Simak tips memilih tabungan haji berikut ini bagi Anda yang akan menunaikan ibadah haji lengkap beserta rekomendasinya.

Menunaikan ibadah haji menjadi cita-cita hampir seluruh umat muslim. Akan tetapi, diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk mewujudkannya. Membuka tabungan bisa menjadi salah satu upaya ‘tuk menggapai niat ibadah tersebut. 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menggapai Ibadah Haji ke Baitullah

Labbaik Allahumma Labbaik, labbaika la syarika laka labbaik inna al hamda wa an ni’mata laka wa al mulk la syarika laka.”

Kalimat talbiyah ini pasti tidak asing lagi di telinga, terutama bagi umat muslim yang bercita-cita menunaikan rukun islam ke-5 yaitu ibadah haji.

Memang bukan perkara mudah untuk mewujudkannya, terlebih Indonesia adalah salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim terbanyak di dunia, sehingga antrean untuk menggapai niat ibadah ini cukup memakan waktu lama.

Selain faktor antrean, biaya yang diperlukan juga tidak sedikit. Bahkan setiap tahunnya bisa mengalami peningkatan.

Menurut informasi yang dimuat situs Kemenag tentang Biaya Haji Per Embarkasi Usai Keppres BPIH 2020 Terbit, biaya haji 2020 termurah ada di Embarkasi Aceh Rp 31.454.602 dan yang termahal adalah Embarkasi Makassar Rp 72.291.168.

Tips Memilih dan Rekomendasi Tabungan Haji 2020 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ketentuan Ibadah Haji dan Umroh Saat New Normal, WAJIB Tahu!]

 

Melihat angkanya yang cukup tinggi, bagaimana bisa mewujudkan ibadah haji ke baitullah?

Prinsipnya semakin cepat mendaftar haji maka semakin cepat mendapat nomor antrean. Jangan lupa, pastikan dananya sudah dipersiapkan, salah satunya bisa melalui tabungan ibadah haji.

Tabungan ibadah haji adalah tabungan khusus yang diterbitkan oleh pihak bank untuk nasabah yang ingin menunaikan ibadah haji dengan menyimpan uang di tempat yang aman dan bisa langsung mendapat keuntungan porsi haji.

Kenapa harus tabungan ibadah haji?

 

#1 Setoran Ringan

Tabungan ini membuat Anda lebih semangat untuk bisa berangkat ke tanah suci. Bahkan setoran awal dan setoran selanjutnya pun ringan. Ada bank yang mematok minimal setoran awal Rp 100.000 dan setoran selanjutnya Rp 50.000.

 

#2 Aman dan Bebas Biaya Bulanan

Menabung di bank cenderung lebih aman daripada menabung dirumah, ya. Anda pun tidak perlu khawatir dengan biaya admin karena tabungan ini tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.

Tips Memilih dan Rekomendasi Tabungan Haji 2020 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pakai Investasi Tanah Untuk Dana Haji. Memang Aman?]

 

#3 Dikelola dengan Sistem Syariah (Jika bank syariah)

Tabungan ini sudah jelas dikelola dengan sistem perbankan yang sesuai dengan prinsip syariah. Umumnya, tabungan ibadah haji di Indonesia menggunakan akad Wadiah dan akad Mudharabah Muthlaqah.

 

#4 Mendapat Nomor Antrean Haji

Inilah yang penting karena dengan menabung ibadah haji, Anda akan memperoleh nomor antrean haji SISKOHAT bila telah sampai ke saldo minimum daftar haji, yaitu Rp 25 juta rupiah.

FYI, SISKOHAT adalah Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Kementerian Agama RI. Sistem ini dibuat pemerintah Indonesia untuk mempermudah pengumpulan pendataan para jamaah.

 

Memilih Tabungan Ibadah Haji Terbaik

Sudah banyak perbankan di Indonesia yang menawarkan program tabungan haji. Mungkin hal ini membuat Anda bingung, tabungan seperti apa yang harus dipilih? Berikut tipsnya:

 

#1 Memilih Bank Syariah

Sangat disarankan agar Anda memilih bank syariah jika ingin membuka tabungan ibadah haji, meskipun sudah banyak bank konvensional yang menawarkan produk serupa.

