Ketahui dan pahami teladan Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Maju dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

6 Teladan Sri Mulyani Indrawati (Part 2)

Nilai kepemimpinan dan teladan Sri Mulyani Part 1 dapat Anda baca pada link berikut: Belajar 3 Kepemimpinan Sri Mulyani Indrawati.

Berikut 3 teladan kepemimpinan lainnya dari sosok Sri Mulyani Indrawati.

 

#4 Sosok Pemimpin yang “Down to Earth”

Menilik dari latar belakang pendidikannya, Sri Mulyani Indrawati merupakan putri bangsa yang pernah mengenyam pendidikan dari luar negeri. Tak main-main, beliau berhasil lulus dari universitas bergengsi yaitu, University of Illinois at Urbana Champaign Amerika Serikat dengan gelar Master dan Doktor di bidang ekonomi.

Namun demikian, beliau tidak pernah melupakan nilai-nilai luhur tradisi Jawa seperti kesabaran, rasa hormat terhadap orang lain, menjaga keharmonisan dan nilai luhur seperti “nrimo” dan menahan diri untuk menghadapi tantangan yang berat.

Menurut mantan Direktur Pelaksana dan Chief Operating Officer Bank Dunia, nilai-nilai luhur tradisional tersebut sangatlah relevan dalam menghadapi kehidupan modern yang serba cepat, instan dan cenderung hedonistik dan materialistik.

Nilai-nilai luhur tersebut sangat memberikan dampak positif bagi beliau untuk memimpin membentuk gaya manajemen inklusif yang diperlukan untuk memimpin lembaga internasional seperti World Bank.

Tak jarang ia mengenakan pakaian batik meski ia sedang berkantor di Washington D.C. dan ini adalah salah satu ciri khasnya ketika sedang di kantor.

Kepemimpinan Sri Mulyani - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

Bu Ani, demikian sapaan akrab Sri Mulyani Indrawati oleh para bawahannya, kerap membawa masakan khas Indonesia yang sengaja ia masak sendiri dan dibagikan saat makan siang dengan orang-orang sekantornya.

Selain dikenal sebagai pemimpin yang rendah hati dan membumi, beliau juga dikenal sebagai pemimpin dengan pola pikir yang mengglobal melalui keberhasilannya dalam melakukan reformasi dalam Kementerian Keuangan dan melakukan antisipasi penyelamatan ekonomi skala nasional melalui kasus Bank Century.

Dalam mengelola dan mengatur keuangan dibutuhkan sifat rendah hati sehingga nilai Anda bisa mencapai tujuan-tujuan keuangan yang ingin Anda capai.

Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda dalam mewujudkan mimpi keuangan melalui perencanaan keuangan.

 

#5 Pemimpin yang Terus Belajar

Sosok yang pintar dan berpengalaman, demikianlah Sri Mulyani Indrawati dikenal oleh orang-orang di sekitarnya.

Ia merupakan seorang yang haus untuk terus belajar meski segudang pengetahuan dan pengalaman sudah ia miliki.

Dalam berbagai kesempatan, ditemukan bahwa ia kerap menghadiri berbagai seminar, baik di dalam maupun luar negeri.

Bahkan di tengah kesibukannya dalam melakukan tanggung jawabnya di negeri Paman Sam – Amerika Serikat, beliau masih tetap aktif terlibat sebagai pembicara di berbagai forum dan seminar taraf Internasional, diantaranya seperti USINDO, USAID, IMF, Harvard University, dan masih banyak lagi.

Peserta BPJS Perlu Tambah Iuran, Sri Mulyani Menyeimbangkan Jaminan Kesehatan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis Wanita, Simak 6 Strategi Bisnis yang Akan Mendatangkan Pertumbuhan]

 

Berbagai seminar beliau hadiri dengan berbagai topik menarik seperti kondisi situasi ekonomi dunia terkini hingga antikorupsi.

Di kandang sendiri, beliau pun masih meluangkan waktunya yang sibuk untuk menjadi dosen pengajar di almamaternya meski beliau menjabat sebagai seorang menteri.

Jika Anda ingin sama seperti Sri Mulyani, Anda bisa juga mengikuti acara seminar-seminar, misalnya seminar keuangan. Atau, Anda bisa membaca buku Make A Plan untuk mendapatkan panduan praktis dalam merencanakan keuangan.

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 01 - Finansialku

MAU BUKU MAKE A PLAN

 

#6 Tetap Menjadi Super Mom di Rumah

Dengan kesibukannya yang luar biasa sebagai pemimpin, salah satunya sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia, beliau juga adalah seorang ibu rumah tangga yang sangat handal.

Beliau mengakui bahwa ia mengucap syukur menjadi istri dari Tonny Sumartono yang begitu mendukung kariernya sejak mereka sekolah bersama di Amerika Serikat.

Bagi Sri Mulyani Indrawati, sang suami adalah teman untuk berdiskusi, mendengar dan berbagi pekerjaan rumah tangga.

“Kami tidak pernah memikirkan siapa yang menang-kalah, yang memimpin-dipimpin, kami adalah satu tim dalam keluarga.”

 

Sebagai seorang super mom, Sri Mulyani Indrawati tak mau ketinggalan untuk tetap memiliki waktu makan bersama dengan keluar tercintanya setiap malam.

Sebagai seorang wanita yang tangguh dan ibu yang luar biasa, beliau membuktikan dirinya atas ketangguhan seorang wanita yang mampu menjadi pemimpin ditengah masalah dan juga kesibukannya untuk tetap menjadi pemimpin yang berintegritas dan layak untuk diteladani.

<<< Part 1: Kepemimpinan Sri Mulyani

 

Pasti Anda mendapatkan pembelajaran baru dari teladan Sri Mulyani! Yuk bagikan artikel Finansialku ini kepada rekan yang membutuhkan! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Pelajaran Kepemimpinan dari Sosok Sri Mulyani Indrawati. Talenta.co – https://bit.ly/2NWBksA

 

Sumber Gambar:

  • Teladan Sri Mulyani – https://bit.ly/2CZQPJY