Berapa biaya yang realistis untuk mengadakan pernikahan di pihak wanita? Menyediakan biaya pernikahan merupakan sebuah tujuan keuangan setiap orang. Dalam beberapa tradisi, pernikahan diadakan di pihak wanita. Karena itu para wanita harus mengetahui besaran biaya yang nantinya harus dipersiapkan seperti berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pernikahan di Pihak Wanita

Indonesia memiliki suku bangsa yang begitu beragam dengan tradisi yang juga berbeda-beda. Pada sebagian suku bangsa pesta pernikahan lebih dititikberatkan sebagai tanggungjawab pihak pria, tetapi bagi beberapa suku lain pesta pernikahan menjadi tanggungjawab pihak wanita.

Misalnya di Jawa Tengah, biasanya pesta pernikahan diadakan di pihak keluarga wanita. Sebenarnya pihak keluarga pria juga akan membantu membayar biaya pesta tetapi tidak sebanyak yang dikeluarkan oleh keluarga pihak wanita.

Begitu pula halnya pada adat Batak. Suku Batak memang terkenal dengan paham patrilinealnya, tetapi pada sebagian daerah suku Batak pesta pernikahan menjadi tanggung jawab pihak wanita.

Hanya saja di zaman modern ini sudah banyak keluarga yang saling berkompromi untuk menanggung biaya pernikahan bersama-sama.

Keputusan tersebut akhirnya akan dijalankan sesuai dengan kesepakatan keluarga, tetapi keputusan untuk mengadakan pesta pernikahan di pihak wanita tetap ada.

Ini Perhitungan Realistis Biaya Pernikahan Jika Diadakan di Pihak Wanita - Finaansialku 02

[Baca Juga: Cara Merencanakan Dana Pernikahan dengan Aplikasi Finansialku]

 

Karena itu bagi para wanita, jangan santai-santai dulu soal biaya menikah. Jika tradisi keluarga Anda mengharuskan pesta pernikahan diadakan di pihak wanita maka Anda dan keluarga harus menyiapkan seluruh biayanya.

 

Berikut adalah beberapa gambaran biaya pernikahan dengan asumsi wilayah Bandung:

Kebutuhan

Jumlah

Harga Satuan (Rp)

Total Harga (Rp)

Sewa Gedung Pernikahan

1

30.000.000

30.000.000

Dekorasi

1

20.000.000

20.000.000

Undangan

500

5.000

2.500.000

Souvenir

500

5.000

2.500.000

Jasa Catering

1.000

40.000

40.000.000

Fotografi dan Videografi

1

10.000.000

10.000.000

Gaun Pengantin

1

10.000.000

10.000.000

Jas Pengantin

1

5.000.000

5.000.000

Pakaian Orangtua

4

2.000.000

8.000.000

MC

1

3.000.000

3.000.000

Music Entertainment

1

8.000.000

8.000.000

Wedding Organizer

1

8.000.000

8.000.000

Sewa Mobil Pengantin

1

1.500.000

1.500.000

Biaya Lain-Lain

1

5.000.000

5.000.000

Total

153.500.000

 

Total kebutuhan biaya untuk pesta pernikahan adalah Rp153.500.000. Ini adalah contoh biaya untuk pernikahan dengan standar menengah.

Tidak terlalu sederhana, tetapi cukup menengah. Anda bisa memilih untuk membuat pesta pernikahan yang lebih sederhana atau justru lebih mewah.

Umumnya pihak keluarga laki-laki akan memberikan mas kawin atau mahar yang dapat digunakan untuk membantu meringankan biaya pesta pernikahan.

Walaupun umumnya pihak wanita tetap akan menanggung biaya yang lebih besar. Jika biaya yang dibutuhkan Rp153.500.000 dan Anda mendapatkan mas kawin sebesar Rp50.000.000 maka Anda hanya perlu membayar sebesar Rp103.500.000.

Pernikahan Tak Harus Jutaan Rupiah Hitung Anggaran Dana Pernikahan, Ikuti Cara Menghemat Biaya Pernikahan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Pernikahan Tak Harus Jutaan Rupiah: Hitung Anggaran Dana Pernikahan, Ikuti Cara Menghemat Biaya Pernikahan]

 

Biaya ini adalah biaya yang terbilang besar. Diperlukan langkah-langkah persiapan yang matang. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan pesta pernikahan yang diadakan di pihak wanita:

 

#1 Diskusikan Tanggung Jawab Biaya dengan Keluarga

Persoalan pihak mana yang bertanggungjawab mengadakan pesta pernikahan biasanya sangat kental dengan pengaruh adat istiadat. Adat istiadat sangat erat kaitannya dengan keluarga inti dan keluarga besar.

Ketika akan menikah, Anda bukan hanya akan mengikat perjanjian antara Anda dan calon suami, tetapi juga mengikat 2 keluarga besar yang mungkin memiliki pandangan yang berbeda-beda.

Pendapat keluarga besar tidak jarang bisa menjadi sumber pertengkaran hingga pembatalan sebuah pernikahan lho.

Karena itu, pastikan Anda mendiskusikan tanggung jawab biaya dengan keluarga. Mulailah dengan membuat kesepakatan biaya dengan keluarga inti. Pastikan siapa yang akan bertanggung jawab membayar seluruh biaya pernikahan jika pernikahan akan diadakan di pihak keluarga Anda.

Apakah orangtua akan membayar seluruh biayai pesta pernikahan, atau hanya sebagian, atau seluruh biaya menjadi tanggung jawab Anda.

Jangan lupa juga untuk memastikan siapa yang akan menerima uang ucapan selamat dari tamu nantinya. Jangan salah, hal-hal yang terlihat sepele seperti ini terkadang bisa menjadi sumber permasalahan.

Menghadiri Pernikahan di Luar Kota dengan Anggaran Terbatas 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menghadiri Pernikahan di Luar Kota dengan Anggaran Terbatas]

 

Jika Anda sudah sepaham dengan keluarga inti, barulah Anda dan keluarga dapat mengumumkannya kepada keluarga besar yang dianggap perlu mengetahui informasi tersebut.

Dengan begitu, Anda meminimalkan kemungkinan terjadi konflik di keluarga besar. Pembicaraan mengenai uang adalah hal yang sangat sensitif, sebaiknya Anda mencari cara untuk meminimalkan konflik karena uang sebaik mungkin.

Jangan sampai rencana bahagia Anda dan calon suami terganggu karena masalah biaya pernikahan.

 

#2 Buat Rincian Biaya

Setelah menyepakati siapa yang akan membayar biaya pernikahan, mulailah membuat seluruh rincian biaya. Biasanya calon mempelai wanita memiliki lebih banyak keinginan dibandingkan mempelai pria.

Karena itu, Anda sebaiknya yang membuat rincian biaya dengan detail. Sebaiknya jangan membuat rincian biaya yang terlalu pas-pasan.

Buatlah anggaran yang sedikit longgar, dengan begitu jika ada biaya yang ternyata lebih mahal dari perkiraan Anda tidak kebingungan membayarnya.

Pernikahan adalah kejadian sekali seumur hidup yang tentunya tidak ingin Anda lakukan dengan asal-asalan.

Jika salah satu biaya kurang, Anda tentu akan berat hati jika harus mengurangi standar pernikahan yang sudah direncanakan. Jangan sampai nantinya Anda dan calon suami menyesalinya seumur hidup.

5+ Cara Berhemat Dalam Mempersiapkan Pernikahan Mewah 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Cara Berhemat Dalam Mempersiapkan Pernikahan Mewah]

 

#3 Informasikan Rincian Biaya kepada Keluarga

Setelah memiliki rincian biaya tersebut Anda perlu menginformasikannya kepada keluarga inti. Terutama kepada pihak yang berpartisipasi membiayai pesta pernikahan tersebut.

Anda perlu mengetahui kesanggupan keluarga, serta juga menjadi bahan pertimbangan bagi pihak calon mempelai pria.

Jika nantinya pihak pria akan memberikan mas kawin untuk membantu biaya pernikahan, pihak pria bisa saja menjadikan rincian biaya ini sebagai dasar pertimbangan berapa mas kawin yang mungkin dibutuhkan.

 

#4 Bersikap Terbuka

Sekali lagi, kami tekankan bahwa uang adalah hal yang sensitif terutama dalam pernikahan. Sebaiknya Anda bersikap terbuka dengan cara yang sesuai untuk menghadapi keluarga, baik itu keluarga inti, keluarga besar maupun keluarga calon suami.

Dengan begitu diharapkan seluruh biaya dapat terpenuhi sesuai harapan, serta acara berjalan lancar sesuai dengan seluruh rencana Anda dan calon suami.

 

Berhati-Hati dalam Setiap Persiapan

Mempersiapkan pernikahan adalah hal yang sangat sensitif dan kritis. Satu pergerakan kecil yang salah terkadang dapat membatalkan seluruh rencana.

Karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam setiap langkah persiapkan. Jangan sampai seluruh rencana bahagia dan usaha yang dilakukan untuk menjalankan pernikahan tersebut menjadi sia-sia nantinya.

 

Tips untuk Membeli Rumah Bagi Pasangan Muda

 

Apakah Anda sudah menghitung biaya pernikahan Anda? Atau sudah menikah? Berikan pengalaman Anda saat merancang pernikahan Anda di bagian kolom komentar. Jangan lupa untuk selalu bagikan artikel Finansialku kepada rekan dan keluarga Anda. Terima Kasih

 

Sumber Referensi:

  • Septian Bayu Anggara. Simulasi Realistis Rincian Biaya Pernikahan di Tempat Cewek. Tahu Sekarang, Tak Kaget Kemudian. Hipwee – https://goo.gl/szBfYD

 

Sumber Gambar:

  • Kado Pengantin – https://goo.gl/Jw5tEz
  • Menikah  – https://goo.gl/6VMHZ8

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana