Apakah Anda sudah mengetahui tips sukses bisnis ala orang Jepang? Bagaimana orang Jepang bisa sukses membangun bisnis mereka ya?

Langsung saja, simak artikel berikut!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Sukses Membangun Bisnis

Pada awalnya, membangun suatu bisnis akan terasa sangat sulit. Anda mungkin merasa lelah setelah berulang kali mencoba suatu bisnis tetapi gagal, gagal, dan gagal lagi. Namun, apakah Anda sudah mencoba tips sukses membangun bisnis ala orang Jepang?

Negara sakura ini memang dikenal sebagai negara maju. Teknologi yang berasal dari negara Jepang tidak dapat diragukan lagi.

Kualitas produk Jepang pun memang sudah terbukti sangat baik. Alhasil, bisnis mereka terus maju dan berkembang.

Agar Hemat, Yuk Rencanakan Liburan dan Wisata Murah ke Jepang 03 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis, Beberapa Hal Ini Bisa Anda Pelajari dari The Greatest Showman!]

 

Lalu, apa ya yang bisa membuat orang Jepang sukses membangun bisnisnya?

Apakah Anda penasaran? Langsung saja, ini dia tips-tips sukses membangun bisnis ala orang Jepang!

Eits sebelum itu, tahukah Anda? Salah satu kunci untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses adalah dengan memiliki ilmu pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Penting untuk Anda ketahui, mencampur uang pribadi dan uang bisnis dapat berdampak buruk untuk perkembangan bisnis Anda!

Ingin mengetahui lebih dalam? Yuk download ebook bisnis Finansialku di bawah ini! Gratis!

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

7 Tips Sukses Membangun Bisnis Ala Orang Jepang

Apakah Anda mau sukses membangun bisnis seperti orang Jepang? Artikel Finansialku satu ini akan membagikan tips sukses membangun bisnis ala orang Jepang. Berikut ini 7 tipsnya!

 

#1 Disiplin

Orang-orang Jepang sudah sangat dikenal di seluruh dunia bahwa mereka adalah orang yang sangat disiplin.

Ternyata, kedisiplinan mereka juga menjadi salah satu faktor keberhasilan mereka dalam berbisnis. Mereka selalu disiplin di manapun dan kapanpun.

Dengan kedisiplinan yang tinggi, maka mereka memiliki produktivitas yang tinggi. Oleh karena itu, Anda juga harus disiplin dalam menjalani bisnis Anda untuk mengikuti kesuksesan orang Jepang.

 

#2 Loyal

Orang Jepang juga terkenal dengan loyalitasnya. Dalam berbisnis, tentunya Anda perlu loyalitas tinggi, di mana Anda tidak boleh mudah bosan dalam menjalani Anda.

Carilah solusi di setiap permasalahan yang Anda hadapi. Jika Anda terus menerus mengganti jenis bisnis dan tidak loyal, maka sulit bagi Anda untuk sukses.

Fokus pada satu bisnis dan tekuni bisnis itu dengan sungguh-sungguh. Jangan mudah bercabang-cabang ke bisnis yang lainnya. Jika Anda fokus, maka bisnis Anda akan berkembang lebih cepat.

 

#3 Terampil dan Cekatan

Di era yang terus berkembang ini, Anda dituntut untuk terus terampil dalam berbisnis. Pasalnya, Anda memiliki banyak sekali competitor di luar sana.

Untuk itulah Anda harus berpikir out of the box, pikirkan hal-hal unik yang tidak dipikirkan oleh kompetitor Anda.

Jangan takut jika ide Anda tidak masuk akal. Ingat, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Jadi, tentu saja apapun ide bisnis Anda pasti bisa direalisasikan.

Selain itu, Anda juga harus terus menerus berinovasi untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis.

 

#4 Kerja Keras dan Totalitas

Orang Jepang dikenal sebagai orang yang suka bekerja keras. Mereka sangat produktif dan konsisten dalam mempertahankan kualitas kerja.

Mereka pun bekerja dengan penuh totalitas. Sifat-sifat inilah yang bisa Anda tiru untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis.

Jika Anda bekerja keras dalam membangun bisnis Anda, Anda pasti akan sukses. Tidak hanya bekerja keras, namun Anda juga harus bekerja cerdas.

 

#5 Pantang Menyerah

Sesulit apapun masalah yang dihadapi oleh orang Jepang, mereka cenderung pantang menyerah.

Seperti yang kita ketahui, negara Jepang beberapa kali menghadapi berbagai tragedi besar seperti bom atom pada dua kota penting yaitu Hiroshima dan Nagasaki. Selain itu, Jepang juga mengalami tsunami pada tahun 2011.

Tips Sukses Membangun Bisnis ala Orang Jepang 2 Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Modal untuk Menjadi Entrepreneur Sukses?]

 

Kondisi tersebut tidak hanya mengakibatkan kerusakan infrastruktur yang sangat parah, namun juga berdampak pada kondisi psikologis masyarakat Jepang.

Namun, semua hal tersebut tidak membuat orang-orang Jepang menyerah. Mereka bisa menghadapi berbagai macam masalah tersebut dengan baik.

Alhasil, sekarang Jepang menjadi negara super power yang mendominasi perekonomian dunia. Fantastis kan?

Oleh karena itu, jiwa pantang menyerah yang dimiliki oleh orang Jepang dapat menjadi ditiru oleh Anda.

Dalam membangun sebuah bisnis tentunya akan terdapat berbagai macam kendala dan masalah yang dihadapi. Namun, jangan pernah menyerah!

Anda harus terus berjuang untuk menghadapi setiap permasalahan yang ada. Anda juga harus berusaha mencari solusinya. Jika Anda terus menerus berjuang, niscaya Anda akan sukses membangun bisnis Anda.

 

#6 Suka Membaca

Orang-orang Jepang sangat suka membaca. Bahkan mulai dari anak-anak pun mereka sudah suka membaca buku, majalah, ataupun koran. Kebiasaan membaca ini tentunya sangat baik.

Anda bisa melihat bahwa orang-orang yang sukses suka membaca. Tentunya membaca hal-hal yang bermanfaat ya seperti berita bisnis, buku-buku bisnis, dan lain-lain.

Dengan membaca maka pengetahuan Anda akan menjadi lebih luas. Hal ini tentunya akan sangat baik untuk Anda ketika sedang menjalani bisnis yang Anda tekuni. Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dan inovasi ketika membaca.

728x90 hitung sekarang Catat Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Catat Keuangan

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa membaca memang sangat diperlukan oleh para pebisnis.

Namun, seperti yang diketahui bahwa minat baca orang Indonesia cukup rendah. Oleh karena itu, latihlah dan biasakan diri Anda untuk suka membaca ya. Tentunya Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari membaca.

 

#7 Memiliki Kemampuan Team Working yang Baik

Orang-orang Jepang terbiasa untuk bekerja secara tim. Mereka dapat bekerja dengan baik bersama orang lain.

Tim orang Jepang juga dikenal sebagai tim yang solid. Budaya team work ini tentunya sangat baik jika diterapkan pada bisnis Anda.

Tentunya dalam menjalani sebuah bisnis Anda membutuhkan orang lain untuk saling melengkapi satu sama lain.

Dengan bekerja sama dengan tim juga akan mempercepat Anda dalam menyelesaikan masalah.

Anggota tim Anda dapat membantu Anda untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu, bangunlah tim yang solid untuk bisnis Anda.

 

Sukses Membangun Bisnis

Setelah mengetahui tips sukses dalam membangun bisnis ala orang Jepang tentunya dapat membantu Anda untuk sukses dalam membangun bisnis yang Anda jalani sekarang ini.

Jangan mudah menyerah terhadap apa yang sedang Anda jalani. Lakukanlah yang terbaik dan tekuni bisnis tersebut. Niscaya, suatu saat Anda akan menjadi pebisnis yang sukses.

 

Jadi, apakah Anda memiliki tips sukses membangun bisnis lainnya? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan agar semakin banyak orang yang sukses dalam membangun bisnis mereka. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Fiki Ariyanti. 29 Agustus 2018. Tips Sukses Bangun Bisnis Ala Orang Jepang dan AS yang Bisa Anda Tiru. https://goo.gl/VcS5xx
  • Admin 2018. 10 Rahasia Sukses Orang Jepang yang Patut Ditiru. Maxmanroe.com – https://goo.gl/T7uv5c

 

Sumber Gambar:

  • Sukses Bisnis Ala Jepang – https://goo.gl/xDE5uX
  • Sukses Bisnis Ala Jepang 2 – https://goo.gl/wevWwB