Suara dentuman yang tidak diketahui asalnya ramai dibicarakan warga Jawa Tengah di sosial media. Suara apa itu?

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Suara Dentuman Misterius Kembali Terdengar

Media sosial kembali ramai dengan suara dentuman yang keras pada dini hari Senin, (11/05). Sejumlah akun di Jawa Tengah mengaku mendengar suara yang misterius itu.

Kejadian tersebut membikin warganet bertanya-tanya asal dari sumber suara dentuman dan ada juga yang sampai mengira di atas langit sana sesuatu sedang terjadi.

Serupa ditulis akun bernama Putra Semar Springbed sekitar pukul 01.45 WIB. “Langite maeng ketabrak opo lur, Kok suorone ng ndi ndi krungu (langitnya tadi tertabrak apa, kok suaranya di mana-mana terdengar),” Cuitnya.

Melansir dari detik.com, salah seorang warga Desa Wedarijaksa, Kecamatan Wedarijaksa, Pati, Ayu Wulandari mengaku mendengar sendiri fenomena suara semacam dentuman cukup keras tersebut.

“Sekitar 1 jam yang lalu kalau tidak salah, dengar suara ‘dung’ keras, tapi nggak tahu suara apa itu. Semoga saja aman-aman semua,” kata Ayu sebagaimana mengutip dari laman yang sana.

Heboh! Warga Jateng Geger Dengar Suara Dentuman Tadi Subuh 02

[Baca Juga: Detuman Misterius Terdengar di Jakarta, Bukan Dari Erupsi Krakatau]

 

Selain itu juga, warga Semarang, Faris, mengaku mendengar suara dentuman keras yang serupa. Dia mendengar suara mirip petasan bambu atau yang dikenal dengan bumbung muncul sekitar pukul 02.30 WIB.

“Tadi kisaran jam 2.30 kedengeran dentuman, tak kirain mercon bumbung,” Katanya sebagaimana melansir dari kumparan, Senin (11/05)

Fenomena seperti suara dentuman ini wajar saja menjadi kecemasan bagi yang merasakannya langsung, namun alangkah lebih baiknya kita bersandar dan menanyakan pada pihak yang punya kapasitas.

Melansir dari Kumparan, Kasi Data dan Observasi Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang, Yoga Sambodo mengatakan jika BMKG belum bisa menjelaskan lebih lanjut terkait fenomena suara dentuman tersebut.

“Kalau dari meteorologi, kumpulan awan dari tengah malam sampai sahur cuman di sekitaran pesisir selatan awan-awan petirnya. Sementara dari geofisika tidak terpantau adanya aktivitas seismik, jadi jawaban sementara belum bisa mengkonfirmasi suara dentuman yang sebenarnya,” Jelasnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatalogi dan Geofisika (BMKG) memastikan suara dentuman yang terdengar di Jawa Tengah tersebut, bukan berasal dari gempa.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan jika sebuah aktivitas gempa mengeluarkan bunyi ledakan, maka artinya kedalaman hiposenter gempa sangat dangkal alias dekat permukaan.

“Dan jika itu terjadi maka akan tercatat oleh sensor gempa,” kata Daryono mengutip dari Okezone.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Apakah di antara Sobat Finansialku ada yang mendengar juga suara dentuman itu? Kamu bisa berbagi cerita lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Arif Syaefudin, Dian Utoro Aji. 11 Mei 2020. Viral SuaraDentuman Terdengar di Beberapa Daerah di Jateng. Detik.com – https://bit.ly/3cnIpvQ
  • Ardhana Pragota. 11 Mei 2020 BMKG: Tak Ada Aktivitas Seismik Terkait SuaraDentuman di Jateng. Kumparan.com – https://bit.ly/35SioCG
  • Harits Tryan Akhmad. 11 Mei 2020. Bisakah Gempa Memicu SuaraDentuman? Ini Jawaban BMKG. Okezone.com – https://bit.ly/3bnEePi

 

Sumber Gambar:

  • Dentuman 01 – https://bit.ly/2WPZY1k
  • Dentuman 02 – https://bit.ly/2yKbfYP