 

#2 Perhatikan Fasilitas dan Manfaat yang Diperoleh

Menggali informasi sebelum membuka tabungan adalah hal yang penting untuk Anda lakukan. Seperti misalnya, beberapa bank ada yang melengkapi dengan buku tabungan fisik hingga juga manfaat berupa asuransi.

Ini bisa jadi penentu di mana Anda ingin membuka tabungan.

Tips Memilih dan Rekomendasi Tabungan Haji 2020 02 - Finansialku

[Baca Juga: Meski Haji 2020 Dibatasi, Kamu Bisa Siapkan Dananya Dari Sekarang]

 

#3 Cermati Biayanya

Berbeda bank biasanya memiliki aturan yang berbeda juga. Meski secara umum tabungan ibadah haji tidak dikenakan biaya administrasi bulanan, tetapi ada beberapa yang menerapkan biaya khusus jika terjadi kasus tertentu.

Seperti biaya pengantian buku tabungan hilang, atau biaya tutup rekening jika target melaksanakan haji tidak tercapai.

 

#4 Tersedia Porsi Haji

Umumnya, rata-rata bank mematok minimal isi tabungan Rp 25 juta untuk bisa dapat porsi haji via SISKOHAT.

 

Referensi Bank Syariah di Indonesia untuk Tabungan Ibadah Haji

Setelah mengetahui beberapa tips jika Anda akan membuka tabungan ini, supaya informasinya lebih lengkap, berikut beberapa bank syariah di Indonesia yang bisa Anda pilih untuk mulai menabung dana haji.

 

#1 Mandiri Syariah

Tabungan Mabrur adalah Tabungan dalam mata uang rupiah untuk membantu pelaksanaan ibadah haji & umrah.

 

#2 BRI Syariah

Tabungan dana Haji BRI Syariah iB adalah produk simpanan yang menggunakan akad Bagi Hasil sesuai prinsip syariah Khusus bagi calon Haji.

 

#3 BNI Syariah

BNI Baitullah iB Hasanah adalah tabungan dengan akad Mudharabah atau Wadiah sebagai sarana untuk mendapatkan kepastian porsi berangkat menunaikan ibadah Haji (Reguler/Khusus) dan merencanakan ibadah Umrah sesuai keinginan penabung.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#4 BCA Syariah

Tahapan Mabrur iB adalah tabungan berdasarkan prinsip bagi hasil (mudharabah mutlaqoh) dari BCA Syariah.

 

#5 CIMB Niaga Syariah

Tabungan iB Rencana Haji dengan akad Mudharabah Muthlaqah adalah tabungan berjangka untuk mewujudkan rencana ibadah haji dengan sistem setoran rutin bulanan.

 

#6 Bank Mega Syariah

Tabungan iB adalah tabungan yang ditujukan untuk nasabah perorangan yang diperuntukkan untuk merencanakan dana keberangkatan ibadah haji.

 

#7 Permata Syariah

PermataTabungan iB Haji adalah Tabungan untuk mewujudkan impian ke Tanah Suci dengan memberikan Porsi Haji langsung dari SISKOHAT.

 

Rencanakan Dana untuk Wujudkan Ibadah Haji

Sekecil apapun usaha yang Anda lakukan, pasti membuahkan hasil. Sambil merencanakan ibadah haji, Anda juga bisa rencanakan keuangan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Cukup install Aplikasinya melalui Play Store atau App Store secara gratis, Anda sudah bisa merencanakan keuangan! Anda juga dapat klik link berikut untuk mulai mengunduhnya.

playstore icon
appstore icon

 

Tetap semangat dan disiplin dalam menabung di tabungan ibadah haji, supaya cita-cita menuju Baitullah bisa segera tercapai.

 

Itulah tips seputar tabungan ibadah haji yang bisa menjadi salah satu upaya Anda mewujudkan ibadah haji. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Irfan. 8 Juni 2020. Tips Memilih dan Pengalaman Buka Tabungan H aji Terbaik 2020 yang Terhubung SISKOHAT. Irfan.id- https://bit.ly/3bW8l2k

 

Sumber Gambar:

  • Tabungan 1 – https://bit.ly/33MHW3d
  • Tabungan 2 – https://bit.ly/2HlSEGv
  • Tabungan 3 – https://bit.ly/3cn99NR