Bagaimana cara membuat surat audiensi yang baik dan benar? Ternyata, seperti ini struktur dan format surat audiensi yang tepat.

Ayo simak ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pengertian Surat Audiensi

Surat Audiensi merupakan jenis sebuah surat permohonan untuk pertemuan antara dua pihak ataupun lebih.

Surat tersebut bertujuan untuk menyampaikan kepentingan dari masing-masing pihak.

Banyak sekali jenis tujuan dan keperluannya, diantaranya seperti surat audiensi pelantikan, surat audiensi ke Presiden RI, permohonan dana dan lain sebagainya.

 

Bagian-bagian Umum Surat Audiensi

Dalam membuat sebuah surat audiensi, ada bagian umum yang penting untuk diperhatikan.

Bagian tersebut tidak boleh luput dan harus dimasukkan dalam format surat.

Adapun bagian yang menjadi format penting tersebut, antara lain adalah sebagai berikut.

 

#1 Keterangan Surat

Seperti halnya sebuah surat resmi, pastinya memiliki beberapa keterangan surat. Keterangan surat tersebut mencakup nomor surat, lampiran surat, perihal atau hal.

Surat-surat jenis ini memang harus memiliki syarat tersebut sebagai petunjuk sebuah surat. Keterangan ini berisikan petunjuk pihak yang ingin dituju, tujuan isi surat secara singkat, serta nomor suratnya untuk menunjukkan bahwa surat tersebut resmi.

 

#2 Keterangan Pihak yang Dimohonkan

Salah satu bagian umum yang pasti ada adalah keterangan dari pihak yang dituju atau dimohonkan pada surat tersebut.

 

#3 Keterangan Waktu Audiensi

Hal yang satu ini pun juga termasuk unsur penting dalam sebuah surat, baik resmi ataupun tidak. Waktu dibutuhkan untuk mengetahui kapan tujuan dari surat tersebut diinginkan, agar bisa diproses lebih lanjut.

 

#4 Keterangan Tempat Audiensi

Bagian ini juga sama dengan format keterangan waktu, karena keterangan tempat dibutuhkan untuk mengetahui dan menyempurnakan permohonan yang ditujukan pada surat permohonan audiensi tersebut.

 

#5 Isi Permohonan

Dari semua bagian, hal ini yang paling utama dan penting dalam sebuah surat

Tujuan membuat surat seperti ini perlu dijelaskan agar permohonan dapat dikabulkan. Oleh sebab itu, isi dari surat sebagai permohonannya harus benar-benar diperhatikan.

 

#6 Nama Dan Tanda Tangan yang Mengajukan

Bagian terakhir dari sebuah surat biasanya pastinya menginformasikan keterangan nama dari seseorang yang membuat atau mengajukan surat tersebut, dan pastinya perlu dilengkapi dengan tanda tangannya.

Surat Keterangan Kerja 04 Surat Keterangan Kerja 4 - Finansialku

[Baca Juga: Pasangan Baru Menikah, Ini Cara Mengurus Kartu Keluarga Baru]

 

Agar Anda lebih mengetahui dan memahami bagaimana bentuk surat audiensi ini, maka jika Anda bisa mengikuti salah satu contoh surat permohonan audiensi berikut ini.

 

Keluarga Mahasiswa Universitas Gunadarma

Nomor : 03/B/KM/UGD/V/2012

Perihal : Permohonan Audiensi

Lampiran : Bundel

 

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pimpinan PT Jaya Global

di Tempat

 

Dengan Hormat,

Semoga Bapak/Ibu Pimpinan perusahaan PT Jaya Global ini selalu diberi perlindungan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Melalui surat ini, kami selaku Keluarga Mahasiswa Universitas Gunadarma ingin memperkenalkan sebuah produk yang sudah kami buat sejak awal tahun ini dan kami perkirakan bisa Bapak/Ibu butuhkan di perusahaan Anda.

Untuk itu, berhubungan dengan hal tersebut maka kami mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk sudi menyediakan waktu dan tempat bagi yang ingin berkunjung ke perusahaan Anda.

Adapun tujuan kunjungan kami ingin memaparkan produk yang kami buat ini, dengan harapan Bapak/Ibu tertarik dengan produk tersebut dan juga bisa mendapatkan masukan atas kekurangan produk kami ini.

Demikian surat permohonan ini kami buat, berharap permohonan kami ini bisa dikabulkan dan bisa menuju ke tahap-tahap selanjutnya dari tujuan permohonan ini. Atas perhatian dan kerja samanya, kami mengucapkan terima kasih.

 

Ketua Umum                                                                                       Sekretaris Umum

 

 

Andri Maulana                                                                                     Indrawati

 

Selain contoh surat audiensi di atas, Finansialku juga menyediakan e-Book gratis tentang pembuatan surat pengunduran diri beserta contohnya. 

Download sekarang, ya!

GRATISSS Download!!! Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Landing page cara membuat surat resign-03

Download Sekarang

 

Jenis-jenis Surat Audiensi

Banyak sekali jenis surat audiensi atau permohonan audiensi, diantaranya surat audiensi mahasiswa pada kampus atau rektornya, permohonan audiensi masyarakat kepada Bupati suatu daerah atau Presidennya, ataupun permohonan dari sebuah kampus pada sebuah perusahaan tertentu.

Sebagian besar atau mayoritas surat permohonan audiensi ini dipergunakan oleh sebuah instansi, organisasi atau beberapa pihak lainnya yang ingin bertemu dengan kepala daerah, pimpinan perusahaan atau bahkan presiden.

Surat-surat tersebut dengan formatnya yang sudah diberikan di atas juga memiliki tujuan dan keperluan masing-masing, sesuai dengan petunjuk dan contoh surat di atas.

Selain membuat surat undangan secara baik dan benar, kamu juga harus loh untuk mengatur keuangan secara baik dan benar.

Aplikasi Finansialku bisa membantu dalam mengatur keuangan kamu lewat fitur pencatatan keuangan. Kamu bisa mengunduh aplikasi Finansialku di Google Play Store atau di Apple App Store atau dengan klik link di bawah.

playstore icon
appstore icon

 

Kami juga punya video yang akan membantu kamu dalam mengerti pentingnya pencatatan keuangan. Simak video ini, ya.

 

Apakah Anda sudah memahami struktur, contoh dan jenis surat audiensi?

Jika ya, maka jangan lupa berbagi informasi penting di atas pada rekan kerja, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 11 April 2019. Contoh Surat Audiensi Presiden, Bupati, KPU, LSM, BNN, dan lainnya. Teropong.id – https://bit.ly/399lZxG
  • Admin. 20 Januari 2018. Contoh Format Surat Audiensi. Contoh-surat.org – https://bit.ly/32wylyx