Setelah lama bekerja, apakah Anda telah mencapai financial freedom? Apa saja tanda-tandanya?

Simak ulasan berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kebebasan Keuangan, Apakah Itu?

Secara umum, financial freedom diartikan sebagai suatu kondisi di mana seseorang memiliki cukup tabungan, investasi, serta aset tunai yang cukup sehingga memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan standar tertentu.

Orang-orang yang mencapai titik ini umumnya memiliki passive income, sehingga keuangan mereka tidak berkurang seiring waktu. Pendapatan tersebut bisa berasal dari investasi baik berupa tabungan deposito, saham, emas, dan sebagainya.

Tanda-Tanda Mencapai Financial freedom. Kamu Sudah Alami Salah Satunya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Sih Bedanya Investasi Saham dan Trading Saham?]

 

Namun, sebagian orang kesulitan mencapai kebebasan keuangan karena memiliki rasio utang yang tinggi, besar pasak daripada tiang, serta tak mampu menahan keinginan berbelanja.

Agar kondisi tersebut tercapai, Anda bisa memulai dari membentuk rancangan anggaran, menetapkan goals yang jelas, dan mulai berinvestasi.

Finansialku dapat membantu Anda dalam merencanakan keuangan melalui e-Book GRATIS ini. Dapatkan dengan klik tautan di bawah ini.

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Ebook Sekarang

 

Tanda-tanda Anda Telah Mencapai Financial Freedom

Setiap orang ingin mencapai kebebasan keuangan. Lantas apa saja tanda-tanya?

Berikut beberapa tanda jika Anda telah mencapai kebebasan keuangan.

 

#1 Memiliki Passive Income

Salah satu tanda utama seseorang mencapai kebebasan finansial adalah memiliki passive income. Pemasukan satu ini bisa datang dari beberapa bisnis, seperti investasi reksa dana dan penjualan lisensi produk.

Return dari investasi reksa dana akan membantu Anda mencapai kebebasan finansial dengan lebih cepat.

 

#2 Memiliki Utang yang Lebih Kecil Dibanding Aset

Sesekali, kamu boleh berutang untuk keperluan produktif, seperti untuk memulai bisnis baru. Hindari meminjam uang untuk keperluan kurang penting seperti liburan, membeli gadget, dan belanja pakaian bermerek.

Lantas, bagaimana cara mengetahui bahwa rasio utang Anda tidak lebih besar dari aset yang dimiliki?

Tentu dengan menghitung semua aset yang Anda punya, seperti hunian, kendaraan, harta bergerak seperti emas dan uang, dan sebagainya.

Kamu tergolong aman jika aset tersebut lebih besar dari utang. Tetapi, jika yang terjadi sebaliknya, kamu patut menjungkirbalikkan gaya hidup agar terhindar dari risiko bangkrut.

 

#3 Tidak Bingung Mengenai Hari Tua

Anda yang perlahan mencapai kebebasan keuangan tidak akan mengalami kebingungan mengenai kesejahteraan hari tua. Hal itu karena Anda mengenali hidup dan berpikir panjang sampai ke masa tersebut.

Kendati masih jauh dari masa pensiun, persiapan matang harus disiapkan agar masa tersebut berjalan dengan nyaman.

Saat ini, lembaga penawar jasa dana pensiun cukup variatif, seperti Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan sampai Dana Pensiun Lembaga Keuangan.

Tanda-Tanda Mencapai Financial freedom. Kamu Sudah Alami Salah Satunya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Berkah? Ikuti Cara Bebas Finansial Menurut Islam Ini]

 

#4 Mampu Menahan Hal Kecil untuk Sesuatu yang Lebih Besar di Masa Mendatang

Mereka yang mencapai kebebasan keuangan adalah orang yang dewasa dalam memperlakukan uang. Mereka tidak akan begitu saja terpengaruh promosi toko online atau marketplace.

Sejatinya, promo semacam itu adalah jebakan FOMO yang menjual barang dengan kesan murah. Bisa saja, Anda tidak punya motivasi berbelanja selain “hari ini diskon, besok harga normal lagi”, sehingga secara tidak sadar akan merusak rencana keuangan.

 

#5 Aset yang Dimiliki Menghasilkan Uang

Aset yang menghasilkan uang dapat berupa investasi. Jika investasi Anda mengalami tren positif, maka hal tersebut akan membantu mencapai kebebasan finansial.

Aset seperti tanah dan bangunan dapat disewakan sebagai tempat usaha atau mendirikan rumah kos.

 

Prinsip Financial Freedom

Tetaplah berada di jalan Anda. Pastikan Anda memiliki tujuan yang jelas dan mengikuti prinsip financial freedom berikut ini.

  1. Usahakan pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan. Sebaiknya, Anda memiliki catatan keuangan yang detail setiap bulan. sehingga, jika ada pos yang tidak normal, Anda bisa memperbaikinya segera.
  2. Usahakan untuk melihat peluang baru. Jangan cepat puas dengan pencapaian saat ini. Jika berkenan, Anda juga bisa mengikuti kelas atau kursus tertentu untuk mengembangkan skill. Jika bisa meraih lebih, kenapa tidak?
  3. Menabung butuh porsi jelas, bukan sisa belanjaan. Jika Anda masih menabung dengan sisa uang—dan sudah pasti nominalnya akan berubah tiap bulan—maka Anda harus segera mengubahnya.

 

Tabungan dan investasi merupakan dua poin penting yang akan mem-boost keuangan Anda. langkah paling bijak adalah menyisihkan uang begitu gaji masuk ke rekening Anda.

 

Financial Freedom, I’m Coming!

Setiap orang ingin mencapai kebebasan keuangan. Agar cepat terwujud, mereka perlu menerapkan cara-cara strategis agar tidak boncos.

Financial freedom ditandai oleh beberapa hal, seperti rasio utang yang kecil aset yang menghasilkan income, dan sebagainya.

Anda mau memulai merencanakan keuangan?

Pakai saja aplikasi Finansialku Aplikasi Finansialku memiliki berbagai fitur yang memungkinkan kamu untuk menggunakan berbagai fitur, seperti budgeting, pencatatan keuangan, fitur rencana keuangan financial check-up. Dapatkan di sini ya!

playstore icon
appstore icon

 

Finansialku telah membahas langkah-langkah dalam mencapai kebebasan finansial untuk Anda yang memiliki gaji UMR. Yuk simak!

 

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 09 Juli 2017. Tanda Kondisi Keuangan Sudah Merdeka. Beritagar.id – https://bit.ly/2zELg5F
  • Admin. 18 Desember 2018. 4 Tanda Anda Sudah Merdeka Finansial, Kamu Termasuk Nggak? Ajarinvestasi.com – https://bit.ly/2Y7ue9r
  • Raden Jihad Akbar. 21 Agustus 2018. Tanda-tanda Anda Sudah Merdeka Secara Finansial. Viva.co.id – https://bit.ly/2C6c6Er

 

Sumber Gambar:

  • Financial Freedom 01 – https://bit.ly/2NDazbI
  • Financial Freedom 02 – https://bit.ly/3eGZQIW
  • Financial Freedom 03 – https://bit.ly/31mUVco