Supaya kamu tidak over budget dan tetap tampil kece saat lebaran nanti, salah satunya kamu bisa manfaatkan promo atau diskon baju lebaran.

Tidak lama lagi bulan suci Ramadan memasuki penghujung waktu, itu tandanya lebaran pun semakin dekat. Sudahkah kamu siap menyambutnya? Selain kue dan ketupat, lebaran juga identik dengan baju baru lho. Yuk, simak tipsnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Trik Hemat Belanja Baju Lebaran, Nomor 4 Recommended Banget!

Belanja baju lebaran memang bukan kewajiban, tetapi hal ini identik dilakukan masyarakat Indonesia ketika menyambut hari kemenangan.

Seolah ingin memberikan penampilan terbaik di hari raya, jangan heran jika mall, supermarket, pasar, hingga grosir akan dipadati lautan manusia.

Biasanya momen seperti inilah yang membuat kamu ‘kalap’ untuk membeli berbagai baju sesuai dengan keinginan bukan kebutuhan.

Hanya karena faktor suka dengan modelnya, warnanya, atau terbuai trik marketing penjual yang membuatmu tidak berpikir panjang untuk membelinya.

Alhasil, niat tampil kece malah jadi bokek karena kamu tidak bisa menahan diri dari pemborosan belanja baju lebaran. Gak mau kan sampe hal ini terjadi?

So, sebelum terlambat simak dulu artikel berikut ini yang akan mengulas trik hemat belanja baju lebaran. Check it out!

 

#1 Tentukan Baju yang Akan Dibeli

Sebelum melangkahkan kaki berburu baju lebaran, sebaiknya kamu cari referensi dan tentukan model baju seperti apa yang diinginkan.

Sebagai gambaran, kamu juga bisa melihat di online supaya menjadi acuan kalo memang nantinya harus tawar menawar.

Beberapa model baju yang identik dengan lebaran biasanya baju koko, gamis, sarung, dan sebagainya.

Sangat disarankan kamu membuat daftar yang akan dibeli lengkap dengan peruntukkannya, supaya kamu pun tidak berlebihan dalam membelinya.

 

#2 Tetapkan Budget

Ibarat merencanakan sebuah pernikahan hehehe, maka versi sederhananya kamu bisa implementasikan dalam menetapkan budget belanja baju lebaran.

Sehingga apa yang kamu beli nantinya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan.

Seperti dilansir dari Liputan6.com (Senin, 20/5/2019), menetapkan budget ini dilakukan sebelum kamu belanja ya. Budget ini mengacu pada daftar yang telah kamu buat sebelumnya.

Usahakan, ketika kamu belanja jangan keluar dari daftar dan budget yang telah ditetapkan.

Definisi Budget atau Anggaran Adalah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gak Perlu Pusing! Ini Dia Tren Model Hijab Lebaran Tahun 2019]

 

Jika lewat dari budget, pastinya kamu akan menghabiskan banyak uang dan berujung penyesalan nantinya.

Jadi, sebaiknya tetap sesuaikan dengan budget ya supaya sisa uangnya masih ditabung atau digunakan untuk membeli persiapan lebaran lainnya.

Oia, kalo kamu masih bingung untuk membuat budget atau anggaran belanja baju lebaran. Kamu bisa mencatatnya terlebih dahulu dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Itu lebih mempermudah kamu, ketika menentukan budget.

Caranya gampang, kamu bisa download aplikasinya melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Berbekal Uang Tunai Secukupnya

Jangan membawa uang tunai berlebihan di dompet jika kamu akan membeli baju lebaran di tempat yang berdesak-desakan. Tujuannya untuk menghindari tindak kriminal sekaligus pemborosan.

Bawa uang secukupnya saja, karena hal ini menjadi reminder bahwa kamu jangan belanja berlebih-lebihan.

Percaya deh, sebenarnya kamu masih punya banyak baju layak pakai di lemari yang bisa menambah koleksi untuk dipakai di hari raya nanti.

 

#4 Manfaatkan Promo dan Diskon Lebaran

Ini nih yang pastinya sangat dinanti-nanti. Yup, promo atau diskon. Supaya lebih hemat belanja baju lebaran kamu wajib manfaatkan berbagai promo dan diskon yang banyak ditawarkan pusat perbelanjaan.

Biasanya semakin banyak kamu belanja barang di toko yang sama, maka semakin besar keuntungan diskonnya. Dari sini kamu bisa menghemat budget belanja untuk dialokasikan ke hal lainnya.

Biar Gak Kudet, Ini Cara Menghitung Diskon dan Promo Harbolnas 03 Discount 2- Finansialku

[Baca Juga: Serba Serbi Angpao Lebaran yang Dinanti-nantikan Anak-anak]

 

Supaya tetap up-to-date dengan promo lebaran ini, pantengin aja deh media sosial karena masing-masing toko atau pusat perbelanjaan akan menginformasikan promo dan diskon lewat media tersebut.

Atau, kamu juga bisa manfaatkan momen Midnight Sale yang sering diadakan jelang akhir bulan Ramadan terutama di waktu weekend. Ya, meskipun harus berdesakan tapi kalo bisa meminimalkan budget, why not?

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#5 Teliti Sebelum Membeli

Jangan laper mata guys, karena ketelitian dalam membeli tetap wajib dilakukan. Walaupun kadang kamu harus tergesa-gesa dalam memilih, entah karena situasi dan kondisinya berdesakan, atau kamu sudah gak sabar hehehe…

Hal ini penting, karena dengan teliti kamu bisa mendapatkan baju lebaran terbaik dengan harga murah. Selain itu kamu juga bisa dapatkan model yang sesuai dengan keinginan.

Jadi kamu tidak perlu malu dan malas saat berbelanja dengan waktu yang lama, sebab dengan lebih teliti maka kalian bisa mendapatkan yang terbaik.

 

#6 Belanja di Pasar atau Grosir

Mungkin sebagian orang merasa gengsi untuk belanja baju lebaran di pasar atau grosir. Padahal, banyak keuntungan lho yang bisa kamu dapatkan karena harganya lebih terjangkau.

Jangan khawatir soal model baju, pasar maupun grosir juga menawarkan berbagai model baju yang kekinian kok.

Keuntungan lainnya, kamu masih bisa melakukan tawar menawar apalagi kalo membeli cukup banyak barang kamu bisa dapatkan harga grosir yang lebih murah bukan lagi harga satuan.

 

#7 Belanja Online

Nah kalo trik ini buat kamu yang malas berdesak-desakan, muter-muter, pokoknya mager banget deh. Solusinya, kamu bisa belanja baju lebaran via online.

Saat ini sudah banyak platform yang menawarkan berbagai produk menarik, gak kalah modis dengan yang dijual di berbagai pusat perbelanjaan.

Hemat Saat Belanja Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: KETUPAT: Moms, Yuk Ketahui Cara Mengakali Pengeluaran Bulan Ramadan Agar Lebaran Tenang dan Damai]

 

Soal promo atau diskon? Jangan ditanya lagi, karena aplikasi belanja online ini banyak sekali menawarkan promo.

Mulai dari gratis ongkos kirim atau ongkir, cashback, up to 50%, atau manfaatkan flash sale yang harganya bikin heran banget deh karena sangat murah.

Selain di aplikasi belanja online, media sosial lainnya bisa dijadikan referensi belanja misalnya online shop di Instagram.

Dengan belanja online, kamu gak perlu repot kesana sini. Cukup dengan smartphone dan menentukan pilihan aja dari rumah.

 

#8 Mix and Match Baju Lama

For the last, buat kamu yang tidak punya anggaran lebih untuk belanja baju lebaran. Bukan berarti gak bisa tampil kece di hari raya nanti lho

Masih banyak cara kok yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mix and match baju lama yang tentunya masih layak pakai ya.

Selama kamu memiliki basic seperti dress polos, manset polos dan celana bahan tanpa motif maka kamu masih bisa kok mengakalinya.

Kamu cukup membeli outer untuk melengkapi tampilanmu, jika dirasa kurang meriah, gunakanlah aksesoris sebagai statement, lalu kamu hanya perlu memadupadankannya dengan baju lamamu deh.

Mudah dan murah, bukan?

 

Sambut Hari Lebaran dengan Tampil Menawan

Hari kemenangan tidak lama lagi akan segera tiba, berbagai persiapan pastinya sudah mulai dilakukan termasuk urusan penampilan. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tampil menawan di hari lebaran nanti.

But anyway, yang terpenting dari semuanya adalah semoga di hari lebaran nanti kita semua termasuk ke dalam orang-orang yang ‘kembali menuju fitrah’ atau kembali suci.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Adakah trik lainnya yang sering kamu lakukan ketika berburu baju lebaran? Jangan ragu untuk share di kolom komentar dan bagikan juga artikel ini ke teman-teman ya.. terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Monica Sari. 12 Juni 2018. 6 Jurus Jitu Beli Baju Lebaran Incaran tapi Bisa Tetap Hemat. Liputan6.com – https://bit.ly/2HHCQdJ

 

Sumber Gambar:

  • Diskon Lebaran – http://bit.ly/2YXpwJj