Bagaimana tips hemat biaya pesta pernikahan? Apakah masih bisa menggelar pesta pernikahan dengan budget yang tidak ideal?

Resepsi pernikahan merupakan bentuk acara syukuran pesta pernikahan yang dirayakan sekali seumur hidup. Masalahnya adalah berapa budget ideal dan bagaimana cara untuk menghemat biaya pesta pernikahan?

Artikel kali ini, Sobat Finansialku akan disuguhi dengan beberapa tips hemat biaya pesta pernikahan. Yuk, simak sampai habis, ya!

 

Apakah Ada Budget Ideal Pesta Pernikahan? Bisakah Hemat?

Berapa sih biaya yang dibutuhkan untuk pesta pernikahan? Apakah ada budget ideal resepsi pernikahan?

Well, buat Anda yang mulai memikirkan acara pernikahan pasti akan kebingungan, berapa sih sebenarnya biaya yang dibutuhkan?

Sebetulnya, tidak ada budget dengan angka pasti, tetapi untuk menentukan jumlah budget untuk pesta resepsi pernikahan, Anda bisa menentukan dari hal-hal berikut ini.

Tips Hemat Biaya Pesta Pernikahan, Bikin Budget Nikahan Super Hemat! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Sih Persentase Dana Pernikahan Untuk Cowok dan Cewek?]

 

#1 Venue

Tempat mengadakan pesta pernikahan sangat menentukan budget pernikahan Anda. Anda dan pasangan bisa memilih tempat outdoor, indoor dan alternatif lainnya.

Biasanya, venue outdoor dapat lebih hemat dibandingkan dengan venue indoor. Tapi, memungkinkan juga ada venue indoor yang lebih murah dibandingkan dengan venue outdoor.

Salah satu tantangan terbesar dari pernikahan outdoor adalah kemungkinan cuaca yang dapat berubah setiap saat. Tanggal pernikahan di musim panas, akan menjadi pilihan yang relatif aman untuk menghindari hujan.

 

#2 Katering Makanan

Dalam pernikahan, katering merupakan hal yang sangat krusial jika tidak memperhitungkan dengan baik atau jika makanan yang disajikan kurang sesuai dengan perkiraan. Pasti akan jadi bahan ejekan teman-teman Anda.

Tentukan jenis menu dan banyaknya tamu untuk mendapatkan perhitungan biaya katering yang tepat. Selain makan utama, adanya makanan gubukan juga menambah budget pengeluaran.

Sebagai alternatif, Anda dapat menyewa tukang masak untuk hidangan pernikahanmu nanti.

Tips hemat biaya pesta pernikahan berikutnya adalah jangan lupa cari promo. Maksudnya promo gimana? Zaman sekarang persaingan vendor katering begitu banyak, pasti dari vendor katering akan menawarkan diskon jika DP sekian persen.

Nah, Anda dan pasangan harus sering-sering cari promo, ya. Lumayan, kan kalau dapat promo. Pastikan cita rasa dari kateringnya enak, ya, biar gak jadi bahan bully-an se-RW.

 

#3 Make Up dan Baju Pesta Resepsi

Make up dan baju merupakan elemen yang juga penting dalam pernikahan. Karena, Anda dan pasangan akan menjadi pusat perhatian saat acara pernikahan. Jangan sampai foto Anda dijadikan meme ya, hehe.

Nah, selain vendor katering, ternyata banyak juga, lho yang menawarkan promo untuk paket make up dan baju.

Biasanya, promo ini berlaku di jauh-jauh hari. Sebagai contoh, Anda akan menikah tahun 2022, jika Anda sudah DP di tahun 2021 kemungkinan besar Anda akan dapat promo.

Jika vendor tidak menawarkan promo, lakukanlah negosiasi. Kalau di-ACC negosiasinya, lumayan ‘kan bisa hemat banyak. Ingat, kita harus cermat untuk dapat menghemat!

 

banner -mengapa perlu merencanakan dana pernikahan (1)

 

#4 Undangan

Undangan untuk resepsi sebenarnya tidak terlalu penting untuk zaman now, karena seiring berkembangnya teknologi banyak orang mengundang tamu dengan undangan virtual yang dikirim melalui jejaring sosial atau media komunikasi lainnya.

Adanya undangan pernikahan online tentunya menghemat banyak karena bisa didapatkan dengan sangat murah bahkan gratis. Namun, memang biasanya undangan fisik juga diperlukan untuk kerabat dekat yang masih harus dihormati.

 

#5 Suvenir

Mungkin banyak dari pasangan yang akan menikah bertanya, apa sih pentingnya suvenir?

Suvenir pernikahan biasanya dianggap sebagai ucapan terima kasih oleh pengantin karena sudah meluangkan waktu untuk datang ke pesta pernikahan.

Hal ini sebenarnya bergantung tradisi juga. Contohnya di Amerika Serikat, banyak pasangan yang menikah tanpa menyiapkan suvenir, bahkan acara resepsi pun hanya mengundang keluarga dan sahabat dekat saja.

Akan tetapi kalau ada budget suvenir boleh kok, cari yang harga pas di kantong dan yang berguna, ya!

Tips Hemat Biaya Pesta Pernikahan, Bikin Budget Nikahan Super Hemat! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Persiapan Pernikahan Selain Pesta, 5 Hal Ini Juga Wajib Anda Siapkan]

 

#6 Foto dan Video

Dokumentasi foto dan video merupakan memori yang akan diingat sampai Anda dan pasangan tua kelak. Makanya, ini merupakan hal yang penting juga, ya Sobat Finansialku.

Tips hemat biaya pesta pernikahan berikutnya adalah carilah vendor yang promo atau mungkin Anda bisa mencari kerabat Anda yang mempunyai keahlian dalam fotografi dan shoot video pernikahan Anda.

Lumayan ‘kan kalau kerabat atau keluarga yang membantu Anda? Tidak perlu mahal untuk bayar jasanya.

 

#7 Dekorasi

Fungsi dekorasi saat resepsi pernikahan untuk membuat suasana lebih hidup dan menghadirkan konsep yang sesuai dengan tema resepsi.

Bagaimana konsep dekorasi yang Anda inginkan untuk pernikahan nanti?

Anda dapat menentukan setelah menemukan lokasi pernikahan yang tepat, karena desain lokasi itu sendiri dapat memengaruhi jenis dekorasi yang Anda inginkan.

Eh, tapi zaman sekarang jangan salah, dekor minimalis juga sudah oke banget, lho. Dekor keren, simple dan harga terjangkau.

Gak perlu gengsi, ya dekor minimalis, yang penting pesta pernikahan tetap berlangsung dengan baik.

Sayang sekali ‘kan kalau dalam sehari Anda menghabiskan sekian juta hanya untuk dekorasi tempat pesta yang hanya digunakan dalam beberapa jam. Lebih baik uang dekorasi digunakan untuk honeymoon atau membeli perabotan setelah menikah nanti.

 

#8 Seragam Keluarga

Bayangkan kalau semua keluarga dan teman-teman dekat harus diberikan seragam. Berapa banyak budget yang harus dikeluarkan?

Kalau memang memiliki budget yang cukup, baju keluarga, bridesmaid dan groomsmen yang nampak seragam akan melengkapi nuansa pesta secara keseluruhan.

Namun jika budget terbatas, Anda bisa memilih keluarga dan teman-teman terdekat saja yang diberikan seragam. Mau lebih hemat? Dengan tips hemat biaya pesta pernikahan ini Anda bisa memakai tema warna saja.

Misalkan Anda ingin menikah dengan tema warna biru, maka untuk keluarga dan groomsmen dapat menggunakan jas dan kemeja yang warna standar yang pastinya dipunyai oleh semua orang.

Untuk ornamen Anda bisa membelikannya, contohnya dasi. Harga dasi pasti lebih murah ‘kan dibandingkan Anda menyewakan jas?

 

#9 Musik

Sebuah pesta tanpa musik rasanya hampa, atau seperti ada yang kurang. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk menyewa jasa musik live atau band untuk pernikahan.

Terutama jika menggunakan prosesi adat, Anda dan pasangan perlu menyewa sanggar seni lengkap dengan pemain musik tradisionalnya.

Tapi, jika Anda ingin lebih hemat, Anda bisa menyetel musik MP3 saja. Jangan salah, lho, banyak ternyata pernikahan yang hanya lagu musik saja tanpa ada penyanyi. Hemat dan tetap asik kok pestanya!

 

Bukan Cuman Makanan yang Ada Paket Hemat, Nikahan Juga Ada!

Jika Anda cermat, bisa kok hemat! Gak ada tuh budget ideal, yang ada hanyalah rencana yang ideal.

Rencanakan pernikahan Anda dengan cermat, cerdas dan hemat. Lebih penting biaya setelah menikah dibandingkan biaya pernikahan.

Menikah hanya 1 hari, setelah menikah akan menua bersama pasangan Anda selama berpuluh-puluh tahun.

 

Nah, Sobat Finansialku, Anda bisa melakukan tips hemat biaya pesta pernikahan di atas untuk menekan budget pernikahan Anda.

Semoga pernikahan Anda menjadi momen yang bahagia tanpa perlu bingung mengenai budget pernikahan, ya.  Jangan lupa bagikan artikel ini pada Sobat Finansialku lainnya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 24 Maret 2020. Berapa Biaya Resepsi Pernikahan? Inilah 10 Biaya yang Perlu Disiapkan! Finoo.id – http://bit.ly/3tnDDGH

 

Sumber Gambar:

  • Pernikahan 1 – https://bit.ly/398H4tt
  • Pernikahan 2 – https://bit.ly/3cY2nz2