Menghabiskan seluruh uang yang berada di dalam rekening Anda tentu bukanlah hal yang bijak. Tanpa Anda sadari, faktor gaya hidup serta cara belanja Anda menimbulkan potensi uang di dalam rekening habis total. Untuk itu, tim Finansialku akan membahas potensi tersebut agar Anda dapat lebih waspada

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Alasan Uang di Dalam Rekening Habis

Uang bukanlah segalanya, tetapi tanpa uang, banyak yang tidak dapat Anda lakukan. Anda membutuhkan uang untuk berbelanja makanan, menyekolahkan anak Anda, membayar cicilan, berlibur hingga bersenang-senang. Tidak sedikit orang yang demi gaya hidupnya yang boros, menghabiskan seluruh uang di dalam rekeningnya, terutama menjelang akhir bulan (tanggal tua).

Jika uang di dalam rekening Anda habis, berarti Anda tidak dengan bijak menggunakan uang Anda. Setiap keuangan yang ideal, membutuhkan tabungan serta pos dana darurat. Tanpa adanya tabungan berarti Anda tidak dapat berinvestasi, tidak dapat memulai bisnis baru atau membeli peralatan baru yang menunjang hidup Anda. Dengan perilaku boros seperti itu, Anda tidak akan memiliki perkembangan.

moms-waspada-pengeluaran-lebaran-dan-anak-masuk-sekolah-di-2017-1-finansialku

[Baca Juga: Moms, Waspada Pengeluaran Lebaran dan Anak Masuk Sekolah di 2017]

 

Tetapi, walaupun mayoritas sadar dengan hal ini, masih saja terdapat beberapa orang yang selalu menghabiskan uang di dalam rekening mereka. Bukan berarti gaji mereka tidak cukup, tetapi lebih karena mereka tidak memiliki tanggung jawab ketika membelanjakan uang tersebut. Berikut adalah beberapa alasan seseorang terdorong untuk membuat uang di dalam rekening mereka ludes.

 

Alasan 1: Keinginan Yang Tidak Terkontrol

Keinginan ini biasa timbul karena adanya kesempatan ketika Anda berbelanja. Anda kesulitan mengatur keuangan karena tingginya hasrat belanja Anda. Padahal jika Anda dapat berhemat dan hidup sederhana, gaji Anda masih cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus mengosongkan seluruh tabungan Anda.

Tidak Bijak Setiap Bulan Menghabiskan Seluruh Uang di Rekening 02 - Finansialku

[Baca Juga: Polling: Sebutkan 5 Pengeluaran Terbesar Anda Setiap Bulan]

 

Salah satu cara untuk mengontrol keinginan belanja Anda adalah dengan menyusun rincian anggaran setiap bulannya dan setiap Anda berbelanja bawalah uang secukupnya.

 

Alasan 2: Pengeluaran Tidak Terduga

Pengeluaran tidak terduga bukanlah pengeluaran secara rutin yang telah Anda rencanakan. Pengeluaran tidak terduga adalah pengeluaran yang sifatnya tiba-tiba dan Anda tidak dapat memprediksi kejadian tersebut. Sebut saja tiba-tiba kendaraan rusak, atap rumah bocor atau ada anggota keluarga Anda yang sakit. Kejadian ini akan memakan finansial Anda dan memungkinkan uang di dalam rekening Anda ludes.

Katakan Tidak untuk Pengeluaran - Pengeluaran Ini, Kalau Mau Sejahtera - Pengeluaran Ini - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Katakan Tidak untuk Pengeluaran-Pengeluaran Ini, Kalau Mau Aman]

 

Alasan 3: Uang Mengendap di Dalam Tabungan

Ini adalah penyakit setiap orang, setiap kita melihat saldo di dalam tabungan Anda masih cukup banyak, kita akan menghabiskan uang tersebut tanpa memikirkan masa depan. Tentu saja selain menggiurkan, uang yang Anda endap di dalam tabungan akan habis sedikit demi sedikit.

