Apa yang bisa dilakukan agar libur Lebaran tetap menyenangkan meskipun tidak mudik? Liburan apa yang tidak menguras kantong sebagai pengganti mudik Lebaran? Kali ini, Finansialku akan membahas liburan hemat pengganti mudik Lebaran.

 

Rubrik Finansialku
Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Budaya Mudik Lebaran Di Indonesia

Budaya mudik di Indonesia yang bertepatan dengan libur lebaran biasanya tidak akan dilewatkan oleh siapapun. Meskipun jaraknya sangat jauh, orang-orang akan memprioritaskan mudik di kampung halaman karena waktu Lebaran adalah libur panjang satu-satunya dalam setahun. Selain melepas rindu, rasanya akan hambar jika melewatkan waktu sepenting Lebaran di tanah rantau tanpa keluarga terdekat. Hal inilah yang menjadi penyebab mudik semakin membudaya bagi masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun.

Tetapi siapa sangka, terkadang ada beberapa hal yang membuat seseorang tidak bisa melewatkan waktu Lebaran di kampung halaman. Adanya beberapa pekerjaan, shift atau kebijakan lain menjadi beberapa faktor yang mempengaruhinya. Ada juga faktor lain yang kerap membuat seseorang menjadi gundah adalah ketiadaan dana yang cukup untuk mudik.

Mau Mudik Libur Lebaran 2017, Apa Saja yang Harus Mulai Dipersiapkan3 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Mudik Libur Lebaran 2017, Apa Saja yang Harus Mulai Dipersiapkan?]

 

Menjadi Bahagia Meskipun Tidak Mudik

Tidak hanya alasan pekerjaan dan dana, beberapa orang juga tidak mudik karena alasan kesehatan. Perjalanan yang jauh, apalagi jika memanfaatkan jasa transportasi umum di musim mudik akan sangat berisiko bagi kesehatan. Terutama jika yang bersangkutan memang sering mengalami masalah perjalanan seperti mabuk atau sesak napas. Hal ini sebaiknya dipandang secara bijaksana. Meskipun tidak mudik, Lebaran akan tetap berjalan lancar dan pemikiran harus tetap positif.

 

Daftar Kegiatan Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran

Di bawah ini adalah 10 kegiatan yang dapat dilakukan saat seseorang tidak bisa berangkat mudik Lebaran. Meskipun tidak bertemu sanak saudara, liburan bisa di-setting menjadi lebih menyenangkan. Tidak hanya menjadi me time yang baik, kegiatan-kegiatan berikut ini juga bisa dijadikan sarana untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan kerabat yang bertempat tinggal di lokasi yang sama. Intinya, banyak nilai-nilai positif yang bisa tetap diperoleh jika seseorang menyikapi sebuah permasalahan secara bijaksana.

Hati-hati! Ini Pengeluaran yang Harus Disiapkan Menjelang Lebaran 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-hati! Ini Pengeluaran yang Harus Disiapkan Menjelang Lebaran]

 

Kegiatan 1: Anjangsana ke Kerabat Yang Domisilinya Dekat

Anjangsana adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan bertemu kerabat untuk melepas rasa rindu. Pada umumnya, momen Lebaran menjadi waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan anjangsana. Selain untuk melepas rindu, adakalanya anjangsana juga menjadi wadah untuk mengetahui kabar seseorang dan menjalin koneksi kerja. Tentu hal ini akan sangat menyenangkan sebagai pengganti mudik Lebaran yang tidak dilaksanakan.

Untuk melakukan anjangsana dengan tetap menghemat biaya, lakukan perjalanan dengan kendaraan umum menuju lokasi yang terdekat dahulu. Bahkan, jika memungkinkan perjalanan tersebut dapat dilakukan dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Selain hemat biaya, anjangsana ini juga dapat lebih menyehatkan tubuh. Namun jangan lupa, sebelum sampai di rumah kerabat, sebaiknya Anda menghubungi pihak tuan rumah dahulu. Jangan lupa memberikan buah tangan. Buah tangan yang diberikan tidak perlu mahal. Bahkan Anda bisa memilih buah tangan berupa kue-kue buatan sendiri atau kain batik sebagai penyemarak.

Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran 01

[Baca Juga: Keuanganku Setelah Lebaran]

 

Kegiatan 2: Keep Contact Dengan Kampung Halaman

 Meskipun tidak mudik, tetapi komunikasi dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman harus tetap terjaga. Karena teknologi juga semakin maju, maka banyak fasilitas dan aplikasi yang bisa dimanfaatkan dengan harga terjangkau. Menghubungi keluarga via telepon atau video call tentunya sangat dinanti oleh mereka di kampung halaman. Tidak hanya secara langsung, Anda juga dapat membuat video yang isinya tentang kegiatan selama Bulan Ramadan hingga Lebaran.

Jika mungkin, kirim juga beberapa email yang berisikan cerita singkat pekerjaan Anda di kota. Tentunya orangtua dan sanak saudara ingin tahu bagaimana kehidupan di kota, terutama bagi Anda. Dengan menjalin komunikasi meskipun tidak secara langsung, akan muncul perasaan lega dan haru bahwa saat ini Anda sedang berjuang untuk mengukir masa depan diri sendiri dan keluarga dengan lebih baik.

Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran 02

[Baca Juga: Mau Sehat Keuangan Sebelum Lebaran? Ikuti 8 Tips Ini]

 

Kegiatan 3: Berderma Di Panti Asuhan

Setiap orang pasti memiliki jiwa sosial. Karena pada dasarnya hati nurani tidak bisa dibohongi, jangan lupa melewatkan beberapa waktu dengan mereka yang kekurangan kasih sayang orangtua. Anda dapat mendatangi panti asuhan dan berbagi beberapa hal baik secara moril maupun materil. Misalnya saja, Anda bisa mengadakan tasyakuran halal bi halal Idul Fitri. Jadi, anak-anak di panti asuhan akan mendapatkan uang angpao hasil salam tempel seperti anak-anak yang memiliki keluarga.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengadakan kelas tari, memasak atau sanggar kreativitas kilat. Selain menyalurkan bakat terpendam, Anda juga dapat berbagi ilmu dengan mereka. Suatu hari ilmu yang Anda berikan pasti bisa dimanfaatkan anak-anak itu saat beranjak dewasa baik untuk mencari pekerjaan atau sekedar hobi.

Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran 03

[Baca Juga: Persiapkan Dana Mudik Tanpa Utang, Bisa Kok!]

 

Kegiatan 4: Piknik Di Taman Terdekat

Agar biaya tidak membengkak, Anda juga bisa melakukan refreshing ringan dengan piknik di taman terdekat. Ajaklah keluarga, teman atau rekan yang kebetulan juga tidak mudik. Selain bisa melihat pemandangan sekitar dengan lebih santai, kegiatan ini juga memungkinkan seseorang menjalin kedekatan yang lebih intens dengan komunitas sosialnya. Bawalah beberapa bekal yang bisa dimakan bersama.

Di area piknik, buatlah menu-menu sederhana yang tidak memerlukan kompor seperti salad buah atau rujak manis. Tentunya momen kebersamaan tersebut tidak akan tergantikan oleh momen lainnya. Jika suatu saat dipindahtugaskan di tempat lain, Anda akan memiliki kenangan di daerah yang dipijak saat ini. Jangan lupa perhatikan cuaca sebelum pergi piknik. Selain itu, kamera dan kelengkapannya juga sangat penting untuk aktualisasi diri serta mengabadikan setiap momen.

Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran 04

[Baca Juga: 5 Cara Alokasi THR di Bulan Ramadhan ala HaloMoney]

 

Kegiatan 5: Mencari Objek Fotografi Ditengah Heningnya Perkotaan

Perkotaan yang biasanya ramai akan sepi dan hening di kala Lebaran tiba. Momen kota yang sepi ini sangat cocok dijadikan objek fotografi. Selain tidak ada yang mengganggu, Anda juga bisa merasakan sensasi fotografer yang santai dan tidak terikat waktu. Tentunya kamera yang dipilih harus memiliki kualitas baik. Pelajari juga angle yang cocok digunakan untuk menggambarkan suasana tidak biasa tersebut. Tempat-tempat yang sangat signifikan berubah jika musim mudik tiba adalah daerah jalan raya, area perkantoran atau daerah yang di dalamnya banyak urban. Tempat-tempat ini akan jauh lebih sepi dari biasanya dan cukup menarik sebagai objek fotografi.

Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran 05

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan Pasca Lebaran]

 

Kegiatan 6: Meet Up Dengan Teman Yang Juga Tidak Mudik

Kegalauan saat tidak mudik akan berkurang jika bertemu dengan teman yang mengalami nasib serupa. Selain bisa melakukan banyak kegiatan menarik, meet up dengan teman yang juga tidak mudik membantu mengatasi rasa hampa dan sepi. Hal ini akan sangat efektif terutama bagi Anda yang berada di perantauan seorang diri. Lakukan hal-hal menyenangkan saat bertemu mulai sekedar mengobrol, nonton film atau koordinasi acara sarasehan.

Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran 06

[Baca Juga: 4 Cara Menghemat Uang di Bulan Ramadhan]

 

Kegiatan 7: Shopping

Berbelanja adalah salah satu kegemaran masyarakat Indonesia yang cenderung cukup konsumtif. Saat Lebaran tiba, akan banyak bertebaran diskon dan cuci gudang di pusat perbelanjaan mulai yang tradisional hingga modern sekelas mall. Memanfaatkan momen ini tentunya bisa sangat menyenangkan karena harga barang-barang bisa “terjun payung”. Jika Anda lebih jeli mengenali pangsa pasar di lingkungan rumah, kost, kontrakan atau kantor, maka peluang bisnis pun bisa didapat. Bisnis reseller barang-barang yang sekiranya laku di pasaran akan mendatangkan lebih banyak rupiah untuk ditabung.

Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran 07

[Baca Juga: Tips Smart Shopping menjelang Lebaran]

 

Kegiatan 8: Mengembangkan Hobi

Adakalanya, kesibukan saat bekerja menyebabkan Anda kurang memiliki waktu untuk mengembangkan hobi. Saat liburan panjang tiba di momen Lebaran, hobi yang dimiliki dapat dikembangkan atau setidaknya kembali dilakukan. Tidak hanya sangat menyenangkan, hobi juga bisa membantu seseorang dalam mengaktualisasikan diri serta relaksasi pikiran. Saat pikiran lebih rileks, Anda juga akan mendapat kebahagiaan dan lebih nyaman kembali bekerja pasca liburan.

Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran 08

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memaksimalkan Potensi Diri Saat Usia Muda?]

 

Kegiatan 9: Bekerja Sampingan

Untuk kegiatan yang satu ini, Anda tidak hanya akan mendapat kebahagiaan tetapi juga penghasilan tambahan. Mencari pekerjaan sampingan di saat libur Lebaran akan memungkinkan Anda mendapat penghasilan tambahan. Jenis pekerjaan yang dapat dilakukan contohnya berjualan makanan, catering, membuka layanan jasa massage, cleaning service, atau baby sitter inval. Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh siapapun termasuk mahasiswa atau karyawan kantoran. Tentunya, menjalani pekerjaan yang berbeda dari keseharian bisa menjadi cerita tersendiri yang mewarnai liburan Lebaran meskipun tanpa mudik.

Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran 09

[Baca Juga: 10 Cara Berwirausaha dan Pelajaran Entrepreneurship yang Perlu Anda Ketahui]

 

Kegiatan 10: Relaksasi Tubuh dan Pikiran

Relaksasi tubuh dan pikiran dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, Anda bisa mengundang teman untuk karaoke bersama di rumah. Selain meremajakan pikiran, karaoke juga bisa mengeluarkan emosi-emosi yang terpendam. Untuk tubuh, lakukan senam, yoga, fitness atau olahraga sederhana lainnya yang ringan dan cukup membakar kalori. Jangan lupa, nikmati santapan buah-buahan yang sehat atau aneka olahan sayur bernutrisi tinggi.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa memanggil penyedia jasa layanan spa atau langsung menuju tempat spa. Spa merupakan salah satu cara yang sangat ampuh untuk mengurangi kepenatan dan mengendurkan otot-otot kaku. Jika dilakukan dengan pijatan atau sauna, tidak hanya tubuh yang merasa nyaman, tetapi pikiran juga lebih santai. Segala kepenatan dan rasa lelah selama bekerja setahun penuh di kantor dengan sedikit waktu luang akan dapat terobati.

Mau Bahagia? Ini Liburan Hemat Pengganti Mudik Lebaran 10

[Baca Juga: Moms, Waspada Pengeluaran Lebaran dan Anak Masuk Sekolah di 2017]

 

Cek Keinginan dan Kebutuhan Untuk Menjaga Kebahagiaan Lebaran

Kegiatan-kegiatan di atas tentunya akan menjadi sangat menyenangkan jika dilakukan dengan bahagia. Jangan memikirkan terlalu banyak hal yang menyedihkan karena Lebaran adalah momen yang tepat untuk bahagia. Nikmati liburan panjang tersebut agar saat kembali masuk kerja perasaan dan pikiran lebih fresh.

 

Kegiatan mana yang paling relevan dengan kehidupan Anda? Mengapa demikian? Jelaskan jawaban-jawaban tersebut dengan mendiskusikan tema ini bersama keluarga. Jangan sungkan untuk mengajukan pertanyaan dan opini Anda pada kolom di bawah, Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nina Nurmalasari. 01 Juli 2016. 4 Hal yang Bisa Dilakukan Sebagai Pengganti Mudik. Rancahpost.co.id – https://goo.gl/ujWzYm
  • Admin. 16 Juli 2015. Rekreasi Hemat Pengganti Mudik Lebaran. Cermati.com – https://goo.gl/YVvSn7

 

Sumber Gambar:

  • Anjangsana – https://goo.gl/K1Qgtb
  • Etika Bertamu – https://goo.gl/9zCqAE
  • Skype for Windows and Mac Redesigned With Chat Focus – https://goo.gl/yHlkXz
  • Lebaran Penuh Syukur – https://goo.gl/dgiPn9
  • Kampanye Piknik Lebaran – https://goo.gl/QvpG5V
  • Memotret Saat Lebaran – https://goo.gl/wyCpvx
  • People Shopping – https://goo.gl/WugWKS
  • Hobi – https://goo.gl/NjOPo7
  • Pekerjaan Sampingan – https://goo.gl/YCRIYz
  • Spa – https://goo.gl/fzd3qG

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana