Beberapa orang memilih pindah faskes BPJS untuk menyesuaikan domisili. Saat ini, ada beberapa cara pindah faskes BPJS yang bisa Anda ikuti. Beberapa cara berikut bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Nah, informasi lengkapnya dapat Anda simak dalam artikel di bawah!

 

Summary:

  • Pindah faskes harus Anda lakukan ketika mendapati beberapa kondisi, seperti pindah domisili atau pindah tempat tugas.
  • Untuk pindah faskes BPJS Kesehatan terdapat dua cara yang bisa Anda tempuh, yaitu secara online dan offline.

 

Mendaftar Layanan Asuransi Dasar

Masyarakat Indonesia diimbau untuk mendaftarkan diri ke layanan BPJS Kesehatan yang sudah pemerintah luncurkan.

Fasilitas ini akan memberikan kepada masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan dengan mudah dan murah.

Ketika terdaftar sebagai peserta, Anda bisa berobat sesuai dengan faskes (fasilitas kesehatan) yang tertera di keanggotaan.

Ada tiga faskes yang dapat Anda pilih, yakni puskesmas, klinik, atau rumah sakit. Namun, untuk mengakses faskes lanjutan, peserta harus mengakses faskes tingkat pertama terlebih dahulu.

 

Dalam beberapa kondisi, seseorang bisa saja harus pindah faskes karena pindah domisili atau pindah tempat tugas. Jika mengalami kondisi demikian, kamu tak perlu khawatir. Sebab, ada cara pindah faskes BPJS untuk memudahkan peserta.

Saat ini, setidaknya ada 5 cara pindah faskes BPJS. Pemindahan ini bisa Anda lakukan melalui jaringan atau mendatangi kantor BPJS secara langsung.

Jangan khawatir, kali ini, saya akan memaparkan cara pindah faskes dengan mudah. Cara berikut akan membantumu yang ingin pindah faskes karena pindah domisili.

Sebelum lanjut, Anda bisa download ebook gratis tentang asuransi kesehatan berikut ini untuk tambahan referensi Anda!

Banner Iklan Ebook Anti Pusing Mikirin Biaya Kalau Sakit - HP
Banner Iklan Ebook Anti Pusing Mikirin Biaya Kalau Sakit - PC

 

Apa Itu Faskes BPJS?

Istilah faskes dikenal dalam asuransi BPJS kesehatan. Faskes BPJS Kesehatan merupakan mitra BPJS Kesehatan yang terdiri dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Di sini, peserta bisa memperoleh manfaat BPJS Kesehatan sesuai kelas yang dipilih.

Beberapa jenis faskes yang ada di dalam layanan BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Faskes I), yakni layanan kesehatan paling pertama dan dasar yang terdiri dari Puskesmas, klinik, atau dokter umum.
  1. Fasilitas Kesehatan Tingkat Kedua (Faskes II), yakni layanan kesehatan spesialis yang diberikan oleh dokter spesialis atau dokter gigi spesialis.
  1. Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKRTL), yakni layanan kesehatan lanjutan yang bisa diakses setelah mendapat rujukan, terdiri dari klinik utama atau setara, Rumah Sakit Umum, dan Rumah Sakit Khusus.

 

Sebagai peserta, Anda akan mendapat kemudahan untuk pindah faskes. Ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan faskes I dengan domisili terbaru.

 

Cara Pindah Faskes BPJS Online

Anda bisa memanfaatkan layanan online untuk pindah faskes BPJS. Cara ini akan menghemat waktu daripada mengunjungi kantor cabang atau di mall pelayanan publik.

Beberapa cara yang dapat Anda ikuti adalah sebagai berikut:

 

#1 Lewat WhatsApp

Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui cara pindah faskes BPJS melalui WhatsApp:

  1. Silakan hubungi layanan Pandawa BPJS Kesehatan Di nomor WhatsApp 08118165165. Layanan ini beroperasi setiap Senin sampai Jumat pukul 08.00 sampai 15.00 WIB. Di luar jam tersebut, fitur tidak akan berfungsi.
  1. Setelah masuk ke ruang obrolan, silakan ucapkan “halo” untuk mulai berkomunikasi. Nantinya, akan ada pilihan yang dapat Anda pilih. Silakan ikuti instruksi yang diberikan.

 

#2 via Mobile JKN

Cara pindah faskes BPJS lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi resmi. Saat ini, BPJS Kesehatan sudah memiliki aplikasi JKN Mobile di App Store maupun Google Play.

Berikut adalah cara pindah faskes BPJS Kesehatan melalui JKN Mobile:

  1. Silakan unduh aplikasi JKN Mobile, kemudian masuk ke aplikasi
  1. Jika belum memiliki akun, silakan pilih Pendaftaran Pengguna Mobile dengan mencantumkan nomor kartu JKN-KIS, NIK, data pengguna, email, dan sebagainya.
  1. Setelah menyelesaikan isian yang tersedia dan mengeklik kirim, Anda akan mendapatkan verifikasi melalui email. Silakan klik tautan di email untuk verifikasi.
  1. Silakan login ke aplikasi. Setelah itu, pilih Ubah Data Pengguna.
  1. Selanjutnya, pilih nama pengguna yang ingin berpindah faskes.
  1. Aplikasi akan menampilkan kotak dialog berjudul Ubah Fasilitas Kesehatan Pertama. Silakan isi dengan data yang benar.
  1. Jika berhasil, Anda akan mendapat pemberitahuan melalui email yang terdaftar.

[Baca Juga: Besaran Denda BPJS Kesehatan dan Cara Menghitungnya]

 

Cara Pindah Faskes BPJS Offline

Cara pindah faskes BPJS oflline adalah pilihan yang baik jika Anda lebih senang mendapat informasi dari petugas secara langsung.

Bagi sebagian orang, cara ini membuat mereka lebih percaya dengan sumber informasi dan layanan yang diberikan. Berikut adalah cara pindah faskes BPJS offline yang dapat Anda ikuti:

 

#1 Melalui Mall Pelayanan Publik

Mengunjungi Mall Pelayanan Publik bisa menjadi opsi yang bagus sebagai salah satu cara pindah faskes BPJS. Berikut adalah cara pindah faskes BPJS melalui Mall Pelayanan Publik:

  1. Silakan siapkan berkas yang diperlukan untuk pindah faskes, seperti e-KTP, kartu JKN-KIS, serta Kartu Keluarga.
  1. Selanjutnya, silakan datangi Mall Pelayanan Publik terdekat di domisili Anda.
  1. Silakan sampaikan maksud Anda. Selanjutnya, silakan ambil nomor antrean dan isi formulir yang tersedia.
  1. Tunggu sampai nomor antrean Anda terpanggil. Ikuti instruksi yang petugas katakan di lokasi.

[Baca Juga: 3 Cara Mudah Temukan Kantor BPJS Kesehatan Terdekat]

 

#2 Melalui Kantor Cabang

Simak cara pindah faskes melalui kantor cabang berikut ini:

  1. Silakan siapkan berkas yang di perlukan untuk pindah faskes, seperti e-KTP, kartu JKN-KIS, serta Kartu Keluarga.
  1. Silakan ambil nomor antrean dan tunggulah sampai nama Anda terpanggil. Sambil menunggu panggilan, isi formulir yang petugas sediakan dengan lengkap dan benar.
  1. Isi kolom faskes yang Anda inginkan.
  1. Silakan tunggu hingga proses pemindahan faskes selesai. Petugas akan memberi tahu jika data Anda telah diperbarui.

 

#3 Melalui Mobile Customer Services (MCS)

Mobile Customer Service bisa Anda kunjungi setiap jam kerja. Jangan lupa, siapkan berkas yang diperlukan, seperti e-KTP, kartu JKN-KIS, serta Kartu Keluarga.

Di lokasi, silakan ambil nomor antrean dan isi formulir yang tersedia. Selanjutnya, bawa berkas dan formulir Anda ke petugas untuk memulai proses pemindahan faskes.

[Baca Juga: Inilah Iuran BPJS Kesehatan Terbaru Kelas 1, 2, 3, Lengkap!]

 

Cara Pindah Faskes via BPJS Kesehatan Care Center

Cara pindah faskes BPJS melalui care center adalah salah satu cara termudah. Anda cukup menghubungi mereka di 165 dalam panggilan berbayar.

Jika menggunakan telepon rumah, Anda dikenakan tagihan telepon lokal. Silakan sampaikan masalah Anda ke customer service dengan jelas.

 

Syarat Pindah Faskes BPJS

Selain mengetahui cara pindah, Anda juga perlu memahami syarat pindahnya. Berikut adalah syarat pindah faskes BPJS yang perlu Anda siapkan:

  1. Identitas diri yang masih berlaku
  1. Kartu keanggotaan BPJS Kesehatan
  1. Kartu Keluarga
  1. Daftar kolektif gaji untuk PNS, POLRI, TNI, serta PPNPN
  1. Salinan buku rekening (jika ingin mengubah fasilitas kelas 3 menjadi kelas 1 atau 2)

 

Kapan Faskes BPJS Kembali Aktif?

Setelah mengganti faskes, Anda perlu menunggu satu bulan untuk memanfaatkan faskes yang baru. Tapi, tak perlu khawatir, Anda tetap bisa mengakses layanan faskes lama sembari menunggu migrasi data.

Setelah faskes yang baru bisa Anda gunakan, Anda baru bisa pindah faskes kembali setelah tiga bulan. Sebelum memenuhi jangka waktu tersebut, Anda tidak dapat melakukannya.

 

Memanfaatkan Layanan BPJS Kesehatan

Ada beberapa cara pindah faskes BPJS yang bisa Anda tempuh. Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai peserta, Anda bebas menentukan cara mana yang paling mudah untuk melakukannya.

Agar bisa merasakan manfaat BPJS Kesehatan secara utuh, sebaiknya Anda membayar iuran bulanan tepat waktu. Tunggakan iuran BPJS akan mengganggu keuangan.

Untuk mencegah lupa bayar iuran BPJS Kesehatan, Anda dapat memanfaatkan fitur Anggaran Keuangan di aplikasi Finansialku. Dijamin, Anda tidak akan lupa lagi setelah itu.

Aplikasi Finansialku bisa Anda download gratis melalui Google Play dan App Store. Yuk, download sekarang!

Banner Iklan Fitur Anggaran

 

Nah, sekarang, Anda pasti sudah paham, kan, cara pindah faskes BPJS Kesehatan? Yuk, share artikel ini ke orang terdekat Anda agar mereka juga paham. Terima kasih.

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi: 

  • Admin. 29 Agustus 2022. Ini Syarat & Cara Mudah Pindah Faskes BPJS Kesehatan Online. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3CVI8jI
  • Diptya. 14 September 2022. Cara Pindah Faskes BPJS secara Online, Bisa Akses di Rumah Aja Pakai HP! Jalantikus.com – https://bit.ly/3VripGM
  • Muhammad Choirul Anwar. 08 Juni 2022. Catat Syarat dan Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Online 2022. Money.kompas.com – https://bit.ly/3TjUVlm
  • Virdita Ratriani. 17 Juni 2022. 5 Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Bisa Online dan Offline. Kiaton.kontan.co.id – https://bit.ly/3etnuOc