Suka main games tapi ponsel malah ngelag? Bagaimana tips memilih ponsel gaming dengan tepat? Gamers jangan ketinggalan infonya!

Mari simak artikel berikut selengkapnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Ponsel Gaming

Zaman now, sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kecanggihan teknologi menjadi mesin pendukung berbagai aspek kehidupan.

Bukan hanya secara fisik atau pemenuhan kebutuhan sehari-hari, namun teknologi juga bisa membantu secara emosional atau batin.

Salah satunya dengan bermain games. Games dapat membangkitkan emosi pemainnya dan memacu adrenalin dari para pemain games. Bermain games bisa membuat hati menjadi senang dan refresh, namun juga bisa membuat kesal.

Gamers, Jangan Sampai Salah! Inilah Tips Memilih Ponsel Gaming 02 Ponsel Gaming 2 - Finansialku

[Baca Juga: Rela 900 Juta Melayang untuk Item Game? Inilah Sultan Game Ragnarok M!]

 

Buat kamu yang suka main games, tentunya nggak asing kan kalo ngerasa kesal karena kalah bermain games?

Ada saja alasannya kenapa bisa kalah, salah satunya karena kondisi ponsel yang tiba-tiba nge-lag atau not responding ketika kamu lagi mainkan. Lalu karena nge-lag jadinya di kira nggak bisa main game dengan baik bukan?

Kamu harus memilih ponsel gaming yang sesuai dengan spesifikasi game yang kamu mau mainkan, agar kamu bisa bermain game dengan lancar tanpa hambatan dan menjadi pro player!

 

Tips Memilih Ponsel Gaming

Tentunya dalam memilih ponsel gaming kamu harus memperhatikan spesifikasi dari ponsel dan game yang kamu mau mainkan. Dilansir dari Priceprice.com, Ada 6 tips memilih ponsel gaming, yaitu:

 

#1 Utamakan Chipset dan GPU Paling “Gahar”

Chipset alias System on Chip jelas jadi pertimbangan pertama yang paling krusial jika kamu menempatkan gaming sebagai kebutuhan utama dalam prioritas penggunaan ponselmu.

Pada sebuah modul kecil inilah semua data komputasi diproses dan diolah. Chipset adalah komponen maha penting yang akan sangat menentukan nyaman tidaknya kamu bermain game pada HP.

Untuk segmen smartphone, secara general kita mengenal Qualcomm dan MediaTek sebagai dua manufaktur raksasa yang memonopoli peredaran chipset.

Padahal, jika ditilik lebih jauh, kamu juga pasti akan mengenal Exynos buatan Samsung, Kirin yang dirakit dan dikembangkan oleh HUAWEI, serta seri “Ax” yang eksklusif Apple ciptakan untuk deretan perangkat mobile mereka.

Lalu, chipset manakah yang ideal buat kamu? Jawabannya bisa bervariatif dan sangat bersifat subjektif. Ini semua soal kebutuhan dan budget yang kamu miliki.

Tanyakan pada diri sendiri, kira-kira game seperti apa sih yang ingin kamu mainkan di HP kamu?

 

#2 Jangan Hanya Ukurannya Saja, Pahami Juga Jenis RAM yang Ada

Semakin besar kapasitas RAM semakin lapang pula informasi yang dapat disimpan di dalamnya sehingga menghasilkan performa yang semakin lancar.

Anggapan tersebut memang benar, namun tak sepenuhnya tepat. Sebab, selain kapasitasnya, kecepatan RAM juga perlu kamu perhatikan.

Secara teknis RAM yang digunakan pada sebuah smartphone adalah DRAM yang merupakan kependekan dari Dynamic Random Access Memory.

Seiring perkembangannya, RAM jenis ini kemudian mendapat modifikasi lanjutan dan berganti nama menjadi LPDDR yang dirancang sebagai RAM hemat daya untuk smartphone.

Tak perlu khawatir, karena smartphone keluaran terbaru rata-rata telah menggunakan RAM berjenis LPDDR4 atau setidaknya LPDDR3.

Untuk menjalankan gamegame 3D dengan gegas dan lancar, kamu wajib memiliki smartphone dengan besaran RAM minimal 3GB serta berasal dari salah satu jenis RAM di atas.

 

#3 Layar dan Resolusi Demi Visual yang Memanjakan Mata

Perkembangan game mobile yang semakin canggih mau tidak mau memaksa kamu untuk ikut memikirkan luas layar dan besaran resolusi yang ada pada smartphone.

Pasalnya, dua aspek tersebut kini ikut memengaruhi tingkat kenyamananmu dalam bermain game.

Layar ponsel yang luas memungkinkan kamu untuk mengakses tombol-tombol virtual dengan lebih leluasa.

Gamers, Jangan Sampai Salah! Inilah Tips Memilih Ponsel Gaming 03 Ponsel Gaming 3 - Finansialku

[Baca Juga: Samsung Indonesia: Apa Keunggulan Samsung S10, S10+ dan 10e?]

 

Terlebih dengan popularitas gamegame genre MOBA dan Battle Royale yang punya sederet tombol-tombol penting seperti untuk melancarkan jurus atau menggunakan sebuah item.

Tren layar penuh yang banyak diadopsi saat ini menjadi berkah tersendiri. Menurut Priceprice.com, kamu sebaiknya memilih smartphone dengan luas layar minimal 5,5 inci.

Beralih ke soal resolusi. Luas layar itu penting, tapi akan sia-sia kalau resolusi yang diusung masih HD.

Bukan berarti layar beresolusi HD itu kurang mumpuni, namun alangkah baiknya smartphone pilihan kamu minimal punya resolusi full HD atau lebih baik lagi QHD. Supaya detail dan visual dari game yang kamu mainkan dapat tersaji dengan lebih optimal.

Kamu tak rela bukan, jika kamu harus kalah dalam sebuah permainan dikarenakan kesalahan sepele seperti luput mengamati suatu objek yang terlihat kurang jelas lantaran jejeran pixelnya yang kurang rapat?

 

#4 Baterai adalah Nafas Hidup Gaming di Smartphone

Baterai yang digunakan pada smartphone saat ini rata-rata berjenis Lithium-Ion (Li-Ion) dan Lithium-Polymer (Li-Po). Masing-masing punya keunggulan dan kelemahannya tersendiri.

Biar demikian, kamu tak perlu pusing memikirkannya. Karena pada dasarnya ketika membahas soal baterai, yang terpenting adalah kapasitasnya serta ketersediaan teknologi pengisian daya cepat.

Saat ini smartphone kelas menengah ke bawah sudah banyak yang dilengkapi dengan baterai berukuran besar, yang kapasitasnya bahkan mengalahkan smartphone flagship.

Gamers, Jangan Sampai Salah! Inilah Tips Memilih Ponsel Gaming 04 Ponsel Gaming 4 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Ingin Melakukan Permainan, Belajarlah Memainkannya dengan Benar!]

 

Selanjutnya, pastikan bahwa smartphone yang kamu incar punya fitur pengisian daya cepat. Sebuah teknologi yang vital demi menunjang mobilitas kamu yang serba cepat.

Berkat teknologi ini, hanya dengan mengisi daya dalam beberapa menit, smartphone kamu mungkin sudah bisa melahap kembali beberapa sesi permainan.

Terakhir, kamu harus jeli. Karena dalam beberapa kasus, demi menghemat biaya produksi, ada kalanya vendor tak menyertakan teknologi tersebut pada chipset yang mereka gunakan meski sebetulnya chipset tersebut mendukung fitur pengisian daya cepat.

 

#5 Kapasitas Media Penyimpanan Internal

Jangan salah, meski sepele tapi faktor ini juga mesti kamu pikirkan baik-baik.

Gamegame keren saat ini bukan hanya menuntut olah data dan olah grafis yang ekstrem saja namun juga biasanya hadir dalam sebuah paket aplikasi berukuran sangat besar.

Bahkan tak sedikit yang sudah melampaui angka 1GB. Gamegame sekaliber Mortal Kombat X, Dungeon Hunter 4, Pro Evolution Soccer, dan Injustice 2 adalah beberapa contohnya.

Masih banyak juga ponsel yang tak memperbolehkan kamu menyimpan data aplikasi ke memori eksternal. Kecuali kamu melakukan proses rooting. Sehingga kamu harus menyiasati sempitnya ruang internal yang disediakan.

Jika smartphone tersebut berukuran 128GB atau 64GB, itu tak masalah. Tapi bagaimana jadinya jika kapasitas ROM hanya 32GB? Ukuran yang minim tersebut bahkan harus terpangkas oleh data sistem serta aplikasi non-game lainnya.

 

#6 Cari Tahu Apakah Ada Periferal Pendukung dari Pabrikan Smartphone Tersebut

Sebuah smartphone, terlebih yang berstatus flagship, lazimnya dirilis beserta sederet aksesoris serta periferal pendukungnya. Untuk kebutuhan gaming, periferal yang paling penting adalah gamepad.

Hingga kini sebagian besar orang masih sepakat bahwa pengalaman gaming terbaik baru bisa diperoleh jika kamu memainkan sebuah game lewat kontrol fisik bukan tombol virtual. Tak terkecuali gaming di smartphone.

Apabila ditarik jauh ke belakang, ada Sony Xperia Play yang punya gamepad yang terintegrasi langsung pada smartphone. Sebuah langkah inovatif yang sayangnya sudah tak lagi ditempuh Sony.

Salah satu smartphone lainnya yang punya periferal terbaik untuk kebutuhan gaming adalah Moto Z dengan sebuah gamepad eksternalnya yang bernama Moto Gamepad.

Periferal ini juga punya baterai sendiri sehingga berfungsi sebagai power bank mini tambahan ketika digunakan untuk bermain game.

Teranyar, BLACK SHARK Gaming Phone, HP gaming dengan sokongan dana dari Xiaomi, juga mengikuti langkah adaptif Motorola dengan merilis sebuah gamepad mini yang dijual secara terpisah.

Tidak semua smartphone punya produk pendukung seperti itu. Oleh karenanya, kamu bisa mengakalinya dengan membeli controller atau gamepad yang kompatibel dari vendor pihak ketiga.

 

BONUS: Rekomendasi Ponsel Gaming Murah Tahun 2019!

Games apa yang kamu mainkan? Mobile Legends? Arena of Valor? PUBG Mobile? Atau games lainnya?

Tenang, kamu tetap bisa main game dengan lancar tanpa harus membeli ponsel-ponsel flagship yang merogoh kocek cukup dalam. Ternyata ada lho ponsel-ponsel murah yang bisa kamu gunakan untuk bermain game dengan baik.

Dilansir dari Jalantikus.com, berikut ini daftar rekomendasi Ponsel Gaming dengan harga murah (Rp1 juta – Rp3 juta):

 

Ponsel Gaming Harga Rp1 Jutaan Terbaik

Harga Rp1 juta sudah bisa main game dengan baik? Inilah rekomendasinya:

 

#1 Xiaomi Redmi S2

Xiaomi Redmi S2 memang dilabeli sebagai sebuah smartphone selfie yang memiliki kamera depan beresolusi besar, yakni 16MP.

Namun jangan salah sangka, HP gaming murah harga Rp1 jutaan ini juga dibekali dengan spesifikasi mumpuni, seperti chipset Snapdragon 625.

Sementara untuk lainnya, HP ini dilengkapi dengan kapasitas RAM 3GB dan memori internal 32GB.

 

#2 Realme C1

Bukan hanya mengandalkan kelebihan dari Realme 2 Pro, sub-brand Oppo ini juga menawarkan Realme C1 dengan banderol harga terjangkau.

Realme C1 dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang memiliki performa hampir sebanding dengan Snapdragon 625.

Dibanderol dengan harga sekitar Rp1,5 jutaan saja, sayangnya Realme C1 hanya dibekali 2GB RAM dan 16GB memori internal.

 

Ponsel Gaming Harga Rp2 Jutaan Terbaik

Buat kamu yang punya budget Rp2 jutaan bisa memilih ponsel-ponsel berikut:

 

#1 Asus Zenfone Max Pro M2

Kalau di segmen hardcore gamer, perusahaan asal Taiwan ini menawarkan ROG Phone tentu berbeda untuk pasar kelas menengah.

ASUS Zenfone Max Pro M2 merupakan HP gaming murah andalan ASUS di kelas ini dengan menghadirkan beberapa peningkatan, terutama pada chipset Snapdragon 660.

Sisi lain yang menjadi daya tarik ada penggunaan material Corning Gorilla Glass 6 yang bakal memberikan proteksi ekstra.

 

#2 Asus Zenfone Max Pro M1

Selain seri suksesornya, kamu juga bisa melirik ASUS Zenfone Max Pro M1 yang juga menjadi salah satu smartphone gaming terbaik yang bisa kamu miliki.

Desain HP ini memang nggak terlalu istimewa, namun tetap memiliki build quality yang cukup menjanjikan.

Selain dibekali dengan chipset Snapdragon 636, daya tarik dari ASUS Zenfone Max Pro M1 adalah baterai berkapasitas besar hingga 5000 mAh lho!

 

#3 Xiaomi Redmi Note 5

Xiaomi pun memberikan saingan sepadan dengan memberikan HP gaming murah ini chipset Snapdragon 636, sama seperti ASUS Zenfone Max Pro M1.

Xiaomi Redmi Note 5 bisa jadi salah satu smartphone pilihan berkat memiliki fitur fotografi yang terbilang mumpuni di kelasnya.

HP ini dilengkapi dengan dual kamera utama 12MP + 5MP dan kamera selfie 5MP.

 

#4 Realme 2 Pro

Realme 2 Pro menawarkan segala kelengkapan, mulai dari desain mewah, harga murah dan spesifikasi kelas atas untuk banderol harganya.

Yang membuat spesial HP gaming murah ini adalah penggunaan chipset Snapdragon 660, namun dengan banderol harga di kisaran 2 jutaan untuk versi termurahnya.

Buat kamu yang mencari opsi lain, HP Realme ini wajib kamu pertimbangkan lho.

 

Ponsel Gaming Harga Rp3 Jutaan Terbaik

Jika punya uang lebih, tidak ada salahnya kamu memilih ponsel-ponsel berikut:

 

#1 Vivo V9 6GB

Seri Vivo V9 6GB menjadi salah satu seri smartphone Vivo terbaik yang sudah dibekali dengan chipset Snapdragon 660 dengan harga yang terbilang cukup wajar.

Untuk urusan bermain game, tentu Vivo V9 6GB siap menemani tanpa khawatir lag saat bermain.

Apalagi HP gaming terjangkau ini juga dilengkapi RAM berkapasitas 6GB yang tentu lega untuk multitasking beberapa jendela sekaligus.

 

#2 Huawei Nova 3i

Jikalau Huawei P20 Pro yang merupakan HP dengan kamera terbaik saat ini menurutmu masih kemahalan, tenang saja ada versi murahnya kok!

Huawei Nova 3i menawarkan desain yang kurang lebih sama dan juga dibekali spesifikasi mumpuni untuk bermain game di kelasnya, terutama berkat kehadiran GPU Turbo.

HP ini sudah dibekali chipset Kirin 710 dengan RAM 4GB dan memori internal jumbo hingga 128GB.

 

#3 Honor 8x

Nggak kalah kece dengan HP milik perusahaan induknya, Honor 8x juga menawarkan desain yang menawan dibarengi dengan performa yang nggak main-main.

Fitur GPU Turbo yang berbasis artificial intelligence (AI) ini pun mampu memaksimalkan performa dari chipset Kirin 710 dan baterai berkapasitas 3750 mAh.

 

#4 Xiaomi Mi 8 Lite

Bertarung dengan HP gaming murah di atas, Xiaomi Mi 8 Lite juga menawarkan spesifikasi mumpuni dibarengi pula dengan desain nan ciamik.

HP ini dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 660 yang masuk ke dalam segmen upper-mid range dengan dukungan RAM 4GB dan memori internal 64GB.

 

Gamers Tau yang Tepat

Kini kamu sudah tahu kan gimana caranya memilih ponsel gaming yang tepat?

Sekarang saatnya kamu memilih ponsel sesuai dengan kebutuhan dan tentunya kondisi keuanganmu. Jangan sampai salah pilih dan berujung penyesalan.

Pilih yang tepat, terutama tepat di kantong ya! Jangan sampai memilih karena keinginan tinggi tapi tidak memperhatikan isi dompet kamu, nggak mau kan keuangannya minus?

Jadi, ayo rencanakan keuanganmu dengan tepat terutama dalam membeli barang seperti smartphone. Kamu bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuanganmu tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuanganmu. Aplikasi Finansialku dapat kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Games apa yang suka kamu mainkan? Apakah kamu memiliki tips lainnya? Bagikan pendapatmu pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabatmu. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Faisal Bosnia Ahmad. 7 Mei 2018. 6 Tips Memilih HP untuk Gaming. Priceprice.com – https://goo.gl/RQ2ynh
  • Satria Aji Purwoko. 11 Januari 2019. Daftar HP Gaming Murah & Spesifikasi Terbaru Januari 2019. Jalantikus.com – https://goo.gl/Zh4tEq

 

Sumber Gambar:

  • Ponsel Gaming – https://goo.gl/LzFioh
  • Ponsel Gaming 2 – https://goo.gl/C4mvSB
  • Ponsel Gaming 3 – https://goo.gl/MNeMbJ