Apakah Anda adalah seorang ibu rumah tangga yang mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan saat bulan Ramadan tiba? Lalu bagaimana cara mengakali pengeluaran bulan Ramadan dengan tepat?

Bulan Ramadan tiba, tidak jarang juga para ibu rumah tangga mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan. Ingin tahu bagaimana tipsnya dalam mengatur keuangan rumah tangga di bulan Ramadan?  Yuk kita simak artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

PR Menjelang Ramadan

Bagi para ibu rumah tangga, tentunya dengan datangnya bulan Ramadan ini menjadi tantangan yang baru dalam hal mengurus pengeluaran.

Bagaimana tidak, saat kita mengharapkan bulan Ramadan ini pengeluarannya akan lebih hemat ternyata banyak sekali mengalami keborosan.

Sering sekali terjadi saat bulan Ramadan ini ternyata lebih besar pasak daripada tiang. Belum lagi, ada kewajiban untuk memenuhi zakat yang tidak boleh dilewatkan.

Tentu saja ini menjadi salah satu concern dalam mengatur keuangan.

Selain itu, saat bulan Ramadan ini akan lebih banyak pengeluaran ketika lebaran akan datang. Saat lebaran datang, pasti para ibu rumah tangga akan menyiapkan makanan untuk acara lebaran.

Belum lagi, kalau ternyata kita akan membuka open house, tentu saja memerlukan masakan dalam jumlah yang besar. Lalu, bagaimana caranya mengatur keuangan supaya semua kebutuhan di bulan Ramadan ini terpenuhi?

Ternyata, dalam mengatur keuangan di bulan Ramadan ini penuh dengan tips dan trik yang bisa diterapkan oleh para ibu rumah tangga selaku Menteri keuangan di keluarga.

Anda pun bisa dibantu dengan Aplikasi Finansialku dalam mengatur keuangan di bulan Ramadan ini. Anda bisa download Aplikasi Finansialku di bawah ini atau melalui Google Play Store secara GRATIS.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Aplikasi ini, selain bisa membantu Anda dalam mengatur keuangan, Anda juga bisa langsung berkonsultasi langsung dengan perencana keuangan yang ada di Aplikasi Finansialku.

Apa saja sih tips dan trik yang bisa dilakukan untuk membantu para ibu rumah tangga dalam mengatur keuangan rumah tangga supaya tidak boros dan bisa lebaran dengan tenang dan damai.

 

Tips Mengatur Keuangan Untuk Ibu Rumah Tangga di Bulan Ramadan

Gimana sih caranya agar pengeluaran di bulan Ramadan ini bisa aman sampai lebaran dan bisa juga menikmati lebaran dengan tenang dan damai tanpa harus pinjam sana sini. Yuk kita simak tipsnya.

 

Tips #1 Jangan Terbawa Nafsu

Saat puasa, pasti tidak hanya Anda saja yang terbawa nafsu untuk makan A, B, C sampai Z. Tetapi, keluarga Anda juga memiliki keinginan untuk makan segala macam saat buka puasa atau sahur tiba.

Apalagi, ketika anggota keluarga kita yang memintanya, pasti akan kita kabulkan supaya semua anggota keluarga merasakan kehangatan saat bulan Ramadan.

Tetapi, saat kita mengabulkan semua keinginan dari anggota keluarga, ternyata pengeluaran kita semakin lama semakin besar dan terkadang pengeluaran kita lebih besar daripada pendapatan.

7 Cara Ampuh Hemat Pengeluaran Keluarga, Yuk Lakukan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: KETUPAT: Gimana Sih Cara Irit Buka Puasa Bareng Teman?]

 

Tidak jarang juga, kita jadi malah mencari pinjaman sana-sini untuk memenuhi kebutuhan saat lebaran akan tiba.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Anda mengontrol hawa nafsu Anda dan keluarga menyangkut menu buka puasa dan sahur.

Anda pun bisa membuat daftar menu buka puasa dan sahur dari awal bulan puasa dan anggota keluarga bisa berpartisipasi untuk membuat menu tersebut. Ingat, biasanya kapasitas perut kita saat Ramadan tidak sebanyak di bulan biasa.

Lebih baik berbuka puasa dengan menu yang tidak berlebihan. Sayang kan kalau misalnya masakan yang sudah capek-capek kita buat ternyata tidak habis. Lebih baik, Anda merencanakan menu apa yang akan Anda buatkan.

Jangan terbawa hawa nafsu juga ya, kalau memang keuangan Anda tidak bisa memenuhi semua keinginan anggota keluarga, ada baiknya Anda mulai transparan terhadap kondisi keuangan Anda dan keluarga.

