Tabungan ibadah haji berikut ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang akan melaksanakan ibadah haji. Simak penjelasannya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Merencanakan Tabungan Ibadah Haji

Tabungan ibadah haji merupakan tabungan berjangka dengan akad yang sesuai syariah, yang digunakan untuk dana Haji atau Umrah.

Nasabah yang membuka tabungan Haji ini harus dilakukan secara rutin hingga dana yang ditargetkan tercapai. Sehingga, dana yang telah sesuai target dapat digunakan untuk ibadah Haji.

Membuka tabungan di bank nasabah akan mendapatkan kemudahan serta keuntungan, seperti meringankan mempersiapkan dana untuk menunaikan ibadah Haji.

Kemudian, Anda juga akan mendapatkan gratis pembukaan, administrasi, serta penutupan tabungan. Serta masih banyak lagi keuntungan lainnya yang dapat Anda dapatkan ketika membuka rekening ibadah Haji.

 

Daftar Bank yang Membuka Tabungan Ibadah Haji

Nasabah dapat membuka dan mulai menabung di berbagai bank yang tersedia di wilayahnya. Tidak hanya itu, bahkan persyaratan yang diperlukan juga cukup simpel dan mudah.

Seperti akan membuka rekening pada umumnya, yaitu berkas yang harus ada seperti kartu identitas. Maka dari itu, perlu ketahui daftar bank yang membuka tabungan ibadah Haji terbaik, ada di bawah ini:

 

#1 Tabungan di Bank BSM

Tabungan di Bank BSM ini memiliki tabungan Haji dengan berbagai fitur menarik yang ditawarkan kepada nasabah. Prinsip yang digunakan pada tabungan ini adalah akad mudharabah muthlaqa, yaitu saat setor pertama sebesar Rp 100 ribu.

Tiap bulan harus rutin menabung dengan minimal nominal seperti saat membuka tabungan. Setelah itu dapat dilanjutkan setoran secara rutin supaya nasabah juga cepat menyelesaikan tabungan sebagai dana Haji.

Ketahui Daftar Bank yang Buka Tabungan Ibadah Haji 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tabung Dana Ibadah Haji Di Emas, Reksa Dana atau Saham Ya?]

 

#2 Tabungan Bank BTN

Tabungan Bank BTN memang lebih dikenal sebagai tabungan kepemilikan rumah, namun ternyata tidak hanya sebagai itu saja. Kini, Bank BTN dapat digunakan bagi yang ingin membuka rekening untuk dana Haji maupun Umrah.

Bank BTN memiliki penawaran cukup menarik bagi nasabah, yaitu awal membuka rekening dengan setoran Rp 100 ribu saja. Setelah itu, nasabah dengan bebas menentukan jumlah nominal yang dapat ditabungkan, sesuai dengan kemampuan.

 

#3 Tabungan Bank BRI Syariah

Pada Bank BRI Syariah juga dapat menjadi tabungan ibadah Haji yang baik.. Pada saat membuka rekening cukup dengan melampirkan syarat identitas diri.

Setelah itu setor awal dengan jumlah yang kecil yaitu Rp 100 ribu, setelah itu dapat dicicil tiap bulannya dengan minimal Rp 100 ribu. Tentu saja jika tabungan sudah sesuai dengan yang ditargetkan akan didaftarkan pada Siskohat Kementerian Agama.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

12 Ebook Perencanaan Keuangan 30an

 

#4 Tabungan Bank BNI Syariah

Keuntungan dari membuka tabungan Haji di Bank BNI Syariah ini nasabah akan mendapatkan tawaran yang menarik. Pada setor awal nasabah hanya akan mengeluarkan uang sebesar Rp 50 ribu saja.

Serta ketika sudah menyelesaikan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPHI), nasabah akan mendapatkan suvenir yang menarik.

 

#5 Bank Muamalat

Bank Muamalat juga membuka tabungan haji dan juga umrah. Jadi, caranya adalah memenuhi persyaratan dokumen seperti KTP, NPWP, dan lainnya.

Kemudian, Anda tinggal datang ke salah satu cabang bank Muamalat dan kemudian bisa langsung menuju ke customer service agar segera terdaftar di tabungan iB haji muamalat.

Keunggulan dari bank ini adalah Anda bisa menyesuaikan waktu keberangkatan dengan kondisi finansial. 

Ketahui Daftar Bank yang Buka Tabungan Ibadah Haji 02 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Asuransi Perjalanan Haji dan Umroh itu Apa Manfaatnya?]

 

Rencanakan Dana Haji Sekarang Juga

Menabung untuk keperluan ibadah Haji perlu waktu yang cukup lama, namun walaupun begitu harus tetap rutin setor tiap bulannya. Supaya jumlah tabungan yang ditargetkan pun cepat terkumpul dan juga dapat segera digunakan.

Namun, ternyata tiap bank memiliki syarat tersendiri mengenai jumlah uang setor tiap bulannya. Jadi, jangan lupa untuk mengalokasikan sebagian dana penghasilan sebagai bagian dari rencana berangkat haji.

Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk merencanakan ibadah haji atau umrah Anda. Dengan fitur ini, Anda akan mengetahui berapa dana yang harus Anda siapkan untuk perjalanan ibadah Anda.

Anda pun dapat merencanakan keuangan, mencatat keuangan, konsultasi keuangan, dan fitur lainnya. Yuk, download aplikasinya dan rencanakan perjalanan ibadah Anda.

playstore icon
appstore icon

 

Setelah membaca artikel di atas, tentunya Anda akan semakin yakin untuk bersemangat menabung sebagai biaya haji.

Ayo bagikan informasi bermanfaat tersebut pada teman-teman yang ingin menjalankan ibadah haji, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Yandri Daniel Damaledo. 01 Juli 2019. Daftar Tabungan Haji Mulai dari BRI, BNI, BSM, Hingga Bank Muamalat. Tirto.id – https://bit.ly/3msFyGF
  • Dewi Puri. 08 Mei 2020. Syarat Buka Tabungan Haji dan Cara Daftar Haji di Kemenag. Lifepal.co.id – https://bit.ly/2TpQ4Cd

 

Sumber Gambar:

  • Tabungan 1 – https://bit.ly/3e0vmSC
  • Tabungan 2 – https://bit.ly/3mqkkJt