 

Cara Menyimpan Uang di Dalam Rekening

Terdapat beberapa cara untuk menyimpan uang di dalam rekening sehingga Anda dapat mengontrol diri dari membelanjakannya. Yang pertama adalah fokus pada tujuan finansial yang telah Anda dambakan. Kedua adalah mengalokasikan dana untuk pembayaran asuransi dan yang terakhir adalah mulai mencoba-coba investasi agar nilai rupiah Anda tidak habis.

 

Cara 1: Fokus Pada Tujuan Finansial Anda

Memang Anda harus memenuhi kebutuhan sehari-hari agar dapat melangsungkan kehidupan, tetapi tidak hanya untuk masa kini, Anda pun harus memikirkan kehidupan Anda di masa depan. Misalnya Anda menghabiskan uang Anda tanpa memikirkan masa pensiun Anda, atau masa depan pendidikan anak-anak Anda, nantinya Anda yang akan kesulitan.

8 Pengeluaran yang Dapat Dihemat Saat Memasuki Masa Pensiun - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 8 Pengeluaran yang Dapat Dihemat Saat Memasuki Masa Pensiun]

 

Mempunyai tujuan finansial merupakan cara yang baik untuk meningkatkan motivasi serta kontrol diri dalam membelanjakan uang Anda. Dengan memikirkan tujuan finansial tersebut, Anda akan lebih memiliki target hidup sehingga Anda tidak akan sembarangan mengeluarkan uang.

 

Cara 2: Proteksi Diri

Pada kejadian yang tidak terduga seperti kecelakaan, masuk rumah sakit, jatuh sakit atau musibah lainnya, selain mental dan fisik, Anda pun akan memiliki beban finansial. Seringkali, jumlah yang Anda butuhkan tidak sedikit sehingga Anda harus menguras habis seluruh tabungan Anda. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memiliki asuransi. Fungsi dasar dari asuransi tersebut adalah untuk mengalihkan risiko kepada perusahaan asuransi.

Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Anda tidak perlu membeli asuransi dengan polis yang lengkap tetapi Anda tidak sanggup membayar premi bulanan. Pilihan asuransi pun sudah beragam dan beberapa ada yang ditawarkan beserta fungsi investasi. Jika Anda salah satu yang tertarik dengan investasi, Anda dapat memilih produk asuransi ini. Sedia payung sebelum hujan adalah cara yang paling benar agar Anda tidak kehujanan.

 

Cara 3: Investasi

Dengan adanya investasi, walaupun uang di dalam rekening Anda habis, Anda akan tetap memiliki kekayaan. Uang yang Anda tabung di dalam bank, selain sangat menggiurkan untuk dihabiskan, juga dapat termakan oleh inflasi, yang berarti semakin lama, uang Anda akan tidak berharga.

Mengenal Reksa Dana Pendapatan Tetap - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Lebih Baik Tingkatkan Pendapatan, Daripada Kurangi Pengeluaran]

 

Mulailah mencari produk investasi mana yang Anda minati dan sesuai dengan profil risiko diri Anda. Anda dapat memilih investasi dengan modal sedikit seperti pada reksa dana atau emas. Cara ini dapat membantu Anda untuk belajar investasi secara perlahan dana aman untuk kantong Anda.

 

Bertanggung Jawab Secara Keuangan

Jika uang di dalam rekening Anda, sering kali habis, itu berarti Anda tidak bertanggung jawab dengan pengeluaran dan pemasukan Anda. Tanpa adanya tanggung jawab finansial, Anda akan sulit mencapai tujuan finansial ataupun kebebasan finansial.

 

Apakah uang di dalam rekening Anda selalu habis total? Adakah Anda melakukan salah satu potensi yang telah dibahas di atas? Jika ya, maka sebisa mungkin Anda berubah dan melakukan saran yang telah diberikan.

 

Sumber Referensi:

  • Akbar. Februari 2017. Setiap Bulan Duit di Rekening Ludes, Jelas Gak Bijak. Duitpintar.com – https://goo.gl/0pHtWg

 

Sumber Gambar:

  • Pusing – https://goo.gl/sLZZQ7
  • Keluarga Sedih – https://goo.gl/TMToZX

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang