Jika Anda tertarik untuk menginvestasikan uang di obligasi, simak 3 tips efektif investasi SBN berikut ini supaya untung.

Simak tips efektif investasi SBN dari artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Untung dari Investasi

Salah satu tujuan dari investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan.

Sekarang sudah terdapat berbagai macam jenis instrumen investasi. Ada investasi saham, reksa dana, obligasi, surat utang, deposito, emas, dan lain sebagainya.

Setiap investasi memiliki tingkat risiko dan imbal hasil (return) yang berbeda-beda. Tentunya high risk high return, yang berarti semakin tinggi risikonya semakin tinggi juga hasilnya.

Oleh karena itu, Anda dapat memilih investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam berinvestasi Anda perlu mengetahui dan memahami risiko yang bisa saja terjadi dari sebuah investasi. Jangan sampai, Anda ingin untung malah buntung.

Salah satu investasi yang tergolong cukup aman adalah investasi di Surat Berharga Negara (SBN). Hal ini dikarenakan SBN dijamin oleh pemerintah.

Jadi, risiko dari investasi ini dapat dikatakan minim. Dengan risiko yang minim, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal ya.

Mau Untung Dari Investasi satu (2)

[Baca Juga: Pemerintah Terbitkan 6 Kali, Ini Jadwal SBN Ritel 2020]

 

Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, jika Anda bersedia untuk mempelajari, serta menghitung dengan cepat sebelum Anda memulai investasi di SBN.

Apa itu SBN? SBN merupakan Surat Berharga Negara yang dikeluarkan oleh pemerintah. Terdapat 2 tipe yaitu:

  • tipe yang dapat diperdagangkan, Obligasi Ritel Indonesia (ORI) dan,
  • tipe yang tidak dapat diperdagangkan, Saving Bond Retail (SBR).

 

Lalu, bagaimana cara kerja dari investasi ini? Investor dari SBN akan mendapatkan bunga hasil investasi alias kupon.

Bunga hasil investasi tersebut dapat dicairkan sesuai waktu yang sudah ditentukan. Selain itu, modal pokok investasi akan cair pada waktu yang sudah ditentukan.

Namun, jika Anda tertarik untuk mencoba investasi ini maka Anda harus memiliki tujuan terlebih dahulu, sehingga Anda tidak salah menempatkan dana untuk investasi di SBN.

 

3 Tips Efektif Investasi di SBN

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari investasi di SBN, kali ini rubrik Finansialku berbagi tips-tips efektif investasi di SBN. Berikut tips dari kami untuk Anda.

 

#1 Tips Efektif Investasi SBN dengan Dana Menganggur

Tips yang pertama sebelum berinvestasi di SBN adalah Anda disarankan untuk menggunakan dana yang menganggur alias uang dingin. Mengapa demikian? Karena investasi di SBN ini tidak cukup likuid.

Apa yang dimaksud dengan tidak likuid? Tidak likuid berarti investasi di SBN ini tidak dapat Anda cairkan sesuka Anda. Jadi, Anda tidak bisa menjual SBN walaupun Anda sedang berada di keadaan yang mendesak, mendadak, dan sangat butuh uang.

Berinvestasi di SBN, Anda hanya akan menerima bunga per bulan dari hasil investasi Anda.

 

Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan uang nganggur untuk berinvestasi di SBN. Lalu, apa saja contoh dana nganggur yang dapat Anda pakai untuk berinvestasi di SBN?

  • Contoh 1:

Budi, seorang bapak yang memiliki anak. Ia ingin menginvestasikan modal pendidikan anak nya di SBN.

Namun syaratnya, jumlah dana pendidikan tersebut harus sudah mencapai target sedangkan waktu untuk menggunakan dana pendidikan tersebut masih beberapa tahun lagi.

  • Contoh 2:

Rani mengumpulkan dana atau modal untuk liburan. Ia mau menginvestasikan dana liburan yang sudah terkumpul di SBN. Tapi, Rani harus memastikan bahwa jadwal liburan tersebut melewati waktu jatuh pembayaran pokok SBN.

 

#2 Menginvestasikan Bunga SBN

Jika Anda berinvestasi di SBN, Anda akan menerima bunga investasi,  yang disebut kupon. Kupon tersebut akan ditransfer ke rekening Anda setiap bulannya.

Biasanya bunga (kupon) investasi tersebut akan dikirimkan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Untuk memaksimalkan hasil dari investasi SBN, Anda disarankan untuk menginvestasikan kembali bunga investasi yang Anda dapatkan tersebut. Dan hasilnya akan lebih meningkat.

Produk investasi apa saja, yang dapat digunakan untuk menempatkan bunga tersebut?

Mau Untung Dari Investasi tiga

[Baca Juga: SBN Ritel “Ramah” dengan Anak dan Pasangan Muda Masa Kini]

 

Anda dapat menempatkan bunga investasi yang Anda dapatkan, di produk tabungan berjangka. Selain itu, Anda juga dapat menginvestasikannya di instrumen investasi reksa dana.

Strategi ini merupakan strategi yang cocok terutama untuk Anda yang masih muda. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh keuntungan yang lebih dari investasi SBN.

 

#3 Investasi SBN Melalui Lembaga yang Legal

Sekarang investasi SBN sudah dapat dilakukan dengan membeli surat berharga, baik secara offline maupun online. Misalnya, Anda mau membeli surat berharga tersebut secara offline maka Anda harus datang langsung ke kantor cabang bank terdekat.

Namun, jika Anda ingin membeli surat berharga secara online, Anda dapat membeli surat berharga tersebut contohnya, melalui Klik BCA.

Oh ya, Surat Berharga Negara (SBN) tidak hanya tersedia di bank saja ya. Anda juga bisa membeli SBN di lembaga keuangan lainnya seperti perusahaan sekuritas.


Namun, Anda perlu memperhatikan lembaga keuangan yang Anda pilih.

Agar Anda tidak tertipu, maka Anda sangat disarankan untuk membeli SBN di lembaga keuangan yang legal. Sekarang ini investasi SBN sudah menjadi salah satu jenis instrumen investasi yang diburu oleh investor ritel lho.

Mengapa demikian? Tentu saja karena SBN memberikan tawaran keuntungan-keuntungan yang cukup menarik.

 

Berinvestasi di SBN

Setelah mengetahui tips efektif investasi di SBN serta keuntungannya, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk mulai mempraktikkan tips tersebut pada investasi di Anda, atau pun memulai investasi anda berdasarkan tips tersebut.

Namun, jangan lupa untuk menentukan tujuan terlebih dahulu sebelum Anda berinvestasi di SBN. Anda harus pandai memilah-milah dana mana yang dapat Anda gunakan untuk berinvestasi di SBN.

Dengan modal investasi yang relatif terjangkau, maka tidak ada alasan untuk tidak bisa berinvestasi di SBN. Jadi, tunggu apalagi? Yuk berinvestasi di SBN.

 

Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia, atas artikel yang telah selesai Anda baca dan Terimakasih

 

Sumber Referensi:

  • Tri Sulistiowati. Agar Investasi SBN Bisa Maksimal, Ingat 3 Prinsip Ini. Kontan.co.id – https://bit.ly/2QRgaxw

 

Sumber Gambar:

  • Mau untung 01 – http://bit.ly/3aiiaX8
  • Mau Untung 02 – http://bit.ly/377aDZb
  • Mau Untung 03 – http://bit.ly/2RxmSaO