Bank Tabungan Negara (BTN) luncurkan situs rumahmurahbtn.com sebagai wadah lelang rumah bekas. Sedikitnya 5200 rumah murah siap dilelang di berbagai penjuru Indonesia.

Konsep lelang rumah bekas diusung berdasarkan tingginya kasus kredit bermasalah di sektor KPR.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

BTN Buat Aplikasi untuk Cari Rumah Bekas

Mencari rumah dengan harga murah tentunya jadi impian banyak orang. Kini, PT Bank Tabungan Negara (BTN), menyediakan wadah bagi calon pembeli rumah murah tersebut.

Setelah diresmikan awal 2018 lalu, situs rumahmurahbtn.com mewadahi sedikitnya 5200 rumah yang akan dilelang dari target 10.000 rumah di berbagai wilayah di Indonesia.

Direktur Collection & Asset Management Bank BTN, Nixon L. P. Napitupulu, menjelaskan rasio kredit bermasalah di BTN sekitar 2,7 persen per Maret 2018.

Seperti yang dilansir oleh detikFinance, Selasa (17/4/2018), Nixon menyatakan bahwa rasio itu setara dengan Rp2,8 triliun dari Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi dan non subsidi:

“Kurang lebih jumlahnya setara dengan 45.000 rumah di seluruh Indonesia, karena pasti NPL pasti ada terus dan harus bisa dikelola dengan baik agar kredit lebih prudent.

 

BTN-Luncurkan-Situs-Lelang-Rumah-Bekas-untuk-Siasati-KPR-Macet-2-Finansialku

Direktur Collection & Asset Management Bank BTN, Nixon L. P. Napitupulu

 

Nixon kemudian mengatakan bahwa peluncuran portal penjualan rumah tersebut dilatarbelakangi tingginya Non Performing Loan (NPL) atau kredit bermasalah di sektor KPR:

“NPLnya itu di BTN terkait perumahan yang paling banyak memang kita kenanya di KPR. NPL KPR non subsidi dua kali lipat dibanding NPL subsidi.”

 

Guna menekan NPL tersebut, BTN meluncurkan portal web dan aplikasi daring rumahmurahbtn.com pada 9 Januari 2018 lalu dan diresmikan pada 9 Februari 2018.

Aset properti berupa rumah tinggal baik subsidi dan non subsidi, tempat usaha, maupun kavling tanah tersebut tersebar di seluruh nusantara dan diawasi setidaknya 64 cabang Bank BTN.

Sejak diluncurkan hingga sekarang, aset yang terjual rata-rata dengan rentang harga Rp300-900 juta. Lokasinya pun tersebar seperti Serpong, Bekasi, Tangerang, Purwakarta, Semarang, Manado, Makassar, Kendari, Jambi, Pontianak, Balikapapan, hingga Medan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Ke depannya, BTN berencana menggandeng para agen properti dan mengedukasi masyarakat mengenai proses lelang. Hal ini ditujukan untuk menarik minat lebih banyak peserta lelang dan peminat dari rumah bekas maupun rumah lelang.

Selain memberikan peluang bagi masyarakat mendapatkan rumah murah serta peluang berinvestasi, Nixon mengakui bahwa langkah ini memberi kesempatan BTN untuk meneguk KPR dari rumah bekas jika nasabah menginginkan proses kredit dari rumah bekas tersebut:

“Kualitas kredit Bank BTN bisa membaik dengan membuka akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk membeli rumah lelang tersebut, di sisi lain Bank BTN juga bisa memasarkan produk lain seperti KTA dan Kredit Agunan Rumah.”

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Di Bawah Harga Pasar

Rumah bekas yang dihadirkan di situs rumahmurahbtn.com dipatok jauh di bawah harga pasar. Menurut Nixon, hal ini disebabkan rumah-rumah tersebut dijual dalam kondisi apa adanya:

“Artinya kalau rumah NPL jangan bayangin rumah di Pondok Indah. Kadang jendelanya udah pecah, pintunya udah somplek-somplek. Tapi harus lihat dari sisi harga itu jauh di bawah market. Sehingga ini juga jadi daya tarik daripada beli rumah baru, toh bisa direnovasi jadi kenapa gak beli rumah murah.”

 

Rumah lelang kerap menjadi incaran banyak investor yang kemudian direnovasi dan kembali dijual dengan harga yang lebih tinggi. Namun, tidak menutup kemungkinan juga untuk digunakan sebagai rumah hunian.

 

Setelah membaca artikel ini, apa tanggapan Anda tentang rumah murah yang disediakan lewat program BTN ini? Silakan paparkan pendapat Anda di kolom di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Sylke Febrina Laucereno. 17 April 2018. Turunkan Kredit Bermasalah, BTN Jual Rumah Tak Lunas via Online. Finance.detik.comhttps://goo.gl/b9GtSy
  • Yayu Agustini Rahayu. 17 April 2018. Rumah Murah BTN, aplikasi untuk berburu rumah bekas yang dilelang. Merdeka.comhttps://goo.gl/K3Y8J9

 

Sumber Gambar:

  • BTN Luncurkan Situs Lelang Rumah – https://goo.gl/4XJ5bv
  • BTN Luncurkan Situs Lelang Rumah 2 – https://goo.gl/TJWKYZ
Summary
BTN Luncurkan Situs Lelang Rumah Bekas untuk Siasati KPR Macet
Article Name
BTN Luncurkan Situs Lelang Rumah Bekas untuk Siasati KPR Macet
Description
Bank Tabungan Negara (BTN) luncurkan situs rumahmurahbtn.com sebagai wadah lelang rumah bekas. Sedikitnya 5200 rumah murah siap dilelang di berbagai penjuru Indonesia.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo