Taka Liwungang adalah seorang partner dari Visio Incubator, yang sudah cukup banyak mengenal pengusaha start up.

Nah… apa saja tips membangun bisnis start up agar bisa berkembang dengan baik?

Yuk simak artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Mengenal Taka Liwungang dan Visio Incubator

Visio merupakan salah satu incubator yang ada di Indonesia, yang terbentuk karena melihat adanya masalah yang sering dialami oleh pebisnis start up.

Berdasarkan survey yang telah mereka lakukan, 80% masalah yang dihadapi start up merupakan masalah yang berhubungan dengan masalah keuangan, diluar dari masalah kepemimpinan, atau pun masalah akuisisi market dan yang lainnya.

Sehingga terkadang beberapa aspek seperti ide, cara mengeksekusi, penetrasi pasar dan hal lainnya berjalan dengan baik, tetapi dalam sektor keuangan atau pendanaan perusahaan start up mengalami kendala. Padahal, mencari pendanaan jelas bukan menjadi hal yang sangat mudah untuk saat ini.

Tips Sukses Membangun Bisnis Start Up Ala Taka Liwungang, Partner Visio Incubator 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Dahlan Iskan dari Pengusaha Sukses Hingga Menteri!]

 

Maka dari itu, Visio memiliki Visio Venture yang dipimpin oleh Taka Liwungang, yang memiliki tujuan untuk mampu mewarnai perkembangan digital start up di Indonesia, khususnya yang saat ini tergabung dalam Visio Incubator.

Visio Incubator sendiri memberikan kesempatan bagi seluruh start up yang ada di Indonesia untuk bergabung dalam program belajar intensif selama tiga bulan dengan mentor yang telah ahli di bidangnya, serta berkesempatan untuk menerima berbagai hal menarik yang ditawarkan.

Untuk mendukung perkembangan dari perusahaan atau bisnis start up ini, Visio Incubator memiliki beberapa program, seperti:

 

#1 Akses Pendanaan

Setiap start up memiliki kesempatan emas untuk mendapat bantuan akses pendanaan, mulai dari VC, angel, corporate dan yang lainnya, yang dapat digunakan untuk membiayai operasional bisnis tersebut.

Adanya akses pendanaan ini jelas sangat menguntungkan bagi perusahaan start up, mengingat sulitnya untuk mendapat pembiayaan yang cukup guna kelangsungan operasional.

 

#2 Mentorship with Expert

Untuk membangun perusahaan start up yang berkembang dan melejit dengan cepat, tentu saja dibutuhkan keahlian yang mumpuni.

Nah… untuk menjawab kebutuhan ini, Visio Incubator akan menyediakan jasa mentor yang terbaik dan telah ahli di bidangnya.

 

#3 Jejaring dengan Investor

Visio berkomitmen untuk membantu dan mendorong start up yang kamu bangun agar terus kompetitif dengan para jejaring investor yang telah berpengalaman.

Selain dari tiga hal tersebut, masih terdapat beberapa program lainnya yang akan sangat berguna dalam mengembangkan bisnismu. Bagi kamu yang tertarik untuk bergabung dengan Visio Incubator, kamu bisa langsung mengunjungi website resmi mereka.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Tips Sukses Membangun Bisnis Start Up

Tentu terdapat berbagai rintangan yang dialami oleh perusahaan-perusahaan start up untuk bisa running dan sukses.

Nah… berikut ini tips sukses ala Taka Liwungang yang bisa kamu ikuti.

 

#1 Ketahui Masalah yang Kamu Alami

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah mengetahui masalah apa yang sedang dihadapi oleh start up tersebut, sehingga ketika kamu telah mengetahui dengan jelas titik permasalahannya, maka kamu bisa mengambil solusi untuk memecahkan masalahnya.

Tanpa memiliki pemahaman yang mendetail akan masalah yang ada, maka tentu akan susah juga untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat agar bisa keluar dari masalah tersebut.

 

#2 Lihat Market-nya

Taka Liwungang menyarankan agar kamu mencari market yang gede atau memiliki potensi yang tinggi untuk dapat bertumbuh dengan baik.

Hal ini merupakan langkah selanjutnya yang bisa kamu ambil setelah memecahkan masalah yang ada.

 

#3 Jangan Mudah Menyerah

Menurut Taka Liwungang, orang Indonesia memiliki talent yang tidak kalah saing dengan negara lainnya, khususnya untuk generasi milenial.

Hanya saja, yang menjadi kelemahannya ialah mereka gampang merasa puas serta tidak memiliki semangat pantang menyerah.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin mengembangkan start up, perlu diperhatikan agar mampu bertahan ditengah kesusahan yang sedang dialami. Tanpa adanya semangat pantang menyerah, ide dan talent yang dimiliki tidak akan dapat dimaksimalkan.

 

#4 Miliki Mentor yang Bagus

Semakin banyak mentor, maka semakin banyak pemikiran yang bisa kamu dapatkan, karena setiap mentor tentu memiliki cara berpikir yang berbeda-beda, termasuk dalam menyikapi masalah yang ada.

Jadi dengan memiliki mentor yang bagus, kamu bisa memiliki bahan pertimbangan yang lebih matang.

 

#5 Miliki Perencanaan Keuangan

Taka Liwungang berpendapat bahwa memiliki perencanaan keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk membangun sebuah bisnis.

Sebab dengan keuangan yang teratur, hidup menjadi lebih tenang dan tentunya dapat berpikir lebih kreatif.

Jika seseorang tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik, maka pemikirannya bisa menjadi tidak tenang, sehingga bisnis juga menjadi terganggu.

Nah… cara yang dilakukan Taka Liwungang untuk mengatur keuangan ialah dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku merupakan sebuah platform perencana keuangan terbaik yang bisa membantu kamu dalam mewujudkan tujuan keuangan kamu, serta mengatasi masalah keuangan yang kamu alami.

Karena itu, buat kamu yang ingin membangun bisnis lebih maju, penting banget untuk menggunakan Aplikasi Finansialku dari sekarang, seperti yang dilakukan oleh Taka Liwungang.

Ga kalah pentingnya nih, kamu juga harus tahu dong bagaimana cara mengelola keuangan. Finansialku sudah menyiapkan e-Book GRATIS hanya buat kamu lho! Dapatkan pada link di bawah ini!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Ebook Sekarang

 

Bijak dalam Berbisnis!!

Nah… sekarang kamu sudah tau tips yang diperlukan untuk membangun bisnis start up menjadi lebih maju, dan dengan demikian kamu bisa lebih bijak dalam berbisnis, serta dapat menangkap setiap kesempatan yang ada.

Eitss… dan jangan lupa, rencanakan keuangan kamu bersama Aplikasi Finansialku. Dapatkan aplikasinya di sini!

playstore icon
appstore icon

 

Finansialku punya tips bisnis ala pendiri BukaLapak nih! Coba lihat ya..

 

Jangan lupa membagikan artikel ini, agar semakin banyak pengusaha start up yang bisa maju bersama-sama. Kapan lagi berbuat baik bagi orang lain?

Terima kasih!

 

Sumber Gambar:

  • Taka Liwungang 01 – https://bit.ly/2zTvsMj
  • Taka Liwungang 02 – https://bit.ly/2BxJvaM