Butuh Tips Mengembangkan Bisnis Waralaba? Simak artikel Finansialku berikut ini, Anda akan menemukan tips-tips-nya di sini.

Silakan disimak…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Tips Mengembangkan Bisnis Waralaba

Ada banyak yang mengatakan bahwa bisnis waralaba merupakan solusi yang tepat untuk memulai bisnis, karena cara kerjanya yang sangat praktis.

Dalam bisnis waralaba, seorang pemilik waralaba atau yang dikenal juga dengan istilah franchisor hanya perlu membuat hubungan kontrak kerja dengan franchisee atau penerimanya.

Dengan begitu, sang penerima akan menjual produk maupun jasa dengan brand yang sama dengan pemilik waralaba, dan franchisor dapat fokus pada pengembangan bisnisnya.

Namun apakah saat ini bisnis waralaba masih dapat berjalan se-mulus yang dibayangkan? Apakah bisnis waralaba masih termasuk bisnis yang praktis?

Tips Merencanakan Keuangan Sebelum Mulai Usaha Waralaba 01 - Finansialku

[Baca Juga: Dengan Modal Awal Franchise Rp 2 Juta, Anda Bisa Dapat Bisnis Waralaba Ini]

 

Yes… secara umum bisnis waralaba memang dianggap praktis, namun kita juga jangan lupa bahwa semakin hari semakin banyak pesaing dalam bisnis ini.

Dengan begitu, bisnis waralaba yang Anda jalankan belum tentu akan selalu berada pada situasi yang menguntungkan.

Nah… lalu bagaimana caranya supaya bisnis waralaba yang Anda bangun terus berkembang meskipun memiliki banyak pesaing?

Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

 

#1 Mengenal dengan Baik Seluk Beluk Bisnis Waralaba

Syarat pertama yang perlu Anda penuhi apabila ingin mengembangkan sebuah bisnis waralaba ialah mempelajari dan mengenal dengan baik seluk beluk bisnis tersebut.

Alasannya, Anda tentu akan kesulitan sendiri dalam membangun sebuah bisnis, jikalau pada dasarnya Anda tidak tahu-menahu tentang apa yang sedang Anda bangun atau usahakan itu.

Apabila kasusnya sudah seperti itu, maka tentu Anda hanya sedang membuang-buang waktu saja, dan risiko kerugian yang Anda miliki menjadi semakin tinggi.

Oleh karena itu pelajari dan kenali terlebih dahulu bisnis tersebut, perhitungkan peluang yang dimilikinya untuk bertumbuh.

Serta pikirkan strategi yang akan Anda gunakan nantinya untuk memperkenalkan dan membangun bisnis tersebut.

 

#2 Memiliki Sistem Usaha yang Baik dan Terarah

Membangun sebuah sistem usaha yang baik dan terarah juga merupakan bagian terpenting yang perlu Anda persiapkan.

Nah… apabila selama ini Anda merasa bahwa kerja lapangan dalam bisnis yang Anda bangun sebenarnya sudah baik, namun bisnis tetap tidak berkembang, mungkin sistem usahanya lah yang perlu mengalami pembaruan.

Karena itu, Anda bisa mengecek kembali sistem yang sudah diterapkan, dan lihat apakah terdapat masalah atau kekeliruan di dalamnya.

Jika perlu, untuk menambah bahan perhitungan Anda juga dapat melakukan konsultasi kepada mereka yang sudah berpengalaman dalam bisnis waralaba ini.

Yes, hal ini memang akan banyak menyita waktu, tenaga dan bahkan mungkin uang yang Anda miliki.

Namun jika dengan cara ini bisnis waralaba Anda bisa berkembang, tentu tidak ada salahnya Anda menginvestasikan hal tersebut.

 

#3 Mempersiapkan Prospek Bisnis dengan Baik

Sebelumnya dikatakan bahwa Anda perlu mengenal bisnis yang hendak Anda jalankan bukan?

Nah hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk Anda sendiri, tetapi juga bagi calon mitra bisnis Anda.

Sebelum memutuskan untuk membangun sebuah hubungan kerja sama, tentunya mereka terlebih dahulu akan mempelajari bisnis yang Anda tawarkan.

Perlu diingat bahwa dalam bisnis waralaba, Anda dapat disebut juga sebagai seorang yang menjual bisnis, bukan seorang penjual barang maupun jasa.

Oleh karena itu, Anda perlu meyakinkan orang lain dengan cara memperlihatkan gambaran umum dari bisnis Anda, serta prospeknya untuk masa yang akan datang.

Bahwa dengan membangun hubungan kerjasama dengan Anda dan ikut terjun dalam bisnis yang Anda bangun, maka mereka dapat memperoleh keuntungan yang menarik dalam beberapa waktu mendatang.

Mempersiapkan prospek bisnis dan mengomunikasikan-nya dengan baik bertujuan untuk memunculkan rasa tertarik dari orang-orang yang Anda tawari untuk bekerjasama.

Modal Awal Franchise 02 - Finansialku

[Baca Juga: Seberapa Besar Peluang Bisnis Franchise di Tahun 2020?]

 

Sebelum kita lanjut pada tips berikut nya, apakah Anda sudah benar-benar baik dalam mengatur keuangan pribadi dan keuangan bisnis Anda?

Karena, bagaimana Anda mengatur keuangan bisnis dan keuangan pribadi Anda juga mempengaruhi maju tidaknya bisnis waralaba Anda.

Bila ternyata Anda belum begitu yakin akan hal ini, kami sarankan, sebagai pihak yang bergerak dalam konsultasi keuangan pribadi.

Dan sebagai sahabat maupun mitra keuangan Anda, kami, Finansialku sarankan untuk Anda membaca Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis, berikut ini.

Karena mengetahui dengan benar cara mengatur keuangan Anda merupakan dasar untuk kemajuan bisnis Anda. 

Silakan Anda unduh ebook ini, dengan klik tautan yang kami sediakan di bawah ini. GRATIS!

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#4 Memiliki Tempat Usaha Sendiri

Kita lanjutkan tips lainnya, memiliki sebuah tempat untuk menjalankan usaha sepertinya hal yang perlu Anda pikirkan dengan matang.

Sebab hal ini dapat memberi pengaruh yang besar dalam berjalannya bisnis waralaba yang Anda bangun.

Memiliki sebuah tempat usaha sendiri dapat menunjukkan bahwa Anda adalah seorang yang profesional dan memiliki kesungguhan dalam menjalankan bisnis tersebut.

Dengan begitu, penilaian orang lain pada diri dan usaha Anda akan menjadi semakin baik.

Anda juga perlu paham bahwa orang di luar sana jauh lebih senang dengan sesuatu yang memiliki wujud nyata dari pada sesuatu yang hanya dibicarakan saja.

Termasuk dalam bisnis yang Anda jalankan. Apabila Anda menjalankan bisnis tanpa sebuah tempat kerja, biasanya orang-orang masih merasa ragu untuk bekerja sama.

 

#5 Buat Bisnis Anda Terlihat Menarik

Sebelumnya telah disinggung bahwa semakin lama semakin banyak saya yang akan menjadi pesaing Anda dalam dunia bisnis waralaba.

Nah jika Anda menjalankan sebuah bisnis yang sama dengan para pesaing Anda, tentu saja peluang untuk mendapat keuntungan dan berkembang akan semakin sedikit.

Dan orang lain pun tidak terlalu memperhatikan bisnis Anda.

Maka dari itu, agar orang lain menjadi lebih tertarik bermitra kepada bisnis yang Anda jalankan, syaratnya ialah buat bisnis Anda terlihat berbeda dari yang lain, serta lebih menarik meskipun pada dasarnya bisnisnya sama.

Anda perlu melakukan inovasi terhadap bisnis yang Anda kelola, dan jangan pernah berfikir untuk melakukan hal yang sama dengan pebisnis lainnya.

Dengan demikian bisnis Anda akan memiliki ciri khas tersendiri di mata orang lain yang menjadi target dari bisnis Anda.

 

#6 Membangun Kepercayaan Publik

Menjadi seorang yang dapat dipercaya merupakan syarat mutlak yang perlu Anda miliki jika ingin membangun sebuah bisnis waralaba.

Tanpa adanya kepercayaan dari orang-orang disekitar atau pun dari mitra Anda, maka sudah dapat dipastikan kalau Anda akan kesusahan dalam melebarkan sayap.

Tetapi sebaliknya, apabila Anda mampu memperoleh kepercayaan dari mereka, maka peluang Anda akan semakin besar!

Anda dapat menjangkau lebih banyak orang, dan bahkan mitra Anda juga bisa saja memiliki inisiatif untuk memperkenalkan bisnis yang Anda bangun kepada orang lain.

Lalu bagaimana cara membangun kepercayaan publik?

Bagaimana Cara Mencari Peluang Usaha Waralaba Ini 5 Tempat yang Menyediakan Informasi Waralaba 02 Franchise - Finansialku

[Baca Juga: Fakta Menarik Bisnis Waralaba, Bisnis Simpel yang Menggiurkan]

 

Salah satu cara paling jitu ialah, dengan tidak mengecewakan mereka, tetapi membuat mereka puas dengan menjadi mitra Anda.

Saat mereka puas dengan Anda, maka pastinya mereka akan sangat senang membangun hubungan kerjasama dengan Anda.

Namun ketika Anda membuat mitra bisnis kecewa sehingga mereka tidak lagi percaya dengan Anda, maka risiko terbesar-nya nama Anda menjadi tercoreng, dan orang lain akan sungkan untuk membangun kerjasama dengan Anda.

