Mempercantik diri hanya dengan menggunakan makeup saja tidak cukup. Ayo ketahui penerapan skincare routine yang bisa membuat wajah berseri setiap hari.

Ayo simak pembahasannya berikut ini, selamat mencoba!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tentukan Skincare yang Sesuai dengan Tipe Kulit

Sebelum menggunakan skincare alangkah lebih baik jika kamu kenali dulu tipe kulit kamu. Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Jadi jangan disamaratakan ya kalau setiap perempuan bisa menggunakan produk yang sama.

Untuk mengetahui jenis kulit, pertama basahi wajah dan diamkan selama satu setengah jam tanpa mengoleskan produk kecantikan apapun. Jangan berada di ruangan ber-AC atau melakukan kegiatan di bawah sinar matahari.

Setelah itu gunakan tisu atau tekan bagian pipi, dagu dan kening.  Ladies ingin tahu kan bagaimana cara untuk mengetahui jenis kulitnya. Simak pembahasannya berikut ini:

Tahapan Skincare Routine, Perempuan Wajib Tahu! 02 Jenis Kulit Wajah - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Kosmetik Murah Tapi Enggak Murahan]

 

#1 Skincare Routine Kulit Normal

Setelah kamu melakukan seperti yang diatas, jika hasilnya menunjukan wajah kamu tidak ada bekas minyak itu artinya jenis kulit kamu normal. Ciri-ciri lainnya ialah pori-pori yang tidak terlalu terlihat.

Untuk merawat kulit jenis normal, cukup gunakan facial wash dan cleansing oil yang ringan saja. Setelah itu gunakan serum agar tampak lebih cerah dan jangan lupa toner.

 

#2 Skincare Routine Kulit Kering

Bagi kamu yang memiliki kulit kering akan terasa tebal dengan pori-pori yang sempit. Permukaan luar kulit akan kasar dan kusam, serta kulit kurang elastis.

Kulit jenis ini juga lebih mudah memerah, gatal, bersisik dan meradang. Kulit wajah kering bisa disebabkan oleh genetik, cuaca dingin, sinar matahari, radiasi, bahan yang terkandung dari kosmetik atau pembersih wajah.

Untuk jenis kulit tipe ini, hindari mandi dan mencuci muka dengan air hangat terlalu lama, gunakan pelembap setiap selesai mencuci muka. Gunakan moisturizer yang banyak mengandung AHA atau glycolic acid.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Skincare Routine Kulit Berminyak

Untuk jenis kulit berminyak, jangan menggunakan produk yang mengandung SD alkohol yang justru akan memperparah kulit berminyak. Pastikan skincare yang digunakan bebas minyak.

Gunakanlah skincare yang mengandung salicylic acid, niacinamide, hyaluronic acid atau bahan lainnya yang berfungsi untuk menghidrasi kulit.

 

#4 Skincare Routine Kulit Kombinasi

Seseorang yang mempunyai kulit kombinasi biasanya bermasalah di T zone yaitu kening, hidung dan dagu. Jenis kulit ini perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering.

Kulit akan terasa berminyak di zona T, sementara daerah pipi akan tetap kering. Maka dari itu, perlakuan terhadap bagian wajah pun sedikit berbeda, misalnya pembersih ringan dan pelembap mungkin diperlukan di pipi, sementara produk anti jerawat  diperlukan di zona T.

 

Tahapan-tahapan Menggunakan Skincare Routine

Nah setelah mengetahui jenis kulit, saatnya mulai tahapan perawatan wajah. Bagi setiap perempuan mengetahui step by step skincare yang benar itu sangatlah penting.

 

#1 Daily Skincare Routine

Tahap-tahap perawatan skincare harian ini bisa digunakan oleh pria dan wanita loh. Jadi jangan aneh kalau ada pria yang merawat kulit wajahnya ya, karena itu adalah kebutuhan dan sebuah keharusan dalam merawat kulit.  

Ini dia tahapan skincare routine yang bisa digunakan sehari-hari.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

a. Double Cleansing

Double cleansing berarti membersihkan wajah. Cleansing ini bisa dilakukan sekali atau dua kali dalam sehari.

Pertama dilakukan pada pagi hari sebelum mandi dengan mengaplikasikan cleansing oil atau cleansing milk. Ini bisa mengangkat sel kulit yang telah mati.

Kedua bisa dilakukan ketika selesai mandi, tinggal dibasuh memakai facial wash atau facial foam. Sehingga kulit akan terasa kenyal dan segar.

 

b. Toner

Toner berguna untuk membersihkan wajah setelah memakai peeling. Selain itu toner juga bisa untuk menetralkan pH di wajah loh. Toner ini bisa digunakan setelah mandi pagi hari dan malam hari.

Cara menggunakannya pun cukup simpel. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskannya pada kapas. Dengan begitu kulit wajah kamu akan segar sepanjang hari.

Selain itu toner juga dapat digunakan untuk menghapus sisa make up di wajah.

 

c. Special Treatment (Eye Cream & Lip Balm)

Biasanya mata panda menjadi salah satu keluhan setiap perempuan. Bisa karena kelelahan ataupun tidur yang tidak teratur.

Gunakanlah eye cream di area mata kamu dan usaplah perlahan ratakan di area bawah mata, agar mata panda yang kamu miliki perlahan akan memudar.

Jangan lupa gunakan lip balm agar bibir kamu tetap lembab dan tidak pecah-pecah atau kering. Lip balm ini bisa digunakan sebelum tidur atau sebelum menggunakan lipstick.

 

d. Moisturizer

Moisturizer atau pelembap ini sudah menjadi kebutuhan untuk kesehatan wajah. Pelembap ini berfungsi untuk mempertahankan kelembapan kulit sepanjang hari.

Pelembap ini pun disesuaikan dengan jenis kulit yang kamu miliki ya. Cara penggunaannya cucilah wajah terlebih dahulu dengan facial wash.

Kemudian aplikasikan pelembap di bagian wajah, dan lakukan gerakan memutar ke arah atas menuju tulang pipi, bagian mata dan kening.

 

e. Sunscreen

Untuk kamu yang sering beraktivitas diluar ruangan dan terpapar sinar matahari, lebih baik menggunakan sunscreen setiap hari. Cara menggunakan sunscreen diratakan ke wajah setelah menggunakan pelembap.

Sunscreen ini mengandung spf yang dapat melindungi wajah yang bisa bertahan sampai 8 jam.

 

#2 Weekly Skincare Routine (Skincare Mingguan)

Selain skincare routine harian, skincare mingguan pun perlu dilakukan. Skincare mingguan ini dibagi menjadi dua yaitu masker dan exfoliator atau peeling wajah.

 

a. Masker

Saat ini banyak masker-masker yang dijual dipasar lokal maupun internasional. Dengan berbagai macam varian menyesuaikan jenis jenis kulit dan kebutuhan kulit.

Mulai dari masker timun, bengkuang, kopi, alpukat, lemon dan sebagainya.

Masker bisa digunakan satu minggu sekali atau dua minggu sekali. Sebelum menggunakan masker, lebih baik bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan facial wash setelah itu oleskan masker secara merata.

 

b. Exfoliator (Peeling Wajah)

Peeling merupakan jenis perawatan paling ampuh untuk menghilangkan kerutan dan flek hitam di wajah. Penggunaan peeling ini sendiri harus disesuaikan dengan kandungan dan seberapa parah flek hitam di wajah.

Selain mengangkat flek hitam, dengan peeling komedo pun dapat terangkat ketika kita menariknya. Peeling ini bisa digunakan 1-2 kali seminggu.

 

Skincare Pilihan Tepat

Itu dia beberapa langkah yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan skincare dengan tepat.

Jangan sampai salah dalam menggunakannya ya. Dengan kita rutin menggunakan skincare, otomatis kulit wajah kita akan semakin terawat dan segar.

Penggunaan makeup yang dilakukan tiap hari itu bisa merusak kulit wajah loh, maka dari itu pentingnya skincare adalah untuk mencegah hal itu semua. 

Selain menggunakan skincare dan makeup yang tepat, tentunya kamu juga harus merencanakan dan mengatur keuanganmu dengan tepat, apalagi buat kamu yang merasa boros atau belum bisa membeli makeup atau skincare yang kamu mau.

Kamu bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuanganmu melalui smartphone.

Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain itu, kamu juga bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS. Ayo rencanakan keuanganmu dari sekarang dan segera wujudkan tujuan keuanganmu!

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

Apa tanggapan kamu setelah membaca artikel diatas? Berikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini kepada teman dan kerabatmu. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Disfira Ika. 23 Oktober 2018. 10 Langkah Skincare Routine ala Korea: Ribet Tapi Worth It. Keepo.me – https://goo.gl/vu5TSH
  • Beauty talk. 10 September 2016. Skin Care Rutin Untuk Kulit Wajah Bersih. Perfectbeauty.id – https://goo.gl/L1imHn

 

Sumber Gambar:

  • Skincare Routine – https://goo.gl/bo4Uq1
  • Jenis Kulit Wajah – https://goo.gl/CVrP9L