Untuk Anda yang merencanakan pernikahan, ikuti tips menghindari konflik dengan orang tua menjelang pernikahan berikut ini agar pernikahan Anda kelak bahagia.

 

Pernikahan dilaksanakan bukan hanya dengan pasangan Anda, melainkan dengan keluarga pasangan Anda. Menjelang pernikahan seringkali terjadi konflik dengan orang tua maupun dengan keluarga lainnya.

Konflik yang ada terkadang menyebabkan pertengkaran antara pasangan dan bahkan menyebabkan batalnya pernikahan.

Nah, berikut ada tips untuk Sobat Finansialku untuk menghindari konflik dengan orang tua dan keluarga. Yuk, simak sampai habis artikel berikut ini!

 

Cinta Anda dan Pasangan Diuji Menjelang Pernikahan

Banyak orang bilang kalau sebelum nikah cinta Anda dan pasangan akan diuji dengan berbagai macam konflik.

Konflik yang terjadi bisa antara Anda dan pasangan, Anda dan orang tua bahkan Anda dengan calon mertua, lho!

Bahkan, efek samping dari konflik tersebut bisa menyebabkan pernikahan Anda batal. Kebayang kan, Anda sudah melakukan persiapan sedemikian rupa, eh ternyata gak jadi nikah?

Nah, berikut ada 7 tips menghindari konflik dengan orang tua menjelang pernikahan.

 

#1 Keep Calm Dalam Segala Kondisi

Menjelang pernikahan pasti akan banyak sekali yang Anda pikirkan dan persiapkan. Pastinya, otomatis Anda akan menjadi cepat naik darah alias emosi jika Anda tidak berusaha tenang dalam segala kondisi.

Ketenangan membuat Anda dan pasangan dapat berpikir jernih memikirkan pernikahan, bahkan dalam membuat keputusan.

Kalau sambil emosi, bisa-bisa Anda salah ambil keputusan dan membuat rugi banyak orang.

Jika emosi datang, tarik napas dalam-dalam dan ingatkan diri Anda bahwa yang Anda persiapkan adalah hari yang sangat spesial untuk Anda dan pasangan Anda.

Tips Ampuh Menghindari Konflik Dengan Keluarga Menjelang Pernikahan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mempersiapkan Dana Pernikahan Bareng Pasangan dengan Aman!]

 

#2 Cari Tahu Akar Konflik

Terkadang masalah sebenarnya atau alasan yang mendasari perselisihan atau konflik sangat kecil sehingga Anda akan terkejut ketika mengetahuinya.

Jadi, daripada emosi lebih baik temukan alasan utama kenapa konflik bisa terjadi. Saat Anda mengetahui alasan konflik, pasti Anda akan tahu cara menghadapinya.

Ingat, tanpa mengetahui alasan pasti dari konflik, Anda tidak akan bisa menyelesaikannya.

Tidak ada gunanya melakukan sesuatu yang tidak baik seperti emosi, karena bisa berdampak buruk bagi Anda dan pasangan Anda.

Terapkan pendekatan ini dan temukan masalahnya, kemudian bicarakan dengan orang tua atau keluarga dan selesaikan masalahnya.

 

#3 Lakukan Komunikasi yang Baik Dengan Pasangan

Jika terjadi konflik antara pasangan, keluarga, mertua bahkan orang tua Anda, selalu bicarakan dengan pasangan Anda.

Mengapa? Karena sudah jelas komunikasi adalah kunci kehidupan yang sukses dan bahagia. Mencari solusi bersama akan membuat Anda lebih cepat menyelesaikan konflik yang ada.

 

#4 Buat Orang Tua Atau Keluarga Ikut Sibuk

Kebanyakan masalah menjelang pernikahan adalah dari orang tua karena mereka ingin ikut andil dalam pernikahan Anda.

Maka dari itu, buatlah mereka sibuk dengan cara memberikan tugas atau tepatnya meminta tolong akan suatu hal.

Sebagai contoh mintalah agar orang tua Anda mengurus suvenir sehingga mereka tidak akan ikut campur untuk urusan yang lain.

Nah, dengan demikian orang tua merasa dilibatkan dalam pernikahan Anda dan pastinya meminimalkan konflik. Meminta tolong terhadap orang tua juga akan membantu Anda agar tidak memikirkan banyak hal bukan?

 

banner -mengapa perlu merencanakan dana pernikahan (1)

 

#5 Miliki Pola Pikir “Tidak Harus Menyenangkan Semua Orang”

Anda dan pasangan mempersiapkan acara yang terbaik karena pernikahan adalah momen yang sangat spesial. Pasti akan ada banyak pendapat dan usulan dari banyak orang (pasangan, orang tua, mertua dan keluarga).