Sebagai seorang yang menjalankan bisnis waralaba, Anda harus dikenal sebagai seorang yang terbaik dari antara pebisnis lainnya! Dengan begitu, persaingan dengan pebisnis lainnya dapat Anda menangkan.

 

#7 Saling Memberi Dukungan

Dalam bisnis waralaba, pemilik dan penerima waralaba dapat dikatakan sebagai sebuah tim yang saling membutuhkan.

Maka dari itu, memberi dukungan kepada mitra merupakan hal yang penting untuk Anda lakukan.

Yang dimaksud dengan memberi dukungan ialah membantu mereka untuk sama-sama bertumbuh dan memperluas usahanya.

Dengan demikian mitra akan mendapat untung, dan Anda juga akan semakin berkembang, alias sama-sama menerima dampak yang positif.

 

#8 Membangun Hubungan Persaudaraan

Poin yang satu ini termasuk hal yang paling sering dilupakan dalam menjalankan bisnis, termasuk dalam bisnis waralaba.

Tidak sukar bagi kita untuk menjadikan orang lain sebagai mitra bisnis, sangat jarang kita memandang mereka sebagai saudara.

Padahal, apabila Anda dan mitra bisnis membangun sebuah hubungan persaudaraan, sudah pasti bisnis akan berkembang dengan lebih baik.

Alasannya, Anda akan saling membantu dan memberi dukungan sebagaimana yang tercatat pada poin sebelumnya, dan jejaring bisnis pun akan menjadi semakin banyak dan meluas.

 

#9 Memperbanyak Cabang Bisnis

Kesalahan terbesar dari seorang pebisnis waralaba ialah tidak memperluas bisnis atau membuka cabang saat bisnis sedang berjalan dengan lancar, dan gampang merasa puas dengan pencapaian-nya saat ini.

Padahal dengan memperlebar sayap dan membuka cabang-cabang bisnis yang baru, Anda akan semakin berkesempatan untuk memperoleh profit yang banyak.

Selain itu, jika bisnis yang saat ini berjalan dengan baik, maka akan bermunculan pemilik franchise yang menawarkan bisnisnya kepada Anda, dengan harga yang menarik.

Nah… jika Anda dapat menangkap peluang yang seperti ini, maka sudah pasti pundi-pundi uang Anda akan semakin bertambah, dan bisnis Anda akan semakin berkembang.

Tetapi jika sebaliknya Anda tidak dapat memanfaatkan peluang yang ada saat ini, maka kesempatan untuk memperoleh keuntungan akan lewat begitu saja.

 

#10 Bergabung dengan Owner’s Advisor Committee

Owner’s Advisor Committee atau yang sering disingkat sebagai OAC adalah tempat di mana Anda dapat memperoleh sarana komunikasi antara franchisor dengan tim lainnya yang tergabung dalam komunitas waralaba.

Nah lalu apa keuntungan yang akan Anda dapat?

Pertama Anda dapat membangun hubungan kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak lainnya, sehingga usaha Anda bisa menjadi semakin maju dan berkembang.

Kedua, Anda dapat menerima informasi-informasi penting seputar bisnis waralaba, sehingga Anda bisa mendapat bahan pertimbangan yang akurat saat membuat sebuah rencana atau keputusan bagi bisnis yang Anda pegang saat ini.

Dan yang selanjutnya, Anda juga akan memperoleh kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan ide-ide yang Anda miliki, dan akan diperhatikan oleh orang-orang penting dalam komunitas tersebut.

 

Menjadi Pebisnis yang Aktif

Membawa bisnis menjadi berkembang dan mampu menghasilkan keuntungan bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan.

Jika Anda aktif dalam menjalankannya, serta aktif mencari tahu permasalahan yang membuatnya tidak berkembang.

Maka dari itu jadilah seorang pebisnis waralaba yang aktif, agar Anda sukses dalam dunia bisnis yang satu ini.

Mungkin dari Anda yang membaca artikel ini, sedang mencari bisnis waralaba apa lagi yang akan Anda jalankan.

Maka kami siapkan video berikut ini sebagai referensi tambahan untuk Anda. Silakan di tonton.

 

Sampai di sini pembahasan kita kali ini, dan semoga Anda terinspirasi.

Apabila Anda memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar, kami siap menjawab apa yang menjadi kebingungan Anda. 

 

Sumber Referensi:

  • Dina Amalia. 28 Desember 2017. 5 Cara Jitu Mengembangkan Bisnis Franchise. Jurnal.id – https://bit.ly/3lP3lkA
  • Irene. 23 Februari 2020. Asiknya Mengembangkan Bisnis Waralaba, Ini Keuntungannya. Economy.okezone.com – https://bit.ly/356TxMM
  • Admin. 6 Tips Jitu Mengembangkan Bisnis Franchise Modal Kecil. Klikmania.net – https://bit.ly/357uLMQ