Apakah kamu sering menerima undangan untuk berbuka puasa bersama teman-teman? Apakah kamu tahu bahwa ada cara irit buka puasa bareng teman?

Saat bulan puasa, pasti banyak undangan untuk buka puasa bersama dengan teman, saudara dan keluarga. Tidak jarang juga, kita merasa kok puasa malah makin boros. Yuk ketahui cara irit buka puasa bersama!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ramadan Tiba

Tidak terasa, ternyata sekarang sudah mendekati bulan Ramadan. Suka ria umat muslim saat bulan Ramadan datang pun sudah mulai bisa dirasakan oleh masyarakat di Indonesia.

Banyak toko yang sudah mulai memasang ornamen Ramadan bahkan sampai ada yang memberikan diskon atau promo untuk menyambut bulan Ramadan.

Selain itu, banyak sekali restoran atau bahkan hotel yang memberikan penawaran menarik untuk buka puasa.

Tidak jarang juga, banyak dari kita yang sudah mulai mencari dimana nih tempat untuk buka puasa bareng sama teman-teman. Tetapi, permasalahan datang saat kita memiliki grup pertemanan yang banyak.

Sering sekali, ajang buka puasa bersama ini menjadi ajang reuni juga, mulai dari teman SD sampai teman kantor. Belum lagi, kalau kamu ini salah satu orang yang aktif berorganisasi.

Undangan untuk berbuka puasa pun semakin banyak, saat masih mengatur jadwal hari untuk berbuka puasa dengan teman A, B sampai Z. Baru deh mulai sadar kalau buka bersama sebanyak itu, budgeting-nya pun akan semakin besar.

Padahal, saat bulan Ramadan ini seharusnya kan kita bisa lebih berhemat. Makan hanya 2 kali dalam sehari dan biasanya makannya nggak sebanyak pas sebelum puasa, tapi kok seringnya malah makin boros ya.

Banyak nggak teman-teman disini yang mengalami hal yang sama?

Hal ini pun, sering menimpa saya ketika bulan Ramadan datang, maksud hati ingin mempererat tali silaturahmi tetapi terkadang kita suka lupa kalau pengeluaran kita membengkak.

Belum lagi nanti pas lebaran, pasti pengeluaran kita makin bengkak. Ga heran juga, masih banyak orang yang mencari pinjaman sana sini saat lebaran datang untuk memenuhi kebutuhan lebarannya.

Jangan lupa juga, kita masih harus mengeluarkan zakat fitrah dan juga angpao buat saudara-saudara. Wah, ternyata pengeluaran kita pas bulan Ramadan ini banyak ya.

Terus, ada ga sih cara menyiasati pengeluaran kita ini supaya lebih terkendali tapi nggak mau juga di cap sombong sama teman-teman kalau kita nggak ikutan buka puasa bareng.

Kalau teman-teman pengen tahu tips irit buka puasa bersama ala perencana keuangan. Teman-teman berada di tempat yang tepat nih, yuk kita simak tips gimana caranya supaya irit buka puasa bareng.

Oh iya, selain melalui artikel ini, teman-teman juga bisa melihat tips lengkapnya melalui channel Youtube Finansialku.com berikut ini:

 

Cara Irit Buka Puasa Bareng Teman ala Perencana Keuangan

Saat undangan buka bersama datang, tidak jarang juga kita sulit menolak undangan tersebut. Apalagi, undangan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan menjaga silaturahmi.

Tidak jarang juga, buka puasa bersama ini menjadi salah satu ajang untuk reuni-an. Tetapi, di balik ke hingar-bingar buka bersama tersebut, tidak jarang juga kita melihat isi dompet kita yang menjadi tidak sehat.

Maksud hati ingin menjaga silaturahmi tetapi dompet kita sendiri saja tidak bisa dijaga. Terus, apa sih yang seharusnya kita lakukan supaya keuangan kita tetap sehat selama bulan Ramadan?

Oh iya, sebelum saya kasih tahu apa saja tips menjaga keuangan supaya terhindar dari boros saat buka bersama, apakah teman-teman sudah cek kesehatan keuangannya belum?

Teman-teman bisa cek kesehatan keuangannya dengan cara mengklik link di bawah ini. Supaya teman-teman tahu gimana sih kondisi keuangan teman-teman dan tahu langkah awal yang bisa teman-teman lakukan.

 

Buat teman-teman yang sudah cek kesehatan keuangannya dan malah makin bingung. Teman-teman bisa curhat langsung sama perencana keuangannya dari hasil financial health check up melalui Aplikasi Finansialku.

Teman-teman bisa menggunakan fitur Tanya Jawab dari Aplikasi Finansialku ini untuk bisa berkonsultasi langsung dengan para Perencana Keuangan (CFP) Finansialku.

Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, Finansialku menyediakan kode referral BERKAH50 untuk mendapatkan potongan Rp50.000 saat upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium untuk satu tahun penuh.

Ayo sebelum kelupaan dan waktu Ramadan habis, upgrade Aplikasi Finansialku mulai sekarang! Kamu bisa download Aplikasi ini melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Dengan adanya Aplikasi Finansialku ini, bisa membantu teman-teman untuk lebih irit lagi dalam mengatur keuangannya ketika ada serbuan undangan untuk buka bersama.

Inilah beberapa tips cara irit buka puasa bareng teman:

 

Tips #1 Tentukan Anggaran Buka Bersama

Definisi Budget atau Anggaran Adalah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Irit? Lakukan Tips Hemat Selama Puasa, Lumayan Buat Investasi]

 

Kalau dari sisi keuangan, sudah saatnya nih kamu tentukan anggaran untuk buka bersama. Kamu bisa nih bikin daftar, kira-kira berapa grup sih yang bakal ngadain buka bersama.

Misalnya, kamu punya 5 grup pertemanan dan kamu anggarkan untuk buka bersama dengan masing-masing sebesar Rp100.000. Maka kamu harus menganggarkan Rp500.000 untuk buka puasa bersama.

Anggaran ini tentu akan berbeda dari satu individu ke individu lainnya. Jadi, kamu tentukan sendiri berapa yang sebenarnya kamu inginkan dan bisa kamu anggarkan.

Jika ternyata, belum sampai 5 undangan buka puasa bersama dan anggaran bukber kamu ini sudah mencapai Rp500.000. Jangan paksakan untuk ikutan bukber ya, ingat loh kamu masih punya pengeluaran wajib lainnya selain bukber.

 

Tips #2 Buat Catatan Keuangan

4,5 Keuntungan Mencatat Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Hati-hati! 5 Biaya Tak Terduga Saat Bulan Puasa, Siapkan Dari Sekarang Yah…]

 

Selain kamu bikin anggaran, kamu juga harus bikin catatan keuangan. Bener ga sih kamu dalam satu bukber bisa ngabisin Rp100.000 atau malah lebih atau kurang?

Saat lebih, berarti anggaran yang kamu buat masih kurang. Ketika kurang, berarti uang untuk bukber ini bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan yang lebih utama di bulan Ramadan.

Dengan dibuatnya catatan keuangan ini, akan memudahkan kamu dalam mengontrol pengeluaran kamu. Kamu hanya perlu mencatat uang yang masuk dan keluar dari rekening atau dompet kamu ya, setiap hari!

 

Tips #3 Gunakan Promo

Biar Gak Kudet, Ini Cara Menghitung Diskon dan Promo Harbolnas 03 Discount 2- Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Dia Rahasia dan Trik Jitu Dalam Hemat Belanja Bahan Makanan]

 

Ternyata, kalau kita bisa menggunakan promo dengan baik, promo ini akan membuat anggaran bukber kita semakin berkurang loh. Banyak sekali hotel atau restoran yang memberikan promo kalau kita memesannya jauh-jauh hari.

Ada baiknya kalau kamu sudah mulai jeli ini, saat awal bulan puasa, biasanya masih banyak hotel atau restoran yang memberikan promo yang bisa membantu kamu lebih hemat loh. Ingat ya, jangan keluar dari budgeting kamu.

 

Tips #4 Botram

KETUPAT Gimana Sih Cara Irit Buka Puasa Bareng Teman 02 Irit Buka Puasa - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Trik Jitu Menghemat Duit Bulanan Anak Kuliahan, Dijamin Work 100%]

 

Wah, mungkin ini sudah jarang banget kita temukan apalagi kalau bukan dari saudara atau keluarga. Padahal dengan sistem botram ini, bisa bikin anggaran kita jadi makin hemat.

Dengan adanya botram ini juga, kamu bisa menikmati berbagai macam makanan dan tentu saja akan lebih hemat dan suasana keakraban pun akan semakin terjalin.

 

Yuk Atur Keuangan Sekarang

Jangan sampai keuangan kamu menghalangi kamu untuk menjalin silaturahmi dengan saudara, teman dan bahkan keluarga. Kamu bisa mulai mengatur keuangan kamu dari sekarang dengan menggunakan budgeting.

Kalau kamu masih bingung dan butuh penjelasan yang lebih rinci lagi mengenai bagaimana caranya mengatur keuangan. Kamu bisa download ebook mengenai perencanaan keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui bagaimana caranya irit buka puasa bersama.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara kamu yang belum mengetahui tips bagaimana caranya irit buka puasa bersama. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Irit Buka Puasa 1 – http://bit.ly/2vFCvTb
  • Irit Buka Puasa 2 – http://bit.ly/2Yavxle