Rivan Kurniawan, salah satu investor saham senior, akan kasih eksklusif investasi saham bagi pemula, nih!

Sudah siap? Catat tips-tips yang akan disampaikan lewat artikel ini, ya!

 

Summary

  • Tanpa punya analisis yang kuat dan cuma mengandalkan spekulasi, membuat saham punya citra buruk, dianggap tidak ubahnya seperti judi.
  • Rivan Kurniawan adalah salah satu investor saham senior, pernah membagikan beberapa tips investasi saham bagi pemula agar terhindar dari kerugian dan tidak terjebak pada kamuflase perjudian.

 

Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Sobat Finansialku, investasi saham adalah salah satu kegiatan investasi yang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan instrumen lainnya, baik itu reksa dana atau pun emas.

Tapi, biar begitu, sejalan dengan tingkat kesulitan dan risikonya, saham menawarkan return atau keuntungan yang juga lebih besar.

Oleh karena itu, meski terasa sulit untuk didalami, saham tetap menjadi primadona buat sebagian besar investor di Indonesia.

Sayangnya, euforia ini kadang tidak dibarengi dengan wawasan yang matang, akibatnya tidak sedikit pula yang harus mengalami kerugian.

Tanpa punya analisis yang kuat dan cuma mengandalkan spekulasi, membuat saham punya citra buruk, dianggap tidak ubahnya seperti judi.

Padahal, untuk melepas satu emiten saja, banyak analisis yang harus dilakukan sebelumnya, untuk memastikan kalau itu tidak berdampak besar pada portofolio yang sedang dibangun.

Rivan Kurniawan, salah satu investor saham senior pernah membagikan beberapa tips investasi saham bagi pemula agar terhindar dari kerugian dan tidak terjebak pada kamuflase perjudian. Berikut di antaranya!

 

#1 Perbanyak Wawasan

Tips pertama yang harus dilakukan adalah dengan memperbanyak wawasan. Ini berguna untuk membangun sensitivitas atau kemampuan kita dalam membuat keputusan untuk membeli sebuah emiten saham.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari mengikuti berita perkembangannya lewat artikel-artikel terbaru Finansialku, atau mempelajarinya lebih dalam dengan membaca buku tentang investasi saham.

Kalau kamu adalah tipe orang yang lebih suka membaca buku dibandingkan artikel yang informasinya terpotong-potong, kamu bisa memanfaatkan ebook gratis tentang saham dari Finansialku dengan menekan banner di bawah ini.

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

9 Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

 

Sementara itu, kalau kamu adalah tipe orang yang lebih suka untuk belajar sesuatu dengan berdiskusi dengan orang lain, kamu bisa bergabung dengan Komunitas Finansialku di Telegram dan berdiskusi bersama perencana keuangan dan 5000 lebih anggota lainnya.

 

#2 Praktik Langsung

Dalam mendalami sesuatu, tentu tidak cukup dengan hanya membaca teorinya. Ada kalanya kita harus segera mempraktikkan apa yang sudah dipelajari agar ilmu bisa terserap secara efektif.

Cobalah untuk membuka rekening saham pertamamu. Tapi, sebelum itu, pastikan kamu telah memilih perusahaan sekuritas yang cocok dengan kamu, ya!

Mengingat, masing-masing perusahaan sekuritas ini punya karakteristik dan peraturan yang berbeda satu sama lain.

Jadi, kamu perlu untuk menganalisis dan mengeliminasi satu per satu sampai kamu bisa menemukan perusahaan sekuritas yang cocok dengan kriteriamu.

Setelah itu, kamu bisa mulai bertransaksi dengan nominal yang kecil. Lakukan analisis-analisis pada setiap emiten saham berbekal ilmu yang sudah kamu pelajari sebelumnya. 

 

#3 Gunakan Analisis Fundamental

Di antara sekian banyak analisis emiten saham yang bisa dilakukan, Rivan Kurniawan memilih untuk melakukan analisis menggunakan analisis fundamental.

