5+ Tips Menyelesaikan Pekerjaan dengan Efektif

Setiap pekerjaan memiliki deadline tersendiri, bahkan beberapa diantaranya harus diselesaikan bersamaan. Simak tips menyelesaikan pekerjaan berikut ini!

Kamu tidak perlu bingung lagi harus memulainya dari mana, karena tips berikut ini juga akan membantu kamu mempunyai lebih banyak waktu selain bekerja.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tips Menyelesaikan Pekerjaan Sesuai Deadline

Pekerjaan memang tidak ada habisnya, yang satu belum selesai tetapi sudah muncul lagi yang baru. Tapi mau gimana lagi? Namanya juga bekerja, ya inilah dunia kerja yang harus dijalani dan dinikmati.

Bekerja, tidak semudah ketika kita membalikkan telapak tangan. Terbukti masih banyak yang menghadapi kendala dalam menyelesaikan pekerjaan,

Saya sempat sharing dengan teman-teman, dan ternyata kebiasaan menunda pekerjaan karena deadline yang masih lama atau menyepelekan pekerjaan yang dianggap mudah itu sangat tidak baik.

Tips Menyelesaikan Pekerjaan 02 Pekerjaan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Hal Ini Jika Anda Termasuk Orang yang Suka Menunda Pekerjaan]

 

Hal ini akan memicu rasa malas dan nantinya terbitlah segudang pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu yang hampir bersamaan. Kebayang dong pusingnya seperti apa?

Selain memperburuk keadaan karena dikejar deadline, kebiasaan menunda pekerjaan juga sangat berdampak buruk pada citra diri sendiri.

Pekerjaan yang ditunda akan menyisakan waktu yang lebih singkat untuk diselesaikan. Karena waktu yang tersisa menjadi lebih sedikit, dan kamu pasti mengerjakannya juga terburu-buru hingga hasil kerja pun menurun.

 

Otomatis, nama kamu juga akan menjadi buruk di mata pimpinan. Padahal jika suatu pekerjaan segera diselesaikan, maka kamu bisa mempunyai lebih banyak waktu untuk mengecek kembali pekerjaan kamu.

Setelah itu kamu juga bisa menggunakan waktu yang tersisa untuk hal lain, seperti refreshing atau liburan singkat.

Nah, jika kamu termasuk orang yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu hanya untuk bekerja, sebaiknya mulai sekarang kamu harus bisa mengelola waktu sebaik mungkin dan pelajari tips menyelesaikan pekerjaan yang efektif.

Check it out!

 

#1 Membuat Susunan Pekerjaan

Langkah ini penting untuk kamu lakukan di awal agar kamu dapat mengurangi kebiasaan menunda pekerjaan.

Susunan pekerjaan ini menjadi acuan sehingga pekerjaan kamu bisa diselesaikan satu per satu.

Seperti yang dilansir dari Kompas.com, susunan atau daftar pekerjaan membuat kamu bisa bekerja secara lebih sistematis dan meminimalisasi pekerjaan yang terlewat karena lupa atau sebagainya.

Usahakan untuk meletakkan jadwal di tempat yang mudah dijangkau indra penglihatan sehingga kamu bisa melihatnya sesering mungkin dan selalu teringatkan setiap melihat jadwal tersebut.

 

Contoh tempat strategis untuk menempel jadwal tersebut adalah dinding. Tempatkan di bagian dinding dimana ketika kamu bangun dan bergegas tidur, kamu bisa melihatnya.

Susunan pekerjaan bisa kamu buat berdasarkan deadline, level mudah atau sulitnya pekerjaan, atau kategori lainnya sesuai dengan jenis pekerjaan kamu.

Selain deadline yang diberikan oleh pimpinan, tidak ada salahnya kamu juga membuat deadline sendiri sebelum batas akhir yang ditentukan oleh pimpinan.

Bekerja Profesional dan Bahagia 02 Pekerjaan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Cerdas Karyawan Memulai Bisnis Tanpa Mengabaikan Pekerjaan Utama]

 

#2 Kerjakan Berdasarkan Susunan Pekerjaan

Susunan pekerjaan ada tentu saja untuk dilaksanakan dong bukan hanya sebagai pajangan. Karena itu lakukan segala sesuatu dengan tepat waktu serta mengacu pada susunan tersebut.

Apa gunanya membuat sebuah jadwal susunan pekerjaan, tapi tidak melaksanakannya?

Setiap rangkaian kegiatan yang kamu susun pasti memiliki jangka waktu tersendiri. Karena itu, lakukan pekerjaan sesuai dengan susunan jadwal.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Tetap Fokus dan Jauhkan Diri dari Perusak Konsentrasi

Dalam menyelesaikan pekerjaan, konsentrasi itu sangat dibutuhkan. Sebisa mungkin hindari hal-hal yang bisa merusak konsentrasi kamu.

Jika tidak bisa bekerja di tempat yang ramai, jangan pergi ke sana. Begitu juga dengan mengakses media sosial. Jika memang kamu ingin berkonsentrasi penuh, hindarilah media sosial saat mengerjakan pekerjaan kamu.

Sadar atau tidak, media sosial menjadi salah satu alasan seseorang menunda menyelesaikan pekerjaannya.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memastikan bahwa tidak ada pekerjaan lain yang membebani pikiran.

Misalnya, belum membilas pakaian padahal sudah direndam cukup lama. Lebih baik selesaikan dulu pekerjaan tersebut, baru setelahnya kerjakan tugas-tugas kamu sesuai jadwal.

 

#4 Mencari Suasana Baru

Menciptakan suasana yang nyaman untuk bekerja adalah hal penting lainnya yang harus kamu lakukan, karena hal ini akan berpengaruh pada konsentrasi bekerja kamu.

Jika merasa tidak nyaman dengan tempat kerja, bagaimana mungkin kamu bisa berkonsentrasi disana?

Karena itu, tidak ada salahnya sebelum memulai pekerjaan, buatlah suasana tempat bekerjamu senyaman mungkin. Kamu bisa membuka jendela agar udara bisa masuk dan terasa lebih fresh.

Pastikan juga cahaya di ruangan kamu cukup. Selain itu, sediakan juga makanan ringan dan minuman di lokasi kerja.

Hal ini mungkin akan dibutuhkan saat tiba-tiba kamu merasa buntu dan tidak bisa berpikir untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Tips Menyelesaikan Pekerjaan 03 Pekerjaan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Saat Pertama Kali Kerja? Ketahui Dulu Tips Memulai Pekerjaan Baru]

 

#5 Tetapkan Tenggat Waktu

 Berhubungan dengan poin pertama, tidak ada salahnya kamu membuat deadline versi sendiri.

Misalnya deadline dari suatu pekerjaan harus selesai tanggal 30, sebaiknya kamu targetkan pekerjaan tersebut harus bisa selesai di tanggal 27.

Sehingga, kamu bisa mempunyai waktu lebih untuk mengerjakan pekerjaan lainnya, refreshing, atau mengecek kembali supaya hasilnya maksimal.

Hal ini juga berfungsi untuk menghindari terlambatnya penyelesaian pekerjaan kalau ada kejadian tidak terduga yang memaksa kamu untuk tidak bekerja sesuai dengan jadwal. Tempelkan juga tenggat waktu ini di dinding kamar sebagai pengingat.

 

#6 Jangan Membiasakan untuk Multitasking

Meskipun susunan pekerjaan yang harus diselesaikan cukup padat, tapi tidak disarankan untuk diselesaikan secara multitasking.

Walaupun terlihat produktif, tapi sebenarnya kamu akan lebih kesulitan dengan cara ini dan hasil pekerjaan bisa jadi kurang maksimal karena konsentrasi yang terbagi.

Tetap kerjakan sesuai dengan susunannya, yang diperlukan adalah tekad dari diri sendiri untuk tidak menunda pekerjaan.

Jika kamu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, tentu pimpinan kamu juga akan senang dan mungkin akan mempertimbangkan untuk menaikkan jabatan kamu.

Lagi pula kebiasaan menunda mengerjakan pekerjaan hanya akan merusak kapabilitasmu.

 

#7 Jangan Lupakan Istirahat

Kamu itu bukan robot, sehingga kamu tetap akan membutuhkan waktu untuk istirahat.

Agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan lebih cepat dari biasanya, kamu tentu membutuhkan energi ekstra agar tak mudah lelah.

Karena itu istirahatlah sejenak untuk memulihkan kembali tenaga kamu. Dalam setiap kesibukan, kamu harus menjaga stamina tubuh agar tetap bugar untuk menjalankan seluruh aktivitas.

Tidur dan istirahat yang cukup serta mengkonsumsi makanan yang bergizi adalah cara untuk meningkatkan kerja otak, sehingga membantu kamu untuk lebih fokus pada aktivitas yang tepat.

Dengan begitu kamu juga dapat mengatur setiap pekerjaan dengan lebih baik dan produktivitas kamu pun akan meningkat.

Kebiasaan menunda pekerjaan akan berakibat buruk pada diri sendiri dan tentunya karir.

Sikap menunda sesuatu bukanlah hal yang baik, apalagi menunda dalam melakukan perencanaan keuangan.

Mulailah untuk merencanakan keuangan kamu sejak dini, agar kamu bisa mencapai setiap tujuan finansial yang kamu harapkan!

Kamu bisa download secara gratis ebook Finansialku Mengenai Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30an yang bisa menjadi panduan kamu dalam merencanakan keuangan.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Siap Bekerja Lebih Efektif

Setelah mempelajari beberapa tips untuk menyelesaikan pekerjaan, apakah kamu siap untuk bekerja lebih efektif?

Kuncinya jangan lagi menunda pekerjaan. Bangun tekad yang kuat dalam diri kamu untuk bisa teratur dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

 

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai tips menyelesaikan pekerjaan dengan efektif? Tuliskan pertanyaan dan tanggapan kamu pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ya!

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar kamu ya, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 30 April 2018. 5 Tips Menyelesaikan Pekerjaan Tanpa Kendala. Kompas.com – https://goo.gl/4NH4qr

 

Sumber Gambar:

  • Pekerjaan 1 – https://goo.gl/S8UUhZ
  • Pekerjaan 2 – https://goo.gl/Ld3hdn
  • Pekerjaan 3 – https://goo.gl/nvc1xU
Summary
5+ Tips Menyelesaikan Pekerjaan dengan Efektif
Article Name
5+ Tips Menyelesaikan Pekerjaan dengan Efektif
Description
Setiap pekerjaan memiliki deadline tersendiri, bahkan beberapa harus diselesaikan bersamaan. Simak tips menyelesaikan pekerjaan berikut ini!
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
Ismyuli Tri Retno Kusuma Wardani, S.I.Kom,
Ismyuli Tri Retno Kusuma Wardani, S.I.Kom, seorang praktisi humas di salah satu perguruan tinggi di Kota Bandung. Memiliki background pendidikan S1 Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Humas di Universitas Komputer Indonesia, dengan pengalaman menjadi bagian dari Media Mahasiswa Indonesia dan tertarik mengembangkan kemampuan di bidang penulisan.

Leave A Comment