Mendekati batas waktu pelaporan pajak, wajib pajak sudah tahu cara daftar SSE pajak versi terbaru? Kalau belum, cek cara lengkapnya di sini!

Dari berbagai perkembangan yang telah dialami, saat ini Direktorat Jenderal Pajak telah menyediakan beberapa aplikasi untuk membuat kode ID Billing dengan SSE Pajak.

Namun, ketahui cara daftar SSE Pajak versi terbaru dengan cara yang mudah di artikel di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

SSE Pajak Online

Menurut Direktorat Jenderal Pajak, SSE pajak online atau Surat Setoran Elektronik merupakan suatu sistem pembayaran pajak elektronik yang diadministrasikan oleh Biller Direktorat Jenderal Pajak dengan menerapkan atau menerbitkan billing system.

Biller merupakan unit Eselon I Kementerian Keuangan yang diberi tugas dan kewenangan untuk mengelola sistem billing dan menerbitkan kode billing.

E-Billing pajak merupakan sistem pembayaran pajak secara elektronik dengan membuat kode billing pajak pada aplikasi SSE pajak online yang merupakan bagian dari sistem Penerimaan Negara.

SSE Pajak merupakan pengganti dari metode lama yang masih manual dalam pengisian surat setoran pajak (SSP Pajak).

Anda tidak perlu datang langsung ke Bank atau Kantor Pos untuk mengisi secara manual Surat Setoran Pajak dan membayar pajak Anda.

Bayar Pajak Online Melalui E-Billing Ternyata Mudah! 02 Bayar Pajak Online 2 - Finansialku

[Baca Juga: WAJIB TAHU! 10+ Daftar Penghasilan yang Tidak Kena Pajak]

 

Untuk membayar pajak online melalui SSE Pajak, Anda harus melakukan beberapa hal seperti:

  • Melakukan registrasi akun e-Billing SSE Pajak
  • Membuat Kode ID Billing Pajak
  • Mencetak Kode ID Billing Pajak
  • Membayar Pajak Online

 

Dalam perkembangannya, cara pembayaran pajak telah mengalami beberapa perubahan. Proses perubahan pembayaran pajak dari masa ke masa:

  1. Tahap pertama, pembayaran langsung ke Kantor Kas Negara
  2. Tahap kedua, pembayaran melalui bank. Pada tahap ini muncul istilah bank persepsi. Pembayaran yang dilakukan masih bersifat offline
  3. Tahap ketiga, revolusi perbankan. Pembayaran menggunakan website dan online banking system.
  4. Tahap keempat, menggunakan Modul Penerimaan Negara yang tercantum dalam Undang-undang Keuangan Negara dan Undang-undang Perbendaharaan
  5. Tahap kelima, pembayaran elektronik.

 

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru

Note:

Per 1 Januari 2020 layanan SSE1 dan SSE3 telah ditutup oleh Direktorat Jenderal Pajak dan hanya layanan SSE2 saja yang masih berfungsi saat ini. Untuk menggunakan layanan SSE2, Anda harus memiliki EFIN Pajak dan terdaftar ke layanan DJP Online. Dibawah ini, saya hanya akan menjelaskan cara daftar SSE Pajak dengan layanan SSE2.

 

SSE pajak menyediakan sistem pembayaran pajak e-Billing versi yang terintegrasi dengan aplikasi DJP Online.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Untuk membuat kode billing dengan SSE pajak, yang perlu dilakukan pertama kali adalah mendaftar terlebih dahulu pada laman resmi SSE pajak.

  • Masukan alamat url https://sse2.pajak.go.id/. Anda akan menemukan tampilan log in di bawah ini. Jika belum memiliki akun, silakan pilih “Anda belum terdaftar, daftar di sini” untuk registrasi pengguna baru.
  • ‎Registrasi NPWP, EFIN dan masukan captcha yang tertera di bagian bawah. Pastikan semua informasi yang Anda masukan benar, lalu pilih “Verifikasi”
  • Setelah mendaftarkan NPWP, Anda perlu log in dengan nomor pin yang sudah didaftarkan sebelumnya. Pilihlah warna hijau untuk isi SSE. Isi formulir yang disajikan dengan lengkap dan benar. Pastikan jenis pajak dan setoran tidak salah. Lalu pilih “simpan”.

 

Setelah berhasil registrasi, Anda dapat membuat kode billing dari akun DJP Online. Dilansir dari laman Direktorat Jenderal Pajak, berikut ini langkah-langkah untuk membuat kode billing.

 

#1 Masuk dengan mengisi nomor NPWP dan password Anda. Jangan lupa untuk menginput kode autentifikasi yang ada di dalam kotak.

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 1

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 1

 

#2 Klik ikon “Billing System”.

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 2

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 2

 

#3 Pilih “tab” berwarna hijau bertuliskan isi SSE.

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 3

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 3

 

#4 ‎Isi form surat setoran elektronik

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 4

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 4

 

#5 ‎Pilih jenis masa pajak yang ingin Anda bayarkan. Pilih jangka waktu per “bulan” masa pajak. Pilih juga tahun masa pajak. Isi nominal pajak yang akan disetor. Isi kolom uraian bila ada tambahan informasi yang ingin disampaikan. Klik “simpan”.

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 5

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 5

 

#6 ‎Akan muncul dua kotak dialog. Pilih “ya” untuk kotak dialog pertama dan “OK” untuk kotak dialog kedua. Akan muncul 2 tombol perintah. Kotak hijau, “ubah SSP”, untuk mengubah data yang sudah dimasukkan. Kotak ungu, kode billing untuk melanjutkan proses.

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 6

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 6

 

#7 ‎Jika memilih kode billing, kotak dialog baru akan muncul sebagai pemberitahuan kode billing telah dibuat. Lalu klik “OK”. Kode billing telah berhasil dibuat.

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 7

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 7

 

#8 ‎Halaman selanjutnya akan menampilkan informasi Anda serta nomor kode billing dan masa berlakunya. Klik cetak kode billing untuk mencetak.

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 8

Cara Daftar SSE Pajak Versi Terbaru 8

 

#9 ‎Setelah mendapatkan ID billing, wajib pajak bisa melakukan pembayaran dengan langsung datang ke bank, ATM atau lewat mobile banking.

 

Menggunakan SSE pajak di atas sangat lebih memudahkan wajib pajak.

Dengan menggunakan SSE pajak, wajib pajak tidak perlu lagi datang serta antre di KPP untuk mendapatkan ID billing, karena SSE pajak bisa diakses kapan pun dan di mana pun.

 

Sobat Finansialku, mengapa sih kita harus bayar pajak? Simak alasannya dari video di bawah ini!

 

Sudahkah sobat Finansialku melakukan pelaporan pajak? Jangan lupa, laporan pajak memiliki batas akhir di tanggal 31 Maret 2020. Sudahkah dipersiapkan?

Jangan lupa bagikan artikel ini pada kerabat kalian supaya banyak orang bisa lebih mengerti tentang cara pendaftaran SSE pajak versi terbaru ini.

 

Sumber Referensi:

  • Pajak Bro. 2017. SSE1, SSE2, SSE3 | Cara Daftar SSE Pajak Versi Lengkap. Pajakbro.com – http://bit.ly/33eFjGH
  • Pajak.go.id