Berencana traveling ke India? Yuk cek tips backpacker ke India berikut ini agar liburan kamu aman dan menyenangkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sekilas Tentang India

Siapa yang tidak tahu India? Negara Bollywood dengan landmark populer Taj Mahal ini termasuk ke dalam negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia sekitar 1,2 miliar orang dan 80% penduduknya pemeluk agama Hindu. Itu yang membuat negara ini sangat lekat dengan adat istiadat dan budaya nenek moyangnya.

Selain adat istiadatnya, India juga bisa menjadi destinasi traveling buat kamu yang ingin mencoba pengalaman baru ala backpacker. Kekayaan sejarah, kebudayaan dan keeksotisan alamnya menjadi daya tarik turis untuk mengunjungi negara ini.

 

Tips Backpacker-an Ke India

Sebelum kamu melakukan traveling ke India, sebaiknya simak tips berikut agar liburanmu aman dan nyaman.

 

#1 List Lokasi Kunjungan

India memiliki daerah yang luas dan banyak sekali kota-kota wisata yang bisa dijelajahi. Agar kamu tidak kelelahan dan buang waktu, ada baiknya kamu membuat daftar kunjungan lokasi yang akan dikunjungi. Usahakan lokasi-lokasi tersebut mudah dijangkau dan menarik.

Kalau kamu bosan dengan suasana ramai, cobalah pergi ke lokasi destinasi yang menenangkan. Pedesaan, pegunungan dan lembah di India bisa menjadi destinasi alternatif terbaik untuk para backpacker yang ingin terhindar dari padatnya perkotaan.

Mau Traveling Anti Mainstream Simak Yuk Tips Backpacker ke India! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Perlengkapan Saat Liburan yang Wajib Dibawa untuk Backpacker]

 

#2 Perhatikan Kesehatan

Jalan-jalan dalam keadaan tidak fit akan sangat mengganggu. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan hal-hal kecil terkait kesehatanmu di India. Terlalu bersemangat untuk mengunjungi banyak lokasi bisa membuat kamu kelelahan.

Selain itu, banyak kemacetan, polusi udara dan keramaian kota juga berpengaruh terhadap kondisi tubuh sehingga mudah lelah.

Kalau kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, jangan lupa untuk membawa obat pribadi dan periksakan kondisi kesehatan kamu sebelum keberangkatan.

 

#3 Cek Musim

India merupakan negara dengan rentang iklim tropis sampai sub tropis. Masing-masing negara bagian memiliki ciri iklim yang spesifik. Contohnya, daerah tropis cenderung terdapat di bagian selatan, sedangkan cuaca ekstrem terdapat di bagian India Utara.

Sebagai referensi, kamu bisa mengunjungi India pada saat musim semi. Udaranya cukup sejuk pada siang hari. Sesuaikan pula pakaian yang kamu bawa agar tidak salah kostum.

Selain itu, pastikan kamu mengetahui informasi terkini di India sebelum kamu berangkat. Hindari lokasi yang terkena konflik atau terjadi bencana agar liburanmu tidak terganggu.

Mau Traveling Anti Mainstream Simak Yuk Tips Backpacker ke India! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kamu Backpacker? Yuk Kunjungi 5+ Tempat Wisata di Kupang Ini]

 

#4 Perhatikan Makanan dan Minuman

Tidak sedikit orang Indonesia yang kurang cocok dengan masakan India. Kamu mungkin akan sedikit kaget dengan rasanya yang kuat akan rempah-rempah dan bumbu. Tapi untuk kamu yang penasaran, gak ada salahnya kok untuk mencobanya biar traveling kamu semakin berasa.

Ketika ingin wisata kuliner, usahakan untuk lebih teliti dengan kebersihan restoran, jangan hanya tergoda dengan menu yang ditampilkan.

Juga ketika membeli air mineral, usahakan untuk lebih teliti karena ada beberapa penjual air mineral yang sengaja menggunakan botol bekas atau semacamnya, yang jelas kamu harus memilih air mineral berlogo INS (India Nasional Standard) dan lebih baik untuk membawa air minum sendiri agar terjamin kehigienisannya.

Mau Traveling Anti Mainstream Simak Yuk Tips Backpacker ke India! 04 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Traveling Super Hemat dan Murah Bagi Mahasiswa]

 

#5 Berpakaian Sopan dan Tertutup

Kalau kamu perempuan dan solo backpacker sempat terpikir membawa pakaian yang ketat, sebaiknya singkirkan karena aturan berpakaian di India harus sopan dan baik.

Kamu perlu memakai pakaian yang menutup bagian lengan dan kaki. Hal ini sebagai penghormatan terhadap budaya setempat, juga agar kamu lebih aman.

Kalau kamu mengunjungi rumah penduduk, lepas sepatu kamu di depan pintu masuk. Begitu juga toko-toko di kota, jadi kamu harus melepasnya.

 

#6 Utamakan Keamanan

Saat berkunjung ke negara lain, kamu harus selalu waspada dan memperhatikan keamanan. Di India kerap terjadi tindak kejahatan, seperti penipuan atau pun pelecehan.

Pilihlah transportasi umum yang paling aman dan nyaman. Sebelum naik transportasi, usahakan untuk melakukan deal harga terlebih dahulu dan usahakan pilih kendaraan ber-argo.

Jika kamu berjalan-jalan di sana, pastikan sebelum jam 9 malam kamu sudah berada di penginapan karena keamanan kota di India saat malam hari tidak begitu bersahabat. Alangkah baiknya jika kamu bepergian bersama teman-teman agar meminimalisasi kejahatan.

Mau Traveling Anti Mainstream Simak Yuk Tips Backpacker ke India! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Murah Meriah! Pahami 5+ Tips Backpacker ke Thailand Sendirian]

 

#7 Jangan Ragu Bertanya

Di mana pun kamu berada, jangan ragu untuk bertanya kepada seseorang seperti polisi atau wanita. Jangan bertanya kepada pemuda-pemuda. Alih-alih ditunjukkan jalan yang benar, bisa-bisa mereka akan menyesatkanmu.

Saat dalam transportasi umum, kadang-kadang orang-orang India penasaran dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Bisa jadi pertanyaan itu sangat pribadi dan mengganggu. Namun, kamu perlu menjawab seperlunya dan berikan senyum yang sopan.

Banyak orang India yang bisa Bahasa Inggris, tapi Bahasa tubuh mereka patut untuk dipelajari. Orang India memiliki kebiasaan menggelengkan kepala ketika berkata “iya”. Untuk para backpacker, hal ini perlu diketahui agar tidak terjadi kesalahpahaman.

 

Rencanakan Jadwal Travelingmu

Traveling ala backpacker bisa menjadi solusi untuk liburan dengan budget lebih murah. Meskipun rintangan traveling ke India cukup banyak tapi keindahan alam dan budayanya bisa menjadi jaminan kamu untuk berlibur di sana. Kamu tidak harus menunggu musim liburan untuk mewujudkan liburan impianmu.

Segera ajukan cuti dan mulai merencanakan keuangan kamu untuk berlibur. Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk membantu kamu merencanakan keuangan. Download aplikasinya di bawah ini. Tunggu apa lagi? Yuk liburan!

playstore icon
appstore icon

 

Itu dia beberapa tips backpacker ke India. Sudahkah kamu merencanakan liburanmu? Ajak pula temanmu untuk ikut liburan seru ala backpacker dan jangan lupa share artikel ini agar lebih bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 23 September 2018. Ikuti Tips Murah dan Aman Berikut Ini! Jejakpiknik.com – http://bit.ly/38pbAfg
  • Agung Setya. 12 Mei 2018. Pertama Kali ke India? Ini 10 Tips Aman dan Nyaman Liburan Disana. Idntimes.com – http://bit.ly/2TuntuQ
  • Wike Sulistiarmi. Tips Traveling ke India Untuk Pertama Kali. Phinemo.com – http://bit.ly/2VP5hiF

 

Sumber Gambar:

  • Backpacker ke India 1 – http://bit.ly/3ap1rRe
  • Backpacker ke India 2 – http://bit.ly/38q7TWx
  • Backpacker ke India 3 – http://bit.ly/2TuntuQ
  • Backpacker ke India 4 – https://bit.ly/398jxWD