Bagaimana cara cek faskes BPJS Kesehatan yang benar? Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Informasi selengkapnya ada di artikel Finansialku kali ini, check this out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Mengapa Harus Tahu Cara Cek Faskes BPJS?

Apabila Anda mencari pembahasan mengenai cara cek faskes BPJS Kesehatan, Patut kiranya untuk membaca pembahasan hingga akhir. Sebab sangat penting untuk mengetahui informasi terkait faskes BPJS Kesehatan.

Hal itu sebagai defense system untuk Anda berjaga-jaga apabila sedang sakit dan segera membutuhkan pertolongan di faskes terdekat.

 

Info Penting Tentang Cara Cek Faskes BPJS Kesehatan

Sebelum mengetahui lebih lanjut terkait cara cek faskes BPJS Kesehatan, Anda perlu mengetahui apa itu faskes. Faskes merupakan singkatan dari fasilitas kesehatan. Dalam kartu BPJS, faskes yang dapat Anda kunjungi biasanya memiliki jarak yang terdekat dari tempat tinggal Anda.

Sistem Faskes dari BPJS Kesehatan ini adalah berjenjang. Jadi, Anda tidak dapat pergi semaunya ke semua fasilitas kesehatan.

Anda harus memulai pengobatan melalui faskes tingkat 1 dan berlanjut ke jenjang faskes berikutnya apabila dirasa membutuhkan pertolongan lebih.

Untuk penjelasan secara lebih mendalam terkait fasilitas kesehatan, kami akan membahasnya di bawah ini. Berikut 7 hal yang berkaitan tentang faskes dalam BPJS Kesehatan.

Ternyata Mudah! Ini Cara Cek Faskes BPJS Kesehatan 02

[Baca Juga: Penyakit Epilepsi Adalah Penyakit Berbahaya! Apa Benar Di Tanggung BPJS?]

 

#1 Mengenal Apa Itu Faskes

Fasilitas kesehatan merupakan pihak penyelenggara pengobatan mulai dari puskesmas hingga rumah sakit besar yang telah memiliki kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Dikarenakan sistem BPJS yang berjenjang menyebabkan Anda harus melalui faskes tingkat pertama sebelum ke faskes tingkat lanjutan.

Dengan BPJS Kesehatan, Anda dapat mendatangi faskes tingkat 1 yang terletak di manapun Anda berada. Hal tersebut tertuang dalam ketentuan penyelenggaraan BPJS yang mengatur bahwa peserta BPJS tidak harus berobat sesuai lokasi KTP. Lebih Lanjut, peserta dapat memilih faskes tingkat 1 yang berbeda lokasi dengan KTP.

 

#2 Cara Mengecek Faskes BPJS Kesehatan

Untuk mengetahui layanan fasilitas kesehatan mana yang menyediakan faskes tingkat 1, Anda tidak perlu bingung. Anda hanya perlu untuk mengakses website resmi milik BPJS Kesehatan pada http://bpjs-kesehatan.go.id.

Setelah berhasil mengakses website tersebut, Anda dapat memilih sidebar layanan dan meng-klik fasilitas kesehatan.

Setelah itu Anda hanya perlu mengisi form wilayah mana yang Anda ingin tuju dan Anda akan menemukan pilihan fasilitas kesehatan terdekat.

 

#3 Pembagian Faskes Tingkat 1

Setelah menemukan fasilitas kesehatan untuk memeriksakan diri. Anda perlu kiranya untuk tahu pembagian dari faskes-faskes tingkat 1.

Faskes tingkat ini merupakan fasilitas kesehatan yang primer, berguna dalam penanganan awal sebelum memasuki faskes tingkat 2 apabila sangat memerlukan.

Menurut peraturan Menteri Kesehatan No 71 tahun 2013, terdapat beberapa macam fasilitas kesehatan yang masuk ke dalam tingkat 1, antara lain: Puskesmas atau yang setara, Praktik dokter, Praktik dokter gigi, Klinik pratama atau yang setara, Rumah sakit kelas D pratama atau yang setara.

Anda dapat memilih salah satu dari pembagian faskes tersebut sebagai penanganan awal saat Anda sakit.

 

#4 Prosedur dalam Pengobatan BPJS Kesehatan

Sesuai apa yang ada pada penjelasan sebelumnya bahwa BPJS Kesehatan memiliki jenjang dalam pengobatannya.

Oleh sebab itu, perlu kiranya Anda mengetahui prosedur yang harus Anda jalani dalam berobat menggunakan BPJS Kesehatan. Berikut kami uraikan lebih detail tahapan yang harus Anda jalani.

Pertama, pasien perlu mendatangi faskes tingkat 1 yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan agar mendapatkan pelayanan pengobatan.

Setelah mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, pasien akan mendapatkan surat rujukan apabila membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Kedua, apabila mendapatkan surat rujukan, pasien dapat mendatangi fasilitas kesehatan tingkat 2 yang memiliki perlengkapan lebih memadai.

Pasien hanya perlu menunjukkan kartu BPJS Kesehatan miliknya untuk mendapatkan layanan kesehatan. Fasilitas yang biasanya pasien dapatkan seperti rawat jalan, rawat inap sesuai kebutuhan dari pasien.

Untuk tarif pengobatannya pun akan sesuai dengan kelas dari pasien itu sendiri sehingga tidak terlalu membebani.

Terakhir, apabila kesehatan pasien telah lebih baik, pasien dapat melakukan kontrol pada fasilitas kesehatan tingkat 1.

 

#5 Kondisi Darurat

Apabila kondisi pasien membutuhkan penanganan khusus dan secara langsung sehingga harus ke faskes tingkat 2 seperti IGD, tentu diperbolehkan. Namun sebelum itu, peserta wajib untuk menunjukkan kartu BPJS Kesehatan yang pasien miliki.

Setelah itu, pasien akan mendapatkan perawatan sesuai kebutuhannya seperti rawat inap atau rawat jalan.

 

#6 Pembayaran BPJS Kesehatan

Peserta dapat membayar iuran Kesehatan melalui berbagai macam cara. Berikut ini beberapa cara dalam membayar BPJS Kesehatan.

  • ATM

Pembayaran dapat Anda lakukan pada mesin ATM. Caranya, yaitu dengan memasukkan ATM. Setelah itu pilih menu BPJS Kesehatan dan masukkan kode virtual account untuk melakukan pembayaran.

  • Minimarket

Pembayaran juga dapat melalui minimarket terdekat. Anda hanya perlu memberikan kode virtual pada kasir, kemudian kasir yang akan memrosesnya. Namun, pembayaran melalui minimarket akan dikenakan charge sebesar Rp 2.500.

  • Kantor Pos

Pembayaran melalui kantor pos cukup mudah dan tidak dikenakan biaya tambahan dalam prosesnya, Anda hanya perlu membawa KTP dan Kartu BPJS Anda.

 

#7 Iuran

Terdapat tiga macam kelas yang terbagi dalam pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Iuran untuk golongan kelas 1 adalah Rp 150.000, kelas 2 Rp 100.000, Kelas 3 Rp 35.000.

Apabila anggota telat dalam membayar, status keanggotaan akan secara otomatis menjadi non-aktif untuk sementara waktu.

 

banner -cara memilih dan alasan penting asuransi kesehatan

 

Ayo Menjadi Anggota BPJS yang Baik

Sudah seharusnya bagi setiap orang untuk tahu tentang bagaimana cara kerja pengobatan dari BPJS Kesehatan.

Sebagai anggota yang baik pula sudah seharusnya mematuhi aturan dan regulasi yang ada agar tercipta kesinambungan dan simbiosis mutualisme.

Anggota mendapat jaminan kesehatan yang bermutu, sedangkan BPJS Kesehatan dapat bekerja tanpa kendala. Dengan demikian, pahami regulasinya agar Anda pun bisa mengakses layanan kesehatan secara maksimal tanpa ribet dan bingung.

 

Setelah membaca artikel di atas, pasti terdapat banyak informasi yang bermanfaat seputar cara cek faskes BPJS Kesehatan. Karena itulah jangan lupa berbagi informasi ini pada sesama peserta BPJS Kesehatan di sekitar Anda, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Azelia Trifiana. 24 Juli 2019. Gampang, Ini Cara Mengetahui Faskes Tingkat 1 dan Kode Faskes BPJS Anda. Sehatq.com – http://bit.ly/3pYmscI
  • Admin.1 September 2019. Sangat Mudah! Ini Cara Mengetahui Faskes Tingkat 1 Dan Kode Faskes Bpjs Anda, Hingga Cara Pembayaran. Manado.tribunnews.com – http://bit.ly/2O7bXGI

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/2PiwWY5
  • https://bit.ly/3pXL85k