Apa itu SIPP BPJS Ketenagakerjaan dan bagaimana cara input data serta loginnya? Yuk ketahui juga fitur dan langkah-langkahnya dalam melakukan pendaftaran.

Cari tahu prosedur lengkapnya di artikel Finansialku kali ini. 

 

Summary

  • Sesuai dengan Undang-Undang nomor 24 tahun 2011 mengenai BPJS, setiap perusahaan wajib mendaftarkan pegawainya ke BPJS Ketenagakerjaan.
  • SIPP BPJS Ketenagakerjaan bisa menjadi solusi bagi perusahaan, untuk menghindari kesulitan pengelolaan administrasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

 

Pengertian SIPP BPJS Ketenagakerjaan 

Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan (SIPP BPJS Ketenagakerjaan) adalah aplikasi yang berfungsi mengelola laporan mutasi data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan adanya SIPP, perusahaan bisa mengakses kanal pelaporan data perusahaan secara online, sehingga tidak perlu mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan.

SIPP online BPJS Ketenagakerjaan ini bisa sebagai alat bantu bagi perusahaan untuk mengelola data kepesertaan. Apalagi jika perusahaan tersebut memiliki ratusan hingga ribuan karyawan.

Data kepesertaan tersebut seperti, data perusahaan, data tenaga kerja, data upah, hingga penghitungan iuran secara cepat dan akurat. 

 

Cara Daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan 

SIPP BPJS Ketenagakerjaan ini pendaftarannya terbilang mudah, pastikan koneksi internet di sekitar Anda stabil. Selanjutnya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

SIPP 01

 

  • Selanjutnya, isi data perusahaan serta identitas pengguna, yaitu Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) dan divisi, selanjutnya dengan klik tombol ‘Next’. 
  • Isilah email, password, dan ulangi kembali password.
  • Isi data user KPJ yang isinya nomor peserta (KPJ), nama lengkap, tanggal lahir nomor ponsel, lalu klik ‘Daftar’. 
  • Verifikasi nomor ponsel dengan cara isi kode OTP yang telah dikirimkan sistem ke nomor yang telah Anda cantumkan. Jika OTP yang sudah tepat, maka notifikasi berhasil akan muncul. 
  • Selanjutnya, periksa email untuk melihat email aktivasi akun aplikasi SIPP, lalu klik alamat website pada email itu. Anda bisa login sesuai email dan password yang telah didaftarkan. 
  • Ketika Anda berhasil login di SIPP BPJS Ketenagakerjaan, maka mutasi data akan ditampilkan pada halaman. 

 

Cara Input Data SIPP BPJS Ketenagakerjaan 

#1 Cara Input Data SIPP Perorangan

Setelah mengetahui cara daftar di SIPP BPJS Ketenagakerjaan, selanjutnya, ketahui cara menginput data pegawai.

Setiap perusahaan wajib mendaftarkan pegawainya ke BPJS Ketenagakerjaan, hal ini diatur dalam pasal 14 Undang-Undang nomor 24 tahun 2011 mengenai BPJS. 

Berdasarkan aturannya, setiap orang yang bekerja minimal enam bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta Jaminan Sosial seperti BPJS Ketenagakerjaan.

Termasuk pekerja asing, jadi, perusahaan wajib mendaftarkan pegawainya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, sesuai program jaminan sosial yang diikuti. 

Perlu diketahui, tak hanya BJPS Ketenagakerjaan saja yang wajib diterima oleh karyawan, kewajiban lain juga harus dipenuhi, lho. Apa saja? Cek di video ini, ya.

 

Dengan SIPP BPJS Ketenagakerjaan, perusahaan bisa mendaftarkan pegawainya secara mudah lewat laman https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id Cara input datanya sebagai berikut. 

SIPP 02

Input Data Tenaga Kerja. Sumber: Rumah.com

 

  • Pertama, login ke SIPP online BPJS Ketenagakerjaan, kemudian klik ‘Tambah TK’. 
  • Pada halaman akan tampil pop up pilihan tenaga kerja. Anda bisa memilih ‘Tambah Individu’ atau ‘Tambah Massal’, sesuaikan dengan kebutuhan. 
  • Jika Anda memilih ‘Tambah Individu’, akan menampilkan pop up pilihan tenaga kerja. Apakah sudah memiliki KPJ atau belum. Pilih sesuai dengan kebutuhan.
  • Nantinya, field muncul untuk melakukan input KPJ bagi tenaga kerja yang akan didaftarkan. Pilih ‘Lanjut’, sampai muncul pop up ‘Berhasil’.
  • Selanjutnya, lengkapi ‘Form Tenaga Kerja’, dan pilih ‘Lanjut’. 
  • Isi anggota keluarga pegawai, dengan klik ‘Tambah Keluarga’. Nantinya, halaman memunculkan pop up form profil keluarga, kemudian klik ‘Simpan’. 
  • Di halaman konfirmasi, periksa seluruh data untuk memastikan sudah benar atau belum. Jika Ada sudah benar dan sesuai, pilih ‘Simpan’.

[Baca Juga: Mudah! Cara Lengkap Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Terbaru]

 

Perusahaan dapat melihat data yang sudah diinput ke SIPP online BPJS Ketenagakerjaan dengan memilih LoV peserta baru pada halaman utama. 

 

#2 Cara Input Data SIPP Secara Massal

Selain input data perorangan, Anda juga bisa input data secara massal. Berikut ini langkah-langkah untuk input data secara massal.

SIPP 03

Input Data Massal. Sumber: Rumah.com

 

  • Setelah login ke SIPP online BPJS Ketenagakerjaan, kemudian klik ‘Tambah TK’ dan pilih ‘Tambah Massal’.
  • Aplikasi akan menyajikan formulir ‘Upload Tenaga Kerja Baru’.
  • Klik ‘Download Template’. Nantinya, aplikasi akan mengunduh template dengan berformat Microsoft Excel berisi data-data tenaga kerja baru. Isi template tersebut.
  • Jika sudah, unggah file template dengan klik ‘Choose File’ dan pilih nama template yang telah diunduh.
  • Kemudian pilih Upload.

[Baca Juga: Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online dan Offline Terbaru]

 

Fitur Pada SIPP BPJS Ketenagakerjaan

Adapun, fitur yang dimiliki SIPP online BPJS Ketenagakerjaan, sebagai berikut.

 

#1 Mutasi Data

Mutasi data yang membantu mengelola data karyawan yang telah resign, penambahan tenaga kerja, mengunggah upah yang paling kekinian (bagi karyawan yang gajinya naik) dan sebagainya.

 

#2 Memantau Iuran 

Ada fitur untuk memantau iuran, seperti yang diketahui, BPJS Ketenagakerjaan mewajibkan perusahaan membayar sekian persen premi yang dimiliki karyawan. Iuran bisa dipantau dengan SIPP online BPJS Ketenagakerjaan, untuk menghindari kesalahan jumlah pembayaran. 

 

#3 Laporan

Dengan fitur ini, maka Anda bisa mengakses beberapa laporan yang bersangkutan dengan tenaga kerja yang baru masuk.

Selain itu, laporan mengenai iuran BPJS yang perlu disetorkan perusahaan, laporan detail tentang upah, dan karyawan yang baru resign

 

#4 Pengaturan 

Beberapa hal pada aplikasi ini, yang dapat diatur, yaitu profil perusahaan, tambah perusahaan, hapus perusahaan yang termasuk binaan.

Selain itu, menambah pengguna yang mengelola akun serta menonaktifkan user yang mengelola akun bersangkutan. 

 

Keberadaan SIPP BPJS Ketenagakerjaan ini menjadi solusi bagi perusahaan, untuk menghindari kesulitan pengelolaan administrasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. 

Melalui SIPP ini semua pengelolaan data kepesertaan terjamin kualitas, validitas dan integritasnya.

Sehingga, bisa meminimalisir risiko kesalahan pada pelaporan dan  pembayaran kewajiban perusahaan terkait BPJS Ketenagakerjaan akan berjalan dengan baik. 

Nah, untuk teman-teman karyawan, jangan sampai menjadikan BPJS Ketenagakerjaan sebagai dana darurat untuk hari tua, ya. Ada baiknya kita tetap merencanakan keuangan kita dari sekarang untuk masa depan nanti. 

Caranya mudah sekali, Anda bisa ikuti langkahnya dalam ebook berikut ini. Semoga kita semakin paham akan pentingnya perencanaan keuangan, ya.

Banner Iklan Ebook Cara Wujudkan Mimpi kamu dengan Perencanaan Keuangan - PC
Banner Iklan Ebook Cara Wujudkan Mimpi kamu dengan Perencanaan Keuangan - HP

 

Setelah mengetahui step by step di atas, apakah Anda siap untuk memastikan keakuratan data sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan? Jika ya, ayo ajak sebanyak-banyaknya orang dalam membaca artikel bermanfaat ini, terima kasih. 

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi: 

  • Aliftya Amarilisya. 9 Maret 2022. Cara Daftar dan Input Data SIPP BPJS Ketenagakerjaan Online. kabar24.bisnis.com – https://bit.ly/3r8RFgW
  • Kholida Qothrunnada. 7 Mar 2022. Cara Daftar dan Input Data di SIPP BPJS Online, Simak! finance.detik.com – https://bit.ly/3r7lBdc