Kalau kamu termasuk karyawan yang ingin penghasilan tambahan, yuk cek tips investasi saham untuk karyawan seperti kamu.

Beberapa tips investasi saham untuk karyawan akan dibagikan di artikel ini. So, kamu bisa pelajari sebagai bekal terjun ke dunia saham.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Pentingnya Investasi Saham untuk Karyawan

Investasi saham merupakan salah satu instrumen investasi, yang dikenal mampu memberikan imbal hasil (return) tidak sedikit alias keuntungan menggiurkan.

So, gak heran investasi menjadi alternatif pencetak uang terutama bagi mereka yang sudah sukses memegang kendali pada sejumlah saham.

Tapi sayangnya, masih banyak mindset masyarakat yang meremehkan pentingnya investasi, termasuk di kalangan karyawan. Padahal investasi bisa menjadi kunci pencapaian financial freedom lho.

5+ Tips Investasi Saham Untuk Karyawan yang Super Sakti 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tentu Bisa! Berinvestasi Saham untuk Dana Pendidikan dan Dana Pensiun]

 

Jangan karena penghasilan yang minim, membuatmu tidak berkeinginan untuk berinvestasi. Prinsipnya bukan menyisihkan uang yang tersisa di akhir periode, tapi MEMPRIORITASKAN di setiap awal periodenya.

Setelah itu, hilangkan rasa takut untuk memulai karena sudah banyak tools yang dapat membantu dalam pengaturan keuangan. Sehingga kamu bisa mengatur berapa uang yang sebaiknya diinvestasikan.

Aplikasi Finansialku siap membantu kamu, langsung saja download aplikasinya di Google Play Store atau App Store.

 

Investor Pemula, Pelajari 5+ Tips Investasi Saham

Investasi saham disebut sebagai investasi yang hasilnya bisa lebih besar dari emas. Namun tidak sedikit yang terjebak pada kerugian apalagi mereka termasuk investasi pemula yang merasa kebingungan.

Karena risikonya bisa menguras uang sampai habis tanpa mendapat keuntungan apa-apa, akhirnya banyak investor pemula merasa ragu untuk investasi saham.

Supaya mendapat keuntungan, maka karyawan yang termasuk investasi pemula harus memilih jenis investasi terbaik. Kali ini, penulis akan membagikan sejumlah tips investasi saham agar terhindar dari kerugian:

 

#1 Batasi Modal di Awal

Membatasi modal yang tidak terlalu besar harus dilakukan oleh investor pemula apalagi belum terlalu mengenal pasar saham. Melansir juruscuan.com, hal ini sebagai antisipasi agar tidak mengalami kerugian yang besar.

5+ Tips Investasi Saham Untuk Karyawan yang Super Sakti 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Berinvestasi Saham? Inilah Tips Membeli Saham Untuk Investor Pemula]

 

Sebagai bagian proses belajar, kamu pun harus membiasakan diri dengan software jual beli saham, mempelajari analisa saham dan sebagainya yang pasti memerlukan waktu.

 

#2 Beli Saham dengan Fundamental Baik

Saham berfundamental baik umumnya adalah saham blue chip. Trik mengenalinya, perusahaan ini dikenal publik melalui usahanya yang jelas, produknya laku di pasaran, tidak banyak utang, manajemen transparan dan sebagainya.

 

Mengapa blue chip?

Tujuannya ketika pasar saham terkoreksi, saham blue chip ikut terkoreksi. Tapi nantinya setelah pasar saham pulih, saham blue chip juga yang bergerak naik lebih dulu bahkan lebih cepat dari yang lain.

 

#3 Lakukan Diversifikasi

Memiliki beberapa jenis saham bisa membagi risiko kerugian lebih kecil dari pada membeli hanya satu jenis saham. Jika satu saham berkinerja turun, maka ada kemungkinan saham lain bisa naik. Right?

 

#4 Belajar Menganalisa

Belajar menganalisa saham ditujukan supaya kamu bisa menentukan kapan harus menjual atau membeli saham.

Terdapat dua cara menganalisis yang umum dilakukan, yaitu Analisa Teknikal dan Analisa Fundamental.

Supaya lebih memahami, kamu bisa mempelajarinya lewat Ebook Saham – Panduan Berinvestasi Saham untuk Pemula dari Finansialku.com berikut.

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#5 Fokus pada Jangka Panjang

Pasar saham yang fluktuatif sangat berisiko dalam jangka pendek, sehingga lebih aman dalam jangka panjang. Semakin lama investasi, semakin besar tingkat keuntungan.

Berdasarkan sejarah pasar saham, terbukti jika investasi berupa saham dalam jangka panjang, maka peluang meraih return sebesar 12,9% ada di depan mata.

 

Catatan: Angka ini didapat dari perhitungan imbal hasil IHSG dalam jangka panjang.

 

#6 Analisa dan Review Portofolio Secara Berkala

Melakukan analisa terhadap hal ini bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali, 6 bulan sekali, atau setahun sekali.

Jika ada saham yang kurang bagus kinerjanya, misalnya produknya gagal di pasaran, merugi, dan sebagainya bisa diganti dengan saham lain yang lebih baik.

 

Gali Pengetahuan Berinvestasi dan Raih Keuntungannya

Saatnya kamu mulai menerapkan beberapa langkah yang sudah disampaikan dalam artikel ini. Jangan khawatir menjadi investor pemula, karena kesempatan meraih keuntungan ada di depan mata.

Gali terus pengetahuan tentang dunia investasi saham dan bersiaplah mencapai financial freedom dengan mempersiapkan masa depan yang lebih baik dari sekarang tanpa melupakan apa yang sudah kamu kerjakan #HargaiKerjaKerasmu.

Selamat berinvestasi di pasar saham!

Biar makin untung, tonton yuk kisah sukses berinvestasi saham Lo Kheng Hong melalui video di bawah ini.

 

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman terdekat supaya mereka tertarik untuk memanfaatkan peluang dan mendapat keuntungan juga dari investasi. Terima kasih.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Desmond Wira. Tips Berinvestasi Saham Bagi Investor Pemula. Juruscuan.com- http://bit.ly/2NIkQUd

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Saham 1 – http://bit.ly/37BCgsE
  • Investasi Saham 2 – http://bit.ly/2HzD5HW
  • Investasi Saham 3 – http://bit.ly/2SEMCEh