Menurutnya, dengan menggunakan analisis fundamental, kamu akan secara otomatis mengetahui kondisi perusahaan secara menyeluruh.

Kamu akan mampu menilai apakah perusahaan tersebut bertumbuh dan berkembang dengan baik, sampai persentase keuntungan dan kerugian perusahaan per tahun.

Dari situ, akhirnya akan muncul sebuah keyakinan dalam membuat keputusan, dan kamu tidak khawatir dengan apa yang terjadi di masa depan nanti, karena kamu punya data kuat yang mendukung keputusanmu.

Bagaimana cara melakukan analisis fundamental pada sebuah emiten? Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memiliki Laporan Keuangan perusahaan.

Dari Laporan Keuangan lah nantinya informasi tersebut bisa kamu dapatkan secara gamblang.

Melakukan analisis fundamental tentu bukan hal yang bisa dilakukan oleh semua orang.

Oleh karena itu, diperlukan wawasan yang cukup kuat tentang ini. Sebagai referensi, kamu bisa membaca artikel di bawah tentang analisis fundamental ini.

[Baca Juga: Mengenal Teknik Analisis Fundamental Saham Untuk Pemula]

 

#4 Ikuti Perkembangan Berita

Sebagai investor saham, kamu tentu tidak mau kehilangan setiap momen penting yang menjadi salah satu faktor pendukung dalam membuat keputusan.

Oleh karena itu, selain terus menambah wawasanmu tentang investasi saham, jangan lupa kalau kamu juga harus up-to-date dengan segala berita terkait saham.

Rivan Kurniawan bahkan mengatakan kalau berita-berita yang tersebar ini akan mempengaruhi kamu dalam membuat dan mengambil keputusan.

Jika berita yang kamu dengar tentang emitenmu adalah berita baik, maka kamu akan semakin yakin terhadap saham pilihanmu.

Sebaliknya, jika berita yang kamu dengar tentang emitenmu adalah berita yang cenderung negatif, disarankan untuk percaya dengan hasil analisis fundamental kamu sendiri dan tidak goyah atas berita-berita tersebut.

 

#5 Don’t Put Your Eggs In One Basket

Apakah kamu familiar dengan istilah ini? Dalam dunia saham, kalimat ini merupakan kiasan yang memerintahkan kamu untuk melakukan diversifikasi.

Apa itu diversifikasi? Singkatnya, adalah kegiatan di mana kamu membagi modalnya ke dalam beberapa perusahaan, dan tidak hanya terfokus pada satu emiten saja.

Rivan Kurniawan, merekomendasikan kamu untuk mendiversifikasikan modalnya ke 5 hingga 10 perusahaan saja.

Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa menjaga daya konsentrasi kamu saat melakukan investasi saham, dan bisa mengontrol masing-masing emiten yang kamu pilih.

Jangan sampai terlalu banyak memilih emiten, karena ini bisa membuat kamu kebingungan dan kehilangan fokus, dan akhirnya membuat kamu merugi.

 

Nah, itu dia lima tips investasi saham bagi pemula agar bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir adanya kerugian dari salah satu value investor senior Indonesia, Rivan Kurniawan.

Selain lima tips di atas, apakah kamu punya tips lain yang bisa dibagikan kepada Sobat Finansialku lainnya? Kalau ada, sampaikan pada kami lewat kolom komentar di bawah ini, ya!

Atau, kamu juga bisa membagikan lima tips ini kepada teman-teman investor pemula lainnya agar mereka bisa mengikuti langkahmu dalam memaksimalkan keuntungan dari investasi saham. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Rivan Kurniawan. 03 Maret 2019. TIPS MEMBELI SAHAM UNTUK INVESTOR PEMULA. Blog.rivankurniawan.com – https://bit.ly/3p22KPD