Bagaimana cara mengajukan renovasi rumah Tapera? Biar gak gagal, ternyata ada tipsnya lho! Ikuti arahan dari Finansialku berikut ini ya. 

Bacanya jangan setengah-setengah ya…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bangun Rumah Bersama Tapera

Tabungan perumahan atau banyak yang menyebutnya sebagai istilah Tapera adalah salah satu cara nyata untuk mewujudkan sebuah keluarga memiliki rumah tinggal sendiri.

Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat kecil berpenghasilan rendah, sangat kecil kemungkinan untuk memiliki rumah hunian bagi keluarganya.

Salah satu faktornya adalah penghasilan yang didapat rendah dan atau berpenghasilan tidak pasti dalam sebulannya.

Untuk itu, pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai hal ini melalui peraturan pemerintah tentang BP Tapera 2020 yang akan mengelola dana masyarakat untuk Tapera.

 

Peserta Tapera

Perlu diketahui bahwa Tapera adalah sejumlah uang untuk tabungan yang berkaitan dengan membangun rumah secara periodik dalam waktu tertentu dan atau akan dikembalikan saat keikutsertaan masyarakat berakhir.

Dana Rp2 Triliun Untuk Badan Pengelola Tapera 02 - Finansialku

[Baca Juga: Harga Rumah Mewah Minimalis & Rahasia Dapat Rumah Impian!]

 

Tabungan ini adalah solusi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki rumah. Atau merenovasi rumah yang sebelumnya.

Tabungan ini akan sangat membantu masyarakat untuk hidup layak bersama keluarga. Berikut adalah beberapa ulasan mengenai cara mengajukan diri jadi peserta Tapera.

 

#1 Syarat Menjadi Peserta Tapera

Syarat menjadi peserta Tapera adalah orang yang sudah bekerja dan menghasilkan uang rutin per bulan. Warga negara Indonesia. 

 

#2 Syarat Mendaftar Sebagai Peserta Tabungan Perumahan Rakyat

Berdasarkan peraturan pemerintah tentang Tapera, bagi pemberi kerja harus mendaftarkan pekerjanya pada tabungan ini. Sedangkan bagi Anda yang pekerja mandiri, berikut adalah syarat mendaftar sebagai peserta Tapera.

Minimal berusia 20 tahun, telah menikah, belum memiliki rumah, termasuk golongan MBR atau berpenghasilan maksimum 8 juta rupiah per bulan.

Untuk menggunakan dana Tapera ini, baik untuk pembiayaan pembangunan rumah maupun renovasi. Peserta wajib telah mempunyai masa keikutsertaan minimal 12 bulan.

 

#3 Besaran Tabungan Perumahan Rakyat

Besaran potongan Tapera dalam penghasilan setiap peserta adalah 3%. Bagi peserta mandiri yang tidak terikat bekerja di suatu tempat wajib membayarkan iuran tersebut sendiri setiap bulannya.

Ciri Ciri Perumahan yang Oke 02 - Finansialku

[Baca Juga: Duh, Gaji Karyawan Bakal Dipotong Untuk Tapera, Apa Itu?]

 

Untuk peserta yang tergabung pada sebuah perusahaan, terdapat aturan yang mewajibkan perusahaan untuk menanggung sebesar 0,5% iuran tersebut dan 2,5% adalah tanggungan si pekerja yang akan dipotong dari gaji setiap bulannya.

 

#4 Manfaat Memiliki Tabungan Perumahan Rakyat

Manfaat dari dana ini ada tiga yaitu pemilikan, pembangunan dan renovasi rumah.

Dalam hal kepemilikan rumah, Anda akan mendapatkan dana bantuan untuk membeli dan membangun rumah dari FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) atau subsidi KPR.

Pembangunan rumah dengan tabungan ini bermanfaat dengan diterimanya sejumlah 30 juta rupiah sedangkan dalam bentuk renovasi, peserta akan mendapatkan Rp 15.000.000 per rumahnya. Sangat bermanfaat, bukan?

 

#5 Pastikan Perencanaan Keuangan Stabil

Salah satu masalah yang sering muncul adalah kurangnya perencanaan keuangan. Bahkan meskipun sudah ada tabungan, pastikan untuk merenovasi rumah dari hal-hal yang pokok terlebih dahulu.

Baru setelah hal-hal yang pokok terpenuhi Anda dapat memulai untuk renovasi bagian yang penting lainnya. Misalnya menambah lantai, memperbaiki bagian garasi dan sebagainya.

Jadi, jangan sampai perencanaan kurang matang atau tidak direncanakan sama sekali. Bahkan meskipun dananya sudah ada dan mencukupi. Karena harga bisa naik sewaktu-waktu.


 

Ajukan Renovasi Rumah Melalui Tapera

Dari ulasan di atas, untuk mengajukan renovasi rumah tanpa gagal dari Tapera adalah dengan menyertakan surat pernyataan Tapera.

Sertakan juga bukti fotokopi buku tabungan, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam penarikan dana maupun mendapatkan bantuan untuk renovasi rumah.

Pengajuan Anda akan segera di ACC jika diajukan melalui pihak bank atau lembaga pembiayaan likuiditas.

Bantuan yang didapat untuk renovasi rumah kurang lebih sebesar Rp 15.000.000 dan dapat bertambah jika Anda memiliki tabungan perumahan lebih besar.

Dari Finansialku untuk Anda, mungkin Anda butuh referensi tambahan mengenai rumah impian. Selain dari artikel yang sedang baca ini, Finansialku juga kasih Anda video tips membangun rumah impian. Berikut ini videonya.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk memiliki rumah layak huni dan meningkatkan taraf sosial keluarga di dalam masyarakat. Bagaimana, siap mengajukan renovasi rumah bersama Tapera?

Yuk ajak orang terdekat membaca artikel ini agar mereka bisa mendapatkan kemudahan, terima kasih.