk lain seperti custom huruf dan angka.

Dari bisnis ini Rahmat mengaku bisa mendapatkan omzet sekitar Rp50 juta hingga Rp60 juta setiap bulannya.

Namun meskipun bisa dibilang cukup sukses, Rahmat mengatakan bahwa dalam menjalankan LanaGift, pasang surut itu tetap saja ada, sama seperti bisnis lainnya.

Salah satu kesulitan yang ia hadapi adalah banyaknya pesanan sampai ia tidak mampu meng-handle-nya lagi. Dan terlebih lagi untuk menemukan orang dengan keterampilan lukis kertas sangatlah tidak mudah.

Sampai akhirnya ia bisa menemukan 5 orang karyawan perempuan yang saat ini bekerja padanya.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Keunggulan LanaGift

Pertumbuhan bisnis LanaGift yang cukup baik ini dikarenakan produk bisnisnya yang unik dan menarik. Selain itu, orang yang menjalankan bisnis lukis kertas juga sangat langka.

Dua hal ini yang menjadikan LanaGift dapat diterima di kalangan anak muda dengan mudah, juga sangat cocok untuk dijadikan hadiah di momen-momen spesial orang tersayang.

Namun meskipun produk lukisan kertas ini telah memiliki keunikan yang khas, bukan berarti LanaGift merasa cukup puas dengan mengandalkan keunggulan produknya saja.

Rahmat percaya bahwa dalam menjalankan sebuah bisnis, inovasi, kerja keras, dan kegigihan untuk terus mencoba adalah hal yang mutlak harus dikembangkan untuk bisa tetap bertahan di dunia bisnis.

Karena itu sampai saat ini pun inovasi, kerja keras, dan keinginan untuk terus mencoba masih terus Rahmat lakukan bersama-sama dengan LanaGift yang menjadi bisnisnya.

Pada dasarnya, menjalankan bisnis dan sukses melalui jalan tersebut bukanlah hal yang mustahil. Ada banyak bisnis yang bisa Anda jalankan untuk meraih kesuksesan Anda.

Yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa menemukan peluang bisnis dari hal tersebut dan mengembangkannya dengan baik.

Bisnis lukisan yang dijalankan oleh Rahmat dapat dikatakan sebagai sebuah bisnis yang unik dan baru, khususnya di Indonesia.

 

Saat menjalankan bisnis yang unik, Anda mungkin akan menghadapi risiko dimana produk Anda akan lebih sulit diterima karena masyarakat masih belum terbiasa dengan produk yang Anda miliki.

Namun dengan inovasi, kerja keras, dan keinginan untuk terus mencoba, keunikan ini juga bisa Anda asah menjadi daya tarik khusus yang hanya akan dimiliki oleh bisnis Anda saja.

 

Apakah Anda memiliki peluang bisnis yang ingin Anda realisasikan? Atau apakah Anda sudah memiliki bisnis unik yang sedang Anda jalankan?

Anda bisa membagikan tantangan dan kesulitan yang Anda hadapi serta bagaimana cara Anda menghadapi tantangan tersebut dengan menuliskannya di kolom komentar.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang di sekitar Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hendra Kusuma. 29 September 2018. Anak Muda Kantongi Rp 60 Juta/Bulan Berkat ‘Lukisan Kertas’. Finance.detik.com – https://goo.gl/K3Fga8

 

Sumber Gambar:

  • LanaGift 1 – https://goo.gl/iWpnzR
  • LanaGift 2 – https://goo.gl/YAVHjt
  • LanaGift 3 – https://goo.gl/tpwZ7v
  • LanaGift 4 – https://goo.gl/YX3t1d