Dirayakan Google Doodle, sebenarnya dimana itu Taman Nasional Lorentz? Seperti apa dan berapa biaya travelling ke Taman Lorentz?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Taman Nasional Terbesar di Asia Tenggara

Ternyata Taman Nasional di sebelah timur Indonesia ini dinobatkan sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara, lho!

Membentang lebih dari 24.864 kilometer di Kabupaten Asmat, Taman Nasional ini ternyata sudah diterima UNESCO sebagai situs warisan dunia sejak tahun 1999.

Selain itu, karena rawan penebangan, polusi, dan perburuan, Taman Lorentz langsung masuk ke dalam daftar situs yang dilindungi oleh World Wildlife Federation dalam kategori keajaiban arsitektur dan alam.

Taman Nasional Lorentz 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tempat Wisata Garut Jawa Barat yang WAJIB Kamu Kunjungi]

 

Taman nasional ini ditemukan oleh seorang penjelajah asal Belanda bernama Hendrikus Albertus Lorentz pada tahun 1909, sehingga diberi nama Taman Nasional Lorentz.

Selain memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, terdapat pula beberapa keunikan taman ini diantaranya adanya gletser di Puncak Jaya dan juga misteri sungai yang menghilang beberapa kilometer ke dalam tanah di sebuah lembah bernama Lembah Baliem.

Kekayaan flora dan fauna, gunung, lembah, dan dan hutan yang masih belum terjamah oleh banyak wisatawan, membuat keindahan Taman Nasional ini dapat dikatakan tiada duanya di dunia.

Taman Lorentz baru ditunjuk sebagai taman nasional pada tahun 1997, sehingga fasilitas, sarana prasarana, dan juga infrastruktur untuk wisatawan dapat dikatakan masih minim.

 

Bagaimana Cara ke Taman Nasional Lorentz dan Berapa Biayanya?

Dilansir dari Indonesia Travel Guide, para wisatawan bisa mengunjungi Taman Nasional Lorentz dengan menggunakan pesawat.

Bila menggunakan pesawat, Anda bisa terbang ke bandara di Biak, Wamena, Jayapura, atau Timika. Cara paling efektif adalah dengan menggunakan pesawat menuju Wamena.

Karena dengan mendarat di bandara Wamena maka Anda bisa langsung mendaftar untuk mendapatkan izin masuk ke Taman Nasional ini di kantor Konservasi Kehutanan.

Selain dengan mendaftar sendiri, Anda juga bisa mendaftar dengan bantuan agen perjalanan lokal.

Anda bisa terbang ke Wamena melalui Jayapura menggunakan maskapai penerbangan Lion Air, Wings Air, Batik Air.

Biaya penerbangan dari Jakarta menuju Wamena berada di harga Rp3.900.800 untuk sekali penerbangan dan satu kali transit di bandara Jayapura.

Lantas dilanjut menggunakan kendaraan mobil menuju danau Habema. Lalu dilanjut jalan kaki.

Apabila transit di Timika, maka Anda harus menggunakan pesawat perintis menuju Kabupaten Panilia yang berada di bagian utara Taman Nasional Lorentz.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan Kapal Pelni ke Pelabuhan Sawa Erma. Lantas dilanjut dengan jalan setapak.

Harap diingat, taman ini adalah taman yang masih murni. Sehingga pastikan fisik dan mental Anda kuat untuk menghadapi situasi yang tidak terduga saat menghadapi medan di Taman Nasional satu ini.

Taman Nasional Lorentz 03 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Pemula 20 Tips Wisata Bangkok Thailand Untuk Pertama Kali]

 

Untuk penginapan, Anda bisa menginap di penginapan atau hostel yang berada di daerah kota Timika, Wamena, Fak Fak, atau Merauke.

Di taman ini, selain bisa mengunjungi Lembah Baliem, Anda bisa juga mendaki Piramida Carstensz (Puncak Jaya). Puncak jaya merupakan satu dari tujuh puncak utama di dunia.

Tapi harap diingat, Puncak Jaya tidak cocok didaki oleh pendaki pemula karena medannya yang sulit untuk didaki.

Tertarik bukan untuk berkunjung dan liburan ke Taman Nasional Lorentz?

Tapi sebelum liburan dan menikmati keindahan Taman Nasional satu ini, tentu Anda harus menyiapkan dana liburan, bukan?

Agar lebih mudah dalam menyiapkan dana liburan, ada lho aplikasi android yang bisa Anda manfaatkan untuk mencatat setiap dana yang dibutuhkan untuk rencana liburan di masa depan.

Aplikasi ini bernama Finansialku, yang bisa Anda unduh GRATIS di Google Play Store. Bila Anda ingin mendapatkan akses penuh ke semua fitur yang terdapat pada aplikasi ini, Anda bisa dengan mudah upgrade akun Anda ke PREMIUM.

Dapatkan potongan harga sebesar Rp50ribu dengan memasukkan kode promo POTONG50RIBU dan upgrade akun Finansialku milik Anda hanya dengan Rp300ribu untuk satu tahun penuh!

Tunggu apa lagi, download aplikasi Finansialku dan rencanakan dana liburan masa depan Anda mulai dari sekarang!

 

Bagikan artikel ini bila Anda rasa bermanfaat. Selain itu apabila Anda memiliki referensi tempat wisata lain yang menarik untuk dibahas, silakan tulis di kolom komentar. Terimakasih!

 

Sumber Referensi:

  • Thea Fathanah Arbar. 4 Desember 2019. Mejeng di Google Doodle, Ini Cara ke Taman Nasional Lorentz. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/2OM12jD
  • Niken Widya Yunita. 4 Desember 2019. Seputar Taman Nasional Lorentz yang Dirayakan Google Doodle. Travel.detik.com – http://bit.ly/34NliY3
  • Syifa Nuri Khairunnisa. 4 Desember 2019. Panduan Wisata ke Taman Nasional Lorentz yang masuk Google Doodle. Kompas.com – http://bit.ly/2LkDyjv
  • Wikipedia. 4 Desember 2019. Taman Nasional Lorentz. Wikipedia.org – http://bit.ly/382dbst

 

Sumber Gambar:

  • Lorentz 01 – https://bit.ly/389hgeH
  • Lorentz 02 – https://bit.ly/2rgcX0n
  • Lorentz 03 – https://bit.ly/2DL34ug