Apakah pebisnis online perlu berinvestasi? Siapa sangka, ternyata investasi bagi pebinis online memiliki banyak manfaat.

Simak ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Perlukah Pebisnis Online Memiliki Investasi?

Investasi pebisnis online memang harus dipertimbangkan. Pada dasarnya, sebagai pebisnis memang sebaiknya mempunyai produk investasi. Investasi yang memang digunakan untuk diri sendiri maupun untuk perusahaan yang dijalankan.

Bertambahnya waktu membuat seorang pebisnis tak melulu harus menjadi pebisnis offline atau melakukan bisnis secara offline. Sudah banyak pebisnis yang menerapkan bisnisnya secara online sebagai hasil mengamati pasar.

Di sisi lain, bisnis yang bergerak secara online memang dinilai lebih efektif dan efisien untuk saat ini.

Ternyata, Ini Peran Penting Investasi Bagi Pebisnis Online 02

[Baca Juga: Maksimalkan Manfaat Investasi Pebisnis Online dengan Cara Ini]

 

Peran Investasi untuk Pebisnis Online

Berikut ini akan dipaparkan alasan-alasan mengapa investasi pebisnis online sangat lah penting. Alasan yang bisa Anda jadikan perimbangan dalam memulai hal baru.

 

#1 Sebagai Bantuan Untuk Mengembangkan Bisnis

Siapa saja, pebisnis mana saja, tentu ingin mengembangkan bisnisnya. Bidang apapun, apapun bentuknya, sebesar apapun sekarang, pasti selalu ada keinginan untuk berkembang.

Apalagi untuk bisnis online, kebanyakkan pelaku bisnisnya bercita-cita untuk membuat bisnisnya juga berjalan secara offline. Lebih lanjut tentang peng-offline-an bisnis akan dibahas berikutnya.

Namun yang pasti, investasi pebisnis online penting dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Dari yang tadinya terbatas modal, bisa punya modal lebih banyak. Dari yang tadinya tidak ada yang secure keuangannya, kini sudah ada, dan lain sebagainya.

 

#2 Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Jangka Panjang Bisnis

Bukan hanya untuk berkembang saja, bisnis memang sepatutnya menjadi kegiatan yang dilakukan pelakunya dalam jangka panjang. Anda bisa menjadikan investasi sebagai produk yang membantu bisnis untuk menjamin hal ini.

Bisnis dengan jangka panjang, kontinu, untuk terus memberikan apa yang dibutuhkan konsumen. Lebih baik jika mengalami perkembangan, stagnan namun terus bergerak sehingga menjadi aktivitas jangka panjang pun juga sudah oke.

Memastikan kontinu tidaknya bisnis tanpa investasi mungkin akan sulit, terkecuali jika memang dalam bisnis online ini Anda bisa berikan apa yang paling dibutuhkan banyak orang.

 

#3 Sebagai Modal untuk Memperluas Pasar

Pasar atau target pasar bisa lebih luas jika ada produk investasi dari suatu bisnis. Memang secara tidak langsung, namun tetap ada kaitannya. Karena dengan berinvestasi, kondisi finansial bisnis lebih stabil dan membuka kemungkinan untuk memiliki modal serta kekayaan yang lebih besar.

Bisnis dengan kekayaan yang lebih besar, lebih punya kesempatan untuk memperluas target pasar. Bisa dipahami bukan? Dua  hal ini korelasinya tidak langsung, namun make sense sehingga bisa dipahami.

 

#4 Dapat Berguna Sebagai Modal untuk Buka Bisnis Offline

Poin yang satu ini masih ada kaitannya dengan poin sebelumnya. Jika benar Anda adalah seorang pebisnis online, maka pastilah pernah ada keinginan untuk bisa membuat bisnis Anda ini juga bisa bergerak secara offline.

Semisal yang tadinya buka toko di marketplace, pasti ada keinginan untuk membuka toko secara offline. Dengan tujuan ini, bisa lebih mudah mencapainya jika ada investasi yang dimiliki bisnis yang bersangkutan. Akan direkomendasikan untuk Anda yang cukup melek bisnis sehingga punya keinginan untuk mengembangkannya.

 

#5 Instrumen Penjaga Aset Bisnis

Suatu investasi bisnis online juga akan dibutuhkan karena bisa menjaga aset bisnis. Katakanlah ternyata suatu bisnis memiliki hutang semasa periode waktu tertentu, aset yang jadi jaminan bisa lebih terlindungi jika ada produk investasi di sana.

Bisnis online memang agaknya jarang punya aset, atau punya namun terbatas. Tetap ada bisnis online yang punya aset, juga ada yang tidak membutuhkannya. Namun yang pasti, jika suatu bisnis dijalankan secara online, akan lebih aman finansial dan kekayaannya jika ada investasi.

Lagi pula yang namanya bisnis online, pastilah ada aset yang dimiliki. Bisa saja berupa bisnis jasa yang bergerak secara online namun tetap memiliki kantor untuk bekerja para karyawannya. Atau mungkin memiliki gudang untuk bisa menyimpan stock-nya.

 

#6 Simpanan untuk Menjaga Keberlangsungan Bisnis

Bisnis seharusnya menjadi suatu jalan panjang yang tak ada hentinya. Bukanlah sebuah awalan yang dibuat untuk diakhiri. Bisnis seharusnya merupakan segala sesuatu yang bersifat kontinu, jangan sampai collapse apapun cobaannya.

Ini menjadi alasan lainnya mengapa investasi pebisnis online akan penting. Sebab dengan investasi ini, pelaku bisnis telah ‘lebih siap’ untuk hadapi sesuatu yang bisa memberhentikan bisnis.

Jaminan akan bisnis yang terus kontinu, terus berlangsung, lebih terlihat jika kondisi finansialnya stabil. Ditambah dengan adanya investasi yang bisa dijadikan jaminan untuk keberlangsungan.

 

#7 Persiapan untuk Kondisi Terburuk

Sudah jadi hukum seorang pebisnis untuk selalu siap kapan saja dengan kondisi terburuk, entah itu kondisi terburuk yang disebabkan internalnya, karena masalah eksternal, karena kesiapan pelaku bisnisnya sendiri, atau karena apa saja.

Jika sudah ada produk investasi pebisnis online untuk dimiliki, akan lebih mudah bagi bisnis untuk kembali ke semula saat menghadapi kondisi terburuk. Begitu juga dengan pelaku bisnisnya, pasti tak lebih sulit untuk menangani masalah yang ada.

banner_pebisnis,_ini_cara_mengatur_keuangan_bisnis_yang_benar

 

Sebelum Investasi, Lakukan Financial Check Up di Aplikasi Finansialku

Untuk Anda pebisnis online yang sudah punya pengalaman maupun yang masih pemula, Anda sudah paham betul betapa pentingnya investasi. Dari penjabaran di atas, mungkin Anda sudah tertarik untuk memulainya namun masih ragu dengan kondisi keuangan saat ini.

Yang mana padahal, kondisi keuangan harus diperhatikan dulu sebelum memutuskan untuk memulai investasi atau memilih produk investasi. Anda bisa membuat keputusan lebih mudah jika sudah melakukan financial check up di Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang bisa membantu Anda melakukan melakukan pencatatan, anggaran, investasi, hingga konsultasi keuangan, dan literasi keuangan dari berbagai media.

Finansialku sendiri merupakan perusahaan perencanaan keuangan yang tercatat di OJK sebagai penyelenggara IKD, terdaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik di Kominfo, anggota dari Asosiasi Fintech Indonesia serta mengantongi sertifikasi ISO 27001:2013 yang menjamin kerahasiaan dan keamanan data konsumen.

Juga seluruh perencana keuangan Finansialku.com sudah tersertifikasi CFP® (Certified Financial Planner).

Investasi pebisnis online yang tadinya sudah dipelajari, bisa segera dimulai dengan financial check up.

Anda bisa mencoba aplikasi Finansialku secara gratis selama 30 hari, dan lanjut berlangganan fitur premiumnya jika tertarik.

Cukup berlangganan sebesar Rp 350 ribu untuk penggunaan seluruh fitur aplikasi Finansialku satu tahun, atau mengeluarkan kurang dari seribu rupiah per hari untuk digantikan dengan pengelolaan finansial yang membuat masa depan aman.

BONUS! Dapatkan juga potongan sebesar Rp 50 ribu bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi Finansialku premium satu tahun dengan memasukkan kode CUAN50.

Yuk coba sekarang!

Download Aplikasi Finansialku

 

Apakah Anda siap berinvestasi dan melakukan financial check-up segera? Pastikan juga untuk mengajak sesama pebisnis online melakukan langkah yang sama dengan membaca artikel ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/2QDPimL
  • 02 – https://bit.ly/2PgzSEO