Catat tips hemat biaya hidup di masa pandemik berikut ini! Jangan panik gara-gara pendapatan terpotong di masa pandemik ya! Selamat mencoba.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tips Hemat di Masa Pandemi

 

Pandemi corona mash merajalela, saatnya untuk semakin bijak dalam mengelola keuangan.

Kebiasaan berhemat seharusnya sudah kita mulai sejak dini, bahkan saat-saat ketika masa sulit belum tiba di depan pintu.

Tapi, tidak ada kata terlambat kok untuk memulai kebiasaan baru dalam menghemat pengeluaran dan bijak dalam mengalokasikan dana kebutuhan sehari-hari.

Mulai sekarang, adaptasi cara hidup baru dengan mengelola keuangan secara bijak di masa pandemi berikut ini!

 

#1 Atur Pola Asupan & Jaga Kesehatan

Kebutuhan primer seperti makanan pokok harus menjadi prioritas utama, apalagi di masa pandemik corona yang menyerang kesehatan.

Jika imunitas tubuh lemah, maka gampang terserang penyakit dan tentu saja akan menyedot berbagai biaya yang bisa membuat kondisi semakin runyam.

Oleh sebab itu, pola asupan kita harus dijaga dengan mengkonsumsi makanan sehat bergizi dan seimbang.

Perbanyak minum air putih dan prioritaskan untuk makan buah dan sayur.

Libur Hemat dan Income Tambahan 1

[Baca Juga: Kerja di Luar Negeri? Yuk Miliki Gaya Hidup Hemat dengan Cara Ini!]

 

Biasakan untuk memasak makanan sendiri di rumah. Meski kantor sudah buka, biasakan untuk tidak jajan sembarang dan bawa bekal sendiri dari rumah. Cuci bersih setiap sayur, buah dan daging yang akan dimasak.

Usahakan untuk memasak hingga matang setiap makanan yang dimasak dari rumah untuk menghindari bakteri atau penyakit dari daging atau sisa pestisida yang menempel pada sayur dan buah.

Dengan memasak sendiri makanan di rumah, ini akan menghemat budget bulanan karena kita secara langsung memangkas uang jajan.

Selain itu, kebersihan dari makanan juga bisa terkontrol karena kita sendiri yang memasak dan mengetahui bahan yang digunakan serta bagaimana cara kita mengolah dengan tata cara kebersihan di rumah.

Berbicara soal makanan, usahakan untuk tidak membuang-buang makanan. Jika kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak, kamu bisa mengajarkan sang buah hati untuk belajar menghabiskan makanan yang telah diambil.

 

#2 Cermat dalam Belanja Bulanan

Usahakan untuk mengatur biaya belanja bulanan dengan ketat.

Catat setiap keperluan pokok yang harus disediakan selama satu bulan.

Jangan sampai ada barang atau kebutuhan yang terlupakan karena jika hal ini terjadi, kamu mungkin harus menunda untuk membelinya atau kamu harus kembali lagi ke toko swalayan yang tentunya akan menambah biaya transportasi dan mengharuskanmu keluar rumah lagi.

Prioritaskan semua barang kebutuhan pokok selama satu bulan namun bukan berarti harus panic buying dengan membeli semua barang-barang yang diperlukan hingga beberapa bulan kemudian tanpa mempedulikan konsumen lainnya.

 

#3 Pangkas Biaya Jajan, Nongkrong & Rokok

Jika biasanya setiap weekend atau sepulang kerja ada sesi nongkrong bareng teman-teman dengan setiap pengeluaran ekstra harian, untuk kali ini mulailah untuk mengerem bahkan menghentikannya.

Biaya untuk jajan bisa kamu alokasikan untuk berbagai kebutuhan lain yang lebih mendesak.

Buat kamu yang hobi merokok, mulai sekarang biasakan diri untuk berhenti dari kebiasaan buruk yang merusak tubuhmu dan juga orang lain yang menjadi menjadi imbas perokok pasif.

Bayangkan jika uang untuk membeli rokok bisa kamu tabung untuk biaya membeli keperluan lainnnya yang lebih penting.

 

#4 Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Untuk sementara penggunaan kartu kredit perlu dibatasi, karena arena ini bisa jadi pengeluaranmu jadi tak terkontrol.

Sebaiknya bayar langsung setiap pembelian dari barang-barang yang kamu perlukan dengan uang cash atau membayarnya secara debet.

Ini akan membuatmu terlindungi dari jerat tagihan yang semakin membengkak di bulan berikutnya ketika jatuh tempo.

Apabila memang harus menggunakan kartu kredit, catat dulu pengeluaran yang telah kamu lakukan dengan kartu kredit sehingga kamu bisa mengontrol pengeluarannya.

Sesuaikan juga pengeluaran dengan budgeting bulanan agar realisasi belanja bulanan tidak melebihi budget sehingga kamu harus mengalokasikan dana lainnya untuk menutup kekurangan.

Gaji Menipis Ini Dia Tips Berhemat Di Era New Normal! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Trik Gaya Hidup Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Jepang]

 

#5 Bijak dalam Memilih Barang

Ada banyak pilihan barang dan jasa di luar sana yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun dari semuanya itu, kita perlu selektif dalam memilih produk mana yang akan dipakai.

Meski dengan kualitas yang sama, namun biasanya ada saja toko atau penjual yang menjual dengan harga yang cukup berbeda.

Tentu membeli barang yang lebih murah akan sangat disarankan, apalagi jika kualitasnya sama.

Namun, tidak ada salahnya juga jika dalam masa-masa yang cukup sulit ini, kita perlu mempertimbangkan apakah mungkin kita tidak harus menggunakan sebuah barang itu lagi atau menggunakan produk lain yang lebih murah.

 

#6 Pangkas Biaya Bulanan yang Tidak Perlu

Coba lihat lagi setiap tagihan bulanan di bulan sebelumnya, apakah kamu menemukan berbagai tagihan yang mungkin bisa kamu pangkas untuk tidak ada di tagihan bulan selanjutnya atau mungkin mengurangi biayanya.

Misalnya seperti langganan TV cable sehingga kamu bisa alokasikan untuk dananya untuk meng-upgrade biaya internet di rumah karena alasan WFH yang mengharuskanmu untuk berkomunikasi dengan rekan kantor dan mengerjakan pekerjaan dengan bantuan jaringan internet.

Pangkas biaya berlangganan lainnya yang dirasa tidak perlu yang mungkin tidak kamu perlukan untuk masa-masa ini. 

 

Ebook Mommy & Money: Panduan Cara Mengatur Keuangan IBU RUMAH TANGGA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Ebook Mommy and Money

Download Ebook Sekarang

 

#7 Manfaatkan Promo, Diskon, Potongan Harga, Cashback & Kredit Poin

Inilah saatnya lebih cermat dalam berbelanja dengan melihat setiap fasilitas potongan harga yang ditawarkan oleh setiap e-commerce yang merajalela di dunia maya.

Eits, tetap ingat ya untuk berbelanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan dan bukan karena iming-imingan potongan harga padahal barang tersebut tidak kita butuhkan.

 

#8 Atur Pemakaian Dana Darurat

Tak jarang para karyawan atau pekerja yang mengalami pemotongan gaji atau bahkan dirumahkan.

Di masa sulit seperti itu, dana darurat pasti akan sangat diperlukan.

Inilah saatnya dimana dana darurat yang sudah terkumpul bisa memainkan perannya, namun bukan berarti harus dihambur-hamburkan ya!

Gunakan sesuai kebutuhan, kalau bisa dihemat agar cukup hingga mendapat kerjaan baru atau memperoleh penghasilan tambahan dari kerjaan sampingan lainnya.

Jika saat ini kamu masih beruntung untuk bisa bekerja dan memperoleh penghasilan tanpa ada potongan, bersyukurlah dan tetap tabung dana darurat untuk kebutuhan-kebutuhan mendesakmu kelak.

 

Selain tips diatas, bergaya hidup minimalis juga jadi salah satu cara menghemat lho! Ketahui gaya hidup ini lebih jauh pada video berikut.

 

Buat kamu yang ingin mencoba merencanakan keuangan, kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku

Aplikasi Finansialku memiliki berbagai fitur yang memungkinkan kamu untuk  budgeting, mencatat keuangan, hingga fitur Finansialku check-up yang akan memberi laporan mengenai seberapa sehat keadaan finansial kamu.

playstore icon
appstore icon

 

Itu dia 8 tips hemat di masa pandemik yang dapat kita lakukan agar kebutuhan sehari-hari tetap terpenuhi.

Sebaiknya, kebiasaan baru ini tetap bisa dilakukan, apalagi jika kelebihan dana bulanan bisa ditabung.

Kamu dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Kamu juga menuliskan tanggapan dan komentarmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Allianz Indonesia. 13 Agustus 2020. Ini Cara Berhemat Selama Karantina #DiRumahAja saat Pandemi COVID-19. Allianz.co.id – https://bit.ly/2FcBKca
  • Inang Jalaludin Shofihara. 18 Juli 2020. Begini Cara Belanja Efektif dan Hemat Saat Pandemi Covid-19. Kompas.com – https://bit.ly/2E0VMWs
  • Sakina Rakhma Diah Setiawan. 30 April 2020. Catat, Ini 8 Cara agar Hemat di Tengah Virus Corona. Kompas.com – https://bit.ly/2PLmuFr
  • Teti Purwanti. 13 April 2020. Cara Menghemat Uang Saat Pandemi, Simak Tips #HematDiRumah. Cekaja.com – https://bit.ly/2PQiV0t
  • Lynda Hasibuan. 13 April 2020. 3 Cara Mudah Hemat Duit Selama Pandemi Corona. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3kzU5Al
  • Tira Santia. 19 Juni 2020. 10 Tips Hemat di Tengah Pandemi Corona. Liputan6.com – https://bit.ly/33WKygK
  • Hanif Pramono. 9 Juni 2020. Tips Hemat Belanja di Masa Pandemi Covid-19. Goodnewsfromindonesia.id – https://bit.ly/3gNOEeJ
  • Maria Elena. 25 April 2020. Cara Mudah Menghemat Pengeluaran di Masa Pandemi Virus Corona. Lifestyle.bisnis.com – https://bit.ly/3gSIQk1