Belajar teladan dan kepemimpinan Sri Mulyani Indrawati setelah kembali menduduki posisinya sebagai Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Maju dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

3 Teladan Kepemimpinan Sri Mulyani Indrawati (Part 1)

Dari sepak terjangnya, Sri Mulyani memiliki kecerdasan, intelektual dan pengalaman yang patut kita teladani melalui kepemimpinannya menjadi seorang Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Berikut ini 3 nilai kepemimpinan yang dapat kita pelajari dari sosok ibu tiga anak, Sri Mulyani Indrawati.

 

#1 Keberanian Me-reformasi Birokrasi

Selama menjabat sebagai Menteri Keuangan Tanah Air, Sri Mulyani Indrawati berhasil melakukan berbagai perombakan dalam skala besar melalui kewenangannya sebagai Menteri Keuangan Indonesia.

Ada banyak prosedur dan birokrasi yang dirasa ribet dan rumit di Indonesia, tetapi melalui tangan dingin sang Menteri Keuangan, berbagai birokrasi yang kebanyakan tak penting dan menyulitkan itu bisa dibuat lebih simpel olehnya.

Tak heran jika hasil dari kerja kerasnya dalam memotong rumitnya birokrasi membuat para investor luar negeri mempercayakan dananya untuk diinvestasikan ke Tanah Air.

Sri Mulyani Naiknya Anggaran Pendidikan Belum Memberikan Dampak 02 Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Sri Mulyani Indrawati, Menteri Terbaik Se-Asia Pasifik]

 

Selain itu, kebijakan Sri Mulyani Indrawati juga sangat berpengaruh atas transparansi serta akuntabilitas arus keuangan negara sehingga hal ini bisa menjadi landasan yang kredibel untuk membuat berbagai kebijakan fiskal yang lebih baik di masa depan.

Perombakan yang dilakukan oleh sang Srikandi mampu meningkatkan penerimaan negara melalui pajak terutama selama beliau memimpin sebagai Menteri Keuangan. Beliau menjadikan pajak sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi.

Berbagai program ia rancang mampu membawa Indonesia menjadi negara Asia pertama yang menjual green bonds, surat utang yang digunakan secara spesifik untuk membiayai proyek-proyek untuk iklim dan lingkungan, yang terjual hingga US$1,25 miliar.

 

#2 Bersih dari Tindak Korupsi

Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik oleh FinanceAsia hingga 3 kali berturut-turut ini juga dikenal sebagai menteri yang benar-benar bersih dari tindakan korupsi.

Kepemimpinan Sri Mulyani Indrawati dalam memberantas tindak korupsi di Tanah Air, membuat Departemen Keuangan Indonesia berhasil menjadi departemen paling tidak korup.

Menurut para pegawai yang bekerja dengan beliau, Sri Mulyani Indrawati dikenal sebagai sosok pemimpin yang tegas, disiplin, rasional dan tulus.

Ia pun terdaftar sebagai 8 wanita Asia yang paling berpengaruh menurut CNN. Menurut Majalah Forbes, Sri Mulyani Indrawati berhasil menduduki peringkat ke-23 dari 100 wanita paling berpengaruh di dunia, menyalip Hillary Clinton, Aung San Suu Kyi dan Oprah Winfrey.

Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Dapat Penghargaan Menteri Terbaik Dunia 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Sri Mulyani Kembali Dinobatkan Jadi Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik]

 

Sukses bisa diraih dengan perencanaan keuangan yang baik. Anda pun bisa memulai merencanakan dan mengatur keuangan dari sekarang. Aplikasi Finansialku dan Buku Make A Plan cocok sekali untuk Anda yang ingin meraih kesuksesan segera.

Download aplikasinya di Google Play Store dan dapatkan bukunya pada tombol berikut:

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 01 - Finansialku

MAU BUKU MAKE A PLAN

 

#3 Mengedepankan Kepentingan Negara di atas Kepentingan Pribadi

Ketika dihadapkan pada 2 pilihan yang sulit, naluri manusia tentu akan memilih untuk lebih mementingkan hal yang bersifat pribadi. Namun, tak demikian bagi Sri Mulyani.

Tahun 2008 ketika krisis ekonomi yang menerjang dunia tak terkecuali Indonesia, Sri Mulyani Indrawati sebagai salah satu petinggi negara harus memimpin rapat selama 2 hari 2 malam untuk membahas tentang strategi yang harus dihadapi oleh Tanah Air.

Namun, ironisnya di saat yang bersamaan, ibunda dari Sri Mulyani Indrawati mengalami masa-masa kritis di rumah sakit.

Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Dapat Penghargaan Menteri Terbaik Dunia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Belajar dari Sri Mulyani Indrawati, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia]

 

Dalam pilihan tersulit tersebut, Sri Mulyani Indrawati memutuskan melakukan amanat rakyat sebagai seorang Menteri dan memilih untuk melakukan tugasnya memimpin rapat hingga mendapatkan kabar tentang wafatnya sang ibunda.

Mendengar kabar tersebut, Sri Mulyani Indrawati pun terpukul. Namun, usahanya ternyata tidak sia-sia.

Keputusannya tersebut ternyata membuahkan hasil, dimana Indonesia menjadi satu-satunya negara yang dapat bertahan terhadap krisis ekonomi yang sedang melanda saat itu.

Ketegaran hati dan kepemimpinan Sri Mulyani Indrawati inilah yang membuat Presiden Jokowi memilihnya untuk kedua kali sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Indonesia Maju.

Pengorbanan Sri Mulyani Indrawati pun tak main-main. Ia rela mengorbankan gajinya yang mencapai ratusan miliar sebagai COO Bank Dunia dan memilih untuk mengemban amanah rakyat dan panggilan tugas Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Keuangan.

Sri Mulyani Indrawati merupakan tokoh pemimpin bangsa yang memberikan sumbangsih luar biasa demi kemajuan bangsa dan Tanah Air. 

Part 2: Teladan Kepemimpinan Sri Mulyani >>>

 

Teladan apa yang Anda dapatkan dari kepemimpinan Sri Mulyani Indrawati? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Pelajaran Kepemimpinan dari Sosok Sri Mulyani Indrawati. Talenta.co – https://bit.ly/2NWBksA

 

Sumber Gambar:

  • Kepemimpinan Sri Mulyani – https://bit.ly/2O7DKEB