Konsep pernikahan zaman now bisa bikin kantong bolong? Apa saja sih penyebabnya?

Konsep pernikahan menjadi salah satu hal yang harus direncanakan sebaik mungkin.

Bagi Anda yang berkeinginan untuk menggunakan konsep zaman now, yuk simak beberapa detail konsep pernikahan zaman now yang dapat menguras isi kantongmu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Konsep Pernikahan Zaman Now, Bikin Gagal Balik Modal

Pernikahan identik dengan biaya yang tidak sedikit. Momen penting ini tentunya ingin diadakan semegah mungkin karena diharapkan hanya terjadi sekali dalam hidup.

Kebutuhan pernikahan disesuaikan dengan konsep yang akan digunakan.

Sayangnya, kini banyak detail konsep yang dapat menambah besar biaya pernikahan tersebut. Terutama pada pernikahan dengan konsep zaman now.

Mengandalkan besaran amplop (sumbangan) pernikahan untuk melunasi vendor-vendor pernikahan dapat menjadi solusi dalam permasalahan ini, namun apakah hal ini bisa menguntungkan bagi Anda? Atau justru merugikan Anda?

Konsep-Pernikahan-Zaman-Now-01-Finansialku

[Baca Juga: 5+ Cara Berhemat Dalam Mempersiapkan Pernikahan Mewah]

 

Kami tidak melarang Anda untuk mengadakan resepsi pernikahan yang indah dengan konsep menarik, namun hal yang harus Anda ingat bahwa pernikahan barulah awal kehidupan Anda bersama pasangan.

Anda akan memasuki dunia pernikahan setelah resepsi pernikahan. Kebutuhan setelah menikah tidak sedikit.

Itulah mengapa biaya pernikahan harus diperhitungkan sebaik mungkin meskipun konsep yang digunakan ialah pernikahan zaman now.

Menghitung dana sejak dini akan memberikan Anda waktu dan kesiapan yang lebih matang untuk mengumpulkan dana tersebut.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Untuk memperhitungkan berapa tepatnya biaya yang diperlukan, Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku memberikan fitur perhitungan dana pernikahan, sehingga Anda dapat menghitung kebutuhan dana sesuai dengan tingkat inflasinya.

Jika Anda merupakan pengguna baru, Anda bisa mengunduh aplikasi Finansialku di Google Play Store, dan klik tautan berikut bila Anda ingin mengakses aplikasi Finansialku via desktop.

 

Detail Konsep Pernikahan Zaman Now yang Menguras Kantong

Nah, agar Anda tidak kaget melihat biaya pernikahan, cek beberapa detail dari konsep pernikahan zaman now yang biasanya bikin keuangan tergerus habis:

 

#1 Memilih Venue yang Jauh

Jika Anda berpikir jumlah tamu yang sedikit akan mengakibatkan biaya pernikahan yang sedikit juga, coba deh lihat konsep pernikahan yang lagi nge-trend belakangan ini.

Layaknya Sandra Dewi yang melangsungkan pernikahan di Jepang, kini banyak pasangan berbondong-bondong melangsungkan pernikahan di lokasi impiannya.

Tak jarang mereka melangsungkan resepsi atau pemberkatan pernikahan di luar negeri atau di Bali, pulau yang terkenal akan keindahan pantainya di Indonesia.

Konsep-Pernikahan-Zaman-Now-02-Finansialku

[Baca Juga: Yuk Intip 10 Hotel di Bali yang Dipakai Sebagai Tempat Resepsi Pernikahan Pasangan Artis Indonesia]

 

Meski terlihat indah hal ini bisa bikin kantong bolong, lho.

Meski jumlah tamu yang diundang dibatasi, Anda tetap wajib menanggung transportasi dan akomodasi mereka. Sehingga, total akhir yang harus dikeluarkan lebih mahal ketimbang Anda mengundang lebih banyak orang di dalam kota.

Sebenarnya, hal ini bisa diakali selama tamu undangan bersedia membayar biaya transportasinya sendiri, atau dengan cara lainnya.

Tetap berhati-hati dalam menghitung estimasi biayanya ya, karena bisa jadi banyak masalah lain yang menimbulkan biaya tambahan.

 

#2 Minimalis tapi Harga Dekorasinya Selangit

Siapa bilang yang minimalis itu murah? Dekorasi minimalis bisa menghabiskan uang ratusan juta rupiah lho.

Konsep-Pernikahan-Zaman-Now-03-Finansialku

[Baca Juga: Pernikahan Tak Harus Jutaan Rupiah: Hitung Anggaran Dana Pernikahan, Ikuti Cara Menghemat Biaya Pernikahan]

 

Bagi sebagian orang yang baru saja bekerja dengan gaji minim, mengeluarkan uang sebesar 100 juta rupiah hanya untuk dekorasi tentu dirasa sangat sulit.

Oleh karena itu kita harus memiliki pola pikir yang benar akan dekorasi pernikahan yang akan digunakan. Dekorasi indah dan mewah bukan berarti mahal ya.

Masih banyak alternatif dekorasi pernikahan lain yang indah dan mewah. Pilih yang sesuai dengan keinginan dan budget yang Anda miliki.

 

#3 Foto dan Video Fantastis ala Artis

Sudah umum bagi selebriti Tanah Air untuk melaksanakan pernikahan dengan anggaran yang besar. Biasanya hal ini akan didokumentasikan oleh juru foto dan video kawakan dengan tarif ratusan juta rupiah. Alasannya sederhana, yakni agar semua momen terabadikan dengan indah.

Dokumentasi merupakan hal penting dan mungkin menjadi salah satu top priorities. Tetapi jika biayanya besar, justru akan membuat anggaran pernikahan membengkak.

Lalu bagaimana solusinya? Berikut beberapa tips untuk tetap memperoleh foto dan video yang instagram-worthy:

  • Memilih juru foto dan video yang berkualitas dengan harga yang masih masuk akal.
  • Jika memiliki kerabat dengan keterampilan fotografi, tidak ada salahnya menggunakan jasa teman Anda untuk menghemat biaya.Selain bisa memperoleh harga teman, tentunya Anda akan merasa lebih nyaman ketika berdiskusi dengannya.
  • Persingkat atau pilih paket yang secukupnya, tidak perlu pilih paket paling mahal yang berlebihan.

 

#4 Ada Photobooth

Izinkan saya bercerita sedikit tentang perencanaan resepsi pernikahan saya dulu. Saya dan suami menikah di tahun 2015, dan saat itu adalah zamannya photobooth.

Photobooth biasanya difasilitasi dengan beragam properti lucu dan backdrop yang unik, dan bisa menjadi kenang-kenangan bagi para tamu.

Tapi, perintilan ini nyatanya tidak murah. Harga paket photobooth ini biasanya dibanderol minimal Rp3 hingga Rp5 juta hanya untuk dua sampai tiga jam saja.

Kami pun menetapkan hati untuk tidak perlu menggunakan photobooth di pernikahan kami. Mengapa demikian?

Konsep-Pernikahan-Zaman-Now-04-Finansialku

[Baca Juga: Biaya Pernikahan Masih Kurang, Terus Pakai KTA Saja. MIKIR!]

 

Alasannya ialah karena menurut kami, photobooth tidak begitu memberi nilai tambah dalam pernikahan. Bagi kami, cukup rasanya foto bersama pengantin di pelaminan.

Dengan demikian justru kami bisa sekaligus bersalaman dan bersilaturahmi dengan para tamu.

 

#5 Bestman dan Bridesmaids yang Banyak

Tren zaman now ialah dengan mengundang sejumlah teman dekat untuk menjadi bestman dan bridesmaids. Bahkan, tak jarang kini bestmen dan bridesmaids bisa mencapai 10 pasang. Jumlah yang fantastis bukan?

Memang benar di hari yang spesial ini Anda ingin bersenang-senang dengan teman dekat Anda. Keberadaan bestman dan bridesmaids tentu bisa meramaikan hari Anda.

Konsep-Pernikahan-Zaman-Now-05-Finansialku

[Baca Juga: Mau Menikah Tahun Ini? Ketahui 10 Tips Memilih Wedding Organizer dan Vendor Pernikahan]

 

Tetapi, banyak biaya yang perlu dikeluarkan lebih untuk bestmen dan bridesmaids, antara lain sebagai berikut:

  • Biaya pakaian,
  • Biaya rias bagi bridesmaid,
  • Biaya tanda terima kasih, dan
  • Biaya angpao (dalam tradisi Tionghoa).

 

Intinya, makin banyak bestmen dan bridesmaids-nya, makin banyak pula biaya yang harus Anda keluarkan. Jadi, pertimbangkan baik-baik soal jumlahnya ya.

 

#6 Mengundang Artis Terkenal

Berdasarkan pengalaman juga, saya dan suami sering menjumpai artis di pernikahan kerabat. Kami terkadang dibuat heran mengapa harus mengundang artis terkenal dalam resepsi pernikahan.

Jika memang artisnya kenalan atau kerabat sih tidak masalah, namun jika harus bayar sampai ratusan juta rupiah, rasanya hal ini harus dipertimbangkan lagi. Kecuali anggaran pernikahan Anda memang miliaran rupiah.

Untungnya, suami saya menolak keras mengundang artis saat pernikahan kami, dengan alasan khawatir momen pernikahan tidak khidmat, dan tamu sibuk memperhatikan si artis. Khawatir kalah pamor maksud kami.

Kalau anggaran terbatas, kamu bisa mengakali entertainment ini dengan bantuan kerabat yang memiliki bakat menyanyi atau menari untuk menghibur tamu dengan biaya yang pas di kantong.

 

#7 Pakai Wedding Organizer Mahal

Wedding organizer dianggap menjadi salah satu solusi ketika calon pengantin  tidak sempat mengurus pernikahannya. Tapi, biaya wedding organizer juga tidak murah lho. Biasanya berkisar di angka belasan juta rupiah.

Persiapan Pernikahan 15 Checklist untuk Memeriksa Kesiapan Anda Berdua 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Perhitungan Realistis Biaya Pernikahan Jika Diadakan di Pihak Wanita]

 

Jika Anda tidak rela mengeluarkan belasan juta rupiah ini, ada beberapa alternatif solusi yang bisa Anda ambil:

  • Menyempatkan diri mengurus persiapan pernikahan sendiri, misalnya sepulang kerja atau di akhir pekan
  • Lagi-lagi mencari kerabat yang bersedia membantu persiapan pernikahan dengan biaya yang terjangkau.

 

#8 Souvenir Selangit

Tidak jarang calon pengantin yang mengikuti tren selebriti untuk memberikan souvenir indah dengan harga selangit dalam resepsi pernikahannya.

Tetapi kabar baiknya, tren zaman now ini bersifat pilihan. Artinya, Anda bisa memilih untuk memberikannya atau tidak karena souvenir sudah jarang digunakan akhir-akhir ini.

Jika Anda menginginkannya, pilihlah souvenir yang bermanfaat dengan harga terjangkau.

Atau mungkin Anda bisa membuat sendiri souvenir pernikahan Anda, seperti pouch yang hanya bermodalkan kain dan tali serut, atau tatak gelas berbahan anyaman.

 

#9 Hadiah Lempar Bunga Selangit

Selain souvenir, tak jarang pasangan zaman now menghabiskan sejumlah uang hanya untuk hadiah lempar bunga. Mulai dari uang tunai, kamera, smartphone, hingga kabarnya apartemen miliaran rupiah.

Semua ini dilakukan demi mengapresiasi tamu yang sudah mau datang.

Namun, tahukah Anda bahwa bentuk apresiasi ini tidak melulu harus mahal? Hal yang terpenting adalah maknanya, bukan harganya.

Jadi Anda bisa mengakalinya dengan hadiah yang justru memberi kesan berharga dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh penerimanya.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Jangan Sampai Konsep Pernikahan Zaman Now Bikin Anda Ngutang

Jika Anda ingin momen pernikahan berkesan, buatlah konsep yang menarik. Tapi sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Sebelum mengajukan kredit seperti KTA untuk biaya pernikahan Anda, cobalah mengajukan beberapa pertanyaan ini di benak Anda:

Pertanyaan:
Apakah sepadan utang puluhan tahun hanya untuk pesta beberapa jam saja?
Sanggupkah Anda melunasi utang tersebut tanpa membebankan kehidupan pernikahan Anda?
Sudahkah Anda memiliki rencana cadangan jika Anda atau pasangan tiba-tiba kehilangan pekerjaan?
Apakah Anda dan pasangan sudah sepakat berkomitmen untuk melunasi utang jangka panjang ini?
Sudahkah Anda memikirkan dampak utamanya terhadap kehidupan berkeluarga Anda?


Jika sudah memikirkannya, tentukan keputusan yang terbaik bagi masa depan Anda berdua. Jangan sampai penyesalan zaman
now berlangsung sampai tua nanti.

Selamat mempersiapkan pernikahan Anda!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai konsep pernikahan zaman now lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Helda. 22 April 2018. 7 Perintilan Buat Konsep Pernikahan Kekinian yang Bikin Boros. Monerysmart.id – https://goo.gl/Tk29Az
  • Siantita Novaya. 5 Juli 2017. 10 Cara Ampuh Untuk Menghemat Dana Pernikahan (Dijamin ada uang sisa buat liburan berdua~). IDNTimes.com – https://goo.gl/GFEfDF
  • Amber Gilstrap. 11 Mei 2016. How To Save Money While Planning A Fabulous Wedding (Plus: A Free Wedding Budget Spreadsheet And Guest List). Moneyunder30.com – https://goo.gl/JK4x8s

 

Sumber Gambar:

  • Konsep Pernikahan Zaman Now 1 – https://goo.gl/BhzJ94
  • Konsep Pernikahan Zaman Now 2 – https://goo.gl/g74NQz
  • Konsep Pernikahan Zaman Now 3 – https://goo.gl/b12prf
  • Konsep Pernikahan Zaman Now 4 – https://goo.gl/r4v6Km
  • Konsep Pernikahan Zaman Now 5 – https://goo.gl/wDkAHJ
Summary
Detail Konsep Pernikahan Zaman Now yang Bikin Keuangan Tergerus Habis
Article Name
Detail Konsep Pernikahan Zaman Now yang Bikin Keuangan Tergerus Habis
Description
Konsep pernikahan zaman now bisa bikin kantong bolong? Apa saja sih penyebabnya?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo