Siapa yang tidak mengenal Telkom Indonesia, telah lama berkontribusi untuk Indonesia melalui layanannya.

Ternyata hingga kini Telkom masih menunjukan eksistensinya. Seperti apa revolusi yang terjadi dari Telkom Indonesia?

Agar lebih jelas, mari simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Perjalanan Telkom Indonesia

PT Telkom Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia.

Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau yang biasa dikenal dengan nama Telkom Indonesia (Persero) Tbk didirikan pada 1884 yang merupakan bagian dari “Post en Telegraafdienst”.

Lama Malang Melintang di Dunia Teknologi, Telkom Indonesia Sukses Hingga Kini 03 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Simpel Cek Tagihan Telkom Tanpa Ribet]

 

Telkom telah melalui banyak dinamika bisnis dan melewati beberapa perubahan. Di tahun 1882, kemunculan telepon menyaingi layanan pos dan telegraf yang sebelumnya digunakan ada 1856.

Pada saat itu kehadiran telepon membuat masyarakat kian memilih untuk menggunakan teknologi baru ini. kala itu, banyak perusahaan swasta menyelenggarakan bisnis telepon.

Pada tahun 1961, pemerintah Indonesia mendirikan Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Seiring dengan perkembangan layanan telepon dan telex, pemerintah mengeluarkan PP No. 30 tanggal 6 Juli 1965.

Hal ini untuk memisahkan industri pos dan telekomunikasi dalam PN Postel: PN Pos dan Giro serta PN Telekomunikasi.

Dengan adanya pemisahan ini, setiap perusahaan dapat fokus untuk mengelola portofolio bisnisnya masing-masing. Terbentuknya PN Telekomunikasi ini menjadi cikal bakal Telkom saat ini.

Di tahun 1991 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 1991, status Telkom berubah menjadi perseroan terbatas milik negara (Persero).

Selanjutnya transformasi Telkom terjadi ketika teknologi GSM dan mobile phone di tanah air hadir dan mengancam keberadaan telepon (fixed line). Dari situlah revolusi seluler pun dilakukan, Telkom Indonesia melakukan self disruption.

Tahun 1995 Telkomsel didirikan dan meluncurkan Kartu Halo pascabayar. Selanjutnya pada 1997 jaringan Telkomsel telah hadir di seluruh provinsi Indonesia.

 

Kegiatan Usaha Telkom Indonesia

Kegiatan usaha dari Telkom Indonesia adalah menyediakan layanan telekomunikasi yang mencakup sambungan telepon kabel tidak bergerak dan telepon nirkabel tidak bergerak, komunikasi selular, layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data.

Layanan jaringan dari Telkom ini ada layanan kabel, telepon tetap nirkabel (CDMA) dan Global System for Mobile Communication (GSM) serta layanan interkoneksi yang digunakan antara lain Other License Operators (OLO).

Lama Malang Melintang di Dunia Teknologi, Telkom Indonesia Sukses Hingga Kini 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Cek Nomor Telkomsel Dengan Cepat dan Mudah]

 

Tak hanya itu, Telkom pun menyediakan berbagai layanan di bidang informasi, media dan edutainment, termasuk cloud-based dan server-based managed services, layanan e-Payment dan IT enabler, e-Commerce dan lainnya.

Telkom Indonesia memiliki beberapa anak usaha yang dibagi menjadi empat kelompok dan pemimpin bisnisnya, yaitu bisnis selular (telkomsel), bisnis internasional (Telin), bisnis multimedia (Telkom Metra) dan bisnis infrastruktur (Telkom Infra).

TelkomGroup mengimplementasikan strategi bisnis dan operasional perusahaan yang berorientasi kepada pelanggan (customer-oriented).

Saat ini TelkomGroup mengelola 6 produk portofolio yang melayani empat segmen konsumen yaitu korporat, perumahan, perorangan dan segmen konsumen lainnya.

 

Aset Anak Perusahaan Telkom Indonesia

Saham milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tetap menjadi pilihan bagi investor yang akan berinvestasi di sektor Halo-halo karena operator itu menunjukkan tingkat profitabilitas yang tinggi dibanding emiten sejenis di sektor telekomunikasi yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dalam catatan, sepanjang 2017 Telkom berhasil membukukan laba sebesar Rp22,1 triliun sepanjang 2017 atau naik 14,4% dibandingkan 2016 sebesar Rp19,35 triliun.

Mengatur Keuangan Pribadi Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah dan Cepat Beli Paket Internet Lewat My Telkomsel]

 

Sepanjang 2017 perseroan berhasil meraih pendapatan sebesar Rp128,3 triliun atau tumbuh sebesar 10,2% dibanding tahun 2016 sebesar Rp116,33 triliun.

Riset yang dilakukan Narada Kapital untuk 18 April 2018 menyatakan Return on Equity (ROE) Telkom pada akhir tahun 2018 bisa mencapai sebesar 20%.

Pemegang saham mayoritas Telkom adalah Pemerintah Republik Indonesia sebesar 52,09%, sedangkan 47,91% sisanya dikuasai oleh publik.

Saham Telkom ini diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode “TLKM” dan New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode “TLK”.

Jumlah entitas anak perusahaan Telkom dengan kepemilikan langsung adalah 12. Berikut daftar total aset anak perusahaan Telkom per tanggal 30 September 2017:

  1. PT Telekomunikasi Selular (“Telkomsel”) = Rp86,792 triliun
  2. PT Multimedia Nusantara (“Metra”) = Rp13,186 triliun
  3. PT Dayamitra Telekomunikasi (“Dayamitra”) = Rp11,926 triliun
  4. PT Telekomunikasi Indonesia International (“TII”) = Rp8,093 triliun
  5. PT Graha Sarana Duta (“GSD”)/ Telkom Property = Rp5,152 triliun
  6. PT Telkom Akses (“Telkom Akses”) = Rp4,963 triliun
  7. PT PINS Indonesia (“PINS”) = Rp3,615 triliun
  8. PT Infrastruktur Telekomunikasi Indonesia (“Telkom Infratel”) = Rp1,783 triliun
  9. PT Patra Telekomunikasi Indonesia (“Patrakom”) = Rp577 miliar
  10. PT Metranet (“Metranet”) = Rp489 miliar
  11. PT Jalin Pembayaran Nusantara (“Jalin”) = Rp232 miliar
  12. PT Napsindo Primatel Internasional (“Napsindo”) = Rp5 miliar

 

Dari total aset di atas, sangat jelas bahwa anak perusahaan Telkom yang paling “kaya” adalah PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dengan aset sebesar Rp86,792 Triliun.

 

Rahasia Suksesnya Telkom Indonesia

Pada 2016 Telkom berhasil meraih predikat Best Employer dan Best of The Best Employers dalam malam penghargaan AON Best Employer 2016 di Jakarta.

Telkom dinobatkan sebagai yang terbaik setelah para eksekutif AON menilai Telkom sebagai perusahaan yang mampu memenuhi kriteria yang ditetapkan, yakni memiliki sumber daya manusia, berkomitmen kuat dan berkinerja unggul.

Kemudian, mampu meningkatkan hasil bisnis melalui pengelolaan sumber daya manusia yang efektif serta mampu mengelola bisnisnya dengan cara membangun kesuksesan jangka panjang.

Kunci perubahan dalam sebuah organisasi adalah tekad dan kemauan pemimpinnya. Komitmen petinggi perusahaan sangat mempengaruhi sukses tidaknya penerapan transformasi digital.

Selain itu perusahaan memerlukan tenaga pendorong agar transformasi bisa berjalan cepat dan optimal, yakni strategi digital dan disiplin dalam eksekusinya.

Dimulai dari komitmen pemimpin, lalu dijalankan dengan strategi yang tepat, maka akan muncul budaya baru yakni kultur digital.

Bisnis dan inovasi yang dilakukan Telkom Indonesia sudah serba digital. Tak heran, mereka memerlukan banyak karyawan baru dengan keseharian yang lekat dengan digital, yakni para generasi Y alias generasi milenial.

Inti dari transformasi digital ternyata bukan di teknologi melainkan di sumber daya manusia.

Pada anak-anak muda ini, BUMN telekomunikasi ini menyandarkan harapan untuk merancang bisnis masa depan. Mereka mesti siap karena siklus bisnis digital yang sangat cepat.

Oh iyah, Apakah Anda tertarik untuk berinvestasi saham? Lalu bagaimana cara memilih saham yang tepat?

Yuk, pelajari melalui ebook dari Finansialku di bawah ini..

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 6 Maret 2018. Jumlah Aset Anak-Anak Perusahaan Telkom. Rizqifahma.com – https://bit.ly/2ld5zQa
  • Admin. Tentang TelkomGroup. Telkom.co.id – http://bit.ly/2n9pT5A
  • Oddy Karamoy. 25 April 2018. Saham Telkom Tetap Jadi Incaran Investor. Sebarr.com – https://bit.ly/2laGqpi
  • Achmad Rouzni Noor II. 6 September 2016. Kunci Sukses Telkim: SDM Hebat Di Balik Kendali Teknologi. Detik.com- https://bit.ly/2l12rXT

 

Sumber Gamber:

  • Telkom Indonesia 1 – http://bit.ly/2naffLW
  • Telkom Indonesia 2 – http://bit.ly/2nKn5fL
  • Telkom Indonesia 3 – http://bit.ly/2mch3Ec