Ada 10 tips memilih wedding organizer dan vendor pernikahan lho! Pernikahan merupakan peristiwa besar dalam kehidupan tiap-tiap orang, dimana perayaan pernikahan hanya akan dilakukan sekali seumur hidup.

Pasti banyak diantara Anda yang ingin merayakannya dengan berkesan. Dan tidak jarang juga ada pasangan yang telah memiliki impian pernikahan.

Maka dari itulah, pemilihan wedding organizer dan vendor pernikahan menjadi penting, agar pernikahan yang diselenggarakan bisa berjalan sesuai dengan harapan dan berjalan lancar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

10 Tips Memilih Wedding Organizer dan Vendor Pernikahan

Setiap calon pengantin pasti ingin pesta pernikahan berjalan sempurna dan tidak kekurangan hal apapun. Untuk itu, Anda harus memilih wedding organizer dan vendor pernikahan yang sesuai agar dapat mewujudkan pesta yang sesuai harapan.

Namun banyaknya pilihan vendor pernikahan yang ada sekarang akan sangat membingungkan Anda.

Sebelum menentukan pilihan Anda pada wedding organizer, maka lihat dulu tips berikut ini untuk mendapatkan wedding organizer dan vendor pernikahan yang tepat.

 

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#1 Cek Track Record Mereka

Anda tentu pernah mendengar penipuan berkedok dari wedding organizer. Hal ini bisa dicegah bila Anda mengecek track record dari wedding organizer dan vendor Anda.

Dalam hal ini, sangat penting untuk Anda tidak terburu-buru dalam melakukan survei. Karena hasil survei ini menjadi bahan pertimbangan Anda yang paling penting.

Mengecek track record sama saja dengan mengecek pengalaman, hasil kerja, dan juga testimoni dari para klien. Hal yang paling mudah untuk melakukan survei adalah dengan browsing di internet atau bertanya pada kawan-kawan Anda yang telah menikah.

Mau Menikah Tahun Ini Ketahui 10 Tips Memilih Wedding Organizer dan Vendor Pernikahan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Membutuhkan Kebebasan Finansial yang Lebih Baik dalam Pernikahan Anda?]

 

Poin yang perlu diperhatikan saat browsing adalah melihat vendor Anda termasuk yang kredibel dan profesional di bidangnya atau tidak.

Anda bisa melihat performa vendor Anda dari wedding exhibition atau pameran pernikahan yang sering diadakan di berbagai kota. Salah satu ciri lainnya adalah memiliki website ataupun terdaftar di layanan portal pernikahan.

Jadi, Anda bisa mengetahui portofolio dan juga testimoni dari para klien yang sudah pernah menggunakan jasanya.

 

#2 Memiliki Kantor

Ketakutan para calon pengantin dalam memilih vendor pasti sangat beragam. Mulai dari takut mengalami kekecewaan hingga penipuan. Vendor pernikahan yang terpercaya tentunya memiliki kantor sendiri ataupun galeri.

Kantor ini menjadi tempat meeting dengan para klien dan Anda juga bisa sekaligus survei langsung agar merasa lebih yakin dan terpercaya.

Vendor pernikahan yang memiliki kantor sendiri memiliki tingkat bonafiditas dan kepercayaan yang lebih di mata para konsumen, apalagi jika kantornya tersebut cukup besar, dan tertata dengan rapi.

 

#3 Lakukan Survei Langsung

Jika sudah mulai terseleksi pilihan Anda, mulai atur jadwal meeting dengan vendor pilihan Anda.

Ingat, tips memilih vendor pernikahan di atas yaitu utamakan untuk meeting di kantor mereka ketimbang hanya di mall atau restoran lainnya. Kenapa? Karena Anda bisa sekalian cross check hasil survei di internet dengan keadaan sebenarnya.

Biaya Pernikahan Masih Kurang, Terus Pakai KTA Saja. MIKIR! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Merencanakan Dana Pernikahan dengan Aplikasi Finansialku]

 

Usahakan sebelum melakukan survei secara langsung, Anda membuat daftar pertanyaan apa saja yang ingin Anda tanyakan kepada vendor pernikahan.

Dengan melakukan survei secara langsung, Anda juga dapat mengetes mengenai pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh para vendor pernikahan.

Tentunya hal ini sangat dapat meyakinkan Anda mengenai bonafiditas suatu vendor pernikahan.

 

#4 Buatlah Anggaran

Anda bisa membuat persentase mengenai uang yang harus Anda keluarkan untuk tempat, dekorasi, gaun, dan lainnya.

Mulailah menghilangkan beberapa daftar vendor yang harganya jauh di atas anggaran yang telah dipersiapkan, untuk lebih menghemat waktu.

Misalnya, Anda merencanakan pesta pernikahan dengan tema pesta kebun, maka persentase pengeluaran Anda adalah:

KeteranganPersentase
Kue pengantin2-3%
Gaun3-5%
Bunga5-15%
Fotografi7-13%
Makanan35-55%

 

Tentunya contoh persentase diatas dapat berbeda-beda untuk setiap pernikahan, tetapi sistem persentase akan sangat membantu Anda di dalam proses persiapan anggaran pernikahan.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Pembuatan anggaran (budgeting) sangatlah penting di dalam merencanakan pernikahan, karena dengan Anda membuat budget untuk keseluruhan item dan membuat prioritas akan item-item pernikahan Anda.

Hal ini akan sangat memudahkan Anda di dalam merencanakan keseluruhan pernikahan.

