Apa hari ini Anda sudah memiliki tabungan dana pensiun untuk menjamin hari tua Anda di masa depan? Sudah tahu seberapa pentingnya tabungan tersebut?

Mempersiapkan hari tua tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat saja. Sayangnya, banyak orang yang tidak memahami ini sehingga tidak melakukan persiapan finansial apapun untuk menyambut hari tua.

Padahal, untuk bisa hidup sejahtera, kesehatan dan persiapan finansial adalah hal yang tidak boleh luput dari perhatian.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tabungan Dana Pensiun

Istilah sandwich generation saat ini sering sekali terdengar. Istilah ini disematkan kepada generasi yang harus menafkahi keluarganya sendiri, tapi tetap perlu memberikan dukungan finansial kepada orang tuanya yang sudah pensiun.

Salah satu penyebab timbulnya sandwich generation adalah karena tabungan dana pensiun yang dipersiapkan secara kurang baik atau bahkan tidak dipersiapkan sama sekali.

Untuk memutus rantai sandwich generation, maka Anda perlu mempersiapkan dana pensiun sejak hari ini.

Pada dasarnya, tidak ada kata terlambat untuk mulai berinvestasi dan mengumpulkan dana pensiun. Namun, semakin cepat Anda memulainya, tentu saja akan semakin baik untuk Anda.

Persiapkan Tabungan Dana Pensiun Anda Untuk Tetap Sejahtera Di Hari Tua 02

[Baca Juga: Nunggu Terlambat? Yu Mulai Menyiapkan Dana Pensiun dengan Investasi]

 

Mempersiapkan dana pensiun dengan tabungan dana pensiun bisa Anda rencanakan bersama dengan aplikasi Finansialku.

Karena bukan hanya mencatat keuangan Anda untuk masa kini, aplikasi Finansialku juga membantu merencanakan keuangan masa depan Anda.

Finansialku juga memiliki fitur Tanya Jawab untuk melakukan konsultasi dengan para Perencana Keuangan yang sudah mengantongi sertifikat supaya keuangan Anda lebih terarah dan membantu Anda untuk mengerti kondisi keuangan Anda.

 

Kesalahan Investasi Tabungan Dana Pensiun

Sebelum mulai menabung dana pensiun, Anda perlu mengetahui dulu apa saja kesalahan yang umum terjadi dalam menyiapkan dana pensiun. Dengan begitu, Anda akan lebih waspada dan berhati-hati dalam berinvestasi.

 

#1 Memulainya saat usia 20-an

Banyak orang yang mulai berinvestasi saat aset dan uang yang mereka miliki sudah cukup banyak. Namun, hal ini sebenarnya adalah suatu kesalahan. Dalam berinvestasi, yang terpenting adalah waktu.

Apalagi jika investasi Anda menggunakan sistem bunga majemuk. Semakin lama Anda menyimpan uang, maka akan semakin banyak juga keuntungan yang Anda dapatkan.

Persiapkan Tabungan Dana Pensiun Anda Untuk Tetap Sejahtera Di Hari Tua 03

[Baca Juga: Yuk Mulai Hitung Perkiraan Dana Pensiun Yang Kamu Butuhkan, Guys!]

 

Sayangnya, kebanyakan orang memilih untuk menekan pengeluaran dan berhemat pada usia 20-an alih-alih mulai berinvestasi. Padahal, Anda bisa menyisihkan sebagian pendapat Anda untuk mulai diinvestasikan.

Saat ini, ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda beli mulai dari harga yang terjangkau. Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu bentuk tabungan dana pensiun Anda nantinya.

Menabung dana pensiun di usia 20-an terdengar sangat menakutkan. Ada banyak pengeluaran dan tujuan keuangan yang rasanya lebih menjadi prioritas.

Namun sebisa mungkin menabung untuk masa depan haruslah dimulai sejak dini.

Agar Anda dapat lebih bijak dalam merencanakan keuangan Anda di usia 20-an, Anda bisa membaca e-book Finansialku yang bisa Anda unduh secara gratis berikut ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#2 Usia 30-an, mulai memasuki masa sibuk

Beranjak ke usia 30, banyak orang merasa lebih dewasa dan bijak. Namun, ada saja yang tetap salah dalam melakukan perencanaan finansial di masa tua.

Salah satu kesalahan umum yang dilakukan adalah membuat alokasi anggaran masa pensiun yang lebih sedikit.

Memasuki usia 30, Anda perlu menjaga disiplin dan tetap menyisihkan sebagian tabungan untuk masa pensiun.

Cobalah untuk konsisten menyisihkan sekitar 10-20 persen pendapatan Anda sebagai simpanan. Bukan sekedar menabung saat mendapat pemasukan lebih.

Sama seperti merencanakan keuangan di usia 20-an, Anda juga bisa mengisi pengetahuan Anda tentang merencanakan keuangan di usia 30-an melalui e-book Finansialku berikut ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#3 Baru Serius di usia 40 dan 50

Menyadari usia yang  semakin dekat dengan masa pensiun, banyak orang yang akhirnya baru mulai serius menabung untuk masa pensiun di usia ini. Padahal, menyisihkan dana pensiun pada fase ini bisa dibilang cukup terlambat.

Karena merasa terdesak dengan waktu, maka mereka yang berada di usia 40 dan 50 menjadi lebih agresif dalam memilih instrumen investasi. Sayangnya, resiko kehilangan tabungan juga akan semakin tinggi.

 

#4 Lakukan Sekarang Atau Tidak di Usia 60

Kesalahan lainnya adalah tidak menyiapkan apapun saat Anda memasuki usia 60.

Banyak orang yang akhirnya menarik seluruh investasi yang ia punya dan menyimpannya di bank. Padahal, bank tidak akan memberikan bunga yang cukup untuk meningkatkan tabungan Anda.

Kapan Saya Bisa Pensiun Dini Cari Tahu Jawabannya Disini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Dana Pensiunan Lembaga Keuangan & Siapkan Dana Hari Tua Sekarang!]

 

Jika Anda berada di usia 60, cara paling tepat adalah dengan berinvestasi pada bisnis anak Anda. Cara ini akan lebih menguntungkan dan memberikan resiko yang lebih kecil pada Anda.

 

Cara Menyiapkan Dana Pensiun

Setelah mengetahui apa saja kesalahan yang umum terjadi, anda bisa mengikuti beberapa cara menyiapkan dana pensiun berikut ini:

 

#1 Sisihkan 10 Persen ke Reksa Dana

Cara paling mudah menyiapkan dana pensiun adalah dengan menyisihkan 10 persen penghasilan ke reksa dana. Reksa dana dapat memberikan Anda imbal hasil yang lebih banyak dibandingkan dengan tabungan biasa.

Di sisi lain, Anda bisa membeli reksadana dengan nominal yang murah sekalipun. Pembelian reksa dana juga terhitung mudah karena bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke kantor cabang.

 

#2 Manfaatkan Auto Invest

Salah satu kesulitan umum dalam menabung adalah menjaga konsistensi atau disiplin.

Banyak orang yang menabung dengan menggunakan sisa penghasilan di akhir bulan. Padahal, jika tidak diimbangi dengan disiplin, tabungan tidak akan bisa terkumpul dengan memadai.

Sistem auto invest membantu Anda menjadi lebih mudah dalam menabung. Karena dalam system ini, sejumlah uang yang telah Anda tentukan di awal akan dipotong langsung sebelum Anda sempat menggunakannya.

 

#3 Mencicil Properti Sejak Muda

Membeli properti sejak muda adalah salah satu hal yang penting untuk Anda lakukan. Jika Anda mencicil properti sejak muda, Anda bisa mengambil tenor maksimal dan membuat nilai cicilannya jadi lebih terjangkau.

Jika Anda khawatir dengan uang muka, sekarang sudah ada banyak program bantuan DP. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membeli properti.

Apakah Manfaat Pensiun Wajib Diberikan kepada Setiap Karyawan 02 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO : Milenials Mau Siapin Dana Pensiun? Gini Caranya!]

 

Kalau Anda belum memiliki uang yang cukup, Anda bisa mencicil DP propertinya terlebih dahulu.

Di samping itu, seiring waktu lingkungan juga akan berkembang. Tempat yang Anda beli hari ini, mungkin akan semakin ramai dan padat dalam beberapa tahun.

Pada saat itu, nilai properti akan jauh melambung. Semakin cepat Anda membeli properti, maka akan semakin baik dan menguntungkan juga untuk Anda.

 

#4 Jangan Menggunakan Unit Link Sebagai Dana Pensiun

Tidak sedikit agen asuransi yang menjual unit link sebagai dana pensiun. Meskipun terdengar menarik, tapi unit link bukanlah pilihan yang tepat.

Asuransi pada dasarnya adalah sebuah bentuk proteksi dan bukan investasi. Karena itu, hasil return-nya juga tidak akan optimal.

Selain itu, ada biaya potongan untuk sales agen di muka sehingga dana untuk investasinya akan semakin berkurang.

Ditambah lagi, ada fee tambahan yang biasa dibayarkan ke perusahaan asuransi setiap kali Anda melakukan top up ke unit link. Fee tambahan ini tidak ada jika Anda memilih investasi reksa dana.

 

#5 Ikut BPJS Kesehatan

Biaya kesehatan adalah salah satu momok bagi orang yang sudah pensiun. Banyak kasus dimana satu penyakit bisa menghabiskan seluruh uang pensiun. Karena itu, memiliki sebuah asuransi tentu saja sangat membantu.

Di antara berbagai asuransi yang ada, BPJS Kesehatan adalah asuransi yang harus Anda miliki. Asuransi ini memungkinkan Anda mendapat cover biaya kesehatan secara penuh.

 

Nah, itulah beberapa hal mengenai tabungan dana pensiun yang perlu Anda tahu. Apa tanggapan Anda mengenai bahasan di atas? Anda bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

Mungkin rekan-rekan Anda belum mengetahui hal ini sama sekali, oleh karenanya, yuk jadi pahlawan informasi bagi mereka agar bisa mengerti pentingnya memiliki tabungan dana pensiun sebelum pension tersebut tiba.

 

Sumber Referensi:

  • Kimberly Stephanie. Kesalahan Menabung Dana Pensiun yang Harus Dihindari dari Usia 20-an. Koinworks.com – http://bit.ly/34TPyQu
  • Admin. 8 April 2017. 5 Langkah Mudah Buat Dana Pensiun, Supaya Tidak Membebani Anak Nantinya. Duwitmu.com – http://bit.ly/2NIgoFG
  • Admin. Ketahui 4 Investasi Tepat Ini Untuk Mempersiapkan Dana Pensiun Dini. Dbs.com – http://bit.ly/2qQIsO8

 

Sumber Gambar:

  • Tabungan Dana Pensiun 01 – http://bit.ly/2qa27Z7
  • Tabungan Dana Pensiun 02 – http://bit.ly/32KBabI
  • Tabungan Dana Pensiun 03 – http://bit.ly/2X97Qup