 

Tips #2 Membuat Anggaran Menu Ramadan

Saat Anda sudah memiliki menu untuk berbuka puasa dan sahur, langkah selanjutnya, Anda bisa membuat anggaran keuangan untuk menu berbuka puasa dan sahur.

Gunanya anggaran ini, supaya Anda tahu berapa yang harus Anda keluarkan untuk belanja menu saat berbuka dan sahur.

Anda pun menjadi tahu juga, kemampuan Anda sebenarnya seberapa, supaya tidak ada pengeluaran besar pasak daripada tiang.

Bisa-Irit-Kalau-Tahan-Hal-yang-Membatalkan-Puasa-2-Makan-Finansialku

[Baca Juga: Jurus Hemat Memasak Menu Sahur dan Menu Buka Puasa]

 

Ketika pengeluaran Anda tidak sesuai dengan pendapatan Anda, Anda bisa langsung mengkomunikasikannya dengan keluarga Anda. Lalu, Anda bisa menyesuaikan menu yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Anda pun bisa sekaligus menganggarkan untuk belanja lebaran, mengingat lebaran ini pasti akan memakan pengeluaran yang besar. Belum lagi ketika Anda akan mengadakan open house.

Lebih baik, Anda mulai menganggarkannya dari sekarang, supaya Anda tidak perlu merasa kewalahan saat lebaran datang dan pastinya lebaran Anda akan terasa lebih tenang.

 

Tips #3 Pastikan Anggaran Anda Terealisasi

Ketika Anda sudah membuat rencana menu berbuka dan sahur, pastikan anggaran Anda terealisasi dengan membuat catatan keuangan harian.

Catatan keuangan ini berisikan uang yang masuk dan keluar baik dari rekening dan dompet Anda.

Pastikan Anda selalu menulis sedetail mungkin setiap pengeluaran yang Anda keluarkan terutama untuk menu berbuka dan sahur keluarga Anda.

Catatan keuangan ini bisa dijadikan pengerem ketika Anda sudah mulai kalap atau berbelanja berlebihan.

Ketika Anda mencatat, Anda pun akan semakin disiplin dalam mengeluarkan uang untuk belanja. Anda pun semakin mudah untuk mengontrol keuangan Anda.

Selain itu, Anda pun jadi tahu mana pengeluaran yang bisa Anda hemat atau pengeluaran yang harusnya Anda tambahkan.

Apa itu Anggaran Keuangan Keluarga dan Apa Manfaatnya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Hati-hati! 5 Biaya Tak Terduga Saat Bulan Puasa, Siapkan Dari Sekarang Yah…]

 

Jika Anda ingin dengan mudah menulis anggaran dan catatan keuangan, Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku yang bisa Anda bawa kemana saja. Selain itu, dalam aplikasi ini Anda bisa bertanya ke perencana keuangan di finansialku.

Anda bisa menggunakan fitur Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku untuk dapat berkonsultasi langsung dengan para Perencana Keuangan (CFP) Finansialku.

Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, Finansialku menyediakan potongan harga sebesar Rp50.000 dengan menggunakan kode referral BERKAH50 untuk upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium satu tahun penuh.

Tunggu Apalagi? Download dan upgrade Aplikasinya sekarang juga, sebelum waktunya habis!

 

Menjadi Lebih Disiplin Dalam Mengatur Keuangan Keluarga

Semakin banyaknya keinginan dan kebutuhan yang ingin dipenuhi, tentu saja membuat keuangan kita pun semakin sulit untuk dikelola. Belum lagi saat bulan Ramadan tiba, banyak sekali kejadian lapar mata.

Selain itu, masih ada juga kebutuhan lebaran yang harus dipenuhi. Supaya kita lebih jago lagi mengatur keuangan, sudah saatnya Anda download Aplikasi Finansialku dan membuat anggaran dan catatan keuangan.

Dengan adanya Aplikasi Finansialku, tentu akan membuat Anda mudah melihat laporan keuangan Anda. Kemana saja selama ini uang Anda dihabiskan dan bagaimana caranya Anda bisa lebih berhemat.

Jika Anda ingin belajar lebih banyak mengenai mengatur keuangan selain mengatur keuangan di bulan Ramadan, Finansialku memiliki beberapa ebook yang bisa Anda baca dan Anda terapkan.

Anda bisa membaca ebook mengenai cara mengatur keuangan untuk usia 30 an di bawah ini. Anda bisa mendapatkannya secara GRATIS dengan cara mengklik link di bawah ini.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bagaimana caranya mengakali pengeluaran di bulan Ramadan untuk ibu rumah tangga supaya bisa lebaran dengan tenang dan damai.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tips bagaimana caranya mengakali pengeluaran di bulan Ramadan untuk ibu rumah tangga supaya bisa lebaran dengan tenang dan damai. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Mengakali Pengeluaran Bulan Ramadan – http://bit.ly/303gifE