Tahukah Anda orang terkaya di Indonesia tahun 2016 memiliki harta Rp105,3 Triliun? Dan siapa saja 20 orang terkaya di Indonesia?

Finansialku akan membahas orang-orang terkaya di Indonesia, berikut ini artikelnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Menjadi kaya adalah impian banyak orang. Di Indonesia, cukup banyak konglomerat yang terdaftar menjadi orang terkaya tahun 2016. Di bawah ini adalah daftar 20 orang yang memiliki berbagai kekayaan dan aset lainnya di berbagai bidang. Siapa sajakah mereka?

 

#1 Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono adalah pendiri perusahaan Djarum yang memiliki kekayaan US$8,1 miliar (sekitar Rp105,3 triliun). Kekayaannya yang stabil tersebut berasal dari bisnis utamanya yaitu rokok dan sebagian besar saham Bank BCA.

 

#2 Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono adalah pemilik perusahaan Djarum yang mampu menjadi salah satu pemeran utama pasar rokok kretek di Amerika Serikat melebihi Gudang Garam dan Sampoerna. Tahun 2016 ini, kekayaan Michael mencapai US$7,9 miliar (sekitar Rp102,7 triliun).

 

#3 Chairul Tanjung

Chairul Tanjung adalah mantan Menko Perekonomian periode 19 Mei 2014 hingga 27 Oktober 2014. Beliau merupakan pengusaha sukses dengan total kekayaan mencapai US$4,9 miliar (sekitar Rp63,7 triliun) dalam sebaran bisnis CT Corp  yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Bank Mega, Trans Corp, dan CT Global Resources. Beliau memulai bisnisnya sejak di bangku kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Daftar 10 Orang Terkaya Dunia dan Indonesia Tahun 2016 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Orang Kaya di Abad Informasi]

 

#4 Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia adalah pendiri sekaligus ketua dari Indorama Corporation, perusahaan petrokimia dan tekstil di Indonesia. Kekayaan beliau kini mencapai US$4,2 miliar (sekitar Rp54,6 triliun) setelah menetap di Indonesia sejak tahun 1974 untuk menjalankan kehidupan profesionalitasnya dengan berbisnis.

 

#5 Bachtiar Karim

Bachtiar Karim merupakan pimpinan Musim Mas Group di bidang minyak kelapa sawit. Musim Mas Group awalnya bernama Nam Cheong Soap Factory. Saat ini, kekayaan Bachtiar Karim pada tahun 2016 ini mencapai US$3,2 miliar (sekitar Rp41,6 triliun).

 

#6 Mochtar Riady

Mochtar Riady adalah seorang pengusaha sekaligus presiden komisaris dari Lippo Grup. Tidak hanya itu, beliau juga dikenal masyarakat sebagai praktisi perbankan terkemuka. Saat ini, kekayaan Mochtar Riady mencapai US$2,1 miliar (sekitar Rp27,3 triliun).

10-alasan-yang-perlu-diketahui-kenapa-anda-masih-susah-menjadi-kaya-finansialku

[Baca Juga: 10 Alasan yang Perlu Diketahui, Kenapa Anda Masih Susah Menjadi Kaya]

 

#7 Sri Tahir

Sri Tahir adalah investor, filantropis, sekaligus pendiri dari Mayapada Group yang memiliki kekayaan Tahir hingga tahun 2016 ini mencapai US$2 miliar (sekitar Rp26 triliun). Perusahaan milik Sri Tahir merupakan holding company yang telah mempunyai beberapa unit usaha di Indonesia, mulai dari perbankan, rumah sakit, media cetak, properti, TV berbayar, dan toko bebas pajak atau duty free shopping (DFS).

 

#8 Murdaya Poo

Murdaya Poo yang saat ini memiliki kekayaan sebesar US$1,9 miliar (sekitar Rp24,7 triliun) adalah pengusaha yang menjalankan industri bidang energi. Tidak hanya itu, beliau juga merupakan salah satu anggota DRP RI.

 

#9 Peter Sondakh

Peter Sondakh merupakan pengusaha di bidang minyak kelapa dan mengekspor kayu. Melalui PT Rajawali Corporation yang dimilikinya, Peter Sondakh berbisnis properti sebagai perluasan dari bisnis yang sudah ditekuni ayahnya. Kekayaannya mencapai US$1,8 miliar (sekitar Rp23,4 triliun) pada tahun 2016.

 

#10 Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Eddy Kusnadi Sariaatmadja adalah pemilik dari Emtek Group yang memiliki kekayaan sebesar US$1,6 miliar (sekitar Rp20,8 triliun) dari stasiun televisi swasta SCTV dan Indosiar. Selain itu, Eddy juga mengembangkan bisnis perkebunan bernama PT London Sumatra Tbk yang menghasilkan kelapa sawit, karet, kakao, kopi, dan masih banyak lainnya.

