Apakah kamu sudah mulai mempersiapkan persiapan mudik? Apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk pergi mudik?

Mudik sudah menjadi tradisi tahunan yang tidak mungkin dilewatkan oleh para perantau yang merantau jauh dari kampung halamannya. Apakah kamu sudah tahu apa saja yang harus Kamu siapkan untuk perjalanan mudik kali ini?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Yuk Kita Mudik!

Setelah para umat muslim menjalani puasa selama kurang lebih 30 hari, tiba lah saatnya meraih kemenangan di hari raya idul fitri.

Idul fitri pun semakin mendekat, hal ini disambut bahagia oleh para perantau yang tinggal jauh dari kampung halamannya.

Pasalnya, momen Idul Fitri ini sering digunakan sebagai kumpul keluarga besar, semua keluarga yang merantau berkumpul di satu tempat untuk merayakan hari kemenangan ini.

Para perantau ini selalu menunaikan mudik untuk kembali ke kampung halamannya. Banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan untuk perjalanan mudik ini.

Dari pengajuan cuti sampai ke baju baru, ternyata mempersiapkan mudik ini agak tricky ya. Terlebih lagi, kalau kamu masih punya masalah dalam keuangan yang membuat kamu berpikir berkali-kali untuk mudik tahun ini.

Kalau kamu masih bingung tentang keuangan, terutama masalah mudik ini, kamu bisa download Aplikasi Finansialku untuk bisa curhat langsung sama perencana keuangan di finansialku.

Kamu bisa bertanya soal masalah keuangan kamu tentang apa aja. Kamu tinggal download aja Aplikasi Finansialku di bawah ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain bisa curhat sama perencana keuangannya, kamu juga bakal kami bantu gimana sih caranya untuk mengatur keuangan untuk semua kebutuhan mudik kamu.

Asik bukan? Tunggu apalagi! Sudah ada 100.000 pengguna yang sudah kami bantu untuk mengatur keuangan dan bahkan sampai merencanakan keuangannya.

Apakah kamu akan menjadi salah satu dari 100.000 pengguna yang sukses mengatur keuangannya?

Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, Kamu bisa menggunakan kode referral BERKAH50 untuk mendapatkan potongan Rp50 ribu untuk upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium tahunan.

Ternyata, memang benar, persiapan mudik ini memang sudah harus disiapkan dari jauh-jauh hari. Tetapi, sebenarnya apa sih yang seharusnya kita siapkan pertama kali.

Supaya kamu juga jadi tahu strategi apa yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan persiapan mudik ini. Tentu saja, tahun ini kamu ingin kan bisa mudik dengan tenang tanpa harus mikirin apa-apa?

Selain melalui artikel ini, kamu juga bisa mendapatkan informasi lengkapnya melalui channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

Persiapkan Hal Berikut Sebelum Kamu Mudik

Kalau kamu menjawab pertanyaan terakhir dengan anggukan atau bahkan dengan lantang menjawab “IYA”, maka kamu berada di tempat yang tepat untuk mengetahui gimana caranya mudik dengan tenang.

Ternyata, persiapannya ini memang tidak semudah itu, banyak sekali yang sudah harus kita rencanakan dari jauh-jauh hari supaya kamu bisa pergi mudik dengan tenang.

 

Persiapan #1 Siapkan Transportasi Kamu

Ini adalah PR kamu yang pertama, kamu harus menentukan nih pulang ke kampung halaman mau naik apa.

Buat kamu yang sudah memiliki kendaraan sendiri, mungkin kamu akan lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi kamu untuk pulang ke kampung halaman.

Kalau kamu ingin menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu harus mempersiapkan uang bensin, uang tol, selain itu jangan lupa uang jajan selama diperjalanan.

Selain itu, kamu juga harus sudah merencanakan kapan kamu akan berangkatnya, bagaimana cara mengantisipasi kemacetan mudik. Dimana kamu akan beristirahat saat sedang macet-macetnya.

Hindari 8 Tips Buruk ini Saat Anda Melakukan Travelling 1 - Finansialku

[Baca Juga: KETUPAT: Ketahui Cara Atur Keuangan Supaya Mudik Bebas Dari Utang]

 

Kalau kamu pengguna kendaraan umum, kamu tentukan dulu sebenarnya kamu mau naik bis, travel, kereta, atau mau naik pesawat. Pastikan tanggal kamu akan pergi dan pastikan juga tiket kendaraan umum yang akan dibeli.

Berapa hari sebelum keberangkatan, kamu harus membeli tiket tersebut. Jika kamu ingin menggunakan kereta api, kamu harus mulai membeli 90 hari sebelum hari keberangkatan kamu ke kampung halaman.

Hal ini tentunya akan berbeda jika kamu naik pesawat atau bahkan bis, sehari sebelumnya pun kamu bisa membelinya tetapi dengan harga yang fantastis juga.

Jadi, sebelum kamu berangkat mudik, pastikan kamu sudah mengamankan bagaimana kamu akan pergi dan pulang kembali ke tempat perantauan.

 

Persiapan #2 Angpau

Hari idul fitri ini sangat identik dengan pemberian angpau kepada ponakan. Nah, kamu harus mulai mempersiapkan nih angpau untuk ponakan kamu di kampung halaman yang puasanya tamat semua.

KETUPAT Mudik Yuk Lakukan Persiapan Mudik Berikut Sebelum Kamu Pergi Mudik 02 Angpao - Finansialku

[Baca Juga: KETUPAT: Moms, Yuk Ketahui Cara Mengakali Pengeluaran Bulan Ramadan Agar Lebaran Tenang dan Damai]

 

Berapa sih yang sebenarnya harus kamu persiapkan untuk angpau ini? Ini semua tergantung dari budgeting dan kemampuan kamu untuk memberikan angpau. Kamu bisa bikin list terlebih dahulu ponakan yang akan kamu berikan angpau.

Lalu, setelah itu sesuaikan dengan budgeting dan kemampuan keuangan kamu. Jadi, tidak ada hukumnya kamu harus memberikan sekian langsung tetapi kamu bisa sesuaikan dengan budgeting dan kemampuan kamu.

Ingat, kamu masih punya kewajiban seperti zakat fitrah yang harus kamu tunaikan dan juga kamu pasti ingin kan bisa memberikan uang THR kamu ke orang tua kamu. Maka dari itu, sesuaikan dengan budgeting kamu ya.

 

Persiapan #3 Uang Jajan Pribadi

Selain angpau dan tiket angkutan umum, kamu juga harus mempersiapkan uang jajan pribadi kamu. Kamu pasti akan jajan selama di perjalanan, mengingat perjalanan ke kampung halaman ini jauh juga.

Selain itu, saat kamu di kampung halaman juga pasti ingin berwisata kuliner dengan keluarga. Kamu harus sudah mulai nih mempersiapkan budgeting-nya supaya pengeluaran kamu terkontrol juga.

4,5 Keuntungan Mencatat Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran Liburan Hemat, Mudik Lebaran]

 

Kamu bisa menggunakan budgeting di menu anggaran pada Aplikasi Finansialku. Kamu juga harus sudah memastikan bahwa kamu sudah mengalokasikan untuk pengeluaran yang wajib terlebih dahulu.

Selain kamu membuat budgeting untuk uang jajan selama ada di kampung halaman. Kamu juga harus membuat catatan keuangan harian yang berisikan uang yang masuk dan keluar setiap harinya baik dari rekening dan dompet kamu.

Dengan kamu menggunakan catatan keuangan ini, memudahkan kamu untuk memonitor kemana saja uang kamu dihabiskan. Kamu bisa menggunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu kamu dalam persiapan mudik ini.

 

Persiapan #4 Oleh-Oleh Teman Kantor

Buat kamu yang merantau, pasti dong mereka sudah sering bertanya kemana kamu akan mudik dan berapa lama. Gak mungkin dong, kamu Gak ngasih buah tangan ke mereka saat kamu pulang dari kampung halaman.

Kelas Menengah Indonesia adalah Investor Keuangan Baru - Disposable Income Pengeluaran Buruk Berbelanja - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pesawat Terbang vs Kereta Api: Mana yang Lebih Murah, Aman dan Nyaman Untuk Mudik?]

 

Kamu juga harus mulai membuat budgeting untuk oleh-oleh ini. Kamu bisa mencari oleh-oleh makanan yang banyak dengan harga yang ekonomis, supaya semua orang kebagian.

Jangan lupa juga, sesudah kamu beli oleh-oleh kamu juga harus mencatat pengeluaran kamu di Aplikasi Finansialku ya.

 

Persiapkan Mudik Kamu Dengan Aman

Sekarang, kamu sudah tahu kan apa saja yang harus kamu siapkan saat akan melakukan perjalanan mudik. Jangan sampai, ada persiapan yang terlewatkan sehingga kamu tidak bisa mudik dengan aman dan tenang.

Jika kamu masih membutuhkan bimbingan dalam persiapan mudik kamu atau kamu ingin curhat masalah keuangan lainnya, kamu bisa langsung chat ke perencana keuangan Finansialku melalui fitur Tanya Jawab Aplikasi Finansialku.

Kalau kamu masih ingin belajar lebih banyak mengenai perencanaan keuangan. Kamu bisa membaca salah satu ebook mengenai perencanaan keuangan untuk usia 20 an di bawah ini.

Kamu cukup download ebook ini dan mengisi form yang harus diisi dan kamu bisa belajar lebih banyak lagi tentang bagaimana cara mengatur keuangan di usia kamu. Kamu bisa klik link di bawah ini, selamat membaca.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui apa saja persiapan mudik yang harus kamu persiapkan supaya mudik kamu aman dan tentram.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Kamu yang belum mengetahui tips apa saja persiapan mudik yang harus kamu persiapkan supaya mudik kamu aman dan tentram. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Mudik – http://bit.ly/2LIeW7g
  • Angpau Lebaran – http://bit.ly/2VdzOCv