Jangan sampai Anda dan pasangan stres karena ingin menyenangkan semua orang. Bisa-bisa Anda bukannya ke pelaminan malah ke rumah sakit jiwa karena stres memikirkan keinginan semua orang.

Anda harus selalu ingat bahwa Anda tidak dapat memuaskan semua orang dalam hidup Anda. Jika Anda mencoba untuk menyenangkan semua orang di pernikahan Anda, Anda akan berakhir dengan kelelahan dan tidak bahagia dalam pernikahan Anda sendiri.

Ini adalah pernikahan Anda dan Anda memiliki semua hak untuk merayakannya seperti yang selalu Anda inginkan.

So, jangan terlalu berusaha menyenangkan orang lain, ya. Menjadi pendengar yang baik perlu, tapi pilihlah hal-hal yang memang penting dan berguna untuk pernikahan Anda.

 

#6 Ikuti Kata Hati

Dalam pernikahan Anda memiliki semua hak untuk merayakannya seperti yang selalu Anda impikan.

Pengambil keputusan terbesar selama pernikahan Anda haruslah Anda, bukan orang tua atau mertua Anda ataupun keluarga Anda.

Memang pernikahan adalah bersatunya dua keluarga dan kedua belah pihak harus memiliki suara yang sama dalam pernikahan.

Tetapi jangan sampai Anda tertekan dan tidak bahagia dalam mempersiapkan pernikahan Anda. Jadi, tegaslah dalam membuat keputusan karena Anda dan pasangan yang menikah.

 

#7 Ingat Bahwa Anda Sangat Berharga

Konflik pasti ada dalam pernikahan, Anda perlu melakukan self reminder tentang betapa berharganya Anda.

Anda harus menyayangi diri Anda sendiri, jangan sampai ada orang-orang yang membuat Anda tertekan, hancur karena hal yang sebenarnya tidak perlu dipikirkan.

Lakukan hal-hal yang dapat membantu Anda tetap tenang dan tenang selama perencanaan pernikahan.

Tips Ampuh Menghindari Konflik Dengan Keluarga Menjelang Pernikahan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Persiapan Pernikahan Selain Pesta, 5 Hal Ini Juga Wajib Anda Siapkan]

 

Anda dapat memilih untuk mengikuti beberapa kelas meditasi atau sesi yoga atau Anda dapat menghabiskan waktu berkualitas dengan sahabat atau calon pasangan Anda.

Anda dapat melakukan perjalanan sendiri dengan waktu yang singkat untuk menyegarkan diri Anda sebelum pernikahan.

Anda juga dapat menghilangkan stres diri Anda sendiri dengan menghabiskan waktu untuk membaca, bersepeda, atau melakukan hal-hal yang sangat Anda sukai.

Selain itu, penting bagi Anda untuk mengelilingi diri Anda dengan orang-orang penuh kasih pada saat dibutuhkan, orang-orang yang dapat Anda andalkan.

Orang-orang yang tidak hanya memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan, tetapi yang benar-benar siap untuk mendengarkan dan menanyakan apa yang Anda butuhkan.

Intinya, milikilah orang-orang yang tidak akan membiarkan Anda merasa sendirian menjelang pernikahan Anda atau pada saat Anda tertekan.

 

Jangan Panik, Konflik Bisa Kok Dihindari!

Masalah pasti ada dalam kehidupan, apalagi masalah menjelang pernikahan yang katanya bisa membuat pasangan tercerai berai.

Eits, jangan terlalu mendengarkan omongan orang lain dan jangan panik, ya. Anda bisa kok menghadapi semuanya, konflik bisa dihindari!

Bagi kalian yang sedang mempersiapkan pernikahan, semangat, ya! Hadapi semuanya dan lakukan 7 tips menghindari konflik dengan orang tua menjelang pernikahan di atas, dijamin pernikahan Anda bakal minim dari konflik.

 

Itulah beberapa tips menghindari konflik dengan orang tua menjelang pernikahan. Lakukan dari sekarang agar kehidupan pernikahan Anda nantinya harmonis dan bahagia.

Jangan lupa bagikan artikel ini pada Sobat Finansialku lainnya, ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • 15 Oktober 2019. Tips to Avoid Conflicts with Parents During Your Wedding. Happywedding.app – http://bit.ly/3vHItRt

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/31vxP2d
  • https://bit.ly/39odgZQ