Sebelum mudik lebaran lebih baik perhatikan keamanan di rumah. Pasti tidak ingin kan ketika mudik terjadi hal yang tidak diinginkan?

Maka dari itu, Finansialku akan membahas tips aman meninggalkan rumah. Agar lebih jelas simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Perhatikan Keamanan Sebelum Mudik

Mudik lebaran merupakan momen pemenuhan kebutuhan jiwa, melepaskan rasa rindu pada kedua orang tua, sanak saudara dan teman-teman lama.

Kesempatan untuk kembali berakrab-akraban menjalin silaturahmi secara langsung yang tidak dapat digantikan oleh teknologi secanggih apapun.

Lebaran tinggal menghitung hari dan pemudik pun satu per satu sudah mulai melakukan perjalanan mudik menuju kampung halaman. Tradisi mudik ini biasanya akan memakan waktu yang cukup lama.

Tak jarang kekosongan ini dimanfaatkan oleh pelaku tindak kejahatan untuk menyasar rumah-rumah kosong yang ditinggalkan oleh penghuninya.

Maka dari itu sebelum melakukan perjalanan mudik, perhatikan keamanan rumah kamu yang akan kosong dalam waktu yang lama. Harus tetap waspada agar tidak terjadi tindak kejahatan yang tak terduga.

 

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Kamu tidak inginkan ketika sedang berkumpul dengan keluarga di kampung halaman tapi mendapat kabar yang kurang baik dengan kondisi rumah di perantauan?

Untuk mencegah semua itu, perhatikan tips berikut ini yang bisa kamu terapkan sebelum melakukan perjalanan mudik.

 

#1 Pastikan Kondisi Rumah Terkunci

Simak! Tips Meninggalkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pilihan Transportasi Pemudik Jabodetabek Tahun Ini]

 

Sebelum berangkat mudik, pastikan semua pintu dan jendela dalam keadaan terkunci, jika perlu tambahkan kunci pengaman seperti gembok agar rumah dalam keadaan aman.

Bagi kamu yang masih menyimpan barang berharga di dalam lemari, jangan lupa untuk mengunci semua lemari dan kamar yang ada di rumah, karena biasanya ini yang sering dilupakan oleh para pemudik.

Setelah rumah terkunci, jangan lupa bawa kunci-kuncinya jangan sampai kunci disimpan di sekitaran rumah.

 

#2 Tutup Saluran Air dan Keran

Simak! Tips Meninggalkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran 03 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pemudik, Ada 70 Lebih Rest Area di Tol Trans Jawa yang Bisa Digunakan]

 

Yang harus kamu lalukan selanjutnya adalah memastikan semua saluran air dan keran dalam keadaan mati.

Tujuannya supaya tidak membuang air dengan sia-sia. Kalau kamu menggunakan PAM, air yang terus mengalir, meski sedikit, bisa membuat tagihanmu membengkak lho.

Tak hanya itu, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kebocoran, kamu tidak ingin kan ketika pulang ke rumah, kondisi di rumah seperti kolam ikan.

 

#3 Matikan Seluruh Aliran Listrik

Simak! Tips Meninggalkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran 04 - Finansialku

[Baca Juga: Manfaat Asuransi Kecelakaan Diri Mudik atau Lebaran, Berikut Penjelasan Selengkapnya!]

 

Selain mematikan saluran air, hal yang sering jadi pemicu rumah terbakar adalah karena tidak mencabut aliran listrik ketika ditinggalkan lama oleh penghuninya.

Untuk menghindari risiko kebakaran akibat kenaikan daya yang menyebabkan konsleting listrik, matikan semua perangkat elektronik.

Maka dari itu kamu bisa mematikan semua sakelar dan melepas semua kabel elektronik dari stop kontak.

 

#4 Pastikan Gas Elpiji Tidak Bocor

Simak! Tips Meninggalkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran 05 - Finansialku

[Baca Juga: Mudik Lebaran Pakai Bus? Ini Dia Waktu Terbaik Membeli Tiket Bus]

 

Tabung gas pun menjadi hal yang cukup vital saat rumah dalam keadaan kosong. Pastikan kamu melepas regulator dari tabung gas. Setelah dilepas, pastikan tidak ada kebocoran gas saat regulator dilepas.

Tujuannya untuk menghindari terjadinya kebakaran yang diakibatkan oleh kebocoran gas.

 

#5 Siapkan Kunci Ganda

Simak! Tips Meninggalkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran 06 - Finansialku

[Baca Juga: KETUPAT: Mudik? Yuk Lakukan Persiapan Mudik Berikut Sebelum Kamu Pergi Mudik]

 

Untuk keamanan rumah, sebaiknya kamu juga memasang keamanan ekstra dengan membuat kunci cadangan.

Hindari kebiasaan menyimpan kunci cadangan di bawah pot depan rumah, dibawah keset, karpet atau tempat lainnya yang mudah dijangkau penjahat.

Jika akan menggunakan gembok di depan rumah atau di pagar, jangan gunakan gembok yang mencolok, karena ini akan menarik perhatian penjahat karena menandakan rumah dalam keadaan kosong.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#6 Koordinasi Dengan RT, RW atau Tetangga

Simak! Tips Meninggalkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran 07 - Finansialku

[Baca Juga: KETUPAT: Ketahui Cara Atur Keuangan Supaya Mudik Bebas Dari Utang]

 

Mudik Lebaran akan menghabiskan waktu yang cukup lama, maka dari itu tidak ada salahnya jika menitipkan rumah kepada orang-orang yang tidak mudik yang tinggal di dekat rumah kamu.

Lapor kepada RT, RW, atau satpam perumahan, mintalah untuk sesekali menengok rumah. Sebelum pergi, jangan lupa untuk berpamitan pada ketua RT, RW atau keamanan setempat.

Beritahukan sampai kapan akan kembali dan berikan nomer telepon genggam yang dapat dihubungi apabila terjadi hal-hal darurat.

Mereka bisa membantu mengawasi dan menjaga rumahmu supaya tetap dalam keadaan aman, karena hanya RT atau RW dan tetangga yang sangat mengetahui keamanan lingkungan sekitar.

 

#7 Rumah Jangan Terlihat Kosong

Simak! Tips Meninggalkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran 08 - Finansialku

[Baca Juga: Pesawat Terbang vs Kereta Api: Mana yang Lebih Murah, Aman dan Nyaman Untuk Mudik?]

 

Jangan menunjukan jika rumah kamu sedang dalam keadaan kosong. Misalnya jika kamu berlangganan Koran, mintalah agar tidak dikirim selama mudik lebaran, karena Koran akan menumpuk depan rumah yang menunjukan tidak ada orang.

Usahakan setidaknya bagian depan rumah selalu dalam keadaan bersih, bisa dengan meminta bantuan kerabat atau tetangga untuk sesekali membersihkan agar tidak terkesan tidak berpenghuni.

Selain itu, kamu bisa menyalakan lampu di depan rumah dan bagian dalam rumah untuk menambah penerangan di malam hari dan agar terlihat rumah tidak dalam keadaan kosong.

Dengan begitu akan meminimalisasi kejahatan yang mungkin saja akan mengincar rumah kamu. Kamu bisa memasang lampu yang bisa diatur kapan harus menyala dan mati.

 

#8 Titipkan Hewan Peliharaan

Simak! Tips Meninggalkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran 09 - Finansialku

[Baca Juga: Trik Jitu Dapat Baju Lebaran Saat Ada Promo dan Diskon Lebaran]

 

Jika kamu memiliki hewan alangkah lebih baik dititipkan di petshop. Selain aman kamu bisa memastikan jika hewan peliharaan kamu ditangani oleh orang-orang yang tepat.

Sebelum menitipkan hewan pun kamu harus melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari petshop mana yang terpercaya.

Pastikan hewan kesayanganmu dalam keadaan sehat sebelum ditinggal mudik. Bisa juga menitipkannya kepada tetangga yang tidak mudik. 

Jika kamu akan membawa hewan peliharaan kamu selama mudik, jangan lupa membawa seluruh perlengkapannya seperti petcargo, makanan, minuman, dan obat-obatan darurat untuk hewan peliharaan kamu.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Rumah Aman, Mudik Nyaman

Itu dia tips yang bisa kamu aplikasikan sebelum melakukan perjalanan mudik. Jika rumah aman pasti selama mudik pun kamu bisa tenang dan bisa memaksimalkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga besar.

Jangan sampai ketika mudik perasaan cemas karena kondisi rumah sedang dalam keadaan tidak aman atau malah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bukannya menikmati liburan bareng keluarga, tapi kamu malah harus kembali lagi ke rumah untuk mengecek kondisi rumah.

Maka dari itu pastikan semua kondisi rumah aman sebelum ditinggal untuk mudik. Bagi kamu yang akan melakukan perjalanan mudik dalam waktu dekat ini tetap hati-hati dan jaga keamanan di sekitar. Selamat menempuh perjalanan!

Oh iya, jangan lupa untuk mengatur keuangan Anda dengan baik ya! Jangan sampai pulang mudik kondisi keuangan Anda jadi tidak sehat.

Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS agar tujuan keuangan Anda dapat tercapai dengan tepat.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Imam Saputro. 27 Mei 2019. Enam Tips Meninggalkan Rumah saat Ditinggal Mudik Lebaran agar Selalu Aman. Palu.tribunnews.com – http://bit.ly/2Wyi7lU
  • Andry Trisandy. 29 Mei 2019. 8 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Pulkam Jadi Tenang. Idntimes.com – http://bit.ly/2KeyNs5
  • Admin. 3 Juli 2015. 10 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran. Kompasiana.com – http://bit.ly/2QCjV7X

 

Sumber Gambar:

  • Mudik Lebaran 1 – http://bit.ly/2MjA3gm
  • Mudik Lebaran 2 – http://bit.ly/2HNWIgE
  • Mudik Lebaran 3 – http://bit.ly/2wuCBh2
  • Mudik Lebaran 4 – http://bit.ly/2YV95wU
  • Mudik Lebaran 5 – http://bit.ly/2W1DmYX
  • Mudik Lebaran 6 – http://bit.ly/2XjrmDQ
  • Mudik Lebaran 7 – http://bit.ly/2EJPGHz
  • Mudik Lebaran 8 – http://bit.ly/2XgUDPv
  • Mudik Lebaran 9 – http://bit.ly/2W5x9LE