Tunjangan Hari Raya yang diberikan kepada pekerja Aparatur Sipil Negara dan swasta mendorong pendapatan tiga sektor usaha. Salah satunya sektor ritel yang mengalami pertumbuhan sebesar 18 persen.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

THR Dorong Tiga Sektor Usaha

Ketua umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, selama periode libur Lebaran 2018 tingkat keterisian kamar (okupansi) di hotel di daerah meningkat hingga 90 persen. Peningkatan ini dipandang sebagai andil dari pencairan THR tahun ini.

“Kita prediksi yang akan mendapatkan keuntungan dari uang itu ya. Yang pertama, hotel dan restoran.”

 

Seperti dilansir dari Liputan6.com, sektor lain yang juga mendulang keuntungan yaitu sektor pariwisata dan ritel. Diprediksi, uang THR yang dimiliki para PNS serta pekerja swasta dinilai akan banyak dihabiskan untuk berwisata dan berbelanja.

“Kedua, destinasi wisata, itu pasti ramai. Ketiga, ritel dan fast moving consumer goods, itu akan menikmati.”

 

 

Hariyadi yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia memaparkan bahwa THR dan gaji ke-13 menjadi stimulus bagi perekonomian di Indonesia.

“Kelihatannya bagus, ini ada kecenderungan lebih baik dari tahun lalu karena kita prediksi uang dari gaji ke-13 dan THR PNS itu cukup besar, ada Rp35 triliun yang digelontorkan.”

 

Ia juga menuturkan bahwasanya stimulus ini akan sangat memberikan dampak langsung kepada ekonomi masyarakat di daerah.

“Luar biasa sudah dirasakan stimulus ekonomi di daerah wisata, dan tujuan mudik, di sisi hotel sudah mulai meningkatkan tren okupansi.”

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Penjualan Ritel Tumbuh 18 Persen

Mengacu pada data dari Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), THR berhasil mendongkrak pertumbuhan penjualan ritel periode Januari sampai 17 Juni hingga 18 persen.

Seperti yang dilansir oleh CNNIndonesia.com, Rabu (20/6/2018), Ketua Dewan Penasihat Hippindo, Handaka Santosa mengatakan peningkatan ini cukup besar, mengacu pada perbandingannya dengan tahun lalu.

“Karena kalau dilihat dari tahun sebelumnya, terutama setelah 2015, kenaikan penjualan saat Lebaran kurang dari 10 persen.”

THR Dorong 3 Sektor Usaha, Penjualan Ritel Tumbuh 18 Persen 01 Finansialku

Ketua Dewan Penasihat Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Handaka Santosa

 

Handaka memandang optimis penjualan ritel sepanjang tahun ini. Ia memprediksi kenaikan sebesar 15 persen, lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya berkisar di angka 5-10 persen.

Pertumbuhan tersebut pun sudah memperhitungkan penurunan penjualan ritel usai Lebaran dan peningkatan belanja menjelang libur Natal dan tahun baru 2019 mendatang.

Handaka meminta proyeksi kenaikan penjualan tersebut diantisipasi oleh para riteler dengan menyediakan stok yang cukup.

“Dengan sekarang meningkat penjualannya, harus segera diisi lagi.”

 

Apa tanggapan Anda setelah membaca peningkatan penjualan di 3 sektor usaha karena THR? Berikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Septian Deny. 18 Juni 2018. Tiga Sektor Usaha Ketiban Untung dari THR dan Gaji ke-13 PNS. Lipuran6.com – https://goo.gl/g6Wn8a
  • Yuli Yanna Fauzie. 20 Juni 2018. THR Dorong Penjualan Ritel Tumbuh 18 Persen. Cnnindonesia.com – https://goo.gl/SS2r6F.

 

Sumber Gambar:

  • Handaka Santosa – https://goo.gl/BGLzeA
  • THR – https://goo.gl/aASZ7i

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Summary
THR Dorong 3 Sektor Usaha, Penjualan Ritel Tumbuh 18 Persen
Article Name
THR Dorong 3 Sektor Usaha, Penjualan Ritel Tumbuh 18 Persen
Description
Tunjangan Hari Raya yang diberikan kepada pekerja Aparatur Sipil Negara dan swasta mendorong pendapatan tiga sektor usaha. Salah satunya sektor ritel yang mengalami pertumbuhan sebesar 18 persen.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo