10 Panduan dan Tips Hemat Biaya Mudik Lebaran: Setiap tahunnya, orang Indonesia terbiasa melakukan mudik ke kampung halaman. Hal ini sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun.

Akan tetapi, kadang kala salah satu pertimbangan mudik adalah masalah biaya atau dana. Bagaimana caranya agar Anda bisa tetap mudik dengan biaya yang lebih hemat?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

10 Panduan dan Tips Hemat Biaya Mudik Lebaran

Momen mudik adalah salah satu momen penting dalam satu tahun yang banyak ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak, pada saat mudik, orang-orang yang merantau akan pulang ke kampung halamannya dan bertemu dengan sanak saudara.

Biasanya, momen ini juga menjadi momen pertemuan keluarga satu tahun sekali.

Masalahnya, harga tiket yang mahal sering kali jadi kendala. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin mudik, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya mudik.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya biaya mudik Anda lebih hemat:

 

#1 Pesan Tiket Jauh-jauh Hari

Tingginya arus pemudik pada saat libur lebaran menjadikan harga tiket sarana transportasi jadi mahal. Bahkan bisa mencapai dua kali harga normal.

Apalagi, semakin meningkatnya jumlah pemudik menjadikan tiket juga jadi cepat terjual habis.

BeginiIah Cara Beli Tiket Bioskop Secara Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: Simak! Tips Meninggalkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran]

 

Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menyiasatinya dengan memesan tiket sejak jauh-jauh hari.

Biasanya, tiket yang dipesan sejak jauh-jauh hari cenderung lebih murah dibandingkan tiket yang dipesan menjelang waktu keberangkatan. Selain itu, dengan memesan tiket dari jauh-jauh hari, kemungkinan Anda kehabisan kuota tiket juga jadi lebih kecil.

 

#2 Bandingkan Harga

Salah satu cara untuk bisa hemat biaya mudik adalah jangan malas membandingkan harga moda transportasi. Apalagi, saat ini Anda bisa melakukan pemesanan tiket pesawat dan kereta api dengan menggunakan aplikasi.

Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk membandingkan harga tiketnya.

Kadang kala, setiap aplikasi pemesanan tiket kereta atau pesawat juga memiliki promonya masing-masing. Anda bisa mempertimbangkan promo ini untuk mendapatkan potongan harga tiket kendaraan.

Bagi Anda yang melakukan mudik dengan menggunakan bus atau travel, cobalah untuk membandingkan antara harga dan fasilitas yang ditawarkan. Melakukan perbandingan harga adalah hal yang penting Anda lakukan supaya bisa mendapatkan tiket mudik yang lebih hemat.

 

#3 Pilih Transportasi Kelas Ekonomi

Biasanya, setiap perjalanan mudik akan memiliki beberapa kelas yang bisa Anda pilih. Tentu saja setiap kelas memiliki harga dan fasilitas yang berbeda. Semakin lengkap fasilitasnya, maka akan semakin mahal pula harganya.

Jika Anda ingin menghemat biaya perjalanan mudik, pilihlah transportasi kelas ekonomi. Tentu saja harga transportasi kelas ekonomi akan lebih murah dibandingkan dengan transportasi kelas lainnya.

Mudik Lebaran Pakai Bus Ini Dia Waktu Terbaik Membeli Tiket Bus 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pilihan Transportasi Pemudik Jabodetabek Tahun Ini]

 

#4 Aktif di Media Sosial

Saat ini, media sosial bisa dibilang sebagai sarana yang cukup efektif untuk mendapatkan berbagai informasi. Termasuk informasi mudik.

Karena itu, Anda bisa menggunakan media sosial sebagai salah satu cara untuk menghemat biaya perjalanan mudik Anda.

Cobalah untuk mengikuti beberapa akun resmi transportasi, travel, dinas pemerintahan, dan akun-akun hits lainnya. Kadang kala, akun-akun ini akan memberikan informasi promo atau bahkan mudik gratis yang bisa Anda ikuti.

 

#5 Gunakan Jalur Darat

Bagi Anda yang ingin menghemat biaya mudik, transportasi jalur udara tentu saja bukan pilihan.

Transportasi jalur udara memang menawarkan waktu perjalanan yang lebih singkat. Akan tetapi harganya cenderung lebih mahal.

Jika Anda ingin menghemat biaya mudik, pilihlah jalur darat yang tentu saja lebih murah.

 

#6 Siapkan Cuti Sebanyak Mungkin

Mudik dengan transportasi jalur darat akan memberikan Anda harga mudik yang jauh lebih murah. Tapi biasanya, perjalanannya cenderung lebih lama karena jalanan yang padat. Sebaiknya Anda menyiapkan izin cuti sebanyak mungkin.

Dengan begitu, Anda bisa melakukan perjalanan dengan lebih tenang dan nyaman.

 

#7 Jangan Lupa Membawa Bekal

Salah satu pengeluaran saat melakukan perjalanan mudik adalah perbekalan. Biaya makan dan camilan Anda selama perjalanan kadang kala mengambil biaya yang cukup banyak.

Untuk menghemat biaya perjalanan, Anda bisa menyiapkan perbekalan sebelum memulai perjalanan mudik ke kampung halaman.

Akan tetapi, pertimbangkan juga bekal apa yang akan Anda bawa. Jika kemungkinan perjalanan mudik Anda akan memakan waktu lama, pilihlah bekal perjalanan yang awet dan tidak mudah basi.

Strategi Hemat Pengeluaran 04a Bekal - Finansialku

[Baca Juga: Para Pemudik, Ada 70 Lebih Rest Area di Tol Trans Jawa yang Bisa Digunakan]

 

#8 Bawa Uang dan Oleh-oleh Secukupnya

Perjalanan mudik bisa dibilang adalah perjalanan yang cukup rawan. Waktu tempuh yang lama mungkin saja membuat kewaspadaan Anda menjadi turun di waktu-waktu tertentu.

Karena itu, sebaiknya Anda tidak membawa uang banyak-banyak. Persiapkan uang dalam jumlah yang cukup untuk perjalanan Anda saja.

Selain uang, bawa oleh-oleh juga dalam jumlah yang cukup saja. Jangan membeli oleh-oleh dalam jumlah yang berlebihan.

Hal ini akan membantu Anda menghemat biaya mudik, dan juga akan membantu Anda supaya tidak repot dan berat ketika dalam perjalanan.

 

#9 Siap Tidur Ngemper

Kalau Anda benar-benar ingin menghemat biaya perjalanan, Anda tentu saja harus menyiapkan fisik dan mental dengan baik. Karena jika terpaksa, bisa saja Anda harus siap-siap untuk tidur ngemper di perjalanan.

Anda bisa memilih untuk tidur di ruang tunggu penumpang, emperan terminal, toko, atau bahkan di dalam masjid.

Dengan tidur mengemper, tentu saja biaya mudik Anda akan jadi lebih murah. Pasalnya, menginap di hotel tentu saja akan membutuhkan biaya yang cenderung mahal untuk Anda yang mau irit.

 

#10 Pulang Bersama Rombongan

Pulang kampung bersama-sama rombongan juga bisa menjadi alternatif untuk menekan biaya mudik Anda.

Dengan melakukan perjalanan mudik bersama-sama, Anda bisa berbagi beberapa biaya perjalanan dengan teman mudik Anda lainnya. Dengan begitu, biaya perjalanan mudik juga akan lebih hemat.

Selain karena alasan penghematan, melakukan perjalanan mudik bersama-sama dengan rombongan juga akan lebih aman. Anda bisa bergantian menjaga barang dan tidur.

Dan juga, Anda bisa mendapatkan teman perjalanan yang membantu Anda mengusir rasa bosan di jalan sehingga Anda tetap waspada dengan lingkungan sekitar.

Berburu Mudik Gratis 2019, Jangan Sampai Kehabisan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Berburu Mudik Gratis 2019, Jangan Sampai Kehabisan!]

 

Mudik Hemat? Siapa Takut!

Nah, itulah beberapa tips hemat biaya mudik yang bisa Anda lakukan.

Meskipun menjelang libur lebaran biasanya kantor atau perusahaan memberikan THR dalam jumlah yang cukup, jangan habiskan seluruh THR Anda untuk mudik dan libur lebaran saja. Ada baiknya Anda tetap mengatur pengeluaran dan menyisihkan sebagian THR tersebut untuk ditabung.

Jika Anda bisa menghemat biaya mudik, maka akan semakin baik bagi Anda. Karena dengan begitu, akan semakin banyak uang yang bisa Anda tabung untuk keberlanjutan hidup Anda setelah lebaran nanti.

 

Jika menurut Anda informasi ini bermanfaat, Anda bisa membagikan artikel ini kepada kerabat Anda lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa berbagi tips mudik hemat yang biasa Anda lakukan dengan menuliskannya di kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 18 Mei 2019. Ingin Mudik Lebaran Dana Terbatas, Simak 10 Tip Hemat Biaya Mudik Berikut Ini. Tribunnews.com – https://bit.ly/2Kj8P74

 

Sumber Gambar:

  • Tips Hemat Biaya Mudik Lebaran – https://bit.ly/2W5cffy