 

#5 Bicaralah dengan Manajer Tempat Pernikahan Anda

Biasanya manajer tempat pernikahan telah memiliki banyak pengalaman dengan pernikahan-pernikahan sebelumnya. Jadi, dia akan memberikan rekomendasi vendor pernikahan yang sesuai dengan keinginan.

Selain itu, manajer dari tempat pernikahan tentunya mengetahui mengenai tingkat profesionalisme dari vendor-vendor yang pernah mengadakan acara di tempatnya, sehingga ia akan dapat merekomendasikan Anda vendor terbaik yang bisa bekerja sama dengan pihak tempat acara dan calon pengantin.

 

#6 Kunjungi Wedding Exhibition atau Pameran Pernikahan

Pameran semacam ini biasanya akan diadakan setiap tahun, dan disini Anda bisa menemukan banyak pilihan wedding organizer dan vendor dalam satu tempat.

Anda bisa membandingkan hasil kerja vendor-vendor tersebut dari portofolio mereka dan menemukan inspirasi baru untuk pernikahan Anda. Mengunjungi pameran pernikahan akan sangat membantu dan menghemat waktu Anda di dalam mencari vendor pernikahan.

5+ Cara Berhemat Dalam Mempersiapkan Pernikahan Mewah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pernikahan Tak Harus Jutaan Rupiah: Hitung Anggaran Dana Pernikahan, Ikuti Cara Menghemat Biaya Pernikahan]

 

Di pameran pernikahan umumnya para vendor pernikahan akan memberikan free trial seperti tes makeup, trial makanan atau kue pernikahan.

Anda juga dapat melihat secara langsung vendor pernikahan mana yang banyak melakukan transaksi atau deal dengan para calon pengantin.

 

#7 Potongan Harga

Dengan mengkombinasikan pelayanan yang ditawarkan, seperti menyewa gaun pengantin berikut makeup mungkin Anda akan mendapatkan penawaran menarik seperti potongan harga.

Cari vendor yang menawarkan potongan harga tapi tidak menurunkan kualitas.

Perencanaan pernikahan membutuhkan anggaran yang tidak kecil. Untuk itu, memotong beberapa pengeluaran dengan memanfaatkan diskon akan sangat bijak dilakukan.  

 

#8 Saran dari Orang yang Sudah Menikah

Bicarakan dengan keluarga dan teman dekat yang telah menikah. Mintalah saran-saran dari orang terdekat Anda untuk memilih vendor yang berkualitas.

Dari saran saudara atau teman yang sudah menikah Anda akan mendapatkan banyak masukan mengenai hal-hal penting di dalam proses perencanaan pernikahan.

Ini Perhitungan Realistis Biaya Pernikahan Jika Diadakan di Pihak Wanita - Finansialku 01

[Baca Juga: 5+ Cara Berhemat Dalam Mempersiapkan Pernikahan Mewah]

 

Umumnya, saudara ataupun teman yang sudah menikah akan memberikan info mengenai kelebihan dan kekurangan suatu vendor pernikahan berdasarkan pengalaman mereka.

Hal ini tentu sangat berguna bagi Anda di dalam memilih vendor pernikahan yang tepat.

 

#9 Meminta Bonus atau Tambahan Benefit

Jika Anda sudah menetapkan pilihan pada salah satu vendor pernikahan, tidak ada salahnya Anda meminta tambahan benefit atau bonus yang dapat mereka berikan.

Jika hal ini berhasil Anda lakukan, tentunya dapat menghemat anggaran pernikahan Anda ataupun memberikan tambahan item yang dapat membuat pesta pernikahan Anda lebih baik atau meriah.

 

#10 Tanda Tangan Kontrak

Ketika Anda sudah tanda tangan kontrak yang mengikat tersebut, pastikan Anda benar-benar membaca syarat dan kondisi untuk menghindarkan Anda dari pengeluaran tambahan yang tak terduga.

Selain itu, pastikan Anda mendapat ganti rugi jika vendor mendadak tidak bisa menangani pesta Anda. Surat kontrak sangatlah penting, karena akan mengikat secara hukum untuk kedua belah pihak.

Pernikahan Tak Harus Jutaan Rupiah Hitung Anggaran Dana Pernikahan, Ikuti Cara Menghemat Biaya Pernikahan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami 7 Prinsip Inti dalam Pernikahan agar Pasangan Sejahtera]

 

Anda diharapkan dapat membaca dengan teliti mengenai setiap surat kontrak yang akan Anda tangani, demi mendapatkan hasil terbaik untuk pernikahan Anda.

Apabila setelah Anda menandatangani surat kontrak, ada beberapa hal yang ditambahkan ataupun dikurangai. Sebaiknya setiap penambahan item ataupun pengurangan item dari surat kontrak sebelumnya, dibuatkan Addendum Surat Kontrak.

 

Sudahkah Anda mencari wedding organizer dan vendor pernikahan Anda? Berikan pengalaman Anda pada kolom di bawah ini dalam memilih wedding organizer dan vendor pernikahan. Terima kasih

 

Sumber Referensi:

  • Alissa Safiera. 3 Agustus 2012. 8 Cara Agar Tidak Salah Memilih Vendor Pernikahan. Wolipop.detik.com – https://goo.gl/oc7Kuy
  • Seputar Pernikahan. Penting! 7 Tips Memilih Vendor Pernikahan. Seputarpernikahan.com – https://goo.gl/6WBNjx

 

Sumber Gambar:

  • Vendor Pernikahan – https://goo.gl/3Khd8w
  • Wedding Organizer – https://goo.gl/Ef3R2V

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang