Simak dulu enam tips bermanfaat ini sebelum kamu memutuskan untuk membeli sepeda. Apa saja itu? Langsung cek di sini aja!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

6 Tips Membeli Sepeda yang Perlu Kamu Ketahui, Nomer 6 Wajib!

Seiring dengan transisi PSBB di berbagai wilayah masyarakat mulai keluar dari rumah masing-masing. Mereka sudah terlihat di pusat perbelanjaan atau di jalanan dengan mulut tertutup masker.

Entah mengapa, belakangan ini tak sedikit orang juga mulai bersepeda. Belakangan memang sepeda menjadi alat transportasi yang dilirik lagi, terutama setelah pandemi virus corona atau Covid-19 terjadi.

Memang, pada dasarnya bersepeda itu bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan dinilai lebih aman sebagai alat transportasi.

Kita mungkin sudah tahu, manfaat dari bersepeda di antaranya ialah menyehatkan jantung, menguatkan otot, mengontrol berat badan, meningkatkan koordinasi tubuh, kesehatan mental, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Badan Organisasi Dunia (WHO), merekomendasikan bersepeda sebagai aktivitas fisik untuk anak-anak sampai orang tua.

Di antara Sobat Finansialku apakah ada yang tertarik membeli sepeda?

Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh 05 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh, Baik Kesehatan Fisik Maupun Psikis]

 

Nah, sebelum pergi ke toko sepeda dan membeli barangnya, ada baiknya perhatikan dulu beberapa tips berikut.

Ada beberapa tips membeli sepeda yang perlu diperhatikan, mulai dari jenis sepeda sampai komponen sepeda.

Berikut tips membeli sepeda yang benar bagi pemula, mengutip dari beberapa sumber:

 

#1 Kenali Jenis Sepeda

Kenali jenis sepeda yang akan dibeli. Tentu saja dengan juga menyesuaikan kebutuhan.

Ada beberapa jenis sepeda di dunia, khususnya di Indonesia. Beberapa jenis sepeda yaitu MTB, Road bike, BMX, dan City bike.

Sobat Finansialku lebih baik mematangkan terlebih dahulu pikiran agar tak salah menentukan jenis sepeda.

 

#2 Persiapkan Dana

Mempersiapkan dana penting untuk menentukan sepeda yang akan dibeli. Salah satu sepeda yang menguras biaya adalah sepeda gunung atau road bike.

Meski begitu, harga sepeda sebetulnya cukup fluktuatif ada yang sampai puluhan hingga ratusan juta tergantung merek juga.

Kalau Sobat Finansialku menggunakan aplikasi Finansialku, kalian bisa menggunakan fitur anggaran yang ada di dalamnya untuk menganggarkan dana pembelian sepeda.

Dengan menganggarkan, Sobat Finansialku bisa lebih tertata lagi dalam mengatur keuangan.

 

#3 Sesuai Selera atau Gaya

Apapun barangnya itu tergantung pada selera.

Selera bukan berarti tanpa perhitungan. Ada harga yang mesti dibayar untuk mendapat selera yang tinggi. Jika Sobat Finansialku ingin membeli sepeda, sesuaikan selera kalian.

Misalnya jika kamu menyukai sepeda santai bisa memilih city bike, model minivelo atau sepeda lipat. Kalau kecepatan, kalian bisa memilih road bike atau sepeda balap.

 

#4 Perhatikan Ukuran

Sepeda juga memiliki ukuran yang beragam, Saat memilih sepeda, pilih ukuran yang tepat. Pastikan kembali dengan postur tubuhmu, dan coba sebelum membeli agar kamu bisa benar-benar merasa nyaman saat berkendara.

 

#5 Minta Saran Pada Kawan yang Berpengalaman

Seperti pepatah lama yang masih relevean; malu bertanya sesat dijalan.

Jangan malu untuk bertanya pada kawan atau siapa saja yang sudah berpengalaman memakai sepeda.

Prinsipnya adalah beberapa hal tidak selalu tercantum di google. Daripada kamu menyesal karena mengikuti kata hati, lebih baik diskusi sebelum membeli.

 

#6 Pilih Merk Sepeda yang Berkualitas

Pilih merk yang berkualitas sebab dari sebuah merek kita bisa tahu seberapa mantapnya sepeda yang akan dibeli.

Saat menyeleksi merek berkualitas wajar jika kamu merasa harganya nggak masuk akal alias mahal. Pikiran seperti itu biasanya terbentuk karena kamu nggak paham apa-apa atau anggarannya memang tak mencukupi.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Anggarkan Keperluan Sepeda

Ngomong-ngomong soal anggaran. Apakah kamu termasuk orang yang punya kebiasaan mencatat keuangan? Kalau tidak, itu tak apa. Tetapi jangan dirawat kebiasaan mencelakakan tersebut.

Sekarang segalanya dipermudah dengan aplikasi berbasis teknologi. Salah satunya perkara mencatat keuangan.

Kamu bisa mencatat keuangan secara digital lewat aplikasi Finansialku baik itu anggaran per hari atau per bulannya.

Oh iya, di dalam aplikasi Finansialku ini ada ragam fitur yang memudahkan kamu dalam mencatat keuangan sesuai dengan kategorinya.

Misalnya nih ya, kamu ingin mencatat keuangan untuk hobi? Ada.

Ingin mencatat keuangan untuk dana darurat? Ada juga.

Dan yang paling efisien kamu bakalan tahu kesehatan keuanganmu dengan fitur Financial Check Up.

Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik untuk Anda]

 

Selain yang sudah dijelaskan, ada juga fitur Konsultasi Keuangan yang bisa kamu manfaatkan untuk berdiskusi dengan para ahli keuangan. Tentu, untuk yang satu ini berbayar.

Tapi fitur ini akan gratis ketika Sobat Finansialku melakukan upgrade aplikasi Finansialku. Hanya dengan menyisihkan kurang dari SERIBU rupiah per hari, Sobat Finansialku bisa menikmati aplikasi premium selama SATU TAHUN!

Lebih menguntungkan lagi, Sobat Finansialku bisa dapatkan potongan Rp 50 ribu dengan memasukkan kode CUAN50 saat melakukan upgrade!

Sehingga biaya yang Sobat Finansialku butuhkan hanyalah Rp 300 ribu untuk berlangganan aplikasi perencanaan keuangan selama satu tahun.

Pokoknya, Finansialku ini bisa dibilang paket komplit dalam urusan mencatat keuangan.

Silakan unduh aplikasinya yang sudah tersedia di di Google Play Store dan Apple Apps Store. Untuk kamu yang pertama kali instal, kamu bisa nikmati free trial premium selama 30 hari, lho!

Finansialku adalah satu-satunya aplikasi perencana keuangan di Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi OJK, serta memiliki sertifikasi ISO untuk keamanan data pengguna.

Yuk coba aplikasinya biar tidak menyesal!

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Dwi Latifatul Fajri. 09 Juni 2020. Bersepeda Jadi Tren, Ini 7 Tips Memilih Sepeda yang Benar untuk ‘Goweser’ Pemula. Tribun News – https://bit.ly/2MMWgAE
  • Nabila Mecadinisa. 08 Juni 2020. New Normal, Ini Tips Memilih Sepeda yang Tepat dan Nyaman untuk Beraktivitas. Fimela.com – https://bit.ly/3cOcvIt