Hati-hati! Jangan Tertipu Asuransi, Gini Lho Triknya!

Apakah Anda memiliki asuransi? Apakah Anda merasa tertipu dengan asuransi yang Anda miliki? Jangan sampai tertipu asuransi!

Banyak sekali orang yang merasa tertipu asuransi setelah memilikinya. Maksud hati ingin berinvestasi, karena tidak paham, maka banyak orang yang terjebak membeli unitlink tanpa tahu apa yang dia beli.

Sebelum Anda terjebak situasi yang sama, ketahui dulu tips membeli asuransi disini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Asuransi

Saat saya sedang kumpul keluarga, saudara saya bercerita tentang pengalaman memiliki asuransi yang kurang mengenakkan. Saudara saya ini bercerita kalau ia membeli produk asuransi karena ditawari oleh saudara dari istrinya.

Merasa kasihan dan iba, akhirnya saudara saya ini membeli produk asuransi yang katanya bisa mendapatkan keuntungan dari investasi ketika membeli asuransi tersebut.

Saat 5 tahun berlalu, saudara saya ini tidak merasa bahwa asuransi ini memiliki manfaat untuknya. Karena dia pun belum merasakan hasil investasi dari pembayaran premi setiap tahunnya.

Karena dirasa asuransi ini tidak membawa manfaat apapun, saudara saya pun merasa kalau asuransi ini hanyalah tipuan. Saudara saya pun akhirnya merelakan asuransinya untuk hangus karena merasa tidak ada manfaatnya.

 

Saudara saya adalah salah satu dari sekian banyak orang yang tidak mengetahui apa itu produk asuransi. Masih banyak orang yang menyangka kalau asuransi unitlink ini adalah salah satu cara untuk berinvestasi yang aman.

Sebelum Anda membeli produk asuransi, ada baiknya Anda mengetahui apa itu asuransi dan diperuntukkan untuk apa dan siapa.

Asuransi ini berasal dari bahasa inggris, yaitu insurance yang memiliki arti sebagai jaminan dan perlindungan.

Melindungi kita dari apa sih asuransi ini? Asuransi ini melindungi kita dari risiko. Risiko yang mungkin terjadi dan tidak dapat dihindari yang nantinya bisa mengganggu arus kas keuangan Anda.

Anda pasti paham, jika kita hidup dan beraktivitas pasti memiliki risiko. Jika Anda bekerja, Anda pasti memiliki risiko di PHK, kecelakaan ketika bekerja dan sakit saat Anda sedang bekerja.

Hati-hati! Jangan Tertipu Asuransi, Gini Lho Triknya! 02 Asuransi Kesehatan - Finansialku

[Baca Juga: 8 Tips Jitu Mendapatkan Asuransi Jiwa dengan Premi Murah dan Sesuai Budget]

 

Bagi Anda yang memiliki rumah dan kendaraan, Anda pasti tahu bahwa terdapat risiko jika rumah Anda kemalingan, kebakaran, adanya bencana alam bahkan mobil Anda pun pasti memiliki risiko seperti kecelakaan dan mengakibatkan mobil Anda rusak dan tidak dapat dipakai.

Risiko-risiko itu lah yang dapat membuat arus kas keuangan keluarga Anda terganggu. Apalagi ketika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak.

Bayangkan, jika Anda meninggalkan keluarga Anda dan anak Anda masih harus sekolah. Apakah Anda akan tega membiarkan pasangan Anda bekerja mati-matian untuk membayar biaya sekolah yang semakin hari semakin mahal?

Jadi, asuransi ini menjadi sebuah mekanisme yang dapat mengalihkan risiko yang mungkin menimpa tertanggung kepada penanggung atau pihak asuransi.

Pengalihan risiko ini dilakukan dengan cara pembayaran klaim yang diberikan oleh pihak asuransi kepada pihak tertanggung yang mendapat kerugian dari suatu peristiwa atau keadaan yang diasuransikan.

Anda pun perlu memahami bahwa asuransi tidak bisa menghentikan risiko yang mungkin menimpa Anda, keluarga bahkan aset Anda. Namun, asuransi ini bisa meminimalkan risiko yang Anda hadapi.

 

Tips Membeli Asuransi Tanpa Harus Tertipu

Anda sekarang sudah tahu bahwa asuransi merupakan memiliki fungsi untuk meminimalkan risiko.

Melihat kasus yang saudara saya hadapi, ada baiknya sebelum saudara, rekan atau siapapun yang menawarkan Anda asuransi, Anda melakukan tips-tips berikut ini.

 

Tips #1 Minta Penjelasan Detail Mengenai Asuransi yang Dijual

Tips pertama adalah Anda harus meminta penjelasan secara detail mengenai asuransi yang dijual baik oleh saudara Anda, rekan Anda atau siapapun yang menawarkan asuransi untuk Anda.

 

Jangan sampai, hanya karena iba dan kasihan, Anda malah membeli asuransi yang sebenarnya tidak memberikan manfaat untuk Anda sehingga Anda pun merasa tertipu asuransi.

Apalagi jika Anda membeli produk unitlink atau pun saving plan, Anda harus meminta penjelasan secara rinci kepada agen asuransi tersebut. Jangan sampai Anda tidak mengetahui manfaat dan risiko dari memiliki asuransi tersebut.

 

Tips #2 Tanyakan Lisensi Agen

Saat Anda mendapatkan penawaran dari agen asuransi, tanyakan lisensi dari agen tersebut. Jika agen tersebut tidak memiliki lisensi, biasanya dia hanya menjual produk saja.

Biasanya, jika orang yang menawarkan asuransi hanya sebagai penjual, mereka kurang memahami apa saja yang ditawarkan oleh produk asuransi yang mereka jual dan bagaimana manfaatnya untuk Anda.

Tidak hanya itu saja, hal ini dapat berpotensi terjadinya perselisihan antara Anda dan perusahaan asuransi tersebut.

 

Tips #3 Nasabah Aktif Bertanya Mengenai Produk Asuransi yang Ditawarkan

Anda, sebagai calon nasabah maupun nasabah, harus memiliki peran aktif bertanya mengenai beragam produk asuransi yang ditawarkan. Seorang agen asuransi yang asli akan menjelaskan hingga calon nasabah mengerti produk-produk asuransi.

Selain itu, Anda juga diminta berperan aktif dalam mencari informasi secara lengkap terkait lembaga asuransi yang menaungi agen tersebut. Pastikan juga, ketika Anda membeli dari agen, agen tersebut menjelaskan dengan clear.

Produknya pun harus dijelaskan dengan sejelas-jelasnya. Lembaga asuransinya pun harus jelas, kalau Anda masih merasa belum jelas, Anda pun bisa mencari informasinya dari internet.

 

Tips #4 Baca Baik-Baik Polis Asuransi

Ada baiknya ketika Anda sudah ditawari asuransi dan Anda setuju untuk mengambil asuransi tersebut. Lalu, biasanya Anda akan diberikan polis yang bisa Anda pelajari terlebih dahulu.

Hati-hati! Jangan Tertipu Asuransi, Gini Lho Triknya! 03 Polis Asuransi - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Tips untuk Pemula, Agar Anda Tidak Salah Beli Asuransi Jiwa]

 

Sebaiknya, Anda membaca polis tersebut dengan saksama, supaya jika terjadi kekeliruan, Anda bisa langsung bertanya ke agen tersebut dan bisa dibuat sebuah perubahan.

Biasanya banyak sekali orang yang merasa tertipu asuransi karena ia tidak membaca polis asuransinya secara saksama. Memang benar ada tulisan yang kecil, tetapi jika Anda memang ingin mendapatkan asuransi yang bagus, Anda perlu membacanya.

Tidak hanya itu saja, dengan banyaknya pasalnya pun membuat Anda malas untuk membaca. Tetapi, hal tersebut merupakan hal yang penting untuk Anda baca, Anda tidak mau kan tertipu asuransi lagi?

Anda pun perlu tahu, bahwa di era informasi yang semakin canggih ini, informasi bisa didapatkan dari mana saja. Sudah waktunya Anda memiliki peran aktif dalam membeli asuransi.

 

Telitilah Sebelum Memutuskan

Sebelum Anda memutuskan apakah asuransi ini akan membawa manfaat untuk Anda, sudah seharusnya Anda teliti dulu membaca semua perjanjian polis. Bahkan Anda pun dapat bertanya ke agen penjual asuransi.

Jika Anda masih bingung asuransi yang seperti apa yang seharusnya Anda miliki. Anda bisa bertanya ke perencana keuangan finansialku yang tidak hanya dapat membantu asuransi Anda tetapi juga masalah keuangan lainnya.

Anda bisa bertanya ke perencana keuangan Finansialku dengan cara men-download Aplikasi Finansialku di bawah ini dan Anda bisa klik menu Tanya jawab.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana merencanakan asuransi dan merencanakan keuangan Anda. Anda bisa download ebook mengenai perencanaan keuangan usia 20 an di bawah ini.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui tips untuk tidak tertipu asuransi.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tips untuk tidak tertipu asuransi. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Ilyas Istianur Praditya. 30 September 2017. Tips Beli Polis Asuransi Agar Tak Tertipu Agen. Liputan6.com – https://goo.gl/m6DeyW
  • Ardan Adhi Chandra. 19 Agustus 2016. Ingin Ikut Asuransi Jiwa, Ini Tipsnya Agar Tak Tertipu. detik.com – https://goo.gl/vnatn2
  • Kurniasih Miftakhul Jannah. 27 Oktober 2018. Tips Beli Asuransi Agar Tak tertipu Agen. Economy.okezone.com – https://goo.gl/V39ab4

 

Sumber Gambar:

  • Teliti Polis Asuransi – https://goo.gl/eLA4Mz
  • Asuransi Kesehatan – https://goo.gl/9fFeRX
  • Polis Asuransi – https://goo.gl/1Q7TPg

About the Author:

Widya Yuliarti CFP®
Widya Yuliarti, SST., MM., CFP® adalah seorang Financial Planner dari Finansialku bersertifikasi (FPSB ID: 1800 0526), ahli dalam keuangan syariah. Menempuh Pendidikan Diploma 4 Teknik Kimia di Politeknik Negeri Bandung dan menempuh Pendidikan S2 Manajemen di Universitas Padjadjaran.

Leave A Comment