Pastikan Anda tahu tips hemat belanja dapur jika Anda suka makan masakan siap saji, ya! Ketahui life hacks anti boros dalam artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mau Belanja? Jangan Sampai Jadi Boros

Menghemat belanja kebutuhan dapur merupakan salah satu cara untuk menambah tabungan bagi keluarga Anda. Sebagai ibu rumah tangga yang cerdas, tentunya selain bisa memenuhi kebutuhan pokok makan juga ingin memiliki investasi di masa depan.

Namun, hal ini kadang sulit dilakukan bagi Anda yang baru saja menikah dan memulai keluarga baru. Jangan khawatir, karena artikel ini akan memberikan beberapa tips hemat belanja kebutuhan dapur dengan cara membeli makanan siap saji.

 

Tips Hemat Belanja Kebutuhan Dapur Jenis Makanan Siap Saji

Biasanya para ibu melakukan pembelian makanan siap saji untuk kebutuhan baik belanja mingguan maupun bulanan. Hal tersebut dilakukan karena makanan siap saji tergolong dalam makanan yang tahan lama.

Baik makanan dan minuman siap saji kini telah banyak tersedia macamnya untuk kebutuhan dapur. Berikut ini tips untuk hemat belanja bagi Anda yang menjalani peran sebagai ibu rumah tangga bagi keluarga kecil.

 

#1 Perencanaan Belanja

Sebelum pergi ke pasar atau supermarket, ada baiknya Anda memulai untuk melakukan perencanaan belanja. Hal ini sangat tepat dilakukan karena Anda tidak akan belanja yang berlebih dan belanja kebutuhan yang lain.

Selain perencanaan daftar belanja, sebaiknya Anda juga membuat daftar menu makanan  untuk seminggu. Dengan begitu Anda akan menghemat belanja mingguan yang dikeluarkan dan makanan tetap fresh.

Yuk, Praktikkan Tips Hemat Belanja Dapur Jenis Makanan Siap Saji 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali 10 Trik yang Dilakukan Supermarket Supaya Anda Tetap Belanja Hemat]

 

Selain itu, penting juga untuk mencatat keuangan belanja Anda agar tidak melebihi yang ditentukan. Anda bisa mencantumkan perkiraan harga pada daftar belanjaan Anda, sehingga Anda bisa mengetahui estimasi uang yang akan dikeluarkan.

Untuk membantu Anda mempermudah mencatat keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku. Aplikasi ini bisa membantu Anda mencatat, merencanakan dan mengetahui kesehatan keuangan Anda.

Download aplikasinya untuk mengetahui fitur lengkapnya.

playstore icon
appstore icon

 

#2 Pilih Menu Makanan Siap Saji

Untuk kebutuhan hemat belanja bulanan, Anda dapat melakukan pembelian makanan siap saji. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa makanan siap saji ini memiliki daya tahan yang lama.

Beberapa makanan siap saji yang saat ini tersedia di pasaran antara lain mie instan, sarden, makanan oats, dan minuman instan seperti teh, susu, wedang jahe, dan lain-lain.

 

#3 Manfaatkan Promo Belanja

Buat para ibu-ibu pasti tak asing lagi dengan istilah promo atau diskon karena hal ini yang dicari oleh ibu-ibu. Biasanya toko atau supermarket akan memberikan promo karena merasa semakin banyak pesaing.

Hal itu digunakan untuk menambah langganan dan menarik beberapa konsumen untuk membeli di tokonya. Bagi Anda sebagai ibu rumah tangga ada baiknya memanfaatkan hal tersebut.

Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kalap belanja. Anda harus tetap menggunakan daftar belanja sesuai dengan perencanaan.

 

 

#4 Belanja Dalam Kemasan Besar

Untuk mendapatkan harga lebih murah dan tidak cepat kedaluwarsa sebaiknya Anda belanja kebutuhan dalam kemasan yang besar. Tetapi yang perlu diperhatikan ketika membeli kemasan besar harus disesuaikan dengan jenis barangnya.

Beberapa barang yang memiliki kemasan besar antara lain detergen, minyak goreng, tisu, dan lain sebagainya. Jika memilih kemasan besar maka akan sangat menghemat biaya yang dikeluarkan.

 

#5 Membeli Bahan Yang Sedang Musim

Sayuran dan buah-buahan adalah contoh kebutuhan yang dapat dihemat dengan cara membeli saat musimnya. Biasanya jika jumlahnya melimpah maka harga yang ditawarkan juga semakin murah.

Di Indonesia sendiri, makanan yang siap saji pun ada musimnya, lho! Misalnya musim promo karena event tertentu. Jadi, harganya akan lebih murah dibanding ketika tidak ada event yang dirayakan.

 

Pentingnya Belanja Dapur Secara Hemat Biar Keuangan Aman

Belanja dapur atau keperluan bahan makanan sebagai kebutuhan pokok manusia. Pengeluaran bulanan untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan memang sangatlah besar.

Terlebih untuk ibu rumah tangga yang tidak konsisten dalam manajemen keuangan.

 

Pentingnya Perencanaan Biar Hemat Anggaran

Merencanakan pengeluaran setiap bulannya memang sangatlah penting. Dalam membeli kebutuhan dapur, sebaiknya gunakan skala belanja mingguan. Maksudnya di sini adalah mendata keperluan dapur selama 1 minggu saja.

Dibatasi 1 minggu karena belanjaan dapur berupa sayuran atau buah-buahan tidak bertahan lama. Meskipun ada lemari pendingin atau kulkas, makanan yang tersimpan terlalu lama di dalamnya tentu tidak memiliki kesegaran yang sesungguhnya.

Yuk, Praktikkan Tips Hemat Belanja Dapur Jenis Makanan Siap Saji 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ibu Cerdas Pasti Tahu Cara Menghemat Belanja Rumah Tangga Ini]

 

Maka dari itu, pertama-tama yang dapat dilakukan untuk hemat belanja mingguan adalah dengan menjadwalkan apa saja menu yang akan dimasak selama 1 minggu mendatang.

 Bedakan juga menurut tingkat ketahanan bahan. Untuk bahan yang mudah sekali busuk atau tidak fresh jika dimasukkan dalam lemari pendingin dapat digunakan di awal pekan.

Sedangkan untuk bahan yang tahan lama atau tetap awet dapat dimasak untuk akhir pekan.

Untuk memenuhi keinginan berhemat dalam belanja bulanan, selain berbelanja secara mingguan yang harus dilakukan adalah mengukur tingkat ketahanan bahan dapur.

Terdapat banyak macam bahan dengan daya simpan yang berbeda. Berikut beberapa bahan dengan kelayakan daya simpannya:

 

#1 Sayur Mayur

Terdapat banyak sekali jenis sayur, akan tetapi tetap gunakan sayur sesuai selera. Jangan terpaku pada harga yang murah, namun tetap sesuaikan dengan apa yang biasa dikonsumsi keluarga.

Percuma saja membeli sayur yang murah namun seisi rumah tidak menyukainya, malah akan berujung di tempat pembuangan sampah. Tentunya hal ini bertentangan dengan prinsip hemat.

Hemat tidak memperbolehkan untuk menghambur-hamburkan uang pada sesuatu yang tidak diperlukan. Selain itu pilih sayuran yang paling fresh. Terlebih jika sayur yang digunakan memiliki tingkat kematangan yang relatif cepat.

Memilih sayur dengan tingkat kematangan yang cepat dapat dikatakan termasuk berhemat karena dapat mengurangi jatah menggunakan gas elpiji.

Yuk, Praktikkan Tips Hemat Belanja Dapur Jenis Makanan Siap Saji 04 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan Hingga 30%]

 

#2 Lauk Pauk

Dalam penentuan lauk selama 1 minggu kedepan, yang perlu diperhatikan juga terkait tingkat ketahanan lauk itu sendiri. Misalnya pada lauk tahu dan tempe yang hanya bertahan kurang lebih 3 hari dalam lemari pendingin atau kulkas.

Selebihnya mungkin dapat diganti dengan telur yang memiliki ketahanan lebih lama. Bisa juga dengan ikan air tawar atau air laut. Atau dapat juga menggunakan daging ayam atau sapi dan sebagainya.

Semuanya tergantung selera yang menyantap. Yang perlu diingat adalah berbelanja sesuai daftar menu mingguan, jangan berlebihan dalam membeli lauk pauk.

 

#3 Bumbu Masak

Bahan selanjutnya yang tidak ketinggalan adalah bumbu masak, Bumbu masak sendiri dikategorikan menjadi 2 yaitu bumbu masak kering dan basah. Keduanya memiliki tingkat ketahanan yang berbeda.

Bumbu masak kering meliputi kayu manis, pala, merica bubuk, jinten, lada, kapulaga, ketumbar, cengkeh dan lainnya.

Sedangkan bumbu basah meliputi bawang merah, bawang putih, bawang bombay, kunyit, kencur, jahe, serai, cabai, daun bawang dan lainnya.

Untuk bumbu masak kering tentu akan bertahan jauh lebih lama dari bumbu basah. Usahakan untuk tetap menggunakan bumbu basah dan meraciknya sendiri. Hal ini terbukti lebih hemat daripada membeli bumbu jadi siap masak.

 

#4 Buah-buahan

Konsumsi buah adalah hal baik untuk kesehatan. Mengandung banyak vitamin dan nutrisi kebutuhan tubuh membuat buah banyak digemari oleh berbagai kalangan.

Dalam menyusun daftar belanja, buah pasti masuk pada list tersebut mengingat pentingnya buah untuk tubuh.

Tips untuk hemat belanja bulanan yang dapat diterapkan pada saat memilih buah adalah pilih buah yang musim pada saat itu.

Misalkan pada musim buah mangga, maka tulis buah mangga pada list belanja karena pada saat musimnya buah akan dijual lebih murah dari biasanya. Dengan begitu tentu akan menghemat budget bulanan.

Yuk, Praktikkan Tips Hemat Belanja Dapur Jenis Makanan Siap Saji 05 - Finansialku

[Baca Juga: Simak 10 Panduan Hemat dan Tips Belanja Saat Umroh]

 

#5 Bahan Pendukung

Yang dimaksud bahan pendukung adalah bahan yang mendukung makanan matang sempurna. Seperti minyak goreng dan margarin. Untuk bahan pendukung dapat dibeli dengan jumlah yang besar.

Pembelian dalam jumlah yang besar tentu akan lebih murah dan hemat. Lebih murahnya lagi, dapat membeli dengan private label yaitu produk yang dilabeli sesuai dengan supermarket yang menjualnya.

Namun hal ini jika bahan tidak berpengaruh pada kesehatan.

Yuk, Praktikkan Tips Hemat Belanja Dapur Jenis Makanan Siap Saji 03 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Dia Rahasia dan Trik Jitu Dalam Hemat Belanja Bahan Makanan]

 

Meski Pilih yang Murah, Perhatikan Juga Kualitas Produk

Hal yang perlu diperhatikan adalah tetap memilih jenis bahan yang masih memiliki kualitas baik. sehingga ketika pasar, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih belanjaan tersebut.

Lebih baik bertanya terlebih dahulu kepada pedagangnya langsung terkait kematangan dan kualitas buah maupun sayuran.  Demikianlah 5 tips hemat belanja dapur yang dapat Anda praktikkan secara langsung.

Percayalah, suami Anda akan senang jika bisa menghemat biaya belanja kebutuhan dapur.

 

Siap untuk belanja hemat tanpa menguras kantong? Semoga artikel ini bermanfaat dan dijadikan pedoman untuk menghemat belanja baik bulanan maupun mingguan.

 Yuk, bagikan artikel penting ini pada teman-teman Anda, terima kasih.

 

Ebook Mommy & Money: Panduan Cara Mengatur Keuangan IBU RUMAH TANGGA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Ebook Mommy and Money

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 24 Mei 2019. 10 Langkah Tepat untuk Menghemat Uang Belanja Dapur. Blog.tanijoy.id – https://bit.ly/32MYXKc
  • Admin. 11 Mei 2016. 22 Cara Menghemat Uang Belanja Keluarga yang Bisa Dicoba. Lifepal.co.id – https://bit.ly/31S0nnn
  • Siti Hafadzoh. 21 Oktober 2018. 9 Tips Menghemat Biaya Belanja Keperluan Dapur. Haibunda.com – https://bit.ly/2GnC8oZ

 

Sumber Gambar:

  • Belanja 1 – https://bit.ly/3blsHSg
  • Belanja 2 – https://bit.ly/34UfAGF
  • Belanja 3 – https://bit.ly/34WRhI0
  • Belanja 4 – https://bit.ly/3bmquGs
  • Belanja 5 – https://bit.ly/31Trmzc