Anda ingin pindah faskes BPJS Kesehatan karena pindah domisili? Atau mungkin karena Anda tidak puas dengan pelayanan faskes pilihan Anda saat ini?

Anda bisa mengajukan penggantian faskes, lho! Yuk simak langkah-langkahnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Perubahan Faskes Tingkat Pertama

Fasilitas kesehatan, yang lebih sering disingkat menjadi Faskes, merupakan istilah yang BPJS gunakan untuk menyebutkan tempat yang boleh didatangi dengan BPJS ketika sakit, berupa puskesmas, klinik, atau rumah sakit.

Ada dua tingkat faskes, yaitu faskes tingkat pertama (FKTP) dan faskes tingkat lanjutan.

Berdasarkan Panduan Layanan JKN-KIS tahun 2018, faskes tingkat pertama merupakan faskes yang menyediakan pelayanan kesehatan perorangan yang bersifat non spesialistik. sedangkan faskes tingkat lanjutan bersifat spesialistik atau sub spesialistik.

GRATISSS, Yuk Download Sekarang!

ASURANSI KESEHATAN Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

Faskes tingkat pertama meliputi puskesmas, praktik mandiri dokter, klinik pertama, atau rumah sakit kelas D Pratama dengan faskes penunjang apotek atau laboratorium.

Faskes tingkat lanjutan meliputi klinik utama, rumah sakit umum, atau rumah sakit khusus dengan faskes penunjang apotek, optik, atau laboratorium.

Anda dapat mengubah faskes tingkat pertama paling cepat 3 bulan setelah Anda terdaftar sebagai peserta BPJS di FKTP saat ini.

Alasan penggantian faskes yang diterima BPJS adalah pindah domisili (melampirkan surat keterangan domisili) dan dalam penugasan dinas atau pelatihan (melampirkan surat keterangan).

Apabila pengajuan Anda disetujui, perubahan faskes tersebut mulai berlaku pada tanggal 1 (satu) pada bulan berikutnya.

Perubahan faskes tingkat pertama dapat dilakukan melalui beberapa channel, yaitu sebagai berikut.

 

#1 Aplikasi Mobile JKN

Setelah download Aplikasi Mobile JKN di Google Play atau App Store, silakan buka aplikasi, lalu klik menu Ubah Data Peserta. Anda tinggal masukkan data perubahan Faskes 1 dengan benar.

Begini Lho Cara Gampang Pindah Faskes BPJS Kesehatan2

[Baca Juga: Bisakah Mendaftar Asuransi Saat Sakit? Gini Jawabannya!]

 

#2 BPJS Kesehatan Care Center 1500 400

Anda hanya perlu menghubungi Care Center BPJS Kesehatan lalu menyampaikan maksud perubahan Faskes 1.

Petugas akan mencatat keterangan yang Anda sampaikan yang diperlukan untuk perubahan faskes tersebut. Care Center ini buka 24 jam setiap harinya.

 

#3 Mobile Customer Service (MCS)

MCS adalah penyediaan mobil layanan BPJS Kesehatan di daerah-daerah yang jauh dari lokasi kantor cabang/kantor kabupaten/kota.

Anda dapat mengunjungi MCS pada hari dan jam yang telah ditentukan, mengisi Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP) dan menunggu antrean untuk mendapatkan pelayanan.

Anda bisa sampaikan kepada petugas MPS mengenai maksud perubahan faskes tingkat pertama.

 

#4 Mall Pelayanan Publik

Saat ini terdapat beberapa kota yang telah menyediakan Mall Pelayanan Publik, antara lain DKI Jakarta, Bekasi, Batam, Surabaya, Banyuwangi dan Denpasar.

Anda dapat mengunjungi Mall Pelayanan Publik, mengisi FDIP dan menunggu antrean untuk mendapatkan pelayanan.

PNS, Ini Cara Perbarui Data BPJS Sebelum Ke Ibukota Baru! 02

[Baca Juga: Cara Mudah Cairkan JHT BPJS Hingga 100 Persen Terbaru 2020]

 

#5 Kantor Cabang dan Kantor Kabupaten/Kota

BPJS Kesehatan memiliki 127 Kantor Cabang dan 388 Kantor Kabupaten/Kota yang dapat melayani peserta JKN-KIS di seluruh wilayah di Indonesia.

Anda tinggal mengunjungi Kantor Cabang atau Kantor Kabupaten Kota, mengambil nomor antrean pelayanan loket perubahan data dan cetak kartu, mengisi FDIP dan menunggu antrean.

 

Dokumen yang Dibutuhkan

Apabila Anda melakukan pengajuan perubahan faskes tingkat pertama secara online, Anda hanya perlu menyiapkan data nomor kartu BPJS, data KTP, dan alamat email.

Secara offline, Anda perlu membawa dokumen-dokumen penting, di antaranya KTP, Kartu peserta BPJS Kesehatan, Kartu Keluarga, dan surat keterangan domisili, kuliah, atau kerja.

Pastikan semua dokumen lengkap sebelum Anda berangkat ke channel offline BPJS Kesehatan.

Berbicara mengenai faskes, sudahkan Anda menyiapkan dana untuk tiap bulan pembayaran? jika Anda mengalami kesulitan Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku yang sekarang ada di Google Play Store dan di Apps Store

 

Silakan bagikan artikel ini supaya teman atau saudara Anda bisa mengetahui mudahnya mengganti faskes BPJS Kesehatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • Tia Astuti. 18 Desember 2019. Pindah Faskes BPJS Kesehatan, Ini Langkahnya Secara Online dan Offline. Kompas.com – https://bit.ly/3bfEWPQ

 

Sumber Gambar:

  • Gambar cara mengubah Faskes – https://bit.ly/39eJBQ8
  • Gambar langkah 1 – https://bit.ly/38aOf1F