Biasanya takjil buka puasa Anda menunya apa? Yang bersantan dan mengenyangkan atau yang dingin-dingin segar?

Enaknya menu apa ya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Takjil Buka Puasa

Takjil buka puasa biasanya disajikan dengan cara yang berbeda dengan menu biasa. Mengapa dibilang berbeda? Tentu karena pemilihan penyajiannya diusahakan dalam keadaan segar untuk melepas dahaga seharian penuh.

Takjil yang manis dan berkuah santan selalu diburu oleh masyarakat Indonesia. Apalagi, jika takjil tersebut berkuah. Pastinya, sangat bisa melepas dahaga.

 

Menu Takjil Buka Puasa Murah & Bersantan

Menu takjil tidaklah harus mewah dan mahal. Ada banyak menu takjil murah yang bisa mengembalikan energi, yang hilang saat berpuasa. Apa saja menu takjil itu? Berikut diantaranya:

 

#1 Kolak Pisang dan Labu Kuning

Menu takjil buka puasa bersantan yang satu ini sudah mendarah daging di masyarakat Indonesia. Dengan bahan utama buah pisang dan labu kuning, menu ini sangat dicintai oleh banyak orang.

6 Ide Bisnis Takjil di Bulan Ramadan Buat Tambah THR Kamu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gimana Cara Mengatur Keuangan Orang yang Hobi Kuliner Supaya Keuangan Sehat?]

 

Kuahnya berasal dari campuran air, santan dan gula merah yang membuatnya menjadi manis. Selain itu, ada tambahan daun pandan yang membuat menu ini memiliki aroma wangi yang khas.

 

#2 Es Pisang Ijo

Menu bersantan ini sebenarnya berasal dari Makassar. Namun, es pisang ijo saat ini bisa dijumpai di sembarang tempat. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah karena bahannya mudah dan murah.

Dengan bahan utama pisang raja yang dibalut tepung beras dan tepung terigu berwarna hijau, membuat sajian ini sangat menggugah selera. Untuk kuahnya sendiri berasal dari campuran santan, gula, daun pandan dan sirup berwarna merah yang semakin mempercantik tampilan.

 

#3 Bubur Sagu Mutiara

Menu takjil dengan santan berikutnya adalah bubur sagu mutiara. Bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah dan murah. Anda hanya perlu menyiapkan sagu mutiara, gula, santan dan air.

Bisnis Takjil 06 (Sop Buah) - Finansialku

[Baca Juga: 8 Usaha Indonesia Di Luar Negeri Berhasil dan Sukses Mewarnai Dunia Kuliner]

 

Sagu mutiara dimasak hingga menjadi bubur. Nantinya bubur mutiara akan disajikan dengan kuah santan yang sudah direbus bersama daun pandan, gula dan garam. Jika ingin lebih bervariasi, Anda bisa menambahkan pisang.

 

#4 Es Bubur Kacang Hijau

Sajian yang satu ini pasti sudah sangat Anda ketahui. Bubur kacang hijau merupakan menu takjil buka puasa yang sangat enak untuk dinikmati.

Anda hanya tinggal membuat bubur kacang hijau seperti biasanya dan menambahkan beberapa bahan penyajian untuk variasi. Roti tawar, pisang, susu atau sirup bisa ditambahkan untuk menemani kuah santannya yang manis.

 

#5 Kolak Biji Salak

Dari namanya saja sudah terdengar unik bukan? Tenang, menu ini tidak menggunakan biji salak yang keras itu kok. Bahan utama menu ini adalah ubi kuning, gula merah, tepung kanji, maizena dan santan.

Jadi ubi kuning yang dibentuk bulat menyerupai biji salak membuat menu ini dinamai dengan biji salak. Padahal bahan tersebut hanyalah adonan ubi dengan rasa yang manis.

 

#6 Es Goyobod

Menu ini merupakan khas daerah Jawa Barat. Dengan rasa manis dan segar, sajian ini sangat cocok untuk menemani buka puasa Anda.


Bahan utama yang dibutuhkan untuk sajian ini adalah tepung hunkwe, santan, mutiara, garam dan susu kental manis. Kuah santan yang manis dan gurih menemani olahan hunkwe dan mutiara yang segar.

 

Manfaat Menu Takjil Buka Puasa yang Murah dan Bersantan

Menu takjil yang murah akan lebih menghemat pengeluaran Anda. Selain itu, santan merupakan bahan yang segar dan gurih. Perpaduan menu yang menggunakan santan sangatlah cocok untuk menemani buka puasa Anda.

Itulah beberapa menu takjil buka puasa yang murah dan bersantan. Anda bisa membelinya dengan harga murah atau mencoba membuatnya sendiri di rumah. Puasa Anda akan lebih menyenangkan dengan menu ini.

 

 

Jadi, mau pilih menu takjil apa hari ini? Yuk bagikan artikel menarik di atas untuk orang terdekat dan keluarga. Untuk yang tinggal di kos, mengapa tidak untuk membuat sendiri, lebih hemat dan tentu dapatnya banyak.

 

Sumber Referensi:

  • Mamikos. 8 Mei 2018. 20 Menu Takjil Buka Puasa yang Paling Enak dan Istimewa. Mamikos.com – https://bit.ly/2YMQjex