8 Mitos Cara Mengelola Keuangan Para Miliarder dan Wirausaha Muda Kaya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 8 Mitos Cara Mengelola Keuangan Para Miliarder & Wirausaha Kaya]

 

#11 Ciputra

Ir. Ciputra adalah seorang insinyur dengan kekayaan hingga US$1,5 miliar (sekitar Rp19,5 triliun) dalam bisnis Jaya Group, Ciputra Group, dan Metropolitan Group. Saat ini, beliau sedang memperluas bisnisnya pada sektor pendidikan, yaitu dengan mengembangkan sekolah dan universitas.

 

#12 Soegiarto Adikoesoemo

Soegiarto Adikoesoemo adalah pemilik perusahaan AKR Corporindo dengan kekayaan sebesar US$ 1,4 miliar (sekitar Rp18,2 triliun). Tidak hanya itu, Soegianto Adikoesoemo juga mengembangkan beberapa bisnis lainnya yang ia jalankan antara lain distribusi, logistik, manufaktur, bahan bakar, bahan bakar dan bahan kimia.

 

#13 Theodore Rachmat

Theodore Rachmat adalah pemimpin Grup Astra yang didirikan oleh pamannya, William Soeryadjaya. Beliau mendirikan perusahaan sendiri bernama Triputra Group yang bergerak dalam bidang batu bara, karet olahan, manufaktur, perdagangan, agribisnis, hingga dealership motor serta logistik hingga mampu menghimpun kekayaan sampai US$1,4 miliar (sekitar Rp18,2 triliun) saat ini.

90+ Mindset yang Membuat Orang Susah Kaya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 90+ Mindset yang Membuat Orang Susah Kaya]

 

#14 Djoko Susanto

Djoko Susanto merupakan pemilik grup Alfamart yang telah menjalankan lebih dari 5.500 toko di bawah beberapa merek: Alfamart, Alfa Midi, Alfa Express, dan Lawson hingga memiliki kekayaan sebesar US$1,3 miliar (sekitar Rp16,9 triliun).

 

#15 Abdul Rasyid

Abdul Rasyid dikenal berhasil masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia, dengan total kekayaan sebesar US$1,1 miliar (sekitar Rp14,3 triliun) melalui perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit yakni PT Citra Borneo Indah.

 

#16 Martua Sitorus

Martua Sitorus atau Thio Seeng Haap adalah pendiri Wilmar International yang bergerak dalam bidang pengolahan minyak sawit mentah (CPO), perkebunan, dan produsen gula yang mengantarkan beliau hingga memiliki kekayaan US$1,1 miliar (sekitar Rp14,3 triliun).

10 Orang Terkaya 2015 Versi Majalah Forbes

[Baca Juga: 10 Orang Terkaya 2015 Versi Majalah Forbes]

 

#17 Husain Djojonegoro

Husain Djojonegoro yang memiliki kekayaan sebanyak US$1 miliar (sekitar Rp13 triliun) adalah pemilik Grup Orang Tua dan ABC yang bergerak di berbagai macam bidang mulai baterai hingga minuman.

 

#18 Achmad Hamami

Achmad Hamami adalah pemilik dari Tiara Marga Trakindo, sebuah perusahaan distributor alat berat, Caterpillar di Indonesia sejak tahun 1971. Saat ini kekayaan beliau mencapai US$1 miliar (sekitar Rp13 triliun) pada tahun 2016.

 

#19 Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong dengan total kekayaan sebesar US$ 1 miliar (sekitar Rp13 triliun) adalah pendiri dari Bayan Resources, perusahaan yang bergerak pada sektor tambang batu bara.

 

#20 Hary Tanoesoedibjo

Hary Tanoesoedibjo yang memiliki kekayaan US$ 1 miliar atau sekitar Rp13 triliun merupakan pengusaha MNC Group. Tidak hanya bisnis, dalam bidang politik, Hary merupakan pendiri dan Ketua Umum dari Partai Persatuan Indonesia (Partai Perindo).

 

Menurut Anda, Bagaimana mereka dapat menjadi 20 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2016? Apa yang mereka lakukan untuk mencapai hal tersebut? Berikan pendapat Anda pada kolom di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber:

  • Rizki Abadi. 27 Agustus 2016. 20 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2016. https://goo.gl/Dxlszh
  • Majalah Forbes. 10 Orang Terkaya di Indonesia 2016 (versi Forbes). https://goo.gl/ohhoiY
  • Eibroo.com. 20 Orang Terkaya Di Indonesia Saat ini (Tahun 2016). https://goo.gl/xFKuWB

 

Sumber Gambar:

  • Orang Terkaya – https://goo.gl/z1ersh

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang